SalSari Resto & Coffee

Ibu Kota Jakarta terkenal sebagai pusat dari kegiatan pemerintah pusat. Namun bukan berarti hanya berisi sarana infrastruktur pemerintahan saja. Ada banyak taman hiburan Jakarta dan spot wisata dan rekreasi yang ia suguhkan.

Misalnya yang paling terkenal adalah TMII dan Dufan alias Dunia Fantasi. Keduanya bisa kita bilang saling bersaing dalam memberikan sarana hiburan atraktif dan edukatif.

Sebenarnya masih banyak nama taman rekreatif lainnya yang dapat Anda temui di Ibu Kota Jakarta. Dan sebagian adalah tempat wisata Jakarta yang hits, kekinian, dan ramai akan pengunjung.

Berikut kami akan bagikan 16 rekomendasi taman rekreasi atau taman hiburan terbaik dan terkenal di DKI Jakarta.

Daftar Taman Hiburan Jakarta Terbaik

Mungkin daftar 16 taman hiburan Jakarta ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang merencanakan perjalanan wisata di ibu kota. Masing-masing kami jabarkan dengan detail termasuk info tiket, jam operasional, dan daya tariknya.

TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Taman Mini Indonesia Indah

Siapa yang tak kenal dengan Taman Mini Indonesia Indah atau terkenal dengan singkatan TMII. Tempat hiburan ini sangat terkenal sejak dulu hingga sekarang.

Menurut review infografis tempat wisata Jakarta, menawarkan spot wisata yang sangat beragam dan lengkap.

Bisa kami katakan bahwa taman hiburan ini mengusung konsep tempat wisata terpadu di mana unsur hiburan dan edukasi menyatu dalam semua wahana dan sarana wisata yang ada di TMII.

Menariknya lagi, ada banyak sekali spot dan juga sarana wisata yang bertemakan keanekaragaman seni, budaya, dan adat Nusantara.

Pengunjung akan puas dengan informasi seputar pakaian adat, rumah adat, nyanyian dan tarian tradisional, dan alat musik dari masing-masing provinsi.

Tak hanya itu saja, TMII juga hadirkan wisata edukasi Nusantara lainnya. Seperti memperkenalkan makanan khas daerah di Indonesia, permainan tradisional, dan bahkan topografi masing-masing pulau lengkap dengan flora dan faunanya.

Bayangkan, betapa asiknya liburan di sini, seolah Anda dan keluarga sedang berjelajah ke seluruh penjuru Nusantara. Dengan modal membeli tiket masuk TMII Rp20.000,00 saja, Anda akan sangat puas bertamasya di sini.

Mohon ingat-ingat jam operasional TMII agar Anda tak salah dalam memilih waktu kunjungan. Jam operasional yang berlaku yaitu dari pukul 07.00-19.00 WIB.

Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan

Kalau di Malang ada Jatim Zoo Park, dan di Bogor ada Taman Safari, di Jakarta ada Ragunan. Walaupun harga tiketnya murah, pengunjung tidak akan merasa kecewa saat mengunjunginya.

Kebun binatang seluas 147 hektar ini menjadi ‘rumah’ bagi 2.101 ekor satwa dari 220 spesies yang berbeda. Mulai dari mamalia, unggas, reptil, dan ikan. Koleksi satwa di sini sebagian besar adalah satwa-satwa langka yang dilindungi.

Dengan tiket Rp4.000,00 untuk dewasa dan Rp3.000,00 untuk anak-anak, Anda dapat memperluas wawasan soal satwa Indonesia.

Pengunjung akan merasa nyaman karena tempat wisata anak di Jakarta ini kini telah berfasilitas lengkap. Termasuk fasilitas area parkir yang luas. Anda dapat memarkirkan mobil atau motor Anda dengan leluasa.

Tentu dengan membayar biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk motor, Rp6.000,00 untuk mobil, dan bus Rp15.000,00.

Pastikan Anda berkunjung sesuai dengan jam operasional, yaitu antara jam 07.00-16.00 WIB.

Allianz Eco Park

Allianz Eco Park

Anda mungkin belum familiar dengan nama taman hiburan ini. Allianz Eco Park merupakan taman hiburan yang masih menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol.

Taman hiburan ini memiliki 4 zona. Keempat zona tersebut yaitu Eco Care, Eco Art, Eco Nature, dan Eco Energy.

Taman hiburan yang buka dari jam 06.00-17.00 WIB ini juga menawarkan Anda berbagai wahana seru seperti outbond, permainan paintball, dan memanah.

Selain itu, Anda dapat menikmati waktu dengan bersepeda. Baik dengan sepeda roda dua maupun sepeda lucu beroda tiga.

Lalu, di sini Anda dapat mencoba menaiki perahu kayuh, mobil golf, dan wahana motor besar ATV. Yang hobi mancing, silahkan datangi Fauna Land. Anak-anak juga bisa Anda ajarkan cara bertani di Learning Farm.

Tanpa melewati gerbang depan Ancol, Anda dapat memasuki taman hiburan ini secara gratis. Anda hanya perlu membayar biaya wahana yang Anda mainkan atau zona wisata yang Anda masuki.

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark

Meskipun masih satu kawasan, Ocean Ecopark menawarkan hal-hal yang berbeda dari Allianz Park. Ocean Ecopark terkesan lebih pas untuk pengunjung yang merindukan suasana lingkungan yang tenang.

Ditambah lagi dengan keindahan taman laut yang tentu akan membuat siapapun betah di sini. Spot-spot foto Instagramable mudah sekali Anda jumpai di sini.

Saat pagi dan sore, tempat ini akan lebih ramai oleh orang yang sedang jogging dan bersepeda.

Siapapun bisa masuk secara gratis di sini. Namun jika Anda ingin meminjam sepeda atau mobil golf, Anda harus membayar biaya sewa yang tak mahal.

Datanglah saat pagi agar Anda rasakan udara pagi yang segar di sini. Anda bisa datang mulai dari jam 6 pagi karena jam buka taman hiburan ini dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Taman Fatahillah

Taman Fatahillah

Sangat unik, Di Jakarta ada sebuah taman hiburan yang mempunyai unsur sejarah di dalamnya. Taman Fatahillah namanya, salah satu tempat wisata dekat dengan Kota Tua Jakarta.

Tempat wisata yang satu ini merupakan situs warisan Pemerintah Kolonial Belanda. Di dalamnya terdapat cukup banyak situs bersejarah seperti replika prasasti dan tugu, artefak di batu, dll.

Daya tarik lainnya yaitu pengunjung bisa menyaksikan film dokumenter masa penjajahan Belanda. Yang paling menarik, pengunjung dapat menyewa Sepeda Onthel jaman dulu lalu berfoto dengan latar Kota Tua.

Ketika perut mulai lapar, singgahlah sejenak di sentra kuliner yang sajikan aneka makanan khas Betawi lengkap dengan jajanan tradisionalnya. Lokasinya masih satu kawasan dengan Taman Fatahillah ini.

Di sini, pengunjung dapat merasakan suasana jadul dengan cara yang menyenangkan dan gratis (kecuali Anda sewa Sepeda Onthel, sewa jasa fotografi, dan kulineran). Buka 24 jam membuat siapapun boleh datang kapan saja.

Dunia Fantasi – Ancol

Dunia Fantasi Ancol

Rekomendasi taman hiburan di Jakarta terbaik selanjutnya adalah Dunia Fantasi atau Dufan. Beroperasi sejak 1985, Dufan jadi primadona bagi pecinta taman hiburan di Jakarta. Wahananya super-lengkap, baik wahana darat hingga wahana airnya.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan spesial trip ‘keliling dunia’ via wahana-wahana berteknologi tinggi yang ditawarkan.

Info terbaru, kini hadir sejumlah wahana baru yang sepertinya menarik untuk Anda coba. Wahana-wahana terbaru tersebut yaitu Rumah Riana, Baling-Baling, Kereta Misteri, dan New Ontang-Anting.

Soal tiket, sebelum bisa memasuki kawasan Dufan, pengunjung harus membeli tiket masuk kawasan wisata Ancol sebesar Rp25.000,00 per orang.

Yang membawa kendaraan, ada biaya parkir dengan nominal yang berbeda. Biaya parkir mobil Rp25.000,00 dan motor Rp15.000,00.

Jika sudah memesan tiket, jangan lupa cek jam operasional Dunia Fantasi yang terkini. Berdasarkan info dari situs resminya, Dufan mulai beroperasi dari pukul 10.00-17.00 WIB.

Sea World Ancol

SeaWorld Ancol

Sebenarnya Sea World Ancol merupakan bagian dari taman wisata terpadu Ancol bersama dengan Dufan, Atlantis Water Adventure, dan Ocean Dream Samudra.

Kawasan ini memberikan edukasi sekaligus edukasi secara bersamaan kepada semua pengunjung. Mengusung tema laut, semua unsur hiburan dan edukasi yang hadir di sini fokus pada biota air, baik biota air tawar maupun biota air laut.

Dengan akuarium-akuarium raksasa, pengunjung akan takjub karena mereka berada di dalam lorong dengan lengkungan dinding dan atap akuarium berisi aneka biota. Mereka akan merasa begitu dekat dengan biota-biota ini.

Tiap area juga memiliki tema yang berbeda. Tentu lengkap dengan tambahan info seputar biota-biota yang hidup di dalamnya.

Namun untuk mendapatkan pengalaman liburan yang luar biasa ini, Anda harus membayar mahal.

Anda harus membeli tiket Rp110.000,00 untuk kunjungan weekday, dan Rp160.000,00 untuk weekend. Jam operasionalnya sama dengan wisata Ancol lainnya, yaitu dari jam 10.00-17.00 WIB.

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventures Ancol

Yang rindu dengan kemeriahan waterpark, Anda warga Jakarta dapat langsung datang ke Atlantis Water Adventure, Ancol.

Waterpark ini tentu sangat spesial karena berbeda dengan waterpark pada umumnya. Dan pastinya juga sangat jauh berbeda dengan kolam renang di Jakarta.

Hal utama yang membedakannya adalah konsep waterpark yang tematik. Pihak pengelola memilih tema peradaban kuno di wilayah Mediterania.

Tema ini jelas tergambar dari setting waterpark yang terinspirasi dari kota-kota tua dan juga bencana erupsi gunung berapi dan gempa bumi yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Atlantis Water Adventure akan mengajak pengunjung berpetualang di dunia yang hilang. Caranya dengan mengarungi kolam-kolam berwahana yang sangat menantang tentunya.

Datanglah saat weekday karena harga tiketnya lebih murah, yakni Rp110.000,00 per orang. Namun bila Anda ingin datang saat weekend bersama keluarga, siapkan budget Rp148.000,00 per orang untuk memasuki taman air ini.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra

Masih sama-sama berada di kawasan Ancol, Ocean Dream Samudra masuk dalam list 16 taman hiburan Jakarta terbaik. Hal ini sangat wajar karena atraksi yang mereka tawarkan memang sangat edukatif dan juga menghibur.

Konsep yang tempat wisata ini bawakan adalah konservasi alam dengan tujuan pelestarian potensi alam laut. Termasuk di dalamnya ada ragam biota laut.

Bisa dibilang Ocean Dream Samudra ini adalah oceanarium besar di mana pengunjung dapat menyaksikan kecerdasan mamalia Lumba-Lumba, Singa Laut, dan satwa laut terlatih lainnya.

Memang terdengar sangat menarik, bukan? Bagi yang penasaran, boleh datang ke sini dengan membeli tiket seharga Rp110.000,00 per orangnya.

KidZania Jakarta

KidZania Jakarta

Ini adalah taman hiburan anak di Jakarta terbaik yang pernah ada. Kidzania Jakarta adalah taman bermain anak terbesar di Jakarta. Wahana yang tersedia bukan wahana biasa, melainkan wahana-wahana edukatif dan tematik.

Yang paling menarik, kidZania mampu mengakomodasi anak-anak dengan wahana edukatif yang identik dengan suatu profesi yang mungkin menjadi cita-cita kelak si anak.

Wahana-wahana ini tersaji di zona yang berbeda, jadi anak-anak dapat memilih zona dengan tema profesi yang mereka sukai.

Daftar nama zona di sini sangat panjang. Sebut saja beberapa diantaranya ada Acting Academy, Aviation Academy, Baking Center, Bank, Beauty Saloon, Book Factory, dan masih banyak lainnya.

Penasaran dengan zona profesi lainnya, mari ajak si kecil ke sini untuk mengetahui minat dan bakat mereka.

Cukup dengan membayar Rp166.000,00 untuk anak-anak dan Rp199.000,00 untuk dewasa. Silahkan berkunjung sesuai jam operasional, yaitu pukul 10.00-16.00 WIB.

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park

Bagi Anda yang mencari ketenangan sekaligus keindahan alam, Tebet Eco Park terdengar menarik. Tebet Eco Park merupakan taman kota garapan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Taman ini adalah salah satu fasilitas umum untuk masyarakat. Oleh karena itu, taman ini gratis. Masyarakat dari manapun boleh berkunjung ke taman ini tanpa pungutan biaya masuk.

Di sini, terdapat fasilitas jogging track, playground modern untuk anak, serta berbagai ragam vegetasi, termasuk pohon Eucalyptus Deglupta yang cantik dan estetik.

Meskipun gratis, untuk dapat masuk ke taman ini, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI.

Jam operasional taman ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 07.00 – 11.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB.

Pada hari biasa, sekitar 4000 pengunjung diizinkan masuk di setiap sesinya. Sedangkan saat weekend, ada 5000 pengunjung yang diizinkan masuk.

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Mulai mendapat pemugaran di tahun 1998, kini Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk jadi destinasi wisata unggulan.

Tak hanya menyajikan panorama hutan mangrove yang subur saja. Tempat ini juga menjadi sarana edukasi seputar ekosistem di lingkungan hutan mangrove.

Berkunjung ke sini tidak hanya akan mendapatkan wawasan baru saja, tetapi juga hiburan. Pasalnya, pemandangan sekitarnya sangat indah.

Terlebih ada dukungan spot-spot buatan yang menarik. Misalnya jembatan kayu seperti dermaga kecil yang berujung ke laut.

Ada juga beberapa wahana air yang menarik untuk Anda coba. Daftar wahana yang dimaksud ada speed boat, perahu dayung, sepeda air kodok, dan kano.

Lalu ada saung-saung yang berjejer rapi di tepian laut. Saung-saung ini tak lain adalah dining space milik sebuah fasilitas cafe dan resto di kawasan wisata ini.

Tak mahal untuk bisa mendapatkan hiburan baru di taman mangrove ini lantaran harga tiket masuknya lumayan murah. Anda pengunjung dewasa, cukup membayar Rp30.000,00 saja.

Sedang pengunjung anak-anak, harga tiketnya Rp15.000,00 saja. Untuk kunjungan weekend, masing-masing harga hanya naik Rp5.000,00.

Srengseng City Forest Park

Srengseng City Forest Park

Paru-paru kota ini tidak kalah menarik untuk menjadi destinasi hiburan Anda. Taman rasa hutan ini memiliki luas lebih dari 15 hektar dan ditumbuhi lebih dari 10.000 pohon.

Di tempat ini, Anda bisa piknik, memancing, jogging, dan memanjat tebing. Bila Anda membawa anak, ajak si buah hati untuk bermain di playground.

Taman hiburan ini seringkali menjadi tempat penelitian dan study tour karena kekayaan hayatinya. Terbukti, ada ratusan serangga, burung, dan reptil yang menjadikan taman hutan ini sebagai rumah mereka.

Untuk memasuki tempat ini, Anda hanya akan membayar tiket masuk Rp2.000,00. Biaya ini belum termasuk tarif parkir jika Anda membawa kendaraan. Selain itu, taman ini buka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB setiap hari.

Taman Barito

Taman Barito Jakarta

Sama seperti Tebet Eco Park, taman ini juga dikelola oleh pemerintah sehingga gratis kecuali biaya parkir. Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan Rp2.000,00 untuk motor, dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Taman Barito memiliki kolam buatan dan air mancur yang indah di tengah-tengahnya. Tidak hanya view yang cantik, taman ini juga memiliki jogging track, alat-alat olahraga, serta WiFi gratis yang memadai.

Sama seperti Taman Menteng dan Suropati, Taman Barito ini juga sangat terkenal di malam hari. Apalagi karena letaknya yang berada di dekat Blok M.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana ibu kota di malam hari sambil berwisata kuliner, datanglah ke taman ini.

Ada banyak sekali varian makanan khas Nusantara yang dapat Anda jumpai di sini. Semuanya berharga murah dan rasanya tentu sangat lezat.

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

Taman yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, ini merupakan tempat yang tepat jika Anda ingin berolahraga, memancing sekaligus menghibur anak.

Danau di Taman Situ Lembang memiliki berbagai ikan, dari ikan mujair hingga ikan lele yang bebas Anda pancing.

Jika Anda ingin berolahraga, taman ini juga menyediakan outdoor fitness yang lengkap. Sementara, anak-anak juga dapat bermain dengan nyaman di playground terdekat.

Tidak ada biaya satu rupiah pun untuk memasuki area wisata taman ini. Taman ini juga beroperasi setiap hari selama 24 jam tanpa henti.

Taman Kota Cattleya

Taman Kota Cattleya

Wisata taman hiburan yang buka dari pukul 07.00 – 22.00 WIB ini dapat Anda kunjungi sebagai tempat menghibur diri.

Taman yang terkenal dengan nama Taman ASEAN ini tidak hanya menyediakan pemandangan yang instagramable. Tempat ini juga menyediakan arena khusus untuk bersepeda dan bersepatu roda bagi anak-anak.

Selain itu, letak Taman Kota Cattleya ini sangat strategis. Taman kota ini berada di pertengahan kawasan hotel, serta tepat di seberang Mall Taman Anggrek.

Biaya masuknya pun gratis. Tidak akan sia-sia bagi Anda untuk meluangkan waktu sejenak di taman ini.

Taman Museum Prasasti

Tiket Masuk Museum Taman Prasasti

Kalau Anda ingin mengunjungi taman estetik yang kaya akan nilai sejarah, Taman Museum Prasasti lah tempatnya. Taman ini terletak di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat.

Di Taman Museum Prasasti, Anda akan menemukan barang-barang bersejarah yang lengkap.

Barang-barang itu tidak hanya memiliki nilai sejarah, tetapi juga memiliki nilai seni yang dapat Anda nikmati. Seperti artefak, lukisan, patung-patung zaman Renaissance, dan bahkan batu nisan figur penting.

Berbeda dari museum lainnya, taman museum ini hanya libur di hari Senin. Selanjutnya, dari hari Selasa sampai Minggu, taman ini terus buka dari pagi hingga sore.

Biaya masuknya sendiri sangat murah; Hanya Rp5.000 untuk orang dewasa, Rp3.000 untuk mahasiswa, dan Rp2.000,00 untuk anak-anak.

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu ini adalah satu-satunya taman nasional bawah laut yang ada di Jakarta. Anda dapat menaiki kapal feri ataupun kapal kayu milik nelayan untuk mencapai taman nasional ini.

Di taman ini, Anda dapat melakukan snorkeling, scuba diving, diving, bermain jetsky dan banana boat. Anda juga dapat menikmati keindahan perpaduan taman sekaligus pantai, serta keindahan ekosistem laut.

Yang paling menarik, Anda dapat berkesempatan untuk menyaksikan penyu berenang di antara terumbu karang yang cantik.

Untuk menjangkau tempat ini, misal Anda berangkat dari Ancol, butuh biaya sedikitnya Rp30.000 per orang. Sementara untuk biaya snorkeling, diving dan lainnya juga nominalnya sama, yaitu Rp30.000,00.

Itulah info lengkap 16 taman hiburan Jakarta yang sangat terkenal, terbaik, dan tentunya hits bagi warga ibu kota. Untuk mempermudah mobilitas saat akan mengunjungi beberapa taman hiburan pilihan Anda, tidak ada salahnya gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Tarif murah, tapi soal kualitas, jadi yang terdepan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)