SalSari Resto & Coffee

Madakaripura adalah nama dari air terjun yang ada di kabupaten Probolinggo. Air terjun ini berada di kaki gunung Bromo pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut dan memiliki panorama yang indah.

Julukan Air Terjun Abadi pun melekat karena debit air yang tidak pernah berkurang meskipun di musim kemarau. Bahkan, tidak sedikit turis mancanegara yang penasaran ingin melihat keindahan dari air terjun satu ini.

Apa saja keindahan yang bisa Anda dapatkan di air terjun ini? Berikut ulasan lengkap nyauntuk Anda.

Sejarah Air Terjun Madakaripura

Nama Madakaripura sebenarnya adalah gabungan dari tiga kata berbeda yakni Mada, Kari, dan Pura. Kata Mada berasal dari nama Mahapatih Gajah Mada, Jendral militer dari kerajaan Majapahit.

Sedangkan Kari memiliki arti warisan atau peninggalan, lalu kata Pura berarti tempat ibadah, sembahyang atau bertapa. Jika gabungan kata Madakaripura ini memiliki arti tempat pertapaan peninggalan Gajah Mada.

Penamaan ini bukan tanpa alasan, menurut sejarah kawasan Madakaripura ini dulu merupakan hadiah dari Raja Majapahit kepada Gajah Mada. Hadiah tersebut merupakan bentuk terima kasih raja kepada sang patih yang berhasil mempersatukan nusantara.

Meskipun Madakaripura termasuk tempat terpencil, namun terasa sangat damai dan tenang berkat deretan gunung yang mengelilingi. Sehingga tempat ini pun menjadi pilihan Patih Gajah Mada sebagai tempat peristirahatan terakhir dan untuk menenangkan dirinya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Kawasan air terjun Madakaripura mematok karcis masuk yang terbilang cukup terjangkau. Selain itu Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia dengan harga yang murah, berikut ini rinciannya.

Retribusi Tarif
Wisatawan domestik Rp22.000,00
Wisatawan asing Rp45.000,00

Harga yang tercantum didalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan patokan atau referensi untuk persiapan mengunjungi Air Terjun Madakaripura.

Jika Anda ingin mendapatkan bonus destinasi wisata lain, bisa coba pilih paket wisata Bromo. Biasanya Anda akan diajak berkeliling destinasi wisata di sekitar Bromo dengan biaya yang lebih murah.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Madakaripura

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Madakaripura berada di Jalan Raya Lumbang, Desa Tersono, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, lokasinya masih berada dalam kawasan Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini lebih mudah diakses jika Anda berangkat dari kota Probolinggo yang hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Untuk kendaraan umum Anda bisa menggunakan bus dari terminal Bayuangga Probolinggo menuju arah Tongas atau Lumbang. Kemudian turun di perempatan Tongas untuk lanjut naik angkot ke Pasar Lumbang.

Dari pasar Lumbang Anda tinggal naik ojek agar bisa sampai ke pintu masuk Air Terjun Madakaripura. Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil dengan sopir.

Anda cukup memanfaatkan petunjuk rute terbaik dari Google Maps untuk bisa mencapai kawasan Madakaripura. Bisa juga dengan bantuan sopir lokal atau memanfaatkan paket wisata dari biro perjalanan.

Sesampainya di pintu masuk Anda masih harus berjalan kaki sekitar 1.5 km melewati lembah dan jalan setapak. Lelah jalan kaki ini akan terbayarkan saat Anda tiba di lokasi air terjun yang segar dan indah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)