SalSari Resto & Coffee

Dalam hal obyek wisata, Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Seperti di daerah Imogiri yang punya banyak destinasi menarik salah satunya seperti Selopamioro Adventure Park.

Tempat satu ini menawarkan keindahan alam sekaligus berbagai aktivitas seru memacu adrenalin. Bahkan aktivitasnya sangat cocok untuk rombongan wisata yang ingin melakukan outbound atau gahtering.

Sehingga wajar jika banyak biro perjalanan yang menjadikan SPARK ini sebagai destinasi di paket liburan ke Jogja mereka. Penasaran dengan keseruan lain tempat ini? simak ulasannya berikut:

Sekilas Tentang Selopamioro Adventure Park

Wisata Selopamioro Adventure Park

Selopamirono Adventure Park (SPARK) marupakan tempat wisata baru yang ada di Imogiri. Tempat ini menawarkan wisata rafting dan camping ground yang cocok untuk kegiatan luar ruangan rombongan wisata.

Pengunjung yang datang dapat merasakan keseruan di setiap permainannya yang memacu adrenalin. Di samping itu, tempat ini juga dapat menambah kedekatan dan keakraban keluarga maupun rekan kerja.

Berbeda dengan tempat wisata adrenalin lainnya, tempat ini juga menawarkan sensasi menyusuri sungai dalam ketenangan. Meski begitu, Anda tidak perlu takut hanyut sama sekali saat rafting di lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Selopamioro Adventure Park

Tiket masuk Selopamirono Adventure Park sendiri sangat murah hanya Rp2.000,00 saja. Namun untuk fasilitas serta aktivitas seru lain ada biaya yang perlu Anda siapkan berikut daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp2.000,00
Paket Rafting Short Trip Rp150.000,00 per perahu
Paket Rafting Long Trip Rp350.000,00 per perahu
Sewa Perahu Karet Rp5.000,00 per orang
Pemandu Perahu Karet Rp10.000,00
Paket Outbond Rp30.000,00 per anak
Homestay Rp100.000,00 per malam

Perlu Anda ketahui, paket-paket harga tersebut sudah mencakup perlengkapan keamanan, asuransi, instruktur serta transportasi.

Rute Menuju Selopamioro Adventure Park

Lokasi Wisata Selopamioro Adventure Park

Tempat wisata ala mini terletak di Jetis, RT.04, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Alamat ini sangatlah mudah dijangkau. Anda bisa mengunjunginya dengan memulai perjalanan dari kota Jogja.

Pertama-tama, Anda bisa memacu kendaraan Anda ke Jalan Imogiri Timur. Setelah itu, ambil jalan lurus sampai ke Desa Siluk. Sesampainya Anda di jembatan Siluk, Anda bisa mengambil rute ke arah jetis dan Kedung Jati.

Tak lama kemudian, Anda akan menemukan penunjuk jalan menuju ke lokasi wisata ini. Namun lebih mudah lagi bila Anda menggunakan layanan rental Avanza Jogja plus sopir yang siap mengantar langsung ke lokasi.

Jam Buka Selopamioro Adventure Park

Selopamirono Adventure Park buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Waktu terbaik berkunjung biasanya saat pagi hari karena udara masih segar dan Anda bisa sepuasnya bermain.

Fasilitas di Selopamioro Adventure Park

Fasilitas Wisata Selopamioro Adventure Park

Fasilitas yang Anda dapatkan di adventure park ini lengkap dan aman. Urusan keamanan tempat ini pun sudah memenuhi standar. Pengelola akan senantiasa meminta Anda untuk mengenakan fasilitas keamanan yang ada.

Adapun fasilitas keamanan yang ditawarkan meliputi helm, ban atau alat pelampung dan pelindung badan. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Oya, pemandu akan berjaga di setiap jeram yang Anda temui.

Disamping itu, berbagai fasilitas umum penunjang kebutuhan wisatwan juga tersedia di sini. Berbagai fasilitas tersebut mencakup tempat ibadah, aula, toilet, lapangan, area outbond, tempat makan bahkan home stay.

Daya Tarik Wisata Selopamioro Adventure Park

Meski tergolong baru, obyek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan. Aliran sungainya yang tidak terlalu deras menjadikan tempat ini aman bagi seluruh anggota keluarga.

Fasilitas serta aktivitas yang ditawarkan tempat ini juga seru untuk liburan Anda. Selain itu semua, berikut berbagai hal yang obyek wisata ini tawarkan kepada para pengunjungnya.

Rafting Sungai Oya

Rafting Sungai Oya

Wahana wisata air pertama yang dapat Anda coba di adventure park ini yaitu rafting sungai Oya. Di sini, Anda bisa mencoba sensasi rafting dengan kapal karet di aliran sungai yang indah.

Untuk mencoba wahana air ini, Anda harus menyewa perlengkapan. Ada dua tipe rafting yang bisa Anda coba yaitu short dan long. Untuk paket short, jarak yang akan Anda tempuh adalah sejauh 1 kilometer.

Di sisi lain, jika Anda memilih paket long, Anda akan berpetualang menyusuri Sungai Oya dengan jarak yang lebih jauh. Jarak yang akan Anda tempuh dengan memilih paket ini adalah sejauh 5,4 kilometer.

Berenang di Pinggir Kali

Aktivitas lain yang juga bisa Anda nikmati saat mengunjungi taman petualangan ini tentu saja bermain air. Anda bisa puas berenang di tepian sungai yang penuh dengan batu-batu kali besar.

Aliran air yang tenang dan tidak terlalu deras cukup aman untuk anak-anak. Apalagi ada banyak kolam-kolam atau ceruk kecil dan dangkal yang bisa menjadi tempat Anda dan anak-anak bermain air.

Namun tetap tidak boleh melepaskan perhatian Anda ke anak-anak. Supaya tidak terjadi hal-hal berbahaya seperti jatuh terpeleset atau tenggelam. Agar semakin aman sewa saja pelampung yang telah tersedia.

Mendaki Via Ferrata

Tidak hanya rafting, Anda juga bisa mendaki di obyek wisata ini. Di sini, yang akan Anda lakukan adalah mendaki bukit Via Ferrata. Tebing yang ada di bukit ini cukup curam.

Namun, meski tebingnya curam, Anda sama sekali tidak perlu khawatir sebab alat pengaman yang disediakan sangatlah lengkap. Sesampainya di puncak, Anda dapat melihat view yang sangat indah dari gardu pandang.

Camping Ground

Camping Ground di Selopamioro Adventure Park

Bukan hanya sensasi mendaki bukit curam, sensasi berkemah juga bisa Anda dapatkan di tempat ini. Bahkan, di lokasi ini, Anda bisa mendirikan tenda Anda sendiri di area-area khusus yang disediakan oleh pengelola.

Untuk itu, jika Anda ingin camping di obyek wisata ini, Anda harus membawa tenda Anda sendiri. Di satu sisi, ini akan memberi Anda kebebasan dalam menentukan tenda jenis apa yang akan Anda dirikan di sini.

Berfoto dan Bersantai

Pemandangan cantik kawasan tepi sungai ini juga bisa jadi tempat terbaik untuk Anda berfoto. Apalagi sudah ada sejumlah spot foto khusus yang pihak pengelola sediakan untuk Anda.

Sambil bergaya di bawah teduhnya pepohonan Anda juga bisa bersantai menikmati view alam sekitar. Lebih nikmat lagi jika Anda membeli sejumlah makanan khas Jogja yang tersedia di warung.

Bersepeda

Bersepeda di Selopamioro Adventure Park

Selain dapat bermain air dan basah-basahan, tempat ini juga sering menjadi tujuan para pesepeda. Suasana sejuk dengan pemandangan bukit yang indah jadi daya tarik bagi para pesepeda terutama di pagi hari.

Anda bisa bersepeda berkeliling kawasan sekitar bersama teman dari penginapan atau hotel tempat Anda menginap. Aktivitas ini pun selalu jadi favorit wisatawan yang ingin liburan hemat sekaligus olahraga.

Nikmati juga berbagai keseruain lain dengan liburan bersama Salsa Wisata. Setiap layanan yang tersedia pasti membuat liburan Anda semakin mudah dan berkesan tentunya dengan biaya terjangkau.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)