SalSari Resto & Coffee

Jakarta memiliki banyak pusat perbelanjaan yang tak dimiliki daerah lain di Indonesia. Banyak sekali mall terkenal di Jakarta yang biasanya menjadi tempat berbelanja sekaligus tempat tujuan jalan-jalan.

Jadi, bukan hal yang sulit bagi warga Jakarta untuk menemukan tempat refreshing di tengah kota. Karena selain memiliki ragam tempat wisata di Jakarta yang murah, mall Jakarta juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rekreasi.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta tawarkan segudang destinasi wisata berbelanja, kuliner, hiburan, hingga hang out. Dan semua ini tersedia menjadi satu di pusat perbelanjaan atau sering kita sebut mall.

Daftar Mall Terkenal di Jakarta

Bagi warga Jakarta, mall-mall di Jakarta adalah salah satu destinasi liburan yang praktis dan lengkap. Hampir semua fasilitas hiburan dapat dijumpai di sini.

Seringnya mall di Jakarta jadi destinasi liburan alternatif selain taman kota, kebun binatang, dan taman rekreasi tengah kota. Di mall, pengunjung dapat wisata belanja, nonton film, dan bahkan nongkrong di cafe hits.

Kelengkapan fasilitas mall juga kerap jadi ‘magnet’ terutama bagi turis luar Jakarta yang kebetulan sedang berkunjung ke ibu kota. Ya, banyak turis yang manfaatkan layanan sewa mobil Alphard Jakarta lepas kunci dari Salsa Wisata untuk bisa tiba di mall.

Sebagai referensi, berikut kami bagikan info 24 mall terkenal di Jakarta 2022 yang wajib Anda ketahui.

Lippo Mall Puri

Lippo Mall Puri

Lippo Mall Puri merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta. Tepatnya di Kompleks Puri Indah CBD Jalan Puri Indah Raya No. 3, RT 03, RW 02, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Mall ini resmi buka pada tanggal 19 Juni 2014 dengan total memiliki 4 lantai. Pemiliknya adalah Lippo Group dan merupakan bagian dari kawasan pembangunan superblok The St. Moritz.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke mall ini, maka bisa datang sejak pukul 12.00 WIB sampai 20.00 WIB. Jika datang bersama rombongan, Anda bisa memesan sewa bus pariwisata Jakarta murah.

Grand Indonesia

Berikutnya ada Grand Indonesia. Mall termewah di Jakarta ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling populer di Jakarta. Mantan Presiden SBY adalah pihak yang meresmikannya tahun 2007 lalu.

Grand Indonesia terletak di Jalan M.H. Thamrin No.1, RT.1 RW.5, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Mall ini termasuk dalam Djarum Group milik konglomerat di Indonesia. Dengan total sebanyak 7 lantai, Grand Indonesia tampak begitu mewah. Terlebih karena desain mall yang begitu cantik.

Gandaria City Mall

Gandaria City Mall

Gandaria City atau juga terkenal dengan nama Gancit adalah salah satu mall terbesar di Jakarta yang cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga. Mall ini memiliki 7 lantai dan resmi beroperasi sejak tanggal 5 Agustus 2010.

Keseluruhan luas mall ini hingga 336.279 meter persegi. Lokasinya sendiri berada di Jalan Sultan ISkandar Muda, RT.10, RW.6, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Daya tarik dari mall ini adalah jalan utamanya yang dirancang oleh Genius Loci, sebuah perusahaan desain interior terkenal yang berkantor di Singapura, Shanghai, dan Jakarta.

Mall ini memiliki konsep tematik Main Street yang mencerminkan semua fitur arsitektur yang berbeda. Mulai dari fitur arsitektur dari Batavia di salah satu ujung dan fitur Time Square New York di sisi lainnya.

Central Park

Mall terkenal di Jakarta yang pertama adalah Central Park. Mall ini terletak di Kompleks Podomoro City. Tepatnya Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, RT.12, RW.6, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung seperti pelajar, mahasiswa, keluarga, dan para wisatawan dalam dan luar negeri. Kompleks Central Park juga merupakan bangunan terbesar ke-8 di dunia.

Namanya sendiri berasal dari Central Park di Manhattan, New York City. Lokasinya tak jauh dari Jakarta Aquarium yang terletak di kawasan Mall Neo Soho.

Mall ini resmi buka pada tanggal 9 September 2009. Bangunan dengan luas lantai kurang lebih 188.077 meter persegi ini merupakan bagian dari Mega Proyek Terpadu Podomoro City dengan total luas lahan 22 hektar.

Aeon Mall Jakarta Garden City

Aeon Mall Jakarta Garden City

Aeon Mall adalah salah satu mall terbaru yang berada di wilayah Jakarta Timur. Berdiri di atas hamparan lahan kosong membuat mall ini terkesan besar dan megah.

Tak kalah dari Dunia Fantasi atau Dufan, Aeon Mall Jakarta Garden City memiliki berbagai wahana permainan yang menyenangkan. Salah satu wahana favorit pengunjung adalah J-Sky Ferris Wheel, yakni bianglala tertinggi se-Indonesia.

Lokasinya ada di Jalan Jakarta Garden City Boulevard No.1, RT.8, RW.6, Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Anda bisa menggunakan layanan paket wisata terutama Anda para turis luar kota.

Summarecon Mall Kelapa Gading

Summarecon Mall Kelapa Gading terkenal dengan nama MKG. Mall ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Utara.

Tepatnya di Kompleks Sentra Kelapa Gading Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya No. 13, RT. 13, RW. 18, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Memiliki luas kurang lebih 150.000 meter persegi yang mencakup beberapa fasilitas di dalamnya. Fasilitas tersebut meliputi Menara Satu, The Summit Apartment, Gading Food City, POP! Hotel, Harris Hotel, dan La Piazza Lifestyle Center.

Mall ini berdiri pada tahun 1990. Dulunya memiliki nama Plaza Kelapa Gading. Namun seiring dengan berkembangnya pembangunan mall ini, maka pada tahun 1995 berganti nama menjadi Mall Kelapa Gading.

Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta. Alamat lengkapnya yaitu Jalan Letjen. S. Parman Kav. 28, RT.9, RW.1, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Mall ini pertama buka pada tanggal 28 Agustus 1996. Kemudian salah satu yang istimewa dari mall ini adalah adanya permainan Rink Ice Skating. Permainan tersebut adalah sebuah permainan di area es dengan menggunakan sepatu khusus.

Pendiri mall ini adalah Salimin Prawiro Sumarto yang merupakan konglomerat asal Kebumen. Mall ini juga terbilang cukup luas; luas bangunannya capai 360.000 meter persegi dengan 7 lantai.

Senayan City

Senayan City atau yang sering disebut dengan “Senci” merupakan sebuah superblok yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 19, RT 01, RW 03, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mall ini resmi buka untuk umum pada tanggal 23 Juni 2006. Pendirinya sendiri tak lain adalah pengembang Agung Podomoro Land.

Dengan luas kurang lebih 48.000 meter persegi membuat mall ini menjadi tempat menyenangkan untuk rekreasi. Anda bisa menikmati wisata kuliner Jakarta malam hari dengan berbagai menu menarik di area makan mall ini.

Mall Artha Gading

Mall Artha Gading

Bangunan Mall Artha Gading adalah sebuah pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mall ini telah beroperasi sejak tanggal 27 Oktober 2004 dan terdiri dari 8 buah lantai.

Berdiri di area seluas 6 hektar, mall ini menghadirkan lebih dari 400 tenant yang beragam. Mulai dari taman hiburan Jakarta terdekat hingga wisata edukasi anak-anak.

Mall ini hadir sebagai pusat hiburan dan pilihan rekreasi keluarga. Memilih konsep sebagai mall keluarga yang memiliki fasilitas pendukung yang lengkap seperti fasilitas kursi roda dan baby stroller.

Mall Of Indonesia

MOI ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, RT.18, RW.19, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mall ini resmi dibuka pada tanggal 8 Agustus 2008 dan memiliki 5 lantai. Pemilik mall ini adalah pengembang yang sangat populer yaitu Agung Sedayu Group.

Jika berkunjung ke sana, jangan lewatkan untuk singgah di Jakarta International Stadium. Pemandangan di area stadion sangat indah, apalagi saat sore hari.

Pacific Place Mall

Pacific Place Mall

Pacific Place Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Sudirman Central Business District. Lokasi tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, RT.5, RW.3 Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mall ini resmi buka untuk pertama kalinya pada tanggal 26 November 2007. Di dalamya sangat mewah dengan begitu banyak tenant dengan brand premium seperti Hermes, Louis Vuitton dan Guess.

Mall ini dikembangkan oleh Grup Dua Mutiara. Hal yang menjadikan mall ini istimewa adalah adanya Galeries Lafayette, yaitu department store dari Prancis seluas 12.000 meter persegi.

Lotte Shopping Avenue

Anda ingin belanja sekaligus memborong makanan Jakarta yang khas? Lotte Shopping Avenue adalah tempat yang sangat cocok.

Ada banyak restoran yang terdapat di sekitar mall ini. Anda juga bisa mengunjungi area makan yang menyediakan berbagai menu makanan lezat.

Lokasinya ada di Jalan Prof. DR. Satrio No.Kav 3-5, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Sempatkan ke Kebun Binatang Ragunan jika Anda mengajak anak-anak usai puas jalan-jalan di mall ini.

Cilandak Town Square

Cilandak Town Square

Mall Cilandak Town Square banyak yang menyebutnya dengan singkatan Citos. Shopping center ini merupakan sebuah pusat hiburan yang ada di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.

Mall ini berdiri pada pertengah tahun 2002 dan memiliki sebuah bangunan utama dengan 2 lantai saja. Meski demikian, mall ini menjadi favorit warga sekitar untuk jalan-jalan.

Jam operasional Cilandak Town Square mulai dari pukul 10.00 hingga 00.00 WIB. Lokasinya tak jauh dari tempat wisata Museum Basoeki Abdullah.

Plaza Senayan

Nama mall terkenal di Jakarta berikutnya adalah Plaza Senayan atau PS. Mall ini adalah pusat perbelanjaan yang beralamat di Jalan Asia Afrika Nomor 8, RW 03, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Shopping center ini secara resmi buka pada tanggal 26 April 1996. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai salah satu pusat perbelanjaan termewah di Jakarta dengan berbagai toko dengan merek terkenal.

Bagi Anda yang senang berburu oleh-oleh dari Jakarta kekinian, maka mall ini adalah tempat yang sangat tepat. Ada berbagai barang yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Mall ini juga terlihat begitu indah, bahkan sejak awal pembangunannya sudah terlihat begitu megah sehingga tidak perlu banyak mengalami renovasi. Total luas pertokoan mall ini adalah 130.500 meter persegi.

Blok M Plaza

Blok M Plaza

Mall terkenal di Jakarta berikutnya adalah Blok M Plaza. Mall ini terletak di kawasan Blok M tepatnya di Jalan Bulungan No.76, RT.6, RW.6, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke sini. Di antaranya adalah berburu piringan hitam, buku lawas, hingga kuliner. Mall ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Fasilitas di mall ini juga terbilang lengkap. Anda bisa menemukan Mushola Executive yang berada di lantai 8. Selain itu, beberapa spot di mall ini juga bisa menjadi tempat foto instagramable.

Puri Indah Mall

Daftar Mall terkenal di Jakarta selanjutnya ada Puri Indah Mall. Mall ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan keluarga yang berada di Jalan Puri Agung, Puri Indah, Kembangan Selatan, Jakarta Barat.

Pusat perbelanjaan ini mengusung konsep sebuah puri atau istana yang modern. Di salah satu lobinya, terdapat sebuah area kebun yang luas.

Buka secara resmi pada tanggal 27 November 1997 namun sudah mulai beroperasi sejak awal tahun 1997. Luas bangunan mall ini sekitar 125.000 meter persegi. Sedangkan untuk luas seluruh areanya sebesar 144.756 meter persegi.

Plaza Indonesia

mall terkenal di Jakarta Plaza Indonesia

Plaza Indonesia merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di Jalan MH. Thamrin Kav. 28–30, RT. 09, RW. 05, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada tanggal 1 Maret 1990, mall ini buka untuk pertama kalinya. Total luasnya yaitu 38.050 meter persegi dengan 4 lantai pertokoan kelas menengah ke atas.

Mall Plaza Indonesia dikembangkan oleh PT Global Land Development Tbk. Pusat perbelanjaan ini juga lengkap dengan gedung perkantoran The Plaza Office Tower dan apartemen The Keraton Grand Hyatt Residences.

Blok M Square

Mall berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan adalah Blok M Square. Mall yang satu ini menawarkan berbagai macam hal, mulai dari fashion, aksesoris, otomotif, kuliner, hingga wisata religi Indonesia.

Blok M Square adalah pusat perbelanjaan milik PD Pasar Jaya dengan luas total luas pertokoan hingga 12 hektar. Selain itu, area parkir di mall ini juga bisa menampung 3.000 mobil.

Bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum untuk ke Blok M Square maka bisa menggunakan bus Transjakarta atau MRT. Atau, jika ingin lebih nyaman dan efektif, lebih baik gunakan kendaraan pribadi.

Plaza Atrium

mall terkenal di jakarta Plaza Atrium

Pusat perbelanjaan Plaza Atrium merupakan superblok pertama yang ada di Jakarta. Pusat perbelanjaan ini berdiri pada tahun 1992.

Mall ini juga termasuk mall pertama yang ada di Jakarta Pusat yang selalu berusaha menghadirkan pelayanan terbaik untuk para pengunjungnya.

Memiliki konsep family mall, mall ini berada di bawah naungan Cowell Commercial. Dan terdiri dari mall, ruko, hotel bintang 4, dan gedung perkantoran.

Mall Ambasador

Mall Ambasador merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Salah satu mall terkenal di Jakarta ini termasuk sebuah perbelanjaan yang cukup lengkap dan besar dengan berbagai gerai.

Selain sebuah pusat perbelanjaan, mall ini juga memiliki sebuah apartemen bernama Apartemen Ambasador. Pemiliknya yaitu salah satu pengembang terkenal di Indonesia, yaitu Sinarmas Land.

Mall Ciputra Jakarta

mall terkenal di jakarta barat Mall Ciputra Jakarta

Dulunya, Mall Ciputra Jakarta bernama Citraland Mall atau biasa disebut dengan CL. Ini adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Letjen S. Parman, RT.11, RW.1, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Mall terkenal di Jakarta ini berdiri pada tanggal 26 Februari 1993 dan dimiliki oleh Group Ciputra sebagai anak usaha dari PT. Ciputra Property, Tbk. Di atas bangunannya, mall ini memiliki sebuah hotel bernama Hotel Ciputra.

Mall dengan total 6 lantai ini memiliki luas total 76.017 meter persegi dan tidak termasuk area parkirnya. Selain telah mendapatkan sertifikat ISO yang telah diperbaharui pada tahun 2010, mall ini juga sering mendapatkan penghargaan.

Kuningan City

Berikutnya ada salah satu mall terkenal di Jakarta yang berada di Kuningan. Apalagi jika bukan Kuningan City.

Mall ini merupakan sebuah kompleks superblok serbaguna yang berada di Karet Kuningan bernama Kuningan City. Tepatnya terletak di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, RT.14, RW.4, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan

Mall yang resmi dibuka pada tanggal 15 Desember 2011 ini terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, menara perkantoran, dan 2 buah menara apartemen eksklusif.

fX Sudirman

mall yang terkenal di jakarta fX Sudirman

fX Sudirman merupakan mall terkenal di Jakarta yang lokasinya berada di Jalan Jend. Sudirman RT.1, RW.3, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bangunan yang terdiri dari 9 lantai pertokoan ini milik perusahaan Sinar Mas Land setelah sebelumnya milik MNC Land.

Mall tersebut buka untuk pertama kalinya secara resmi pada tanggal 21 Juli 2008. Pusat perbelanjaan ini berintegrasi dengan Harris Hotel, Stasiun MRT Istora, halte shuttle bus, dan Gelora Bung Karno.

Cibubur Junction

Cibubur Junction merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Jambore Raya No. 1, RW.7, Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Mall ini resmi buka untuk pertama kalinya pada tanggal 28 Juli 2005. Bangunan megah ini memiliki jumlah lantai total 5 lantai dengan pemilik PT Lippo Karawaci, Tbk.

Cibubur Junction juga menjadi rekomendasi terakhir mall terkenal di Jakarta. Jangan lupa singgah ke mall ini jika Anda berkunjung ke Cibubur.

Itulah daftar mall terkenal di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Jangan lupa, serahkan urusan perjalanan Anda kepada Salsa Wisata.

Salsa Wisata memiliki banyak tawaran paket wisata menarik untuk Anda. salah satunya adalah paket gathering untuk perkantoran, perusahaan, institusi, atau bahkan trah keluarga.

Dengan paket ini, Anda dapat memilih destinasi wisata yang Anda inginkan. Termasuk ke salah satu mall terkenal di Jakarta atau waterpark Jakarta murah namun berfasilitas memadai.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)