Saloka Theme Park Semarang merupakan salah satu taman bermain terbesar yang ada di Jawa Tengah. Lokasinya berada dekat dengan Rawa Pening yang juga sering menjadi destinasi wisata di Semarang.

Taman bermain seluas 18 hektar ini diresmikan pada akhir tahun 2018 tepatnya pada tanggal 15 Desember. Nama Saloka sendiri diambil dari cerita legenda Rawa Pening tentang naga hijau Baru Klinting anak dari Ki Hajar Salokantara.

Naga hijau Baru Klinting ini pun dijadikan maskot dari taman bermain Saloka yang bisa Anda lihat di depan pintu masuk. Sedikitnya terdapat 25 wahana permainan seru yang bisa Anda coba di Saloka sambil menikmati pemandangan indah Rawa Pening.

Mengunjungi taman bermain Saloka Theme Park Semarang bersama keluarga bisa jadi pilihan seru berlibur di Semarang. Berikut ini akan diulas lengkap tentang segala hal seru yang wajib Anda lakukan di Saloka Theme Park.

Daya Tarik Saloka Theme Park Semarang

Dengan kawasan yang luas, Saloka Semarang terbagi menjadi beberapa zona yang masing-masing memiliki wahana dan daya tarik tersendiri. Zona tersebut diantaranya, Zona Pesisir, Zona Balantara, Zona Segara Prana, Zona Kamayayi, dan Zona Ararya.

Zona Pesisir

Bianglala Cakrawala

Di Zona Pesisir, Anda bisa menemukan salah satu ikon wahana di Saloka Theme Park yakni Bianglala Cakrawala. Bianglala ini memiliki tinggi hingga 33 meter dan dari atas dapat terlihat seluruh pemandangan Saloka serta Rawa Pening.

Selain bianglala ada juga Kapal Jenju dan Arena Jejogedan di Zona Pesisir ini. Kapal Jenju dan Arena Jejogedan sering dipilih wisatawan menjadi tempat berfoto karena bentuk kapal yang unik dan air mancur menarinya.

Zona Belantara

Wahana Kumbang Layang

Sesuai namanya, Zona Belantara sangat berkaitan dengan tumbuhan dan juga hewan. Wahana di sini mengambil tema hewan dan tumbuhan yang sangat terasa seperti misalnya Jamur Apung dan Safari Bocah.

Dua wahana ini mengajak Anda melihat berbagai tumbuhan dan bangunan jamur yang unik. Di Safari Bocah, kendaraan yang Anda gunakan adalah mobil yang tersambung rel, sedangkan Jamur Apung, Anda akan menaiki perahu jamur.

Kemudian ada juga Kumbang Layang, sepeda diatas rel tinggi yang bisa berputar 360 derajat untuk melihat pemandangan sekitar. Anda juga bisa mencoba labirin di Agrowisata Ijo Royo-Royo yang ada di zona ini.

Anak-anak juga bisa bermain bersama hewan di wahana Angon Ingon atau uji ketangkasan di wahana Adu tangkas. Anda yang merasa berani juga bisa coba masuk ke Wahana Adu Nyali Zona Belantara Saloka Semarang.

Zona Segara Prana

Wahana Gonjang Ganjing

Di Zona Segara Prana Anda bisa bermain sambil belajar di Lumbung Ilmu Galileo yang berisi banyak alat peraga sains. Setiap alat peraga ini bisa Anda mainkan langsung sekaligus mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan baru.

Zona Segara Prana juga memiliki wahana seru lain seperti Gonjang Ganjing yang akan mengajak Anda berpetualang menyusuri sungai deras. Panjang lintasan wahana ini mencapai 360 meter dengan tambahan terowongan bernama Terowongan Zulu yang seru.

Zona Kamayayi

Wahana Polah Bocah

Khusus untuk Anak-anak terdapat Zona Kamayayi yang berisi berbagai wahana seru yang bisa dimainkan anak dengan aman. Contohnya Teka Teki, Komidi Putar Kuda Laut, dan Polah Bocah, semua permainan ini sangat pas untuk usia 5 – 10 tahun.

Ada juga permainan Tata Titi dimana Anak bisa main mobil-mobilan untuk dapat sim. Jika Anak ingin bermain basah-basahan bisa juga bermain di wahana Semprat Semprot atau Penguin yang ada di sini.

Zona Ararya

Wahana Lika Liku

Untuk orang dewasa yang menyukai tantangan bisa coba permainan yang ada di Zona Ararya ini. Wahana memacu Adrenalin seperti Lika Liku, Paku Bumi, dan Bengak Bengok disini selalu ramai dimainkan pengunjung.

Wahana seru yang juga wajib Anda coba adalah Obat Abit dimana Anda akan diajak berayun sambil berputar di ketinggian. Ada juga bombom car Senggal Senggol yang sudah pasti seru untuk Anda mainkan bersama keluarga.

Selain wahana-wahana yang ada, Anda juga dapat menyaksikan berbagai hiburan yang juga dipentaskan di tempat ini. Ditambah lagi fasilitas foodcourt dan lainnya siap membuat liburan Anda di Saloka tetap nyaman.

Sehingga tidak heran bila Saloka Semarang sering masuk kedalam pilihan destinasi dari berbagai paket wisata yang ada. Tempatnya yang nyaman dengan beragam permainan murah dan terjangkau jadi alasan utama banyak wisatawan tertarik mengunjungi Saloka Theme Park.

Harga Tiket Masuk dan Wahana di Saloka

Untuk bisa menikmati tempat wisata Saloka Theme Park Anda perlu membayar tiket masuk yang bisa dibilang cukup terjangkau. Dengan biaya tersebut semua wahana dan banyak fasilitas Saloka bisa Anda nikmati, berikut ini rinciannya.

Kategori Harga Tiket
Tiket Terusan Weekdays Rp120.000,00
Tiket Terusan Weekends Holidays Rp150.000,00
Tiket Non-Terusan Weekdays Rp30.000,00
Tiket Non-Terusan Weekends Holidays Rp50.000,00
Tiket Wahana Paket A Rp25.000,00 per Wahana
Tiket Wahana Paket B Rp20.000,00 per Wahana
Tiket Wahana Paket C Rp15.000,00 per Wahana
Sewa Skuter Rp50.000,00 per Jam
Sewa Sepeda Listrik Rp25.000,00 per 25 Menit
Angon Ingon Rp20.000,00
Polah Bocah Rp20.000,00
Naik Kuda Rp20.000,00 per Putaran
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp15.000,00
Parkir VIP Rp25.000,00

Harga yang tercantum dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola Saloka. Namun daftar harga ini bisa Anda jadikan referensi dan perkiraan biaya jika ingin berlibur ke Tempat Wisata Saloka.

Khusus untuk pengunjung dibawah 2 tahun, belum dikenakan biaya tiket masuk jadi bisa masuk secara gratis. Tipe tiket non terusan memang terlihat lebih murah namun hanya memberikan pilihan wahana yang terbatas.

Tiket terusan bisa menjadi pilihan terbaik karena Anda bisa puas berkeliling dan memainkan setiap wahana yang ada tanpa biaya tambahan. Dengan tiket terusan ini seharian berkeliling Saloka Theme Park bisa jadi lebih hemat.

Jika Anda hanya memiliki waktu sebentar untuk berkunjung bisa pilih tiket wahana paket A, B, atau C yang lebih hemat. Setiap paket memiliki pilihan wahana yang berbeda-beda dan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan.

Untuk Wahana paket A, Anda bisa mencoba wahana seperti Cakrawala, Paku Bumi, Gonjang-Ganjing, Lika-Liku, dan Bengak Bengok. Sedangkan Wahana di Paket B terdapat pilihan wahana Jamur Apung, Tour Train, Obat-Abit, Kumbang Layang, Senggal-Senggol, serta Polah Bocah.

Wahana Paket C mencakup Semprat-Semprot, Galileo, Komidi Kuda Laut, Safari Bocah, Tata-Titi, Adu Nyali, Titihan Bocah, Teka-Teko, Pinguin, dan Kupu-Kupu. Dengan memiliki tiket wahana paket ini Anda bisa mendapatkan potongan harga yang lebih murah per wahana.

Lebih murah lagi jika Anda memilih Paket Liburan ke Semarang dari agen perjalanan. Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Semarang lainnya dengan biaya terjangkau dan segala sesuatunya sudah dipersiapkan agen perjalanan.

Lokasi dan Rute Menuju Saloka Theme Park

Saloka Semarang beralamat di Jl. Fatmawati No. 154, Gumuk Sari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Lokasinya ini sangat strategis karena berada di jalur utama Semarang-Salatiga-Solo dan dekat dengan Rawa Pening.

Dengan memanfaatkan petunjuk dari Google Maps, Anda bisa mencapai tempat ini dengan mudah terutama jika menggunakan kendaraan pribadi. Cara lain bisa juga dengan bantuan sopir lokal yang disediakan tempat sewa mobil jika Anda tidak memiliki kendaraan yang cukup.

Jam Operasional Saloka Semarang

Jika Anda berencana berkunjung ke Saloka Semarang, Anda bisa datang di hari apapun karena tempat ini buka setiap hari. Untuk hari biasa Saloka buka sejak pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Di akhir pekan atau hari libur, tempat wisata ini tutup pada pukul 19.00 WIB. Untuk jadwal yang lebih jelas, Anda bisa cek langsung di website resmi Saloka karena terkadang ada waktu pemeliharaan atau libur.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)