earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Puncak B29 bromo merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan sunrise Bromo. Posisinya berada paling tinggi dibanding spot sunrise Bromo yang lain seperti Penanjakan atau Bukit Cinta.

Dari Puncak B29, Anda akan disuguhkan dengan panorama pegunungan Bromo dan sekitarnya yang sangat indah. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan lengkap mengenai tempat wisata Puncak B29 khusus untuk Anda.

Sekilas Tentang Puncak B29

Pada awalnya nama tempat ini lebih dikenal masyarakat dengan nama Puncak Argosari. Lalu karena lokasinya berada di ketinggian 2900 mdpl, akhirnya banyak wisatawan yang menyebutnya Puncak Songolikur.

Namun nama Puncak Songolikur ini dirasa kurang familiar terutama bagi para pelancong dari luar pulau Jawa. Akhirnya diganti lah nama puncak ini menjadi Puncak B29, dimana huruf B nya mewakili kata Bromo dan 29 menunjukan tingginya.

Selain nama B29 yang cukup unik, tempat ini juga memiliki julukan lain yakni “Negeri di Atas Awan”. Pemandangan Bromo berselimut lautan awan  yang terlihat disini menjadi alasan Puncak B29 mendapat julukan tersebut.

Kegiatan Seru di Puncak B29

Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Puncak B29 seperti menikmati keindahan alam yang masih asri. Berikut ini beberapa kegiatan yang wajib Anda coba ketika berada di negeri diatas awan ini.

Menikmati Sunrise Bromo

Sunrise dari Puncak B29

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Keindahan sunrise Bromo dari Puncak B29 tidak kalah dengan spot sunrise Bromo lainnya. Disini Anda akan disajikan pemandangan epik matahari terbit pada sisi berbeda dari Gunung Bromo.

Lautan awan yang berarak menyelimuti kaldera Bromo terlihat sangat magis dan menakjubkan. Semakin siang, awan-awan ini bergerak turun dan nampak seperti air yang tumpah melewati bukit di sekeliling Bromo.

Waktu keberangkatan yang disarankan untuk dapat menikmati pemandangan ini dimulai sekitar pukul 03.00 WIB. Perubahan langit dari gelap menuju terang ditambah pemandangan Bromo akan menjadi memori liburan yang tak terlupakan.

Pemandangan Gunung-gunung di Atas Awan

Puncak B29 ini tidak hanya indah saat matahari terbit, saat sudah terang pun keindahannya tidak memudar. Anda dapat melihat dengan jelas gunung-gunung di sekitar Bromo yang puncaknya berada di atas awan.

Tidak jarang kawah dari Gunung Semeru mengeluarkan asap yang semakin menambah indah pemandangan dari Puncak B29. Gunung lain seperti Gunung Arjuno, Welirang, Argopuro, dan Raung pun dapat terlihat jelas dari sini saat cuaca cerah.

Melihat Keindahan Panorama Sekitar

Panorama Sekitar Puncak B29

Selama perjalanan menuju puncak tertinggi B29, Anda pun sudah disuguhkan dengan panorama yang mempesona. Hamparan perkebunan warga di lereng bukit menghiasi kiri dan kanan jalan yang Anda lalui.

Saat malam tiba dan cuaca cerah, bintang-bintang dilangit dapat terlihat dengan jelas. Ditambah lampu-lampu rumah di bawah bukit perjalanan Anda menuju Puncak B29 dipenuhi keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Camping

Camping di Puncak B29

Berkemah bersama teman-teman juga bisa Anda lakukan di Puncak B29 ini. Pada bagian puncak terdapat lahan datar yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda sekaligus.

Anda bisa membuat api unggun, memandangi indahnya malam, serta melakukan kegiatan seru lain bersama-sama. Jangan lupa membawa peralatan lengkap seperti jaket, tenda, matras dan lainnya agar tetap nyaman dan aman.

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Kawasan Puncak B29 memiliki biaya retribusi yang sangat terjangkau terutama untuk parkir dan tiket masuknya. Biaya ini lebih murah dibandingkan spot sunrise lain yang memerlukan biaya sewa jeep untuk tiba di lokasi.

Berikut ini rincian lengkap mengenai biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin mengunjungi Puncak B29 di gunung Bromo.

Kategori Harga Tiket
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Ojek Motor Rp75.000,00 – Rp100.000,00 Pulang Pergi
Homestay Rumah Warga Mulai dari Rp75.000,00/orang/malam
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Meskipun begitu Anda tetap bisa menggunakan daftar ini sebagai perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Puncak B29.

Jika Anda tidak mau repot urusan akomodasi atau ingin mengunjungi destinasi wisata lain, gunakan saja paket wisata dari biro perjalanan. Melalui paket-paket yang tersedia segala kebutuhan liburan Anda akan terpenuhi dan Anda hanya tinggal menikmati liburan dengan santai.

Lokasi dan Rute Menuju Puncak B29

Puncak B29 ini terletak di Desa Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan bisa Anda akses melalui dua rute.

Rute pertama yakni melewati Desa Ranu Pani, basecamp untuk pendakian ke Gunung Semeru. Namun rute ini jarang sekali yang melewati karena aksesnya yang cukup merepotkan dan mahal.

Sedangkan rute kedua bisa Anda akses langsung dari kabupaten Lumajang hanya dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dari alun-alun Lumajang Anda bisa berangkat menuju kecamatan Senduro yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil yang ada di sana.

Dari Senduro bisa Anda lanjutkan menuju Desa Argosari yang menjadi pintu masuk utama kawasan Puncak B29. Untuk Anda yang menggunakan mobil harus parkir dan berhenti di Rest Area 1 karena perjalanan selanjutnya cukup sulit untuk kendaraan roda 4.

Jalanan curam dan sempit belum beraspal akan Anda lewati untuk tiba di Rest Area 2 hingga puncak. Jika Anda kurang yakin dengan motor yang Anda gunakan, bisa menggunakan ojek yang sudah siap mengantar.

Dari tempat parkir motor terakhir, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk tiba di lokasi puncak. Meskipun perjalanan nya berat, pemandangan indah di atas Puncak B29 menjadi obat yang manjur untuk menghilangkan penat.

Jika Anda ingin menikmati keindahan lain di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pilih saja paket tour Bromo yang tersedia. Selain dapat melihat golden sunrise Bromo, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lain yang ada di sekitarnya dengan biaya murah.

Jam Operasional Puncak B29

Kawasan wisata Puncak B29 bisa Anda kunjungi kapanpun Anda mau karena tempat ini beroperasi selama 24 jam penuh setiap hari. Mulai dari karcis tiket, tukang ojek, dan homestay warga semua siap melayani Anda di jam berapapun.

Meskipun begitu lebih baik untuk berkunjung ke Puncak B29 saat musim kemarau tiba demi kenyamanan. Saat musim hujan, jalanan menuju puncak akan sangat licin dan berbahaya terutama jika Anda belum terbiasa.

Selain itu kesempatan Anda untuk melihat lautan awan yang tumpah juga sangat sulit saat hujan turun. Namun jika Anda hanya bisa datang saat musim penghujan, persiapkan dengan baik kendaraan, perlengkapan dan lainnya agar tetap nyaman berlibur.

Biasanya wisatawan akan datang saat siang dan sore untuk istirahat di homestay atau camping di puncak untuk menyaksikan sunrise. Tetapi tidak sedikit wisatawan yang rela datang di malam hari untuk bisa melihat sunrise tanpa harus menginap terlebih dahulu.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)