SalSari Resto & Coffee

Selain terkenal dengan wisata Pantai Menganti yang eksotis, Kebumen juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tak kalah cantik. Salah satunya ada;ah Waduk Sempor. Waduk ini cukup terkenal bagi wisatawan Kebumen.

Ukuran waduknya sangat luas dan menawarkan panorama indah berupa perbukitan dan pegunungan. Suasananya juga tenang dan damai. Cocok untuk berlibur di akhir pekan bersama teman ataupun keluarga.

Sejarah Waduk Sempor

waduk sempor

Proyek Waduk Sempor Kebumen bermula saat masa penjajahan Belanda pada tahun 1916. Belanda melakukan identifikasi dan menyimpulkan Daerah Sempor memiliki lokasi strategis untuk pembangunan waduk.

Tujuan identifikasi tersebut adalah untuk menyediakan air irigasi sawah dan kebun di daerah sekitarnya. Selanjutnya, Pemerintah Indonesia melalui para ahlinya kembali melanjutkan penelitian lebih dalam pada tahun 1950.

Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan terkait titik waduk dan desain atau rancangannya. Kemudian, pemerintah melakukan relokasi atau pembebasan tanah warga yang menghuni di titik waduk.

Tahun 1958 pemerintah memulai pembangunan fisik waduk atau Bendungan Serbaguna Sempor. Proyek pembangunan waduk baru selesai pada tahun 1978. Waduk selanjutnya berfungsi juga sebagai PLTA selain untuk irigasi.

Harga Tiket Masuk Waduk Sempor

cerita waduk sempor

Objek wisata kebumen yang lagi viral ini memberlakukan tarif tiket masuk untuk para pengunjung. Harga tiket masuk Waduk Sempor antara dewasa dan anak-anak berbeda. Tapi masih tergolong sangat murah. Berikut daftar tarifnya:

Retribusi Tarif Weekday Tarif Weekend
Tiket Masuk – Dewasa Rp6.000,00 Rp7.000,00
Tiket Masuk – Anak Rp3.000,00 Rp4.000,00

Pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dibebani biaya parkir kendaraan yang tarifnya standard. Dengan kisaran tarif tiket dan juga biaya parkir yang murah ini, Anda tak perlu cemas soal budget yang harus Anda siapkan.

Namun perlu siapkan budget tambahan apabila Anda ingin menaiki wahana air, wisata kuliner, atau berbelanja oleh-oleh khas Kebumen. Tarif untuk wahana air di sini cukup variatif dan tarifnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Menuju Lokasi Waduk Sempor

waduk sempor Gombong

Lokasi Waduk Sempor terletak di Desa dan Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jarak dari pusat Kota Kebumen cukup jauh, yakni 28 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Untuk kenyamanan selama di perjalanan, menyewa kendaraan akan jadi opsi terbaik. Terlebih jika Anda bersama rombongan. Terdapat beberapa opsi tipe kendaraan yang sesuai untuk rombongan. Misalnya adalah Hiace, Elf, dan bahkan bus.

Salsa Wisata kini hadir dengan produk layanan sewa bus pariwisata di Kebumen dengan tarif lebih murah. Tentu kualitas armada dan juga pelayanan crew-nya juga tetap yang terbaik.

Rute paling mudah adalah via Gombong. Jika dari arah Kebumen, arahkan kendaraan menuju RS PKU Muhammadiyah Gombong. Tepat sebelum PKU atau depan Alfamart, ada pertigaan. Ambil jalan ke kanan, lalu lurus. Lokasi area waduk tak jauh dari pertigaan tersebut.

Daya Tarik Wisata Waduk Sempor

Waduk ini dapat menjadi destinasi wisata alternatif dengan sejumlah daya tarik yang memikat. Pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan di sini. Misalnya beberapa aktivitas berikut:

Panorama Indah

wisata waduk sempor

Ada yang menyebut jika pemandangan waduk di Gombong ini seperti Waduk Jatiluhur Purwakarta. Pendapat ini tidak berlebihan, sebab waduk yang berada di ketinggian 60 mdpl ini dikelilingi oleh area perbukitan.

Udaranya pun sejuk. Perpaduan antara danau, perbukitan di dekatnya, dan pegunungan di belakangnya, menciptakan visual sempurna bagai lukisan sang maestro.

Apalagi saat musim hujan. Daerah sekitar waduk pun penuh padang rumput hijau segar. Airnya yang melimpah menciptakan panorama epik di setiap sudutnya. Belum lagi kicauan burung yang turut menyempurnakan suasana sekitar waduk.

Lokasinya yang cukup strategis membuatnya selalu ramai akan wisatawan yang ingin berolahraga atau sekedar liburan ringan. Suasananya memang sangat mendukung sebagai objek wisata penghilang stress.

Indahnya Sunrise dan Sunset

Area waduk ini sangat luas. Luas Waduk Sempor Gombong Kebumen ini kurang lebih 6.478 Ha dengan kapasitas volume air mencapai 43 kilometer kubik. Areanya yang luas ini menjadikan waduk ini sebagai spot untuk melihat sunset dan sunrise.

Fenomena alam sunset dan sunrise di sini terlihat sangat cantik dengan balutan view danau buatan yang super-luas. Biasanya pengunjung yang ingin menyaksikan sunset akan mulai mendatangi waduk sebelum subuh.

Sementara untuk melihat kecantikan sunset, pengunjung harus sudah ada di lokasi maksimal jam 17.00 WIB. Untuk mengisi waktu, biasanya banyak pengunjung yang asik jogging, bersepeda, atau snacking.

Atau sesederhana menikmati suasana waduk yang tenang. Biasanya mereka akan duduk di sisi waduk dan memesan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal dari warung sekitar.

Jogging dan Bersepeda

lokasi waduk sempor

Akses jalan di sekitar waduk sangat bagus sehingga menjadi jalur favorit para pecinta olahraga sepeda. Puncaknya adalah saat pagi hari di akhir pekan. Banyak komunitas pesepeda yang berdatangan.

Sedangkan bagi penyuka jogging, waduk ini dapat menjadi area terbaik untuk jogging. Berolahraga jogging di sini tentu sangat nyaman. Apalagi di pagi hari saat udara masih segar. Namun ada juga yang lebih memilih jogging sore sembari menunggu momen sunset.

Menaiki Wahana Air

Bukan hanya pemandangannya saja yang memukau, waduk ini juga menyuguhkan beragam aktivitas seru dan patut untuk Anda coba. Salah satunya adalah menaiki wahana air. Pihak pengelola rupanya menyediakan beberapa wahana air.

Beberapa diantaranya ada banana boat dan perahu yang mirip dengan wahana perahu di sejumlah wisata pantai hits Kebumen. Dengan menaiki perahu, pengunjung bisa asik berkeliling waduk.

Ada juga wahana kano yang cukup menantang. Untuk keselamatan, pengunjung yang akan menaiki wahana kano wajib mengenakan safety jacket. Fasilitas jacket safety ini sudah tersedia di stand persewaan.

Menikmati Wisata Kuliner Khas Kebumen

luas waduk sempor

Ada sejumlah warung yang dapat memenuhi hasrat wisata kuliner pengunjung. Daftar menu makanan dan minumannya juga cukup lengkap dan harganya sangat terjangkau.

Untuk makanan khasnya, ada yang paling terkenal dan juga favorit. Namanya adalah Mendoan Waduk Sempor. Mendoan adalah olahan tempe yang dibalur dengan adonan tepung terigu plus bumbu.

Menikmati mendoan hangat dengan sambal kecap dan secangkir kopi hitam atau teh hangat adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi menikmatinya sambil menyaksikan keindahan waduk.

Selain mencoba kulinernya, Anda juga dapat membeli cemilan khas Jawa Tengah di daerah Gombong. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa Anda beli di daerah sentra oleh-oleh khas Kebumen dan Gombong ini.

Fasilitas di Wisata Waduk Sempor

waduk sempor gombong kebumen

Fasilitas waduk cukup memadai untuk menunjang kegiatan wisata pengunjung. Untuk pengelolaannya sendiri memang masih dilakukan secara gotong royong oleh warga sekitar.

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, paguyuban warga telah menyediakan area parkir yang luas, toilet, dan juga beberapa wahana. Di sekitar waduk juga terdapat sejumlah warung wisata lengkap.

Sedang untuk fasilitas mushola, wisatawan dapat menggunakan fasilitas mushola milik desa yang lokasinya tak jauh dari waduk. Jumlah unit mushola di desa terdekat juga ada beberapa.

Jam Buka Wisata Waduk Sempor

Objek wisata hits Jawa Tengah ini buka setiap hari sejak pagi hingga malam hari. Tidak ada ketentuan soal jam buka Waduk Sempor karena wisata waduk ini buka selama 24 jam penuh.

Anda pun bisa bebas berkunjung hari apa saja dan jam berapa saja. Jika ingin merasakan liburan dengan suasana lebih sepi atau lebih privat, sebaiknya pilih hari kerja. Hindari kunjungan selama akhir pekan karena area wisata ini akan sangat ramai.

Pastinya, agar trip ke wisata Waduk Sempor semakin nyaman, sebaiknya Anda gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Ada cukup banyak pilihan paket wisata dan jasa rental kendaraan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)