SalSari Resto & Coffee




Mangut Lele

earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mangut Lele

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mangut Lele merupakan salah satu kuliner khas Mataraman atau sekitar daerah Jogja, Solo, Semarang, dan Kendal yang sangat terkenal. Makanan olahan Lele dengan bumbu santan yang gurih ini bisa menjadi lauk yang nikmat untuk mengobati rasa lapar Anda.

Berbeda dengan Mangut Lele daerah lain, khusus di Jogja, lele yang akan dibuat mangut biasanya diasapi terlebih dahulu baru dimasak. Dengan begitu aroma khas dan tekstur kenyal dari lele tetap terjaga bahkan setelah dimasak dengan santan dan bumbu mangut.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Mangut Lele di Jogja adalah Warung Mangut Lele Mbah Marto yang ada di Bantul. Satu porsi Mangut Lele ini biasanya dibanderol dengan harga kisaran Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung jumlah ikan.

Krecek

Krecek

Krecek mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang menyukai Gudeg karena makanan ini selalu hadir sebagai pelengkap. Berbahan dasar kulit sapi yang sudah dikeringkan, Krecek bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari sambal hingga menjadi kerupuk.

Cara membuat krecek ini dimulai dengan memotong kulit sapi menjadi bagian kecil lalu digoreng menjadi kerupuk. Setelah itu dimasak lagi bersama sambal sebagai teman bersantap nasi dan juga gudeg.

Anda bisa menemukan hidangan Krecek ini di warung-warung makan Jogja terutama tempat makan Gudeg dengan harga yang murah. Untuk satu porsi Krecek ini dihargai sekitar Rp10.000,00 per piring dengan isi yang cukup banyak.

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok atau Bakpia Pathuk sudah menjadi salah satu makanan khas Jogja bisa untuk oleh-oleh yang wajib dibeli dan sudah sangat terkenal. Penamaan Bakpia Pathok sendiri karena pusat pembuatan Bakpia Jogja ini berada di sekitar Jl. Pathuk daerah Gunung Kidul.

Ciri khas Bakpia Pathok ini adalah ukurannya yang kecil dengan isian berupa kacang hijau sehingga terasa manis dan gurih. Saat ini sudah banyak berkembang varian rasa lain dari Bakpia yang tidak kalah enak seperti isi coklat, keju, hingga tiramisu.

Bakpia Pathok 25 jadi salah satu merk Bakpia Jogja yang sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung yang datang. Harga yang dijual di Bakpia 25 ini juga terjangkau sekitar Rp30.000,00 untuk satu kotak dengan isi 15 buah.

Sate Klatak

Sate Klatak

Sate Klatak merupakan makanan khas Yogyakarta yang berasal dari Pleret Bantul dan terbuat dari daging kambing muda. Keunikan dari Sate Klatak Jogja ini terletak pada tusuk satenya yang menggunakan jeruji sepeda bukan potongan bambu seperti pada umumnya.

Kata Klatak sendiri berasal dari bunyi klathak-klathak pada bara api yang menjadi tempat pembakaran sate. Sate ini juga tidak disajikan dengan saus kacang melainkan dengan gulai serta bumbu yang khas sehingga terasa begitu nikmat.

Sate Klathak Pak Pong menjadi tempat paling terkenal untuk menikmati wisata kuliner Jogja ini begitu juga dengan Sate Klatak Pak Jede. Harga satu porsi Sate Klatak ini sekitar Rp25.000,00 untuk satu piring yang berisi beberapa tusuk sate tanpa nasi.

Oseng Mercon

Oseng Mercon

Siapa bilang makanan enak di Jogja hanya memiliki rasa yang manis, ada Oseng Mercon yang pedasnya bisa membuat Anda menangis. Oseng mercon Jogja ini terbuat dari puluhan kg cabai rawit dan potongan daging serta bumbu khas yang membuatnya begitu pedas.

Resep oseng mercon biasanya membutuhkan daging sapi, kikil, atau gajih dan juga jumlah cabai yang banyak untuk membuatnya. Rasa pedas dari masakan inilah yang membuatnya diberi nama mercon karena terasa panas dan meledak di mulut saat dimakan.

Salah satu tempat oseng mercon terkenal yang ada di Jogja adalah Oseng Mercon Bu Narti di Jl. KH. Ahmad Dahlan. Untuk satu porsinya, oseng mercon ini dihargai sekitar Rp30.000 tergantung isian daging sapi atau daging ayam.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi

By Categories: Jogja, Kuliner

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

2.5/5 - (109 votes)