SalSari Resto & Coffee

Di antara tempat wisata Indonesia yang mendunia, telaga atau danau alami adalah salah satu yang paling memukau. Biasanya lokasinya berada di kaki gunung sehingga udaranya sejuk. Sebut saja salah satunya adalah Telaga Ngebel.

Telaga yang berada di kaki Gunung Wilis ini memiliki daya tarik pesona danau plus keindahan alam yang membingkainya. Selain itu, tentu saja cerita legenda yang menyertainya yang ada kaitannya dengan sejarah Ponorogo.

Sekilas Tentang Wisata Telaga Ngebel

Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Selain terkenal dengan budaya Reog yang hampir mirip dengan Barong Bali, Ponorogo juga menyimpan keindahan alam berupa telaga. Telaga Ngebel Ponorogo selain eksotis, juga memiliki legenda yang menarik.

Konon, legenda Telaga Ngebel ini terkait erat dengan kisah seekor ular jelmaan seorang patih bernama Baru Klinting. Patih Kerajaan Bantaran Angin kala itu sedang bermeditasi dengan wujud seekor ular.

Oleh warga ular itu kemudian mereka tangkap dan mereka bawa pulang dengan niat untuk menjadikannya makanan. Tapi, ketika sampai di desa, ular tersebut berubah menjadi anak kecil dan ia kemudian menancapkan lidi.

Ia lalu membuat sayembara siapa yang bisa mencabut lidi itu. Ternyata tidak ada yang bisa mencabut lidi kecuali sang anak. Setelah lidi ia cabut, keluarlah air.

Lubang itu kemudian menjadi mata air yang terus mengalirkan air jernih. Setelah sekian lama akhirnya berubah menjadi sebuah telaga dengan keindahan yang mengagumkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Telaga Ngebel

wahana speedboat di info telaga ngebel

Nominal harga tiket masuk Telaga Ngebel sangat murah untuk per orangnya. Selain tiket masuk, ada pula sejumlah biaya lainnya yang sebaiknya pengunjung ketahui. Diantaranya biaya naik wahana air seperti kapal dan speedboat.

Khusus untuk biaya naik kapal, tersedia paket yang meski akan lebih mahal, akan tetapi pengunjung akan menerima fasilitas lainnya. Dan berikut info detail seputar biaya sewa kapal, sewa speedboat, dan biaya tiket masuk yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp8.000,00
Sewa Kapal Mulai dari Rp60.000,00 sampai Rp100.000,00
Paket Kapal Rp150.000,00

Area wisata yang luas dan juga fasilitas yang lengkap tentu sangat ideal untuk acara liburan bersama rombongan. Untuk mengakomodir peserta rombongan, Anda sebaiknya memanfaatkan layanan sewa bus pariwisata terdekat terbaik.

Salsa Wisata bisa jadi pilihan yang paling recommended. Selain berpengalaman, kualitas pelayanan dan armada-nya juga terbukti yang terbaik. Tersedia juga layanan sewa mobil, Elf, dan Hiace bagi yang memerlukannya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Telaga Ngebel

Lokasi Telaga Ngebel terletak di Desa Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Dari pusat Kota Ponorogo, jaraknya sekitar 24,5 KM atau sekitar 1 jam 46 menit perjalanan.

Untuk bisa tiba di lokasi wisata telaga ini memang ada beberapa pilihan rute. Namun rute terbaik dan terdekat adalah via pusat Kota Ponorogo. Dari pusat kota, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Raya Ngebel. Ikuti terus jalan raya tersebut hingga tiba di tujuan.

Rute yang sangat mudah, bukan? Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah perjalanan wisata Anda ke telaga ini.

Daya Tarik Wisata Telaga Ngebel

Telaga yang sati ini sekilas memang mirip dengan Telaga Madirda, di mana keduanya memiliki daya tarik alam yang indah dan wahana air. Selain itu juga terdapat wisata kuliner yang lezat.

Selain keindahan danau, lanskap alam, wahana air, dan kulinernya, objek wisata ini juga menawarkan daya tarik lain. Berikut informasi lengkapnya.

Naik Perahu atau Speedboat ke Tengah Telaga

tiket masuk telaga ngebel

Seperti Telaga Biru Cicerem, air di telaga ini sangat jernih dan tenang. Arus air di telaga ini juga cenderung kecil sehingga terasa tenang ketika ada perahu yang melewati area perairan telaga ini.

Oleh sebab itu, menaiki perahu adalah aktivitas yang sangat seru sekaligus menyenangkan. Bahkan anak-anak sekalipun bisa menikmatinya. Apalagi didukung dengan udara yang sejuk dan suasana yang tenang.

Sejauh mata memandang, hanya ada warna hijau dari pepohonan di perbukitan di sekitar telaga. Pemandangannya memang mengesankan dan cocok untuk momen rileksasi pikiran.

Jika ingin lebih menantang, maka bisa mencoba wahana perahu cepat atau speedboat. Namun ingat, wahana ini hanya untuk pengunjung dewasa. Ada batas minimal umur dan tinggi badan karena nantinya wahana air ini akan melaju kencang.

Memiliki Kaitan Erat dengan Sejarah Ponorogo

Selain cerita legenda berupa ular dan anak kecil, telaga ini juga memiliki kaitan dengan sejarah Kabupaten Ponorogo. Kisahnya berhubungan dengan sosok pendiri kabupaten, yakni Batoro Katong.

Ketika hendak melakukan syiar Islam di daerah Ponorogo, Batoro menyucikan diri di sebuah mata air. Mata air ini lokasinya ada di dekat telaga. Airnya bersih dan jernih.

Masyarakat menyebut mata air ini sebagai Kucur Batoro. ‘Kucur’ sendiri artinya air yang memancar atau mengalir. Sedangkan Batoro adalah nama dari sosok pendiri Kabupaten Ponorogo.

Berkemah

camping di Ngebel

Seperti halnya Telaga Remis, telaga ini memiliki panorama yang eksotis dan asri alami. Perpaduan antara perbukitan, pepohonan, air yang jernih, dan suasana pegunungan membuatnya begitu sempurna.

Ada beragam cara untuk menikmati keindahan view lanskap telaga ini. Salah satunya yaitu dengan camping. Pihak pengelola telah menyiapkan fasilitas camping ground di dekat danau seperti di Telaga Madirda.

Pengunjung bisa datang bersama dengan keluarga atau teman-teman dan menikmati waktu bersama selama berkemah. Malam harinya, pengunjung dapat membuat api unggun untuk hangat tubuh dan pemeriah acara camping.

Udara yang sejuk bahkan cenderung dingin sangat cocok untuk membuat api unggun di malam hari. Selain itu cocok juga untuk membuat makanan hangat. Malam hari dapat menjadi momen seru bersama.

Membeli Oleh-Oleh Durian

Di antara bulan Desember hingga Maret, daerah sekitar telaga akan tiba masa panen durian. Bagi pecinta durian, bisa mencoba rasa durian yang baru saja matang dari pohon. Tentu, buah ini juga bisa menjadi oleh-oleh spesial asli Ponorogo.

Sedangkan jika Anda ke arah kota, ada cukup banyak jenis oleh-oleh khas Ponorogo. Misalnya keripik salak yang sangat legendaris. Oleh-oleh ini juga rupanya sangat diminati oleh masyarakat Malang.

Ada juga jenis jajanan lainnya seperti kue kering khas Jawa Timur yang dijual dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh di toko yang sama.

Menikmati Kuliner Khas Ngebel

wisata kuliner telaga ngebel ponorogo

Wisata Ponorogo ini juga terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat khas. Pengunjung bisa menikmati sajian makanan dan minuman khas Jawa Timur dengan pemandangan telaga yang indah serta udara yang sejuk.

Sebagian besar menu makanan khas di sini berbahan dasar ikan, Sedang menu andalanya adalah ikan bakar dan ikan goreng. Dengan bahan dasar ikan segar, sajian ikan bakar dan ikan goreng di sini terasa begitu lezat.

Dagingnya empuk dan berbalut bumbu khas Jawa Timur yang sangat otentik. Sajian ini tentu membuat momen santap Anda jauh terasa nikmat. Apalagi disandingkan dengan nasi putih atau Tiwul yang pulen, sambal, dan lalapan.

Sajian kuliner khas Ponorogo lainnya yang juga sangat terkenal adalah nasi pecel daun jati. Satu porsi sajian ini berisi nasi, aneka sayur rebus, sambal pecel, peyek kacang tanah, dan gorengan. Yang membuatnya spesial adalah bungkus daun jatinya yang aromanya semerbak.

Fasilitas di Lokasi Wisata Telaga Ngebel

wisata telaga ngebel

Ada cukup banyak fasilitas di objek wisata ini yang akan membuat pengunjung semakin nyaman. Misalnya seperti tempat parkir untuk kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Selain itu juga ada fasilitas toilet, berbagai wahana air, spot foto, dan pastinya tempat wisata Jawa Timur murah ini juga memiliki fasilitas warung wisata. Adapun untuk fasilitas penginapan, bisa Anda jumpai di sekitar lokasi wisata ini. Rate-nya sangat variatif.

Jam Buka Wisata Telaga Ngebel

Objek wisata unggulan Ponorogo ini beroperasi setiap hari dari pagi hingga sore. Hari libur nasional alias hari libur tanggal merah tetap buka dengan jadwal yang sama.

Jam buka Telaga Ngebel P0norogo mulai dari pagi, tepatnya dari jam 08.00 sampai dengan am 18.00 WIB. Jika ingin camping, usahakan datang sesuai dengan jadwal buka untuk keperluan pencatatan data pengunjung.

Wisata Telaga Ngebel ini memang layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi liburan akhir pekan mendatang. Gunakan paket wisata dari Salsa Wisata agar bisa berpetualang di sejumlah objek wisata unggulan Ponorogo lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)