SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda ingin berlibur dengan budget murah, tentu Anda harus ke Nangkula Park. Jangan salah, meskipun murah, wisata ini menyediakan wahana yang melimpah!

Dengan pemandangan yang cantik, dan suasana alam yang tradisional, tempat wisata ini juga menghadirkan wisata edukasi. Dari mulai patung Soekarno, benda-benda seni tradisional, dan banyak lagi! Anda juga hanya perlu membayar Rp2.000,00 untuk masuk ke tempat wisata ini.

Hebat bukan? Tulungagung si kota seribu warung kopi, ternyata juga memiliki wisata edukasi. Tak hanya itu, masih ada banyak lagi tempat wisata alam di Tulungagung lainnya yang wajib Anda kunjungi!

Sekilas Tentang Nangkula Park

suasana nangkula park

Tempat wisata yang berjarak satu jam dari Pantai sine ini sangat asri dan sederhana. Hal ini dikarenakan, awalnya area wisata ini adalah lapangan desa.

Pemerintah desa Kendalbulur lalu melihat adanya potensi luar biasa untuk memikat hati wisatawan luar. Akhirnya, mereka membangun tempat wisata ini dan meresmikannya pada Juli 2020 lalu.

Memang ada beberapa tempat wisata seperti ini yang tidak dirawat dengan baik, apalagi kalau biaya masuknya murah. Namun, tempat wisata ini sangat berbeda. Pemerintah dan warga setempat merawat semua tanamannya dengan sangat baik.

Harga Tiket Nangkula Park

Untuk masuk tempat wisata ini, Anda tidak perlu membayar biaya kendaraan, karena biaya tersebut sudah termasuk biaya tiket masuk.

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp5.000,00
Tiket masuk anak Rp2.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Nangkula Park

jembatan merah nangkula park

Taman wisata ini terletak di Rongganan, Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66235. Tepatnya, di seberang jalan raya masuk Dusun Rongganan.

Anda tidak perlu ragu untuk datang kesini, karena rutenya sangat mudah dilalui. Anda bisa menggunakan mobil maupun motor. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari oleh-oleh khas Jawa Timur tahan lama selama perjalanan.

Fasilitas Nangkula Park

Bicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan Nangkula Park telah menyediakan sarana prasarana yang cukup lengkap dan memadai. Mulai dari fasilitas umumnya ada tempat parkir yang luas, restoran, toilet, playground, restoran, dan spot foto Instagramable.

Sementara fasilitas penunjang lainnya ada VIP room, taman bunga, monumen keris, jembatan merah, joglo limas, dan KIP Line.

Daya Tarik Nangkula Park

Wisata Seni Tradisional

wisata nangkula park

Meskipun tidak banyak, tetapi tempat wisata ini memiliki beberapa benda seni tradisional yang dapat menambah wawasan Anda dan anak.

Pertama-tama, saat masuk, Anda akan melihat restoran dan beberapa tempat lain yang bergaya seperti gubuk. Tempat-tempat tersebut terlihat sangat sederhana, terbuat dari bambu dan anyaman kayu. Namun bukannya terlihat lusuh, tempat tersebut malah menambah kesan tradisional dan alami tempat ini.

Selanjutnya, Anda akan menemukan patung Ir. Soekarno yang terletak tepat di depan restoran. Tidak jauh dari patung tersebut, ada lukisan 3D Urip Iku Urup dan sebuah dakon berukuran besar.

Dakon atau congklak merupakan permainan tradisional yang berasal dari kebudayaan kuno timur tengah dan diadaptasi oleh Keraton. Anak generasi z atau alpha mungkin sudah tidak mengenal permainan ini karena sudah terlalu sering terpapar smartphone. Maka dari itu, mengajak mereka kesini merupakan keputusan yang tepat!

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga memilih monumen senjata tradisional sebagai icon-nya. Senjata tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Keris Jangkung Mangkurat. Keris yang memiliki filosofi melindungi dan mengayomi ini berada di tengah-tengah tempat wisata.

Selain itu, di bagian belakang tempat wisata ini juga terdapat replika candi, serta rumah joglo. Rumah joglo ini terdiri dari kursi-kursi nyaman dan terletak di tengah-tengah persawahan warga. Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana pedesaan yang sudah jarang ditemukan.

Taman Bunga Celosia

garden nangkula park

Anda yang sudah bosan menatap layar komputer dan dinding berhari-hari, wajib sekali datang kesini! Begitu memasuki tempat wisata ini, bunga-bunga celosia berwarna pink dan kuning akan menyambut kedatangan Anda.

Bunga-bunga cantik yang disebut ‘jengger ayam’ oleh masyarakat kita ini, berjajar rapi membentuk taman bunga. Sementara di bagian tengahnya ada jalan setapak yang dapat Anda lewati. Selain menenangkan, pemandangan bunga-bunga cantik asal Afrika ini cocok sekali menjadi latar foto Anda.

Tak hanya itu, di sepanjang taman ini juga terdapat banyak gazebo untuk pengunjung. Disini Anda bisa beristirahat, serta memakan perbekalan sambil menikmati keindahan bunga celosia, ditemani angin yang sepoi-sepoi.

Indah bukan? Meskipun tidak seluas Taman Bunga Celosia Semarang, tetapi tempat ini tetap indah dan cocok sekali menjadi tempat piknik keluarga. Pemandangannya pun akan tetap indah entah itu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan bahkan malam hari.

Wahana Permainan

wahana nangkula park

Selain pemandangannya, sama seperti di Alun-alun Batu, tempat wisata ini juga memiliki beberapa wahana permainan seru. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir si kecil akan rewel kebosanan.

Di sini, Anda bisa menaiki bianglala. Pasti romantis bukan, menaiki bianglala bersama pasangan di bawah sinar bulan? Sedangkan anak Anda bisa menaiki karosel, istana balon, kereta mini, hingga sepeda air.

Spot Foto

spot foto nangkula park

Walaupun dengan pemandangan, wahana permainan dan benda-benda seninya saja Anda pasti sudah mendapat banyak jepretan. Namun, tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot foto khusus.

Untuk spot foto di siang hari, ada beberapa kursi dan ayunan berbagai bentuk. Ada spot foto garuda, gebyok ukir, hati dan box telepon. Selain itu, ada replika perahu dan balon udara bernama Balon Larasati.

Sementara saat malam, lampion-lampion yang ada di tempat wisata ini akan menyala, sehingga cantik untuk menjadi spot foto. Tidak hanya lampion gantungnya, lampion bunga tulip yang berjajar di sekitar taman juga menyala.

Kuliner

kuliner nangkula park

Anda pasti penasaran ingin mencicipi makanan khas Jawa Timur kekinian. Tenang saja, Anda tidak perlu repot-repot keluar tempat wisata ini untuk mencari makanan khas.

Mulai dari sepanjang pintu masuk saja, sudah ada banyak kios makanan ringan dan minuman yang tersebar. Selanjutnya, tempat wisata ini juga memiliki foodcourt yang menawarkan berbagai jenis makanan, sehingga Anda bebas memilih. Terakhir, taman ini juga menjajakan produk UKM Desa Kendalbulur.

Disini, Anda bisa menyantap makanan di gazebo ataupun di rumah joglo yang disediakan. Makanan Anda pasti akan terasa sepuluh kali lebih nikmat disantap di suasana pedesaan.

Jam Buka Nangkula Park

Untuk wisatawan yang ing berkunjung ketahui mengenai jam operasional tempat wisata ini karena, jam buka tempat wisata ini agak terbatas, yaitu:

Hari Pukul
Senin – Jumat 09.00 – 21.00 WIB
Sabtu – Minggu 07.00 – 21.00 WIB

Sementara itu, wisatawan lokal dapat mengunjungi tempat wisata ini kapanpun, karena bagi wisatawan lokal, tempat wisata ini buka selama 24 jam.

Jika berwisata kesini, Anda tidak boleh melewatkan kota di sekitarnya seperti Malang dan Surabaya! Sama seperti Nangkula Park yang murah meriah, Salsa Wisata juga menyediakan paket wisata Malang yang murah meriah!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (8 votes)