SalSari Resto & Coffee

Garut kaya dengan potensi wisata alamnya sebab secara geografis berada di dataran tinggi. Salah satunya adalah Puncak Guha Garut. Pesona wisata alam ini akan membuat siapapun berdecak kagum karena keindahannya.

Berbeda dengan beberapa tempat wisata Garut yang lagi hits lainnya, di sini Anda akan menyaksikan perpaduan alam yang eksotis. Objek wisata ini berada di atas sebuah gua, di tepian tebing dan menjorok ke arah laut.

Sekilas Tentang Puncak Guha Garut

Wisata Puncak Guha Garut

Puncak Guha Garut Bungbulang Jawa Barat memberikan pesona alam yang majestic untuk para wisatawan, khususnya pecinta alam. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata di akhir pekan bersama teman-teman.

Bukit hijau yang berada di atas gua ini memang sangat mengesankan dengan banyak pepohonan dan hamparan rumput. Yang membuatnya unik adalah letaknya yang menjorok ke tepian laut lepas.

Panorama alamnya memang tiada duanya. Bagi pecinta fotografi atau spot foto instagramable, tempat wisata di Jawa Barat ini adalah surga. Paduan ciamik antara bukit, laut, dan view langitnya sungguh sempurna.

Harga Tiket Masuk Puncak Guha Garut

Biaya tiket masuk objek wisata alam ini tidaklah mahal. Jadi Anda tak perlu menyiapkan budget besar untuk bisa liburan di sini.

Ada biaya lainnya yang harus Anda siapkan bila ingin berkemah atau camping. Besaran biaya camping di Puncak Guha Garut juga tak mahal. Dengan biaya serba murah, Anda akan sangat puas dengan apa yang Anda lihat.

Adapun info detail seputar harga tiket masuk Puncak Guha Garut dan biaya camping kami cantumkan dalam tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp7.500,00
Camping Rp5.000,00

Biaya masuk objek wisata yang murah memberikan Anda keleluasaan untuk memanfaatkan sisa budget liburan yang ada untuk keperluan wisata lainnya. Misal untuk keperluan rental mobil agar mobilitas wisata Anda lancar dan nyaman.

Salsa Wisata Tour Organizer juga telah menawarkan layanan rental mobil terdekat kepada wisatawan yang memerlukan transportasi nyaman dan berkualitas.

Rute Menuju Lokasi Puncak Guha Garut

Lokasi Puncak Guha Garut

Lokasi Puncak Guha Garut terletak di Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jarak objek wisata ini cukup dekat dengan Pantai Rancabuaya. Jaraknya sekitar 3 KM saja.

Sedangkan dari pusat Kota Garut, jaraknya cukup jauh yakni 93 KM dengan waktu tempuh mencapai 3 jam 15 menit.

Jaraknya yang jauh mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kendaraan, terutama mobil dan kendaraan nyaman lainnya.

Salah satu rute yang dapat Anda tempuh yakni Jalan Raya Garut kemudian mengarah ke Jalan Cikajang lalu ke Jalan Raya Cisompet.

Daya Tarik Wisata Puncak Guha Garut

Dari salah satu sudut, objek wisata ini bagai lukisan kanvas yang elok. Tepian tebing berhadapan langsung dengan langit dan laut seolah bersentuhan. Selain lanskap yang elok ini, Anda juga dapat menjumpai daya tarik lainnya. Dan berikut info detailnya.

Pemandangan 360 Derajat

Pemandangan di atas Puncak Guha Garut

Sepertinya tidak ada kata yang pas untuk menggambarkan kemegahan view dari wisata bukit karang ini. Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan eksotis lautan secara 360 derajat.

Wisatawan dapat menyaksikan tiap sisi bukit ini. Di sisi Timur dan Barat, Anda dapat melihat pesona pantai berpasir hitam.

Tidak seperti pantai Pangandaran, pantai Puncak Guha Garut ini masih virgin dan masih jarang mendapat kunjungan wisatawan. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah eksistensinya yang masih tergolong baru.

Keasrian Masih Terjaga

Memang, tempat wisata ini masih belum terlalu ramai sebab sejauh ini hanya para pecinta pesona alam yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, tempat wisata ini masih terjaga alami.

Pengunjung bisa melihat area bukit yang masih berselimut dengan hamparan rumput hijau. Sejumlah pepohonan tumbuh alami di atasnya. Tepat di bawah bukit ini, ada sebuah gua karang.

Hingga saat ini posisi gua memang sangat sulit untuk pengunjung jangkau. Sehingga belum pernah ada yang memasukinya. Tapi bukan berarti gua ini tidak memiliki penghuni karena ada koloni kelelawar menghuninya.

Bersantai dan Menikmati Alam

Salah satu tujuan utama wisatawan datang ke sini adalah untuk bersantai menikmati pemandangan alam. Ada beberapa cara untuk menikmati liburan di puncak tebing batu ini.

Wisatawan bisa duduk santai di gazebo yang sudah tersedia. Dari gazebo ini Anda bisa menikmati panorama sambil duduk santai dan menikmati makanan khas Sunda manis.

Ada warung yang menyediakan berbagai menu kuliner Sunda manis dan asin dengan harga murah.

Selain di gazebo, Anda juga bisa menggunakan hammock untuk bersantai. Tiduran santai di hammock sambil menikmati suasana yang asri dan angin sepoi-sepoi tentu akan terasa sangat menyenangkan.

Sunset dan Sunrise

Sunset di Puncak Guha Garut

Keindahan panorama yang spektakuler ini semakin berkesan dan memorable saat sunset maupun sunrise. Untuk bisa menyaksikan sunrise, datanglah pagi buta. Detik demi detiknya sungguh sangat berharga.

Langit yang awalnya gelap berubah menjadi terang secara perlahan. Warna kuning keemasan membelah langit gelap dan perlahan menyibaknya menjadi terang. Sungguh keindahan yang tiada tara.

Di sore hari, Anda bisa menyaksikan sunset yang elok dengan warna jingga yang mengambang di langit. Siluetnya sungguh bagai lukisan terapik di dunia. Apalagi berpadu dengan lautan lepas.

Camping di Puncak Guha

Bagi yang ingin menikmati sunrise dan sunset lebih leluasa, termasuk melihat bintang-bintang di malam hari, camping jadi pilihan yang tepat. Ada area camping yang berdampingan dengan gazebo.

Area camping ini juga menghadap ke Samudra Hindia secara langsung sehingga ketika memilih menginap. Deburan ombak yang menabrak karang akan Anda dengar sepanjang hari.

Suasananya memang sangat syahdu selama camping. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan. Salah satunya tentu saja mengadakan barbekyu atau hanya sekedar masak di alam bebas.

Selama camping, Anda dapat mengisi perut Anda dengan makanan khas Jawa Barat yang mudah dibuat namun bercita rasa lezat. Tentu rasanya akan lebih spesial karena diolah di tengah view alam yang elok.

Kuliner Sederhana tapi Lezat

Di lokasi wisata ini, terdapat warung sederhana yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Pengunjung yang merasa lapar dan haus bisa datang ke warung ini.

Tempat kuliner di sini memang sederhana dengan menu yang biasa, tapi menjadi istimewa sebab lokasinya di puncak tebing. Apalagi bersebelahan dengan pemandangan laut yang membentang luas.

Fasilitas di Puncak Guha Garut

Objek wisata ini, pengelolaannya masih atas swadaya masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, fasilitasnya masih sederhana.

Beberapa fasilitas yang sudah ada di antaranya gazebo, warung, lokasi camping, dan tempat parkir. Sedangkan fasilitas yang belum tersedia adalah toilet dan tempat ibadah.

Untuk peralatan dan perlengkapan camping juga pengunjung harus membawanya sendiri. Tidak ada penginapan di lokasi wisata, tapi jika Anda menginginkannya, bisa mencari di area terdekat dengan objek wisata.

Jam Buka Wisata Puncak Guha Garut

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata di Garut ini, bisa datang kapan saja dan jam berapa saja. Sebab, objek wisata ini beroperasi dari Senin hingga Minggu alias setiap hari. Jam operasional Puncak Guha Garut selama 24 jam.

Perjalanan menuju objek wisata ini, jika dari pusat Kota Garut memang melelahkan. Oleh sebab itu, ketika tengah memulai perjalanan, bisa mampir ke toko oleh-oleh untuk belanja sedikit oleh-oleh asli Jawa Barat. Keripik khas Jawa Barat sepertinya akan cocok jadi sebagai ‘teman’ perjalanan liburan Anda.

Jika ingin perjalanan wisata Anda ke objek wisata Puncak Guha Garut lebih nyaman sekaligus menyenangkan, gunakan saja layanan Salsa Wisata. Anda bisa memilih paket wisata lengkap dengan fasilitas pendukungnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)