SalSari Resto & Coffee

Bila Anda ingin berwisata ke Bali, maka perjalanan Anda akan belum lengkap bila tidak menginjakkan kaki ke Pura Penataran Agung Lempuyang.

Di Bali ada pura kuno yang lagi populer dan menjadi destinasi wisata unggulan saat ini. Bila Anda sedang mengunjungi wisata Patung satria Gatotkaca, sebaiknya mampir ke pura penataran agung ini.

Anda mungkin penasaran, mengapa harus berwisata ke Pura agung di Bali. Di sana, Anda akan menyaksikan kemegahan panorama alam yang menakjubkan. Simak ulasan artikel berikut ini, yuk!

Sekilas Tentang Pura Penataran Agung Lempuyang

Pemandangan pura penataran agung

Pura Penataran Agung Lempuyang merupakan pura kuno terletak di daerah Banjar Purwayu. Penataran Agung ini adalah bagian dari pura Sad Kahyangan pura luhur Lempuyang, yaitu Stana Ida Bhatara Hyang Gni Jaya.

Putra Lempuyang di Bali ini merupakan tempat yang sakral sebagai area untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta roh para leluhur. Bila Anda memasuki area ini, perlu menaati aturan-aturan yang ada.

Pura ini mulai dikenal oleh mayoritas wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang suka mendaki, juga bisa menjadikan pura ini sebagai tujuan untuk pendakian. Karena lokasinya berada di dataran tinggi.

Bila berniat untuk berkunjung, Anda juga bisa memilih trip dengan paket wisata Bali yang murah dan menyenangkan.

Arsitektur di Pura Agung Lempuyang ini terlihat begitu cantik dan megah. Ornamennya yang khas tradisional Bali seakan memisahkan area pura bagian dalam dengan area luar. Tampak begitu berbeda seakan mengindikasikan sifat keduniawian dan spiritual yang tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Di area Pura ini, Anda akan disuguhi pemandangan anak tangga menuju area madya mandala. Tangga tersebut akan menuju area utama mandala pura kuno ini yang diapit oleh patung Naga Anantaboga dan Basuki.

Ada pula deretan patung Pandawa, dan di area bawah terlihat patung Sadewa, Nakula, Arjuna, Bima, dan Yudistira.

Namun, posisi patung bagian atas yaitu Krisna yang dalam agama Hindu dikenal penjelmaan Dewa Wisnu. Deretan Patung dan posisi yang berbeda ini mengindikasikan jenjang dan makna yang berbeda pula.

Jika Anda ingin lebih mengetahui tentang pura kuno di Bali ini, sebaiknya mengunjungi lokasi wisata ini. Bisa dengan menggunakan kendaraan rental mobil Pajero Sport Bali agar aman di perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pura Penataran Agung Lempuyang

Walaupun merupakan tempat ibadah, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan. Namun, tenang saja, karena biayanya cukup terjangkau. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Domestik Rp50.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Sewa Kain Rp10.000,00

Tiket masuk yang Anda bayarkan sudah termasuk akses ke tujuh pura yang ada di kawasan Lempuyang. Memang yang paling terkenal adalah Pura Lempuyang, karena berada di paling atas. Namun berkunjung ke Pura Penataran Agung juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Untuk mengexplore seluruh kawasan puranya butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam. Agar perjalanan wisata Anda berjalan lancar, persiapkan fisik dan bekal yang cukup saat mengunjungi tempat wisata religi Hindu ini.

Rute Menuju Lokasi Pura Penataran Agung Lempuyang

view pura penataran agung

Bila Anda ingin menuju area lokasi pura Lempuyang ini, lokasinya di kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Posisinya berada di ujung timur pulau Bali, lebih tepatnya di lereng Gunung Lempuyang, dekat pantai Timur Bali.

Di sepanjang perjalanan, Anda juga bisa mampir membeli oleh-oleh khas Bali yang enak dan murah.

Daya Tarik Pura Penataran Agung Lempuyang

Meskipun hanya sekedar pura kuno, tetapi area ini memiliki panorama yang berciri khas. Selain dapat melihat panorama alam Gunung Agung, Anda juga belajar menggali sejarah dan menambah wawasan.

Lalu, apa saja hal-hal menarik yang tersimpan dari Pura Kuno di Bali ini? Simak ulasan berikut ini.

Salah Satu Pura Sad Kahyangan

Pura Lempuyang Luhur termasuk salah satu dari golongan Pura Sad Kahyangan, dan Dah Kahyangan. Terkenal memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan Ida Hyang Iswara.

Lokasi pura ini lebih tepatnya di bagian timur dengan simbol berwarna putih. Pura ini termasuk stana bagi Ida Hatara Hyang Gni Jaya yang pernah bersemedi untuk mencapai puncak kesempurnaan bathin.

Spot ‘Gerbang Surga’ atau Gates of Heaven

gerbang surga pura penataran agung

Banyak wisatawan yang berpose di area pura. Pemandangannya eksotis dan indah. Tak ayal banyak yang menyebutnya sebagai ‘The Gate of Heaven’ atau gerbang surga.

Pemandangan langit dan awan terlihat dari pura ini. Spot ini paling populer berada di puncak tertinggi.

Wisata Sejarah

Mendatangi tempat wisata ini, Anda akan disuguhi ornamen kuno yang berciri khas. Bangunan Naga, Krisna, Mahabharata menyimpan berbagai nilai-nilai sejarah yang layak diketahui oleh pengunjung.

Anda juga bisa mempelajari tokoh-tokoh dalam agama Hindu yang memiliki peran berbeda. Dari hal ini, Anda akan mendapat ilmu yang berharga tersirat dari patung-patung tersebut.

Lokasi wisata ini, juga dapat Anda temukan bila berkunjung ke tempat wisata di Singaraja yang hits saat ini. Menikmati weekend dan liburan dengan paket wisata yang murah dan aman.

Interior Bangunan Klasik

pura penataran agung

Bangunan patung klasik merupakan peninggalan masa kuno, terlihat berciri khas dan unik. Dari itulah kemudian banyak orang mulai tertarik mempelajarinya.

Patung Krisna, dan tokoh-tokoh Mahabharata yang selama ini Anda kenal juga berada di sana. Deretan patung juga yang berbeda posisinya juga mengandung makna tertentu.

Keindahan Sunset

Bila menurut Anda menikmati sunset di Pantai Kuta yang populer di Bali lebih recomended, nyatanya banyak objek wisata lainnya. Salah satunya Pura Penataran Agung ini, karena view alamnya sangat eksotis.

Tidak hanya itu, panorama alam seperti pemandangan pegunungan, udara yang sejuk begitu romantis. Anda bisa mampir ke lokasi ini bersama keluarga besar atau pasangan.

Berada di lokasi yang cukup tinggi yakni di lereng Gunung Lempuyang, membuat kita harus menaiki anak tangga dengan hati-hati. Setelah sampai, kita akan dibius oleh keindahan alam yang memukau.

Fasilitas di Pura Penataran Agung Lempuyang

tiket masuk pura penataran agung

Membahas tentang fasilitas, secara keseluruhan fasilitasnya memang cukup terbatas. Karena, area ini senyatanya untuk tempat ibadah umat Hindu.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat ini bisa datang dengan syarat menaati aturan selama di area pura.

Fasilitas di area wisata pura Lempuyang ini, berupa warung dan toilet di area lokasi. Anda juga bisa menikmati kulineran makanan khas Bali yang populer dan enak.

Jam Buka Pura Penataran Agung Lempuyang

Bila Anda ingin berkunjung, pura ini dibuka 24 jam. Tujuannya yaitu untuk memfasilitasi umat Hindu yang hendak melakukan mekemit di area pura.

Agar trip wisata di Bali terasa lebih nyaman, Salsa Wisata menyediakan beragam paket wisata liburan yang murah di area Bali, termasuk ke Pura Penataran Agung Lempuyang.

Misal tour wisata dengan menggunakan rental Bus pariwisata Bali yang aman untuk rencana keluarga atau dengan teman-teman. Banyak destinasi wisata yang dapat Anda tuju. Mulai wisata alam hingga wisata kulinernya.

Pura Penataran Agung Lempuyang termasuk tempat wisata yang wajib Anda kunjungi bila trip ke pulau Dewata, keindahan alam dan ragam budayanya perlu Anda telusuri.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (8 votes)