earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Madakaripura adalah nama dari air terjun yang ada di kabupaten Probolinggo. Air terjun ini berada di kaki gunung Bromo pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut dan memiliki panorama yang indah.

Julukan Air Terjun Abadi pun melekat karena debit air yang tidak pernah berkurang meskipun di musim kemarau. Bahkan, tidak sedikit turis mancanegara yang penasaran ingin melihat keindahan dari air terjun satu ini.

Apa saja keindahan yang bisa Anda dapatkan di air terjun ini? Berikut ulasan lengkap nyauntuk Anda.

Sejarah Air Terjun Madakaripura

Nama Madakaripura sebenarnya adalah gabungan dari tiga kata berbeda yakni Mada, Kari, dan Pura. Kata Mada berasal dari nama Mahapatih Gajah Mada, Jendral militer dari kerajaan Majapahit.

Sedangkan Kari memiliki arti warisan atau peninggalan, lalu kata Pura berarti tempat ibadah, sembahyang atau bertapa. Jika gabungan kata Madakaripura ini memiliki arti tempat pertapaan peninggalan Gajah Mada.

Penamaan ini bukan tanpa alasan, menurut sejarah kawasan Madakaripura ini dulu merupakan hadiah dari Raja Majapahit kepada Gajah Mada. Hadiah tersebut merupakan bentuk terima kasih raja kepada sang patih yang berhasil mempersatukan nusantara.

Meskipun Madakaripura termasuk tempat terpencil, namun terasa sangat damai dan tenang berkat deretan gunung yang mengelilingi. Sehingga tempat ini pun menjadi pilihan Patih Gajah Mada sebagai tempat peristirahatan terakhir dan untuk menenangkan dirinya.

Daya Tarik Madakaripura

Keindahan air terjun ini terletak pada tebing-tebing tinggi yang mengeliling aliran airnya. Tebing batu berlumut hijau ini memberikan kesan magis dan menakjubkan bagi siapapun yang datang.

Dengan tinggi mencapai 200m membuat air terjun Madakaripura menjadi air terjun tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah aliran airnya yang terlihat seperti menyelimuti tebing-tebing di sekitarnya.

Tidak hanya sampai disitu, selama perjalanan menuju air terjun, Anda akan mendapat suguhan pemandangan indah lembah dan sungai pegunungan Tengger. Sebelum tiba di air terjun Anda harus melewati lorong dari dua buah tebing yang menjadi ‘gerbang’ dari indahnya air terjun abadi ini.

Bermain Air

Bersiaplah untuk basah saat Anda mengunjungi destinasi wisata ini karena cipratan dari air terjunnya akan mengenai seluruh tubuh Anda. Anda juga bisa menyegarkan diri langsung di kolam berdiameter 25m yang berada tepat di bawah air terjun.

Air dari kolam ini dipercaya dapat membuat siapapun yang berendam akan awet muda. Selain itu dibalik air terjun Anda bisa menemukan Goa yang diyakini menjadi tempat pertapaan dari Gajah Mada.

Menikmati Pemandangan

Kontur lingkungannya yang unik sangat sayang jika tidak diabadikan ke dalam foto-foto Anda. Sinar matahari yang mengenai tebing dan air terlihat sangat menakjubkan.

Belum lagi tanaman merambat di dinding-dinding tebing menambah keindahan alam kawasan Madakaripura ini. Setiap foto yang Anda ambil dari kawasan ini akan memberikan kesan magis dan terlihat sangat epik.

Trekking

Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi alasan bagi sebagian wisatawan untuk melakukan aktivitas trekking. Dari pintu masuk kawasan Madakaripura, Anda harus melewati jalan setapak sepanjang 1.5 km selama 30 menit.

Jalur trek ini meliputi bebatuan, lembah, sungai, dan jembatan yang akan membuat seluruh anggota badan Anda bergerak. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa sehat dengan mengunjungi air terjun ini.

Menenangkan Diri

Suasana yang nyaman dan tenang di sekitar air terjun menjadikan Madakaripura tempat yang pas untuk menenangkan diri. Segala penat, lelah dan beban seolah hilang saat Anda duduk menikmati pemandangan.

Ditambah lagi air jernih yang menyegarkan seluruh badan Anda membantu menghilangkan segala pengaruh negatif. Tidak mengherankan bila Gajah Mada memilih tempat ini untuk bertapa dan menenangkan dirinya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Kawasan air terjun Madakaripura mematok karcis masuk yang terbilang cukup terjangkau. Selain itu Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia dengan harga yang murah, berikut ini rinciannya.

Kategori Wisatawan Weekdays Weekends
Wisatawan domestik Rp11.000,00 Rp13.000,00
Wisatawan asing Rp22.000,00 Rp45.000,00

Harga yang tercantum didalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan patokan atau referensi untuk persiapan mengunjungi Air Terjun Madakaripura.

Jika Anda ingin mendapatkan bonus destinasi wisata lain, bisa coba pilih paket wisata Bromo. Biasanya Anda akan diajak berkeliling destinasi wisata di sekitar Bromo dengan biaya yang lebih murah.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Madakaripura berada di Jalan Raya Lumbang, Desa Tersono, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, lokasinya masih berada dalam kawasan Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini lebih mudah diakses jika Anda berangkat dari kota Probolinggo yang hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Untuk kendaraan umum Anda bisa menggunakan bus dari terminal Bayuangga Probolinggo menuju arah Tongas atau Lumbang. Kemudian turun di perempatan Tongas untuk lanjut naik angkot ke Pasar Lumbang.

Dari pasar Lumbang Anda tinggal naik ojek agar bisa sampai ke pintu masuk Air Terjun Madakaripura. Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil dengan sopir.

Anda cukup memanfaatkan petunjuk rute terbaik dari Google Maps untuk bisa mencapai kawasan Madakaripura. Bisa juga dengan bantuan sopir lokal atau memanfaatkan paket wisata dari biro perjalanan.

Sesampainya di pintu masuk Anda masih harus berjalan kaki sekitar 1.5 km melewati lembah dan jalan setapak. Lelah jalan kaki ini akan terbayarkan saat Anda tiba di lokasi air terjun yang segar dan indah.

Jam Operasional Madakaripura

Air Terjun Madakaripura buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Anda bisa datang kapan pun Anda mau, namun biasanya tempat ini ramai saat pagi atau menjelang tutup.

Udara dan air segar di pagi hari menjadi kombinasi yang pas untuk menikmati alam dan mencari ketenangan. Untuk alasan keamanan, tempat ini ditutup untuk umum selama musim hujan.

Saat musim hujan area sekitar Madakaripura sangat rawan longsor dan arusnya bisa sangat kuat serta berbahaya Tapi diluar waktu tersebut Anda bebas berkunjung dan menikmati keindahan alam dari air terjun Madakaripura.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)