SalSari Resto & Coffee

Agrowisata Gunung Mas Puncak sangat populer di internet. Ulasan atau review Agrowisata Gunung Mas yang masuk ke Google Maps saja sudah mencapai lebih dari 4500.

Agrowisata Gunung Mas atau biasa disebut juga dengan Gunung Mas Agro Tourism adalah salah satu objek wisata bagus di Puncak Bogor. Objek wisata ini banyak memiliki daya tarik untuk pengunjung.

Hampir sama dengan sebagian besar wisata yang ada di Puncak Bogor, objek wisata yang satu ini juga mengandalkan keindahan alamnya. Tetapi tempat ini mempunyai banyak kelebihan ketimbang yang lain.

Mungkin karena pengelolaannya yang profesional dari PT. Perkebunan Nusantara VIII, maka tempat ini menjadi wisata agro yang mempesona. Terbukti dari banyaknya ulasan positif di internet.

Sekilas Tentang Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata adalah sebuah aktivitas wisata yang melibatkan lahan pertanian, perkebunan dan semua fasilitas yang ada di dalamnya. PTPN VIII melakukannya dengan baik melalui Agrowisata Gunung Mas.

PTPN VIII melakukan diversifikasi usahanya dengan mengelola Agrowisata Gunung Mas. Tidak hanya baik, PTPN VIII sangat profesional seperti pengelola tempat wisata Bogor Instagramable lainnya.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke tempat ini. Dan juga objek wisata ini mampu memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas yang baik.

Fasilitas Agrowisata Gunung Mas

wahana Agrowisata Gunung Mas

Pengelolaannya yang sangat profesional tentu saja berbanding lurus dengan ketersediaan fasilitas. Mulai dari tersedianya area parkir luas dan gedung serbaguna dengan kapasitas 250 orang.

Lapangan olahraga pun tersedia di sini. Ada lapangan bola dan juga lapangan tenis. Dan yang tidak kalah penting yaitu adanya fasilitas kios-kios makanan.

Di kios-kios ini Anda dapat menikmati wisata kuliner Bogor lezat dengan cita rasa makanan khas Bogor. Sehari rasanya belum cukup untuk menikmati liburan di agrowisata ini.

Bila ingin menikmati waktu lebih lama, Anda bisa menginap. Ada dua penginapan yang tersedia yaitu Rumah Kayu Pangrango dan Wisma Affandi.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Gunung Mas

Harga tiket masuk kawasan Agrowisata Gunung Mas relatif terjangkau. Namun itu hanya harga tiket atau retribusi untuk masuk saja. Setiap wahana maupun fasilitas lain harus dibayar terpisah.

Berikut ini daftar harganya, mulai dari tiket masuk hingga beberapa wahana wisata yang ada di objek agrowisata seluas lebih dari 2500 hektar tersebut. Dengan daftar ini Anda bisa mempersiapkan budget liburan mulai sekarang.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Tea Walk Rp20.000,00 – Rp35.000,00
Berkuda Rp50.000,00 – Rp1.000.000,00
Offroad Mulai dari Rp50.000,00
Kolam Renang Rp5.000,00
Penginapan Rp260.000,00 – Rp390.000,00 / malam

Rute Menuju Lokasi Agrowisata Gunung Mas

wisata Agrowisata Gunung Mas

Alamat Agrowisata Gunung Mas tepatnya berada di Jalan Raya Puncak KM. 87 Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari Jakarta.

Untuk sampai ke lokasi ini, bila menggunakan mobil maka coba pastikan terlebih dahulu Anda sudah keluar tol Jagorawi (khususnya yang lewat tol) menuju ke Bandung, Taman Safari atau Puncak.

Setelah di Jalan Raya Puncak, terus ikuti jalan tersebut karena objek wisata ini terletak tepat di salah satu titik pinggir jalan raya tersebut. Estimasi waktu tempuh dari awal keluar tol Jagorawi yaitu sekitar 50 menit.

Daya Tarik Agrowisata Gunung Mas

Keseriusan dan profesionalitas PT. Perkebunan Nusantara VIII mengelola Agrowisata Gunung Mas tentunya berdampak positif. Dampak tersebut dapat dirasakan oleh perusahaan, masyarakat dan pengunjung.

Meski belum mampu masuk ke dalam daftar infografis tempat wisata di Bogor terbaik, namun banyaknya daya tarik yang sangat berpotensi menjadikan tempat ini favorit berikutnya.

Tea Walk

tea walk Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas Puncak, Bogor ini memiliki daya tarik wisata yang menjadi signature, yaitu Tea Walk. Bertajuk Tea Walk karena memang aktivitas wisata utamanya yaitu berjalan.

Tea Walk adalah wisata mengelilingi kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Jangan khawatir tersesat di kebun teh yang sangat luas itu. Anda akan didampingi oleh guide yang profesional.

Ada beberapa pilihan paket wisata Tea Walk ini berdasarkan panjang lintasan yang dilalui. Pengelola menyediakan panjang lintasan 4 km, 6 km, 8 km dan 10 km.

Guide yang mendampingi Anda tidak hanya memandu jalan, tetapi juga memberikan banyak informasi seputar teh, kebun dan aktivitas perkebunan. Tea Walk jadi wisata yang edukatif dan informatif.

Kunjungan ke Pabrik Teh

Satu lagi wisata anti mainstream dari taman wisata ini, yaitu wisatawan datang mengunjungi pabrik teh milik PTPN VIII. Wisata ini berbeda dengan Tea Walk.

Jika pada Tea Walk wisatawan dapat melihat berbagai macam proses hulu dan kegiatan di kebun teh, pada kunjungan pabrik teh ini wisatawan boleh melihat proses hilir pembuatan teh di pabrik.

Wisatawan dapat melihat semua proses pembuatan teh, baik itu teh celup maupun teh curah. Kunjungan ini tidak hanya khusus untuk rombongan, perorangan pun boleh.

Setelah melihat semua proses di perkebunan teh maupun di pabriknya, pasti Anda akan membawa lebih banyak oleh-oleh. Baik itu oleh-oleh khas Bogor makanan maupun oleh-oleh pengetahuan baru.

Berkuda

berkuda di Agrowisata Gunung Mas

Berkuda tidak hanya bisa Anda lakukan di Branchsto saja, namun di tempat wisata ini juga bisa.

Hampir sama dengan Tea Walk, berkuda juga merupakan aktivitas pilihan berkeliling kebun teh. Hanya saja pada wisata ini Anda menunggangi kuda.

Bila belum bisa sama sekali berkuda, Anda tak perlu khawatir karena tiap kuda yang ditunggangi pengunjung dipandu oleh seorang guide profesional. Jadi, pengelola menjamin keselamatan Anda.

Ada tiga pilihan rute yang bisa Anda pilih. Masing-masing rute, waktu tempuhnya berbeda-beda yaitu setengah jam, satu jam dan dua jam. Kuda yang bakal Anda tunggangi yaitu kuda sumbawa.

Offroad Agrowisata Gunung Mas

offroad Agrowisata Gunung Mas

Berjalan kaki ada, berkuda ada, berkendara pun juga ada. Bahkan tidak hanya berkendara biasa. Di sini, Anda bisa mengendarai kendaraan offroad.

Kendaraan offroad yang bisa Anda sewa antara lain motocross mini, ATV dan Komodo. Motocross mini hanya untuk anak-anak sedangkan ATV dan Komodo untuk orang dewasa.

Jika menggunakan ATV, jatah jarak yang boleh Anda tempuh yaitu 2 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sedangkan jarak tempuh Komodo sekitar 12 km dan waktu tempuhnya 1 jam.

Terbang atau Berenang di Gunung Mas

paralayang Agrowisata Gunung Mas

Bila kendaraan offroad belum memompa adrenalin Anda, coba keseruan terbang layang (paralayang) di sini. Pengelola akan membawa wisatawan melintasi birunya langit dan hijaunya bumi Gunung Mas.

Anda bisa terbang layang (paralayang) sendiri bila memang sudah berpengalaman atau bersertifikat. Jika belum, jangan berkecil hati karena akan ada pemandu yang menemani di udara.

Kalau sedang malas terbang atau memang belum berani, sebaiknya berenang saja di kolam renang Tirta Mas. Jangan takut dingin, air di kolam renang ini memang berisikan air hangat.

Jam Buka Agrowisata Gunung Mas

Selain penginapannya, Agrowisata Gunung Mas buka dan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00. Kalau waktu tersebut belum cukup, Anda bisa menyewa salah satu kamar di Wisma Affandi.

Hampir bisa dipastikan pengunjung yang ke agrowisata ini akan merasa kurang liburan jika hanya mengunjungi tempat ini kurang dari semalam. Oleh karena itu, segera persiapkan rencana liburan agrowisata Anda ke tempat ini.

Anda bisa menggunakan jasa-jasa dari Salsa Wisata yang sudah sangat berpengalaman memandu wisatawan ke Bogor. Demi kenyamanan, Salsa Wisata merekomendasikan paket wisata Bogor yang bisa custom sesuai kebutuhan.

Tapi jika Anda ingin membawa rombongan sendiri pun kami bisa ikut membantu dengan menyiapkan rental mobil Innova Bogor plus driver. Dengan kendaraan itu Anda bisa ke Agrowisata Gunung Mas lebih hemat bersama rombongan.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)