earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sikunir merupakan sebuah nama dari salah satu bukit paling populer di daerah Dieng Wonosobo. Tempat ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang epik dan menakjubkan bagi para pengunjung.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti camping, hiking, dan masih banyak lainnya di Bukit Sikunir ini. Keindahan Bukit Sikunir semakin pun semakin indah dengan hadirnya telaga cebong di dekat nya.

Anda bisa berkunjung ke Sikunir dengan memanfaatkan paket wisata Semarang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu ulasan lengkap mengenai Bukit Sikunir berikut ini

Sekilas Tentang Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Negeri Atas Awan Dieng dengan ketinggian kurang lebih 2.463 mdpl. Meskipun termasuk cukup tinggi, trek pendakian bukit ini tidak terlalu panjang karena masih terdapat desa di sekitarnya.

Desa tersebut bernama Desa Sembungan yang berada di ketinggian 2.300 mdpl dan menjadi desa tertinggi di pulau Jawa. Berada di ketinggian membuat suhu di Bukit Sikunir ini sangat dingin dan dapat mencapai 15 hingga 10 derajat Celcius.

Selain itu tepat sebelum jalur pendakian, dari lahan parkir Anda bisa melihat telaga luas bernama Telaga Cebong. Berkat jalurnya yang mudah dan puncaknya yang tinggi membuat Bukit Sikunir begitu diminati oleh wisatawan terutama para pendaki pemula.

Anda bisa merasakan dan mendapatkan sensasi serta keindahan saat mendaki gunung tinggi tanpa harus berjalan terlalu lama. Keindahan dari Bukit Sikunir ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

Daya Tarik Bukit Sikunir

Ada banyak hal yang menjadi daya pikat dari Puncak Bukit Sikunir sehingga bisa menjadi tempat wisata favorit wisatawan. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Bukit Sikunir Dieng

Menikmati Golden Sunrise

Sunrise Bukit Sikunir

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Puncak Sikunir sudah sangat terkenal menjadi salah satu spot golden sunrise terindah di Jawa seperti halnya Bromo. Pemandangan matahari terbit dari Puncak Sikunir tampak sangat menawan berkat panorama di sekitarnya.

Anda bisa melihat gunung-gunung tinggi di Jawa seperti Gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Merapi, Merbabu, dan Gunung Kembang dari Puncak Sikunir. Gunung-gunung tersebut menjulang tinggi seperti menembus lautan awan yang luas.

Kabut tipis yang menyelimuti puncak Sikunir semakin menambah epik pemandangan matahari terbit yang Anda lihat. Momen muncul nya matahari di sela-sela pegunungan yang terlihat tidak pernah terlewatkan dari jepretan kamera pengunjung.

Untuk mendapatkan momen indah ini, wisatawan rela bangun pagi buta untuk mulai mendaki ke puncak. Panorama indah Golden Sunrise di Sikunir tidak akan mengecewakan Anda yang sudah datang.

Trekking Santai

Trekking di Bukit Sikunir

Dari lahan parkir atau pintu masuk, Anda harus melewati jalur trekking terlebih dulu agar bisa mencapai lokasi Puncak Sikunir. Lama perjalanan yang diperlukan untuk tiba di Puncak Bukit Sikunir sekitar 30 menit dengan kecepatan berjalan normal.

Jalur yang dilalui pun tidak terlalu berat karena sudah dibuat jalan setapak dan juga tangga dari tanah. Bukit Sikunir sering menjadi jalur pendakian latihan bagi para pendaki pemula sebelum berangkat mendaki gunung yang lebih tinggi.

Sensasi mendaki gunung bisa Anda rasakan saat melakukan trekking seperti udara yang dingin jalur trek menanjak dan pemandangan menakjubkan puncak. Itulah salah satu alasan Puncak Sikunir selalu ramai oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar kota bahkan wisatawan luar negeri.

Namun Anda tetap harus berhati-hati karena jalurnya terkadang licin dan sempit untuk bisa sampai ke puncak. Selain itu jalur pendakian terkadang sesak oleh pengunjung yang membludak ingin melihat pemandangan indah dari Puncak Sikunir.

Berkemah

Untuk bisa menikmati keindahan sunrise Sikunir, ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, berangkat sejak pagi buta atau malam hari ke Sikunir, atau berkemah santai di dekat Telaga Cebong.

Biasanya wisatawan yang senang mendaki akan lebih memilih berkemah karena suasana sekitar Bukit Sikunir yang nyaman. Anda bisa mendirikan tenda di camping ground di tepi Telaga Cebong dan menikmati malam menunggu waktu yang pas untuk mendaki.

Berkemah di tepian Telaga Cebong ini terasa seperti sedang berkemah di Ranu Kumbolo Gunung Semeru. Suhu dingin yang menusuk tulang, suara jangkrik pinggir telaga, dan keseruan di dalam tenda membuat camping di Sikunir begitu menyenangkan.

Ketika camping pastikan Anda membawa peralatan keamanan lengkap seperti jaket, flysheet tenda, sleeping bag, dan emergency blanket agar tetap nyaman. Suhu udara saat malam bisa sangat dingin dan berbahaya, jika terjadi sesuatu bisa melapor ke petugas yang ada di lokasi.

Memancing di Telaga Cebong

Ada banyak cara untuk bisa menikmati pesona dari Telaga Cebong Sikunir, salah satunya dengan cara memancing. Anda bisa memancing ikan-ikan yang ada di area telaga untuk dibawa pulang atau dilepas kembali.

Jenis ikan yang kerap kali dijumpai di Telaga Cebong ini adalah ikan mas, graskap, wader, dan beberapa jenis lainnya. Ikan-ikan ini memang dijaga kelestariannya oleh penduduk dan pemerintah agar ekosistem telaga tidak rusak.

Untuk itu bagi para pengunjung yang datang dan ingin memancing dilarang menggunakan jaring, pukat, dan barang berbahaya lainnya. Cukup gunakan kail pancing dan joran untuk bisa merasakan sensasi seru menangkap ikan di ketinggian Sikunir.

Mencoba Kuliner Khas Dieng

Berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khasnya tentu sangat disayangkan. Padahal setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing begitu juga di Dieng.

Sekitar kawasan Sikunir ini banyak terdapat warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Dieng seperti tempe kemul dan carica. Jika Anda berkeliling sedikit lebih jauh dari Sikunir, Anda bisa mencoba kuliner mie ongklok dan semur kentang khas Dieng yang nikmat.

Rasa makanan yang lezat akan menghangatkan badan Anda dari suhu dingin kawasan Puncak Sikunir. Kapanlagi Anda bisa menikmati keindahan alam sambil merasakan lezatnya makanan khas Dieng selain di Sikunir.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir

Memasuki kawasan Desa Wisata Sembungan Sikunir Dieng Anda akan dikenakan biaya karcis masuk oleh pihak pengelola. Namun biaya ini tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau, lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Wisata Rp15.000,00
Izin Mendirikan Tenda Rp10.000,00
Makanan dan Minuman Mulai dari Rp5.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya sebelum mengunjungi Bukit Sikunir.

Nikmati juga kunjungan ke berbagai tempat wisata lain dengan menggunakan berbagai pilihan paket wisata dari Biro Perjalanan. Melalui paket tersebut Anda bisa menghemat lebih banyak biaya, tenaga, dan waktu karena semua urusan akomodasi sudah ditangani dengan baik.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Sikunir

Lokasi Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, jaraknya sekitar 22 km dari pusat Kota Wonosobo. Waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi Bukit Sikunir ini kurang lebih 1 jam dari Kota Wonosobo. Anda bisa menggunakan jasa sewa fortuner Semarang dari agen travel yang ada disana.

Akses kendaraan menuju Bukit Sikunir pun cukup memadai, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dengan mudah. Sayangnya untuk kendaraan umum belum ada yang bisa mengantarkan langsung ke Sikunir.

Sikunir juga bisa diakses dari arah utara seperti Semarang dengan sangat mudah karena sudah banyak jalan yang tersedia. Cukup gunakan saja Google Maps agar Anda bisa tiba di Sikunir melewati jalur tercepat yang diberikan dari manapun titik keberangkatannya.

Jam Operasional Bukit Sikunir

Sebagai spot sunrise yang terkenal, waktu operasional tempat wisata ini sangat fleksibel. Bukit Sikunir buka sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB setiap harinya.

Untuk waktu terbaik menyaksikan Golden Sunrise Sikunir bisa Anda dapatkan pada bulan April dan Agustus atau saat musim kemarau. Pada bulan tersebut, langit Sikunir lebih cerah dan sedikit kabut yang muncul sehingga pemandangan bisa terlihat jelas.

Namun suhu pada malam hari saat musim kemarau bisa sangat ekstrim hingga 0 derajat Celcius. Untuk itu persiapkan jaket dan peralatan keamanan lengkap agar Anda tidak kedinginan saat berada di Sikunir.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.7/5 - (15 votes)