SalSari Resto & Coffee

Bersantai di tengah hutan yang sejuk dan tenang tentu sangat menyenangkan. Apa lagi jika untuk melepas penat dan stres dari pekerjaan atau sekolah. Nah, kalian tidak perlu pergi terlalu jauh untuk mendapatkan sensasi itu. Hutan Pinus Sentul bisa menjadi destinasi wisata kalian.

Kawasan hutan ini menyajikan keindahan jajaran pohon pinus di area perbukitan. Udara di sekitar wilayah ini sangat segar dan dipenuhi aroma khas pohon pinus.

Kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru di tempat wisata Sentul yang hits ini, atau hanya untuk sekadar bersantai. Untuk informasi lebih lengkap, simak artikel di bawah ini!

Sekilas Tentang Hutan Pinus Sentul

spot foto wisata gunung pinus sentul

Hutan ini terletak di ketinggian sekitar 800 mdpl dengan kemiringan sekitar 40 persen. Sangat cantik karena dipenuhi pohon-pohon pinus yang tinggi dan teduh.

Hutan pinus ini sebenarnya termasuk dalam kawasan Taman Wisata Gunung Pancar. Namun, para pengunjung lebih familier dengan sebutan Hutan Pinus di Sentul dibandingkan Hutan Gunung Pancar.

Di sini, kalian bisa menikmati berbagai macam kegiatan atau sekadar bersantai. Pemandangannya sangat indah dan terdapat cukup banyak spot foto yang unik dan instagramable banget. Bahkan kalian juga bisa melakukan pemotretan pre-wedding loh!

Lokasi ini memang sangat cocok bagi kalian yang ingin berlibur bersama teman-teman dan keluarga.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul

Untuk menikmati tempat wisata yang sangat dekat dengan Taman Budaya Sentul ini, kalian perlu menyiapkan cukup banyak uang. Tapi jangan khawatir. Karena uang yang dikeluarkan akan setimpal dengan keasyikan kalian di hutan pinus ini.

Selain tiket masuk, Anda masih harus membayar pada beberapa wahana yang ada di dalam jika ingin menggunakannya. Nah, untuk lebih jelas silahkan lihat rincian tarifnya pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp5.000,00
Tiket Masuk Weekend Rp7.500,00
Camping Dengan Tenda per orang (minimal 3 orang) Rp200.000,00
Camping Tanpa Tenda (bawa sendiri) Rp100.000,00
Kolam Keluarga (per jam) Rp100.000,00
Kolam Terapi Rp50.000,00
Terapi Ikan (per 30 menit) Rp10.000,00

Sementara untuk spot-spot foto, siapkan uang sebesar Rp10.000,00 – Rp25.000,00 ya! Biasanya, akan dihitung per foto di satu spot. Kalian bisa mengambil paket untuk beberapa kali foto di beberapa spot yang berbeda.

Untuk paket rombongan dan pre-wedding dapat didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak pengelola.

Tarif yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu, para pengunjung disarankan untuk membawa uang lebih. Agar setelah puas berwisata dapat membeli oleh-oleh khas Bogor makanan murah.

Fasilitas di Hutan Pinus Sentul

Selain fasilitas-fasilitas yang sudah disebutkan di atas, hutan pinus ini memiliki fasilitas umum lainnya yang sangat lengkap. Ada area parkir, toilet, kamar mandi, pusat informasi, mushola, warung wisata, taman wisata dan gazebo. Ada pula kafe kekinian yang menawarkan berbagai macam makanan khas Bogor yang lezat.

Oh ya, kalian juga bisa menyewa hammock di lokasi wisata ini loh! Hammock-hammock ini sudah tergantung di antara dua pohon pinus sehingga bisa langsung kalian naiki. Kalian bisa bersantai, tidur atau sekadar berfoto.

Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Sentul

gunung pinus sentul

Lokasi tempat wisata ini terletak di Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor. Untuk mencapai lokasi ini, kalian bisa menggunakan motor dan mobil pribadi.

Agar perjalanan lebih nyaman, kalian bisa memanfaatkan layanan rental mobil mingguan lepas kunci di Salsa Wisata.

Letaknya masih termasuk dalam kawasan Taman Wisata Gunung Pancar, jadi cukup mudah untuk dicapai.

Kalian yang berasal dari luar Bogor dapat mengambil rute Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul bagian selatan.

Saat melihat Bellanova Mall, kalian belok kiri menuju Jl. MH. Thamrin dan terus lurus menuju Jungle Land dan alun-alun Sentul. Setelah itu, kalian bisa berbelok ke kiri sampai menemukan petunjuk jalan menuju Gunung Pancar hingga tiba di loket masuk hutan pinus.

Daya Tarik Hutan Pinus Sentul

Tempat wisata kekinian di Bogor memang terkenal dengan keindahan alamnya. Dari mulai curug hingga kebun yang asri pasti ada. Termasuk pula hutan pinus ini.

Lalu, apa sih yang menjadi daya tarik dari hutan ini? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Spot Foto nan Cantik

Daya tarik yang utama dari hutan ini adalah jajaran pohon pinusnya yang sangat indah. Kalian pasti ingin selalu mengabadikan setiap momen berwisata di tempat ini.

Tidak perlu bingung, sebab terdapat beberapa spot foto yang bisa menjadi background foto Instagramable. Ada rumah pohon, perahu melayang, sarang burung, hutan payung dan masih banyak lagi.

Untuk berfoto di spot-spot menarik ini kalian harus membayar biaya tambahan. Agar lebih berhemat, kalian bisa mengambil harga paket untuk berfoto di beberapa spot.

Selain itu, lokasi hutan pinus ini kerap kali untuk latar foto pre-wedding loh! Indahnya alam dan sejuknya udara membuat suasana menjadi lebih romantis. Memang sangat cocok menjadi lokasi pemotretan pre-wedding.

Camping dan Glamping

camping wisata gunung pinus sentul

Jika pergi ke hutan yang indah dan asri, tentu saja kita ingin berlama-lama untuk menikmati pemandangan bukan? Berkemah atau camping bisa menjadi pilihan kalian.

Di lokasi hutan pinus ini disediakan area khusus berkemah. Kalian bisa membawa peralatan berkemah sendiri atau menyewa kepada pihak pengelola taman wisata Gunung Pancar.

Selain camping, kalian juga bisa glamping loh! Glamping atau glamor camping merupakan kegiatan berkemah dengan peralatan yang lebih lengkap daripada camping biasa.

Tidak perlu bingung dan pusing, sebab semua peralatan ini akan disediakan oleh pengelola. Dari mulai tenda, kipas, meja makan, hingga alat barbeque. Tenda yang tersedia adalah tenda double layer dengan pilihan kapasitas 4 – 8 orang.

Trekking

trekking wisata gunung pinus sentul

Selain camping, kalian juga bisa melakukan trekking ke Gunung Pancar loh! Atau kalian juga bisa melakukan kegiatan trekking mengelilingi hutan pinus itu sendiri.

Medannya tentu sangat seru. Kalian akan melewati area hutan pinus, menyusuri jalanan menurun, menyeberangi sungai, lalu mendaki bukit dan gunung. Asyik banget deh!

Perjalanan ini tentu akan didampingi oleh guide atau ranger, jadi kalian tidak perlu takut tersesat.

Kolam Pemandian Air Panas dan Terapi Ikan

air panas wisata gunung pinus sentul

Nah, kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati sensasi pemandian air panas, karena di hutan pinus ini juga ada!

Terdapat empat jenis kolam yang bisa kalian pilih, yaitu: kolam renang 3 rasa, kolam keluarga, kolam pemandian umum dan kolam terapi. Kalian harus membayar biaya tambahan untuk bersantai di kolam-kolam ini.

Oh ya, untuk kolam keluarga, airnya pasti akan selalu diganti dengan baru setelah satu keluarga selesai menggunakannya. Jadi, kebersihannya tetap terjaga.

Sementara untuk kolam pemandian umum, akan dipisahkan antara kolam perempuan dan kolam laki-laki, sehingga, privasi tetap terjaga. Oh ya, kolam pemandian umum ini dibuka selama 24 jam. Kalian juga bisa meminta bubuk belerang untuk luluran loh!

Selain kolam-kolam ini, kalian juga bisa menikmati terapi ikan. Kalian akan mencelupkan kaki ke dalam sebuah kolam, kemudian ikan-ikan akan memakan kulit-kulit mati di kaki.

Outbound Area

outbound wisata gunung pinus sentul

Hutan pinus ini juga terkenal sebagai salah satu lokasi yang seru untuk melakukan kegiatan outbound. Kalian bisa berkumpul bersama keluarga, teman-teman kantor atau teman-teman sekolah dan bersenang-senang bersama.

Pengelola juga telah menyediakan beberapa pilihan kegiatan outbound yang sangat seru. Seperti archery, paintball dan Outbound Team Building.

Jam Operasional Hutan Pinus Sentul

Wisata hutan pinus ini buka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Namun, untuk spot foto dan kegiatan lainnya hanya bisa Anda akses dari jam 07.00 – 18.00 WIB.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari. Selain karena belum terlalu ramai, cahaya matahari yang menyinari tempat wisata ini juga akan menambah indah pemandangan.

Seru banget kan, berwisata di Hutan Pinus Sentul? Jangan lupa abadikan kunjungan kalian di sini ya! Banyak sekali spot-spot foto yang menarik yang pastinya bisa menambah cantik feed Instagram!

Setelah puas bermain di hutan pinus, jangan lupa berwisata kuliner di Bogor ya! Ada banyak sekali makanan dan minuman yang wajib kalian coba!

Terakhir, selalu gunakan agen travel terpercaya seperti Salsa Wisata untuk mengantarkanmu ke tempat wisata terkenal di Bogor. Segala kebutuhan terkait perjalanan wisata sudah terpenuhi. Sehingga agenda liburan mu menjadi lebih nyaman dan berkesan.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)