SalSari Resto & Coffee

Malino Highland yang berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut (mdpl) menyajikan wisata alam khas dataran tinggi. Wisatawan boleh sekedar sehari berkunjung ataupun menginap.

Tempat ini merupakan kawasan wisata yang menggabungkan keindahan alam, kesejukan udara dan kemewahan akomodasi. Tidak heran jika objek wisata ini jadi salah satu tempat wisata Indonesia yang populer.

Luas keseluruhan dari tempat wisata ini adalah 900 hektar, pengelola sudah menggarap 200 hektar untuk ekowisata. Objek wisata ini menjadi unggulan sektor pariwisata dari Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sekilas Tentang Objek Wisata Malino Highland

wisata Malino highlands

Provinsi Sulawesi Selatan memang gencar mempromosikan sektor pariwisatanya. Kali ini ada Malino Highland di Kabupaten Gowa yang sering menjadi berita promosi wisata provinsi tersebut.

Setelah sukses mempromosikan tempat wisata hits Tana Toraja, kali ini giliran Malino Highland yang akan dipopulerkan oleh Pemprov Sulsel. Pemkab Gowa pun akan ikut mengambil peran penting pastinya.

Usaha mempromosikan Malino Highland adalah langkah yang tepat. Selain karena memang wisata alamnya yang indah, pengelolaannya pun terbilang profesional untuk memberikan nilai tambah pada daya tariknya.

Fasilitas Malino Highland

spot foto Malino highlands

Daya tarik suatu objek wisata tidak akan berarti tanpa dukungan fasilitas yang memadai. Pengelola objek wisata Malino Highland menyadari hal itu sepenuhnya.

Oleh karena itu, fasilitas di tempat ini pun dibuat senyaman mungkin untuk pengunjung. Terlihat jelas perpaduan apik antara keindahan alam dengan kemewahan fasilitas yang ada.

Salah satu fasilitasnya adalah area parkir yang luas untuk kendaraan Anda. Kemudian banyak juga wahana permainan seru seperti trampolin, sepeda, paralayang dan juga teropong bintang.

Selain menjadi daya tarik, restoran di sini pun jadi fasilitas pendukung konsumsi selama liburan Anda. Di sini Anda bisa menikmati makanan khas Gowa dan juga ada wisata kuliner Makassar yang terkenal.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan Malino Highland

Bagi Anda yang merupakan tamu Malino Highland Resort maka ada keistimewaan. Anda akan dibebaskan dari biaya masuk ke kebun teh, taman bunga, mini zoo dan beberapa tempat wisata lainnya.

Tapi bagi Anda yang ingin berkunjung sehari saja tanpa menginap, berikut ini daftar harga tiket masuk ke objek wisata Malino.

Column 1 Column 2
Tiket masuk dewasa Rp50.000,00
Tiket masuk anak Rp25.000,00
Chamomile Standard Room 1.200.000,00
Hibiscus Japanese 2.500.000,00
Chamomile Japanese Room 1.300.000,00
Hibiscus Minimalis 2.000.000,00

Harga-harga tersebut belum termasuk biaya masuk ke objek wisata yang lain dan juga bukan termasuk biaya untuk penggunaan wahana permainan seperti trampolin, sepeda, paralayang dan lain-lain.

Adapun tarif yang tertera di atas tentunya masih dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola. Terutama saat waktu liburan tarif penginapannya akan mengalami kenaikan.

Rute Menuju Lokasi Malino Highland

berkuda di Malino highlands

Rute yang harus Anda tempuh untuk dapat tiba ke Malino Highland tidak sulit. Dari pusat Kota Makassar lalui jalan Sultan Hasanuddin untuk kemudian masuk ke jalan Poros Malino.

Setelah tiba di jalan itu, akan banyak petunjuk arah ke Malino Highland, Anda tinggal mengikutinya saja. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Memang seharusnya menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa rental mobil mingguan murah dari Salsa Wisata untuk tiba ke lokasi. Hal tersebut karena memang tidak ada kendaraan umum yang melewati jalur ke dataran tinggi Malino.

Tidak perlu bingung memikirkan soal oleh-oleh. Anda bisa membelinya di jalan Sultan Hasanuddin atau jalan Poros Malino, baik itu oleh-oleh khas Gowa maupun oleh-oleh khas Makassar tahan lama.

Daya Tarik Malino Highland

daya tarik Malino highlands

Malino Highland memiliki lebih dari 2200 ulasan pada Google Maps. Dari ulasan yang masuk tersebut, tempat ini mendapatkan rating 4,5 bintang. Hal itu sudah cukup membuktikan bahwa tempat ini berdaya tarik kuat.

Tentu saja tidak hanya satu daya tarik yang mampu mengundang ribuan ulasan tersebut. Belum lagi para pengunjung yang tidak memberi ulasan. Dapat Anda bayangkan seberapa mempesonanya tempat wisata ini.

Perkebunan Teh Malino Highland

kebun teh Malino highlands

Dataran tinggi Malino atau Malino Highland ini tampak seperti permadani berwarna hijau. Warna hijau yang indah itu tersusun dari kawasan hutan pinus luas dan perkebunan teh.

Berbeda dengan tetangganya Kota Makassar yang mengandalkan wisata alam pantai seperti Pantai Losari, Kabupaten Gowa melengkapi destinasi wisata di Sulawesi Selatan melalui wisata alam dataran tingginya.

Wisata alam tersebut diwakili oleh dataran tinggi Malino yang terkenal dengan hamparan luas perkebunan tehnya. Meski masih banyak daya tarik lain, rasanya perkebunan teh ini masih menjadi favorit pengunjung.

Bagaimana tidak, di kebun teh ini pengunjung dapat menikmati panorama yang indah dan udara segar yang menyejukkan. Pengunjung juga boleh menjelajahi secara langsung keindahan kebun teh ini.

Villa dan Resort Malino Highland

villa Malino highlands

Satu hari akan jadi waktu yang sangat singkat jika berada di Malino Highland. Untuk itulah aspek keindahan di dataran tinggi Malino menjadi lengkap dengan adanya aspek kenyamanan dari penginapannya.

Nyaman dan cukup mewah menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan villa dan resort yang ada di Malino. Jika ingin menginap di sini, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp400.000,00 untuk satu malamnya.

Interior dari Malino Highland resort ini didesain bergaya Jepang modern. Ada 7 jenis atau tipe kamar mulai dari deluxe hingga executive. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan liburan.

Jika Anda menginap di sini maka akan mendapatkan akses gratis semua destinasi wisata di Malino. Destinasi wisata tersebut di antaranya mini zoo, green house, kebun teh dan masih banyak yang lain.

Kafe dan Restoran Malino Highland

kafe Malino highlands

Hanya ingin sekedar melepas penat sejenak? Bersantai di kafe atau restoran dataran tinggi Malino ini sudah lebih dari cukup. Anda bisa bersantai menikmati coffee time sore hari di sini.

Anda bisa menikmati makanan khas Gowa untuk santap siang di restoran Malino Highland. Meski belum sepopuler makanan khas Makassar kekinian namun rasa makanan khas Gowa di restoran ini bisa diadu kualitasnya.

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi kafe dan restoran ini adalah sore hari. Tepatnya saat matahari akan terbenam, suasananya pasti akan indah mengesankan.

Bila tidak terlalu tahan cuaca dingin, sebaiknya gunakan pakaian yang agak tebal atau berlapis. Cuaca kafe di dataran tinggi Malino akan terasa dingin sekali.

Aktivitas Seru di Malino Highland

mini garden Malino highlands

Masih banyak sekali daya tarik Malino Highland, berikut ini sedikit ulasannya. Di dekat sini Anda bisa olahraga berkuda di tanah yang lapang. Bila belum mahir, akan ada pelatih yang mendampingi.

Bila ingin suasana yang lebih segar, Anda pun bisa trekking ke air terjun Lembanna yang lebih mudah diakses dengan berjalan kaki dari resort. Kesegaran suasana air terjun mampu membayar lunas lelah selama di perjalanan.

Bagi Anda yang menginap di resort akan mendapatkan akses gratis masuk ke dalam mini zoo Malino. Koleksi satwa di mini zoo Malino terdiri dari buaya, kuskus Sulawesi, kera hitam, kasuari, elang dan lain-lain.

Aktivitas seru lain adalah mengunjungi taman bunga krisan. Sesuai dengan namanya, taman ini didominasi bunga krisan yang berasal dari Yunani. Tersedia juga spesies-spesies bunga lainnya selain krisan.

Jam Buka Malino Highland

Meskipun tidak menginap di Malino Highland Resort, rasanya Anda bisa cukup puas menikmati keindahan alam dataran tinggi Malino. Penyebabnya adalah jam operasional tempat wisata yang cukup panjang.

Tepatnya jam buka objek wisata ini adalah pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00. Tempat wisata ini buka setiap hari tanpa libur. Jadi, berkunjung di tengah pekan pun tidak akan menjadi masalah.

Sebaiknya calon pengunjung datang pagi-pagi untuk menikmati kesejukan udara pagi di Malino dan jangan pulang sebelum menyaksikan matahari terbenam dari atas kafe Malino.

Masalahnya adalah jika Anda berasal dari luar kota, memiliki hasrat berkunjung ke Malino dan khawatir tersesat. Maka penawaran paket wisata custom dari Salsa Wisata bisa jadi pilihan yang tepat.

Jadi, waktu Anda untuk berlibur pun tidak terbuang percuma jika hanya karena tersesat mencari jalan. Segera nikmati pemandangan indah yang akan disuguhkan oleh Malino Highland.



By Categories: Destinasi, Gowa

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)