SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jalan-jalan ke suatu tempat pasti belum lengkap tanpa mencoba kuliner khas dari tempat tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Pekanbaru apabila Anda sedang mengunjungi kota yang satu ini.

Selain destinasi wisata yang sangat beragam, Pekanbaru rupanya juga kaya akan makanan khas. Mulai dari makanan kering dan ringan yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh, hingga comfort food khas, tersedia di kota yang satu ini.

Oleh karena itu, Anda harus membaca artikel ini hingga selesai karena ada berbagai rekomendasi makanan Pekanbaru yang wajib Anda coba. Beberapa di antaranya bisa Anda jadikan buah tangan dari liburan di kota ini, lho.

Daftar Makanan Khas Pekanbaru yang Enak

Provinsi Riau masih sangat kental akan budaya Melayunya. Maka dari itu Anda juga akan menemukan beberapa hidangan yang populer dari Melayu pada umumnya.

Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kalau Anda main ke Pekanbaru, makanan ringan yang satu ini tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Bolu Kemojo Pekanbaru adalah hidangan makanan ringan dengan rasa khas yang manis.

Nama “Kemojo” sendiri berasal dari kata “Kojo” yang artinya bunga kamboja. Hal ini sangat berkaitan dengan bentuk kue bolu yang aslinya seperti bunga tersebut dan biasanya berbentuk besar.

Namun saat ini Anda bisa menemukan ukuran kecil, seperti cupcake. Tekstur kue yang satu ini padat namun lembut dan mengeluarkan aroma manis yang khas. Beberapa juga memiliki aroma seperti durian.

Bolu Kemojo ini memiliki warna permukaan yang hijau karena adonannya menggunakan ekstrak daun pandan dan daun suji. Kue yang satu ini tentu saja cocok untuk oleh-oleh liburan Anda dari Pekanbaru.

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Salah satu makanan khas Pekanbaru Riau adalah yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Ada hint Melayu yang terasa di sana. Ikan patin tentunya bukan sesuatu yang asing untuk Anda, bukan? Selain itu, masakan gulai sendiri mungkin sudah sering Anda temui sehari-hari.

Namun jika Anda pergi ke Pekanbaru, menikmati Gulai Ikan Patin adalah suatu keharusan. Rasanya sangat khas, dengan citarasa segar yang mungkin tidak akan Anda temukan di kota-kota lainnya. Seperti gulai pada umumnya, kuahnya berwarna kuning pekat dan potongan ikan yang besar akan semakin menggugah selera. Bahkan aromanya berhasil membuat air liur menetes.

Pastikan Anda menyantap makanan yang satu ini dengan nasi hangat, daun singkong rebus, dan bunga kecombrang.

Cencaluk

Cencaluk

Bicara tentang makanan khas Pekanbaru Riau tentunya tidak lengkap jika tidak membahas Cencaluk. Meskipun namanya terdengar asing untuk wisatawan dari luar Riau, makanan ini sangat populer, lho, di daerah asalnya.

Makanan ini berbahan dasar udang kecil yang melalui proses fermentasi, yaitu menggunakan bakteri asam laktat hingga tercipta cita rasa unik yang khas Pekanbaru. Biasanya Cencaluk menjadi bagian dari bahan dasar sambal khas Riau.

Udang yang sudah terkumpul nantinya akan dicuci dengan air laut lalu dicampur dengan garam dan nasi di wadah tembikar. Agar tercipta rasa yang nikmat, pembuat akan mendiamkan adnan selama 30 hari.

Bagaimana rasanya? Cencaluk pada umumnya memiliki rasa asam dan gurih. Kadang Anda juga menemukan makanan ini yang berwarna kemerahan karena prosesnya menggunakan saus tomat.

Roti Jala

Roti Jala Pekanbaru

Seperti penjelasan sebelumnya, budaya dan tradisi Melayu masih sangat kental di Riau. Oleh karena itu, Anda akan menemukan berbagai hidangan berbau Melayu apabila jalan-jalan ke Pekanbaru.

Roti Jala adalah salah satunya, dan hidangan ini akan semakin umum Anda temui ketika masuk bulan Ramadhan. Sebagai salah satu makanan Pekanbaru yang enak, roti yang satu ini akan terasa semakin sedap apabila disantap bersama kuah kari.

Kudapan yang satu ini memang mirip dengan canai, bahkan rasanya pun hampir mirip. Namun roti yang berbentuk seperti jala ini memang terlihat lebih unik. Anda bisa menemukan roti yang satu ini dengan mudah di berbagai tempat makan di Pekanbaru.

Kue Bangkit

Kue Bangkit

Apakah Anda sedang mencari oleh-oleh Pekanbaru yang khas dan mudah dibawa-bawa? Jika begitu maka Kue Bangkit bisa menjadi pilihan yang tepat. Namanya sendiri diambil dari bentuknya yang mengembang.

Makanan ringan yang satu ini akan mengembang hingga dua kali lipat setelah keluar dari oven. Oleh karena itu makanan ini memiliki julukan “bangkit”. Warnanya kekuningan dan pembuatnya akan memberikan titik merah di atasnya.

Kue yang satu ini memiliki tekstur yang ringan, lumer, dan halus di dalam namun renyah di luar. Rasanya pun gurih dan manis sehingga semua kalangan menyukai kue yang satu ini.

Lopek Bugi

Lopek Bugi

Apa makanan khas Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan? Ada Lopek Bugi yang menawarkan sensasi berbeda ketika makan ketan. Jajanan yang satu ini sendiri memiliki arti lepat ketan.

Dulunya makanan ini hanya tersaji untuk keluarga kerajaan dan orang-orang yang memiliki status sosial tinggi. Saat ini, Anda bisa menikmatinya kapan saja, bahkan bisa Anda temukan di warung jajanan pasar di seluruh Pekanbaru.

Lopek Bugi hadir dengan dua varian, yaitu hitam dan putih – seperti ketan, kan? Selain ketan, pembuatannya juga melibatkan gula pasir, kelapa yang sudah diparut, santan, dan daun pisang untuk membungkusnya.

Makanan ini bertekstur lembut dengan rasa khas yang gurih dan manis. Pokoknya jangan sampai melewatkan makanan khas daerah yang satu ini, ya.

Lempok Durian

Lempok Durian

Apakah Anda menyukai durian? Jika begitu maka Anda harus coba Lempok Durian. Sebagai salah satu makanan khas Riau, jajanan ini sangat populer dan menjadi buruan para turis ketika jalan-jalan ke provinsi yang satu ini.

Kemasannya pun unik sehingga akan mudah bagi Anda untuk menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh. Rasanya yang manis dan khas dengan aroma durian ini akan menggugah selera sejak pertama kali Anda membuka bungkus pelepah pinangnya.

Makanan ini hampir sepenuhnya merupakan daging buah durian. Dalam pengolahannya daging durian masuk dan bercampur dengan gula lalu proses pengadukan akan berjalan selama 6 jam lamanya. Oleh karena itu, jajanan ini cukup awet meskipun tanpa pengawet buatan.

Mie Sagu

Mie Sagu

Biasanya, makanan khas Pekanbaru adalah yang mengandung rasa pedas, manis, dan ada sedikit asam. Namun Mie Sagu tidak harus seperti itu. Seperti namanya, mie yang menjadi bahan utama dari makanan ini terbuat dari sagu.

Anda bisa menemukan makanan ini di berbagai pusat kuliner yang tersebar di kota Pekanbaru, baik yang goreng maupun kuah. Caranya pun sederhana dan bumbunya juga bisa Anda temukan di dapur pada umumnya. Agar lebih pedas, tambahkan saja beberapa cabai rawit.

Rasanya yang gurih sangat menggugah selera, apalagi ketika udara sedang dingin. Apabila Anda beli makanan ini, pastikan langsung disantap ketika masih hangat. Mie Sagu ini mudah lengket ketika sudah dingin.

Sate Rusa

Sate Rusa

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “sate”? Pasti sate ayam, kambing, atau sapi, bukan? Nah, Pekanbaru punya sate yang mungkin akan membuat Anda kaget ketika mendengar namanya.

Ya, seperti namanya, Sate Rusa terbuat dari daging rusa. Apabila Anda wisata makanan Pekanbaru terutama di pusat-pusat kuliner, makanan yang satu ini pasti masuk ke daftar hidangan. Bagaimana, ya, rasa daging rusa?

Rusa sendiri memiliki daging dengan warna kemerahan, seperti sapi, namun rasanya lebih gurih dan bikin ketagihan. Teksturnya sendiri sangat lembut dan cenderung tidak berlemak. Seperti sate pada umumnya, makanan ini tersaji bersama sepiring nasi hangat dan bumbu khas Pekanbaru.

Pokoknya sate yang terbuat dari daging rusa ini wajib Anda cicipi selagi ada di kota yang satu ini.

Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Apa saja makanan khas Riau? Ada banyak, dan salah satunya adalah Dodol Kedondong. Apabila buah kedondong populer untuk rujak buah karena rasanya yang asam dan segar, Pekanbaru mengolahnya menjadi jajanan khas yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain.

Oleh karena itu, jika Anda bingung mau bawa oleh-oleh apa, dodol yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pengolahannya yang sempurna membuat makanan ini tahan cukup lama meskipun tidak menggunakan pengawet sama sekali.

Seperti buahnya, Dodol Kedondong memiliki rasa asam yang menyegarkan bercampur dengan aroma legit dan rasa yang manis. Selain itu, dodol ini juga menggunakan taburan wijen sehingga aromanya lebih semerbak. Tentu saja, biji wijen membuat dodol ini memiliki tekstur yang kaya.

Gulai Siput

Gulai Siput

Sebagai kota yang kebudayaan Melayunya masih sangat kental, gulai menjadi salah satu andalan di wisata kuliner Pekanbaru. Anda akan menemukan berbagai gulai dengan isian beraneka ragam yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Salah satunya adalah Gulai Siput.

Gulai khas Pekanbaru ini kaya akan rempah sehingga masakan terasa segar dan bikin ketagihan. Siput yang menjadi bahan utama dari masakan ini juga biasa Anda temukan di pasar. Dagingnya yang kenyal membuat pengalaman makan gulai semakin menarik tentunya.

Untuk memperkaya rasa dan tekstur, biasanya gulai juga menggunakan potongan nanas segar dan beberapa cabai utuh. Oleh karena itu, apabila Anda memang menyukai masakan kaya rempah, gulai yang satu ini sebaiknya Anda coba pertama kali.

Miso

Miso Pekanbaru

Mungkin Anda berpikir bahwa Miso adalah makanan populer di Jepang maupun Korea. Nah, Pekanbaru juga punya makanan olahan mie serupa yang memiliki nama Miso. Masakannya sendiri merupakan perpaduan mie kuning dan putih dengan kuah kaldu kaya rempah.

Kaldunya sendiri terasa segar karena berbagai rempah yang ada di dalamnya, seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga. Selain mie kuning dan putih, Miso juga kaya akan makanan pelengkap lainnya, seperti tauge, tahu goreng, dan suwiran daging.

Agar teksturnya kaya, biasanya makanan ini hadir dengan kerupuk merah. Di beberapa tempat, Anda akan menemukan makanan ini tersaji dengan ceker, bakso, maupun ati ampela. Makanan ini sangat cocok, lho, untuk sarapan.

Nasi Lemak

Nasi Lemak Pekanbaru

Meskipun Nasi Lemak lebih populer sebagai makanan khas negara tetangga, ternyata makanan ini juga populer di Pekanbaru. Tentu saja, budaya Melayu yang masih melekat membuat kota ini dan negara tetangga berbagi makanan dan jajanan khas.

Anda wajib mencoba makanan dan jajanan khas Pekanbaru yang satu ini untuk merasakan cita rasa khas Riau. Proses memasak nasinya sendiri menggunakan santan sehingga tercipta rasa gurih yang nikmat.

Agar aromanya makin kuat dan khas, biasanya ada tambahan daun pandan ketika proses memasak nasi. Anda bisa menikmati Nasi Lemak bersama telur rebus, tempe orek, ikan asin, dan lalapan. Bahkan beberapa penjual juga menyediakan sate untuk teman makan nasi yang satu ini.

Mencari hidangan khas ini tidak sulit, kok. Anda bisa menemukannya hampir di setiap warung kuliner yang ada di seluruh penjuru kota.

Mie Lendir

Mie Lendir Pekanbaru

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “lendir”? Mungkin Anda langsung bergidik dan urung untuk mencoba makanan yang satu ini, bukan? Tapi jangan skip dulu, karena ini merupakan hidangan khas Pekanbaru yang rasanya sangat menggugah selera.

Bahan baku utamanya adalah mie kuning dan tauge, berpadu dengan kuah kemerahan yang terbuat dari kacang tanah. Rasanya sendiri gurih dan bikin penasaran. Untuk pelengkap, biasanya penjual memberikan telur rebus dan kerupuk.

Nama kuliner ini mungkin terinspirasi dari kuah kacang yang kental – kadang makanan ini juga disebut Mie Pekat. Makanan ini bisa untuk mengganjal perut di pagi hari atau makanan ringan di siang hari.

Keripik Nanas

Keripik Nanas

Nanas sendiri merupakan salah satu buah-buahan yang stoknya sangat melimpah di Pekanbaru. Oleh karena itu, selain untuk rujak, jus, dan campuran makanan lainnya, masyarakat mengolah makanan ini menjadi produk oleh-oleh yang lebih tahan lama.

Keripik Nanas adalah jenis olahan makanan populer di Pekanbaru untuk buah yang satu ini. Seperti namanya, keripik ini sudah kering dan sangat renyah namun tidak menghilangkan cita rasa nanas yang manis dan sangat tropis.

Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh dari Pekanbaru yang khas dan tidak ada duanya di kota lain. Karena keripik adalah jenis snack yang awet dan ringan, tidak akan sulit untuk Anda membawanya ke mana-mana.

Gulai Belacan

Gulai Belacan Pekanbaru

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pekanbaru memiliki hasil laut yang melimpah, salah satunya adalah udang. Oleh karena itu, Anda harus mencicipi hidangan sari laut yang satu ini. Meskipun namanya gulai, makanan ini cukup pedas.

Udang adalah bahan utama dari gulai yang satu ini. Selain udang, masakan ini akan menggunakan berbagai rempah yang membuat masakan menjadi segar dan menggugah selera. Agar semakin sedap, biasanya gulai dicampur dengan petai yang sudah disangrai.

Makanan khas ini mudah sekali ditemukan di berbagai warung makan yang ada di Pekanbaru. Penasaran? Anda harus coba, ya.

Akhir Kata

Bicara soal wisata Pekanbaru, tentu yang terlintas di benak Anda adalah berbagai destinasi wisata yang elok dipandang mata. Namun tentu saja sajian kuliner khas daerah menjadi salah satu hal yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Apalah arti liburan tanpa menjajal kulinernya? Oleh karena itu, apabila Anda liburan ke Pekanbaru, baik sendirian maupun bersama keluarga, pastikan untuk menjajal semua makanan khas yang tersedia.

Memang akan lebih mudah dan simpel jika Anda menggunakan jasa travel atau biro perjalanan yang tepercaya. Perjalanan semakin menyenangkan dan dijamin tidak ada destinasi wisata yang terlewatkan.

Demikian tentang makanan khas Pekanbaru yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Riau. Jangan sampai terlewatkan, ya!



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Kuliner, Pekanbaru



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)