SalSari Resto & Coffee

Salah satu ikon dari kota Bandung adalah Gedung Sate. Gedung ini sangat populer dan menjadi destinasi wisata yang tidak boleh wisatawan lewatkan. Di area gedung, terdapat Museum Gedung Sate untuk belajar sejarah.

Gedung Sate yang merupakan bangunan warisan kolonial yang masih berdiri kokoh hingga saat ini memang menjadi tujuan wisata favorit. Adapun museum sendiri baru ada di tahun 2017 silam.

Sekilas Tentang Museum Gedung Sate

Bandung memang telah menjadi kota penting sejak dahulu termasuk di masa penjajahan. Oleh sebab itu, selain objek wisata sejarah Bandung yang bertema alam, tempat wisata edukasi dan sejarah juga menjadi daya tarik.

Museum Gedung Sate Bandung layak berada di dalam wishlist wisata Bandung karena Anda dapat mengenal sejarah tentang gedung ikonik ini. Bukan hanya sejarah, tetapi juga arsitektur bangunan mulai dari materialnya.

Menariknya, seakan ingin memberikan kesan yang menarik bagi generasi sekarang, museum ini memiliki teknologi terkini berupa AR (Augmented Reality). Sehingga museum ini memang lebih menyenangkan.

Destinasi ini cocok untuk menjadi tempat outing para murid sekolahan dalam memperkaya wawasan budaya dan sejarah berbasis rekreatif. Anda bisa menggunakan layanan rental big bus Bandung murah untuk mengakomodir seluruh peserta outing.

Fasilitas Museum Gedung Sate

cafe Museum Gedung Sate

Fasilitas Museum Gedung Sate sangat lengkap. Area parkir yang memadai untuk mobil, bus dan sepeda motor. Toilet, tempat duduk, mushola dan kantin juga sudah tersedia.

Pihak pengelola, dalam hal ini memang sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung. Sehingga fasilitas juga menjadi prioritas. Bahkan jika membutuhkan seorang guide, Anda cukup bertanya pada staf museum.

Harga Tiket Masuk Museum Gedung Sate

Agar lebih nyaman, sebagai saran agar melakukan reservasi atau pesan tiket melalui online. Harga tiket Museum Gedung Sate sangat murah. Nantinya, pengunjung harus menunjukkan tiket pada petugas di depan pintu masuk.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Lokasi Museum Gedung Sate

eksterior Museum Gedung Sate

Lokasi Museum Gedung Sate berada di dalam Gedung Sate yang beralamat di Jalan Diponegoro nomor 22 Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Letaknya sangat mudah untuk Anda jangkau karena ada di pusat kota.

Untuk rutenya, jika dari alun-alun Bandung, jaraknya hanya 3 km atau 8 menit dengan kendaraan dan kondisi lalu lintas normal. Untuk datang ke museum, bisa menggunakan kendaraan pribadi, sewa atau via aplikasi online.

Daya Tarik Museum Gedung Sate

Gedung Sate berdiri sejak tahun 1920 dan telah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bandung. Adapun di museumnya, ada cukup banyak yang menjadi daya tarik wisata sejarah dan edukasi ini.

Diorama Sejarah

gallery Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate memiliki koleksi yang lengkap terkait dengan diorama sejarah bangunannya. Begitu masuk ke museum, Anda akan melihat berbagai diorama informasi yang berkaitan dengan sejarah dan pembangunan gedung.

Bahkan, wisatawan dapat melihat proses pembentukan Bandung menjadi kota secara resmi di museum ini. Tidak hanya itu, pengunjung dapat melihat sekaligus membandingkan peta Bandung tempo dulu.

Di dalam peta tersebut ada berbagai bangunan cagar budaya termasuk di dalamnya ada Gedung Sate. Diorama sejarah ini tertata begitu rapi dan menarik untuk mengikuti cerita sejarahnya.

Tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak berkunjung ke sini saat akhir pekan. Agar perjalanan lebih nyaman, manfaatkan jasa rental mobil innova Bandung lepas kunci agar wisata sejarah ini lebih nyaman.

Edukasi Arsitektur dan Sipil

koleksi sipil Museum Gedung Sate

Memasuki area utama, pengunjung akan melihat berbagai pajangan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan pembangunan gedung. Ada gambar rancangan fasad atau tampilan muka gedung yang pertama.

Bahkan, ada ada dinding yang sengaja terbuka agar pengunjung dapat melihat bagian dalam material dinding gedung. Pihak pengelola sengaja membobok lapisan luar dinding agar bagian dalam terlihat.

Dengan demikian, konstruksi bangunan dapat wisatawan lihat dengan jelas. Bukan hanya dinding, bahkan termasuk jendela, pondasi hingga ornamen bangunan lainnya.

Di ruang ini memang bertujuan untuk mengenalkan pada wisatawan tentang edukasi arsitektur serta teknik sipil Gedung Sate. Sehingga bagi Anda pecinta arsitektur bisa belajar lebih banyak di area ini.

Film Sejarah

bioskop Museum Gedung Sate

Tidak mau kalah menarik dari Museum Geologi Bandung, Museum Gedung Sate Bandung Jawa Barat ini memiliki ruang teater mini. Di dalam ruangan ini ada layar lebar dan barisan kursi seperti di bioskop.

Wisatawan hanya perlu duduk dan menonton penayangan pembangunan Gedung Sate dari awal hingga akhir. Sehingga mereka pun tidak akan merasa jenuh atau bosan ketika berkunjung ke museum ini.

Teknologi Terkini

teknologi Museum Gedung Sate

Pemerintah kota Bandung memang sengaja membuat museum ini terlihat lebih modern dengan menghadirkan beberapa teknologi terkini. Misalnya, setiap papan dan bagan informasi dilengkapi dengan layar audiovisual.

Ada juga proyeksi animasi yang sangat memukau termasuk proyeksi Gedung Sate dengan bentuk 4 dimensi. Tidak hanya itu, di salah satu ruangan, ada yang sudah menggunakan teknologi AR atau Augmented Reality.

Ketika menggunakannya, maka pengunjung akan merasakan berada di tengah gedung berserakan. Selain itu, terlihat juga para pekerja yang sedang sibuk membangun Gedung Sate.

Teknologi lain yang tak kalah seru adalah Virtual Reality. Pengunjung harus mengenakan kacamata VR 3 dimensi. Ketika memakainya, maka Anda akan merasa berada di dalam balon udara yang terbang di atas gedung sate.

Kuliner khas Bandung

jajanan sekitar Museum Gedung Sate

Karena lokasinya di Gedung Sate, maka ada banyak pusat kuliner terdekat. Memang di dalam area Museum Gedung Sate sudah ada kantin, tapi jika ingin mencari tempat kuliner Bandung yang hits, ada banyak di dekat Gedung Sate.

Jika ingin ke kantin maka tinggal berjalan sebentar, tapi jika ingin kuliner hits, juga tidak perlu berjalan jauh. Cukup keluar dari Gedung Sate dan menyisir area jalan dekat gedung. Anda bisa melihat banyak tempat kuliner lezat.

Harga setiap makanan dan minumannya juga sangat ramah dengan kantong, termasuk kantong mahasiswa. Jadi, bagi yang ingin mencicipi wisata kuliner khas Bandung yang enak, tidak perlu khawatir soal harganya.

Beberapa tempat kuliner terdekat, menghadirkan nuansa yang memorable. Apalagi saat malam hari, Anda bisa menjelajah kuliner malam dari mulai pedagang kaki lima hingga resto yang ada di sekitar Gedung Sate.

Jam Operasional Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate buka setiap hari pagi pukul 09.30 hingga pukul 16.00 sore hari kecuali di hari Senin. Sebelum datang ke sini, baik wisatawan yang  datang pribadi maupun rombongan harus memesan tiket atau reservasi terlebih dahulu.

Selain kawasan Gedung Sate, Anda bisa melanjutkan penjelajahan ke destinasi wisata Bandung lainnya, termasuk wisata oleh-oleh. Di Bandung, ada banyak oleh-oleh khas Bandung selain makanan yang dapat Anda beli.

Sebagai catatan, pastikan untuk menggunakan jasa tour and travel yang tepat sebelum berkunjung ke Museum Gedung Sate. Salsa Wisata memiliki sejumlah paket wisata, akomodasi dan transportasi dengan harga murah.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)