SalSari Resto & Coffee

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang cukup menarik. Anda bisa jadikan salah satunya sebagai destinasi utama bila berencana liburan ke sini.

Anda tidak akan menyesal karena pesona alam baharinya tak kalah mempesona dengan pantai-pantai hits di kota lainnya. Bahkan ada beberapa diantaranya adalah tempat wisata Kebumen yang lagi viral.

Anda tentu penasaran nama-nama pantai mana saja yang masuk dalam daftar rekomendasi, bukan? Berikut kami berikan rekomendasi 14 wisata pantai Kebumen.

Daftar Wisata Pantai Kebumen Populer

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Wisata pantai di Kebumen yang pertama tentu saja adalah Pantai Menganti. Pantai ini terletak di Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pergi ke pantai ini paling cocok jika bersama dengan keluarga atau teman kerja. Anda bisa menghubungi Salsa Wisata dan memesan paket sewa bus pariwisata Kebumen untuk berkunjung.

Pantai berjarak 40 KM dari Kota Kebumen ini istimewa karena terkenal dengan Bukit Bidadari-nya. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi berbagai air terjun yang sangat menawan di sekitar lokasi pantai.

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan pantai ini, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp10.000,00 saja per orang. Jika Anda ingin menaiki wahana balon udara dan sepeda gantung, maka perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000,00.

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Berikutnya ada Pantai Suwuk yang berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Pantai Suwuk. Untuk bisa sampai ke lokasi Anda bisa menggunakan layanan rental mobil terdekat dari Salsa Wisata.

Ada berbagai daya tarik dari pantai satu ini, misalnya pasir pantai yang berwarna kecokelatan. Anda juga akan merasakan udara sejuk dan nyaman.

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini seperti bersantai, berolahraga, dan bermain dengan anak-anak. Terdapat juga objek wisata berupa bangunan bangkai pesawat Garuda Boeing 737 yang menarik.

Pantai Logending

Pantai Logending

Anda pernah mendengar Pantai Logending atau Pantai Ayah? Ya, kedua pantai tersebut sebenarnya merupakan satu pantai yang sama. Lokasinya ada di Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Daya tarik utama dari pantai ini yaitu pemandangan muara sungai. Keindahan spot tersebut bisa Anda nikmati dengan menaiki perahu.

Pantai ini menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Kebumen dan sekitarnya. Gugusan bukit di sekeliling pantai ini membuatnya semakin cantik.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Logending, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp5.000,00 saja. Nantinya, Anda bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal di berbagai warung yang tersedia di kawasan tersebut.

Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo

Objek wisata pantai berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Laguna Lembupurwo. Lokasi pantai ini berada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah spot foto yang instagramable. Anda bisa berpose dengan latar belakang pantai yang eksotik atau hanya mengabadikan suasananya saja.

Dan tentu saja ada laguna yang menjadi daya tarik paling utama. Laguna di sini berbeda dengan laguna di Pantai Wedi Ombo, Jogja, karena terlihat ada rimbunan vegetasi di sekelilingnya.

Tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Laguna Lembupurwo adalah Rp3.000,00 saja per orang. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Pantai Congot Jetis

Pantai Congot Jetis menjadi wisata pantai Kebumen berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Letaknya di seberang Pantai Logending atau Pantai Ayah.

Ciri khas dari pantai ini adalah memiliki perbukitan yang mengelilingi area pantai. Terdapat juga bebatuan yang berfungsi memecah ombak.

Fasilitas dari Pantai Congot Jetis cukup lengkap seperti area parkir, warung makan, wahana bermain, kolam renang mini, hingga toko souvenir.

Pantai Watu Bale Kebumen

Pantai Watu Bale Kebumen

Tidak hanya Pantai Baros di Yogyakarta yang menyediakan spot gardu pandang. Pantai Watu Bale Kebumen juga memiliki spot serupa untuk berfoto dan melihat pemandangan.

Lokasi pantai ini berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Objek wisata ini dekat dengan Pantai Sawangan yang tak kalah terkenal.

Dengan keberadaan gardu pandang di pantai ini, Anda dapat menikmati suasana sunset ketika sore hari. Jika siang, lokasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berfoto.

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Watu Bale Kebumen Anda hanya perlu membayar sekitar Rp10.000,00 saja per orang. Bagaimana, Anda tertarik untuk berkunjung ke sini?

Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu Kebumen

Dari daftar wisata pantai Kebumen berikutnya ada nama Pantai Cemara Sewu. Pantai ini sering menjadi tempat rekreasi ketika masa libur bagi masyarakat sekitar.

Keindahan alamnya membuat nama pantai ini tenar dan disebut-sebut sebagai salah satu tempat wisata alam Jawa Tengah terfavorit.

Lokasinya ada di Desa Karangreja, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil.

Harga tiket masuk ke kawasan ini hanya sekitar Rp5.000,00 saja. Namun, Anda perlu membayar parkir sebesar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong juga terkenal dengan nama Pantai Bopong Puring. Wisata pantai ini menjadi salah satu wisata hits di Kebumen dengan pasirnya berwarna hitam.

Lokasinya ada di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota.

Menariknya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket alias gratis. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Saat perjalanan pulang, Anda bisa membeli cemilan khas Jawa Tengah di toko-toko yang berjajar di sepanjang. Anda bisa membawa pulang makanan hingga souvenir menarik.

Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen

Deretan wisata pantai Kebumen berikutnya adalah Pantai Karang Bolong. Namanya memang mengingatkan kepada Pantai Karang Bolong yang terletak di Anyer, Banten.

Kawasan pantai ini memang memiliki sebuah bebatuan karang besar yang berlubang. Oleh sebab itu namanya adalah Pantai Karang Bolong.

Batu karang tersebut memiliki diameter yang cukup luas dengan tinggi 5 meter dan membuatnya tampak sangat menarik. Lokasinya sering menjadi spot foto bagi para pengunjung.

Tiket masuk ke kawasan wisata pantai ini hanya sekitar Rp5.000,00 untuk satu orang. Selain itu, Anda perlu membayar parkir jika membawa kendaraan.

Pantai Ambal

Wisata pantai Kebumen berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Ambal. Pantai ini terkenal bersih dan bebas dari sampah.

Pantai yang terletak di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kebumen ini memiliki pasir berwarna hitam. Meski demikian, Anda tidak akan bosan berada di sini karena pemandangannya yang mempesona.

Keindahan pantai ini tidak kalah dari Pantai Samas yang berada di Yogyakarta. Anda juga hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000,00 saja untuk masuk ke kawasan wisata ini.

Pantai Mliwis

Pantai Mliwis

Mungkin Anda akan sedikit asing dengan Pantai Mliwis. Ya, salah satu destinasi wisata di Kebumen ini memang belum sepopuler Pantai Menganti.

Namun, pantai dengan pasir berwarna kehitaman ini menjadi wisata yang cukup terkenal di kalangan warga setempat. Jika berkunjung ke sana pada saat yang tepat, Anda akan menyaksikan atraksi layang-layang yang cantik.

Ada berbagai layang-layang unik yang warga terbangkan di pantai tersebut. Suasana pantai yang ramai dan penuh dengan hiasan layang-layang akan membuatnya semakin menarik.

Jika Anda ingin berkunjung, lokasinya berada di Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Anda bisa bersantai melihat layang-layang sambil menikmati makanan khas Nusantara.

Pantai Lampon

Pantai Lampon Kebumen

Anda ingin menikmati pemandangan pantai dengan gugusan perbukitan? Jika iya, Pantai Lampon adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda.

Pantai ini memang memiliki pasir berwarna cokelat kehitaman. Namun, pemandangan pantai dan perbukitannya sungguh mempesona.

Lokasinya dekat dengan Pantai Ayah, yaitu di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Anda bisa berfoto di berbagai spot menarik dan menikmati wahana yang tersedia.

Anda hanya perlu membayar sekitar Rp5.000,00 per orang untuk masuk ke kawasan wisata ini. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang jika membawa kendaraan pribadi berupa motor atau mobil.

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis menjadi destinasi penutup daftar wisata pantai Kebumen kali ini. Lokasinya masih berada dekat dengan pantai lainnya yaitu di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Banyak wisatawan sering menyebut pantai ini dengan julukan surga yang tersembunyi. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus mengeluarkan usaha yang ekstra karena harus melalui jalan dan bukit terjal.

Fasilitas di pantai ini memang masih terbatas, namun bisa cukup untuk memanjakan pengunjung. Anda bisa berfoto selfie di berbagai spot instagramable di sini.

Untuk masuk ke kawasan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000,00. Adapun biaya parkir adalah Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan

Kebumen memang menyumbang banyak wisata pantai terindah di Indonesia. Selain Pantai Ayah, ada tempat rekreasi keluarga rekomendasi untuk Anda lainnya yaitu Pantai Petanahan.

Lokasi Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Selain pemandangan yang ciamik, pantai ini juga memiliki daya tarik berupa spot foto, area bersantai, hingga kuliner.

Kabar baiknya, pantai indah ini buka setiap hari selama 24 jam non-stop. Harga tiket masuknya juga murah, yakni sekitar Rp3.000,00 saja per orang.

Itulah daftar wisata pantai Kebumen yang wajib untuk Anda kunjungi. Anda tidak perlu bingung jika memiliki rencana berkunjung ke pantai-pantai tersebut. Sebab, Anda bisa dengan mudah mendapatkan paket rekreasi murah dari Salsa Wisata. Dengan layanan paket wisata yang beragam, Salsa Wisata akan menjawab kebutuhan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)