SalSari Resto & Coffee

Bandung sebagai destinasi favorit wisatawan selalu menyajikan tempat wisata baru yang kekinian. Dari sekian banyak objek wisata yang ada, wisata alam Lembang Bandung menjadi salah satu favorit wisatawan.

Keindahan alamnya mampu menghipnotis wisatawan untuk datang mengeksplornya. Banyak diantaranya berasal dari luar kota, termasuk Jakarta, yang senang berkunjung ke Lembang via layanan paket wisata Bandung dari Jakarta.

Berikut kami telah merangkum 16 objek wisata alam Lembang murah dan terbaik yang bisa Anda jadikan referensi nantinya.

Wisata Alam Lembang Murah dan Recommended

Dusun Bambu

Dusun Bambu

Dusun Bambu Lembang mengusung konsep taman wisata berpadu dengan unsur budaya tradisional Sunda. Lokasinya terletak di Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.

Dari segi fasilitasnya sudah sangat lengkap dan memadai. Terdapat pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh. Jadi selepas berekreasi, Anda bisa mampir ke merchandise store-nya untuk membeli oleh-oleh khas Bandung murah.

Selain itu, juga ada berbagai wahana permainan untuk mewarnai agenda berlibur di sini. Beragam aktivitas seru juga bisa jadi alternatif bagi wisatawan yang tak ingin bermain wahana.

Mengenai harga tiket masuknya, pengelola tidak menetapkan tiket masuk jika datang saat hari biasa (Senin-Jumat). Namun, jika datang saat weekend, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00.

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam Tangkuban Perahu menawarkan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang yang masih aktif. Pesona bentang alamnya dan tiga kawahnya yang aktif menjadi daya tarik unggulan di mata wisatawan.

Lihat saja Kawah Domas, sebuah kawah dengan kolam air panas yang mengandung belerang yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain melihat-lihat kawah, kegiatan menarik lainnya adalah belanja souvenir dan kulineran.

Di sepanjang jalan, banyak tersedia pedagang souvenir dan warung makan. Setelah selesai mengeksplor, Anda bisa istirahat sejenak sambil menikmati secangkir Wedang Bajigur panas ditemani makanan khas Bandung kekinian.

Bila tertarik mengunjunginya, cukup siapkan biaya sebesar Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 untuk masuk ke lokasi wisata ini. Lokasinya ada di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Subang.

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

Destinasi wisata alam Lembang ini menyuguhkan taman anggrek terluas se-Indonesia. Berada di Genteng, Cikole, Lembang, area hutan lindung seluas 12 hektar memiliki lebih dari 150 jenis bunga anggrek lokal maupun luar Indonesia.

Secara keseluruhan, aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan tak hanya melihat koleksi anggrek saja. Melainkan ada spot lain yang menarik untuk Anda eksplor.

Mulai dari wahana wood bride, Garden of Light, dan berbagai wahana outbound seperti flying fox, high rope, airsoft gun, panahan, dan permainan seru lainnya. Buat yang ingin liburan lebih lama, tersedia camping ground.

Untuk bisa menikmati keindahan tamannya, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp40.000,00. Kemudian untuk menjangkaunya, selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa gunakan jasa rental mobil Bandung terdekat dari Salsa Wisata.

Wisata Alam Kebun Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang merupakan salah satu taman rekreasi alam di Bandung. Keanekaragaman tanaman hias yang ada di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri. Bunga Balinea yang merupakan tanaman hias asal Bali menjadi ikon wisata ini.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya jenis bunga dan tanaman hias yang tumbuh subur di sini. Sebagai pemeriah, ada banyak spot foto pilihan berhiaskan bunga warna-warni sebagai latarnya.

Untuk memanjakan anak-anak, Anda bisa mengajaknya bermain di wahana outbound dan aktivitas seru yang mengedukasi. Anak-anak pasti akan sangat senang bermain flying fox, paintball, memberi makan kelinci, bertani, dan berkuda.

Jika tertarik mengunjunginya, Kebun Begonia terletak di Jl. Raya Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang. Untuk bisa bermain dan menikmati keindahan kebunnya, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan wisata di alam terbuka yang berada di Jalan Maribaya No. 149-252, RT. 03, RW. 15, Daerah Babakan Gentong, Cibodas, Lembang.

Lokasi ini berada di dataran tinggi Lembang yang sangat sejuk. Di sini, ada banyak pilihan wahana permainan yang bisa pengunjung mainkan. Misalnya balon udara, gantole, sepeda gantung, dan sky wing.

Tempat ini juga cocok untuk pengunjung yang hobi kulineran. Pasalnya, di sini ada dua resto hits dan kekinian, yaitu Dapur Hawu dan Cafe Pines. Anda sendiri yang menentukan pilihan yang sesuai dengan selera pribadi Anda.

Yang menyenangkan dari tempat ini selain wahananya adalah aksesnya yang sudah bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mobil rental. Harga tiket masuknya juga murah, hanya Rp35.000,00 sampai Rp50.000,00.

Wisata Alam Bukit Moko Lembang

Berada di ketinggian 1500 mdpl, Bukit Moko menjadi favorit destinasi para pendaki. Terlebih jalur trekking-nya mudah dapat sudah bagus sehingga para pemula pun juga bisa mengunjunginya.

Seperti bukit lainnya, tentu menyuguhkan panorama alam yang indah, mulai dari hamparan perkebunan hijau hingga city view dari ketinggian. Trekking ke Puncak Bintang, sunrise, sunset, dan camping jadi atraksi wisata unggulannya.

Bukit Moko merupakan objek wisata yang sudah dikelola dengan baik sehingga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat parkir, toilet, dan musholla.

Di sekitar area juga banyak tersedia warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Untuk bisa masuk kawasan wisata Bukit Moko, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,00.

Dago Dreampark

Wisata alam Dago Dreampark Lembang menawarkan tempat rekreasi keluarga dengan nuansa alam asri dan sejuk. Puluhan wahana tersaji di area seluas 11 Hektar ini. Sedikitnya ada 25 wahana yang bisa Anda coba.

Beberapa pilihan wahana yang wajib Anda coba yaitu, dream zone, spot selfie ekstrem, pirate ship, anti gravity, dan up house. Selain itu, beragam aktivitas menarik seperti outbound, gathering, dan ride adventure juga bisa Anda jajal di sini.

Jika tertarik untuk mengunjungi, wisata alam Dago Dreampark berlokasi di Jl. Dago Giri KM. 2,2, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Adapun harga tiketnya yaitu Rp30.000,00 untuk weekdays dan Rp35.000,00 untuk weekend.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Tahura Djuanda merupakan kawasan konservasi yang berada di atas ketinggian 770 hingga 1330 mdpl. Di hutan seluas 590 hektar ini, sedikitnya terdapat lebih dari 2400 spesies tanaman yang tumbuh dan berkembang di lahan konservasi.

Suasananya sangat nyaman dan masih terjaga keasriannya. Apa lagi dengan adanya beberapa objek wisata yang ada di dalamnya menjadi daya pikat wisatawan untuk mengunjunginya.

Beberapa destinasi yang bisa Anda temukan di sini yaitu Gua Jepang, Gua Belanda, Air Terjun, Museum Djuanda, dan Penangkaran Rusa. Deretan objek wisata ini memang cocok sekali untuk kegiatan outing class.

Anda pun bisa menggunakan layanan rental bus untuk mengangkut peserta outing class. Layanan ini tersedia di Salsa Wisata yang sediakan banyak opsi layanan bus pariwisata. Contohnya layanan sewa bus pariwisata Bandung Pangandaran.

Wisata Alam Pemandian Air Panas Ciater Lembang

Pemandian Air Panas Ciater Lembang

Pemandian Air Panas Ciater merupakan kolam pemandian air panas alami di Lembang. Suhu pada kolam anak dan kolam dewasa berbeda. Pada kolam dewasa, suhu airnya capai 44 Derajat Celsius. Sedang kolam anak hanya 39 Derajat Celsius.

Selain kolam pemandian, terdapat sejumlah daya tarik lainnya. Seperti wahana permainan trampoline dan bebek air. Di dalam area wisata ini, sudah lengkap dengan fasilitas. Salah satunya adalah pusat jajanan khas Jawa Barat murah.

Untuk menikmati kesegaran air pada kolam pemandian ini rupanya tak mahal. Per pengunjung hanya perlu membayar Rp35.000,00 saat weekdays dan Rp40.000,00 saat weekend. Tempat ini juga buka selama 24 jam.

Wisata Alam Curug Maribaya

Curug Maribaya masih dalam satu kawasan dengan Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Tak hanya air terjun sebagai daya tarik utama, wisatawan bisa menikmati wisata lainnya seperti pemandian air panas dan playground anak-anak.

Curug Maribaya mempunyai dua aliran utama yakni Sungai Cigulung dan Cikawari. Di sekitarnya masih ada tiga curug lagi yaitu Curug Cigulung, Curug Cikoleang, dan Curug Cikawari. Namun Anda hanya diperbolehkan berenang di Curug Cikawari saja karena lebih aman.

Jika ingin pergi ke sini, Curug Maribaya terletak di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang. Adapun untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp35.000 hingga Rp90.000.

Taman Lembah DEWATA

Taman Lembah DEWATA

Seperti tak ada habisnya, kawasan Lembang selalu menghadirkan objek wisata baru. Objek wisata tersebut adalah Taman Lembah Dewata.

Tempat ini merupakan sebuah area taman yang luas dengan lanskap khas pegunungan serta danau di tengahnya. Tersedia berbagai spot foto Instagramable. Pengunjung juga dapat menjajal aktivitas naik kuda dan naik perahu.

Jika ingin mengunjunginya, wisata alam Lembang terbaru ini terletak di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 3,7 Cibogo, Lembang. Adapun harga tiketnya hanya Rp20.000,00 saat weekdays dan Rp25.000,00 saat weekend.

Wisata Alam Gunung Putri Lembang

Jenuh dengan wisata Bandung yang itu-itu saja? Wisata alam Gunung Putri Lembang bisa menjadi alternatif lain. Gunung yang terletak di Jayagiri, Lembang, ini terbilang sangat bersahabat dengan pendaki pemula.

Terlebih trek-nya sudah bagus berupa tangga dan hanya membutuhkan waktu trekking sekitar 30 menit untuk sampai puncaknya. Sebagai penandanya, di atas puncak terdapat sebuah tugu yang terkenal dengan nama Tugu Sespim.

Anda pun bisa mengadakan camping dan trekking ke atas puncak untuk melihat keindahan Kota Bandung di malam hari. Dan paginya dilanjutkan dengan menyaksikan sunrise.

Jika ingin melakukan pendakian dan camping, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp32.000,00, belum termasuk retribusi parkir. Namun jika tidak camping, Anda hanya harus membayar Rp10.000,00 saja.

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Mendengar kata Keraton mungkin yang terbesit di kepala Anda adalah wisata seperti Keraton Jogja. Namun wisata Keraton satu ini merupakan sebuah tebing dengan ketinggian 1200 mdpl yang menawarkan keindahan alam yang menawan.

Anda bisa melihat keindahan Bandung dan alam Lembang dengan hamparan hutan pinus yang mempesona dari atas ketinggian. Objek wisata yang sangat cocok buat Anda yang menyukai kegiatan di alam.

Selain keindahan panorama alam, berbagai aktivitas menarik lainnya bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari trekking, berkemah, bersepeda, dan berfoto-foto, dan hunting sunset view.

Langsung saja, ajak teman untuk pergi ke wisata alam Lembang ini. Lokasinya ada di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat. Biaya yang dikeluarkan juga tak terlalu banyak. Tiket masuknya saja cuma Rp12.000,00 per orang.

Jendela Alam

Wisata Jendela Alam Bandung yang terletak di kawasan Sukajadi baik sekali untuk tumbuh-kembang si kecil dan juga mengedukasi anak. Pasalnya, rata-rata wahana permainan di sini adalah wahana-wahana edukatif dan rekreatif.

Yang membuatnya semakin menarik adalah pengunjung, terutama anak-anak, akan sering berinteraksi dengan alam. Kegiatan ini tentu akan menstimulasi kreativitas anak.

Adapun contoh kegiatan tersebut adalah berkebun, bertani, beternak, hingga mengolah makanan dari bahan-bahan alami. Anak-anak juga akan beruji nyali dengan bermain flying fox.

Untuk bisa mengikuti kegiatan-kegiatan ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp20.000,00 untuk weekdays dan Rp25.000,00 untuk saat weekend.

MARIBAYA Natural Hotspring Resort

Wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort adalah wisata alam pemandian air panas Lembang yang sudah ada sejak tahun 1835. Lokasinya persis di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu. Tepatnya di Jl. Maribaya No.105, Langensari, Lembang.

Maribaya Natural Hot Spring mengusung konsep pemandian yang lebih eksklusif. Anda bisa menikmati layanan VIP berupa fasilitas kolam pribadi. Jadi, Anda bisa berendam dengan nyaman tanpa cemas akan kehadiran pengunjung lain.

Jika ingin singgah lebih lama, terdapat fasilitas penginapan yang bergaya glamping. Penginapan model glamping merupakan ide staycation dengan menggunakan tenda berfasilitas lengkap dan mewah.

Untuk tiket masuknya dibanderol sebesar Rp25.000,00 untuk weekdays, dan Rp35.000,00 pada saat weekend. Kemudian, jika ingin menggunakan private pool bisa booking terlebih dahulu di resepsionis.

De’ Ranch

Berlokasi di Jl. Maribaya No 17, Kayuambon, Lembang, objek wisata De Ranch menjadi destinasi favorit keluarga. De Ranch merupakan wisata alam Lembang yang mengusung konsep cowboy dengan tema “Food, Leisure, and Knowledge”.

Sedikitnya terdapat 20 ekor kuda yang bisa pengunjung sewa untuk keliling area wisata unik ini. Kuda-kuda di sini juga kerap jadi bagian dari pose foto para pengunjung yang mengenakan kostum ala cowboy.

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia, De Ranch telah menyediakan sarana yang lengkap. Terdapat pusat kuliner Bandung yang menyajikan berbagai hidangan lezat di dalam areanya. Jadi, Anda bisa sekalian wisata kuliner Bandung di sini.

Tunggu apa lagi, ajak keluarga untuk datang ke sini. Jika telah sampai, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp26.000,00. Namun, ada biaya ekstra untuk memainkan wahana tertentu.

Tertarik untuk mengadakan agenda liburan di tempat wisata alam di Lembang atau di Bandung? Tak perlu bingung karena sudah ada Salsa Wisata yang telah sediakan aneka pilihan paket wisata ke kota-kota destinasi wisata, termasuk Lembang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)