SalSari Resto & Coffee

Puncak B29 bromo merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan sunrise Bromo. Posisinya berada paling tinggi dibanding spot sunrise Bromo yang lain seperti Penanjakan atau Bukit Cinta.

Dari Puncak B29, Anda akan disuguhkan dengan panorama pegunungan Bromo dan sekitarnya yang sangat indah. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan lengkap mengenai tempat wisata Puncak B29 khusus untuk Anda.

Sekilas Tentang Puncak B29

Pada awalnya nama tempat ini lebih dikenal masyarakat dengan nama Puncak Argosari. Lalu karena lokasinya berada di ketinggian 2900 mdpl, akhirnya banyak wisatawan yang menyebutnya Puncak Songolikur.

Namun nama Puncak Songolikur ini dirasa kurang familiar terutama bagi para pelancong dari luar pulau Jawa. Akhirnya diganti lah nama puncak ini menjadi Puncak B29, dimana huruf B nya mewakili kata Bromo dan 29 menunjukan tingginya.

Selain nama B29 yang cukup unik, tempat ini juga memiliki julukan lain yakni “Negeri di Atas Awan”. Pemandangan Bromo berselimut lautan awan  yang terlihat disini menjadi alasan Puncak B29 mendapat julukan tersebut.

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Kawasan Puncak B29 memiliki biaya retribusi yang sangat terjangkau terutama untuk parkir dan tiket masuknya. Biaya ini lebih murah dibandingkan spot sunrise lain yang memerlukan biaya sewa jeep untuk tiba di lokasi.

Berikut ini rincian lengkap mengenai biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin mengunjungi Puncak B29 di gunung Bromo.

Kategori Harga Tiket
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Ojek Motor Rp75.000,00 – Rp100.000,00 Pulang Pergi
Homestay Rumah Warga Mulai dari Rp75.000,00/orang/malam
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Meskipun begitu Anda tetap bisa menggunakan daftar ini sebagai perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Puncak B29.

Jika Anda tidak mau repot urusan akomodasi atau ingin mengunjungi destinasi wisata lain, gunakan saja paket wisata dari biro perjalanan. Melalui paket-paket yang tersedia segala kebutuhan liburan Anda akan terpenuhi dan Anda hanya tinggal menikmati liburan dengan santai.

Lokasi dan Rute Menuju Puncak B29

Puncak B29 ini terletak di Desa Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan bisa Anda akses melalui dua rute.

Rute pertama yakni melewati Desa Ranu Pani, basecamp untuk pendakian ke Gunung Semeru. Namun rute ini jarang sekali yang melewati karena aksesnya yang cukup merepotkan dan mahal.

Sedangkan rute kedua bisa Anda akses langsung dari kabupaten Lumajang hanya dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dari alun-alun Lumajang Anda bisa berangkat menuju kecamatan Senduro yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil yang ada di sana.

Dari Senduro bisa Anda lanjutkan menuju Desa Argosari yang menjadi pintu masuk utama kawasan Puncak B29. Untuk Anda yang menggunakan mobil harus parkir dan berhenti di Rest Area 1 karena perjalanan selanjutnya cukup sulit untuk kendaraan roda 4.

Jalanan curam dan sempit belum beraspal akan Anda lewati untuk tiba di Rest Area 2 hingga puncak. Jika Anda kurang yakin dengan motor yang Anda gunakan, bisa menggunakan ojek yang sudah siap mengantar.

Dari tempat parkir motor terakhir, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk tiba di lokasi puncak. Meskipun perjalanan nya berat, pemandangan indah di atas Puncak B29 menjadi obat yang manjur untuk menghilangkan penat.

Jika Anda ingin menikmati keindahan lain di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pilih saja paket tour Bromo yang tersedia. Selain dapat melihat golden sunrise Bromo, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lain yang ada di sekitarnya dengan biaya murah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)