earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pernahkah Anda mengunjungi salah satu tempat wisata Purwakarta? Jika belum, Anda wajib memasukkan kota ini sebagai salah satu destinasi wisata. Sebab, ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Purwakarta. Purwakarta berbeda dengan Purwokerto, keduanya merupakan kota yang terpisah jauh.

Nah, khusus untuk Anda kami akan berikan daftar tempat-tempat wisata menarik yang ada di Purwakarta.

Daftar Tempat Wisata Purwakarta Populer

Purwakarta termasuk salah satu daerah dataran tinggi yang ada di Jawa Barat. Pesona alam di kota ini tentu sangat indah dan beragam. Berikut ini adalah daftar destinasi wisata di Purwakarta yang wajib untuk Anda kunjungi.

Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rekomendasi pertama tempat wisata di Purwakarta untuk keluarga adalah Cikao Park atau Taman Cikao. Lokasi dari tempat wisata ini ada di Desa Cisalada, Jatiluhur.

Konsep dari taman ini adalah mengusung kearifan lokal yang ada di Purwakarta. Di dalam taman ini terdapat banyak pilihan wahana yang menyenangkan, salah satunya adalah taman ilusi. Selain itu, ada juga taman satwa atau kebun binatang mini.

Yang lebih menariknya, di sini juga terdapat waterpark yang sangat cocok untuk bermain anak-anak. Selain bermain air, anak-anak juga bisa bermain ATV di sekitaran taman.

Anda juga bisa berswafoto dengan berbagai reptil dan burung yang ada di taman ini. Tidak salah jika taman ini menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Purwakarta. Anda yang datang ke Purwakarta wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Gunung Lembu

Gunung Lembu

Para pecinta alam yang suka mendaki wajib untuk mengunjungi Gunung Lembu jika berlibur ke Purwakarta. Wisata alam Purwakarta Gunung Lembu ini menjadi salah satu gunung dengan pemandangan yang tidak ada duanya.

Gunung Lembu memang tidaklah terlalu tinggi, puncaknya hanya sekitar 780 mdpl saja. Walaupun demikian gunung ini tetap menyimpan keunikannya yang wajib Anda jelajahi. Dari atas puncak gunung ini Anda bisa menikmati keindahan Waduk Jatiluhur yang cukup terkenal di Purwakarta.

Walaupun rendah tapi gunung ini cukup sulit untuk Anda daki ketika pada musim hujan. Anda yang ingin mendaki Gunung Lembu bisa melakukan perizinan di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan. Lokasi perizinannya ada di bagian selatan gunung.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits di kalangan anak muda adalah taman Air mancur Sri Baduga. Taman air mancur ini merupakan wisata malam Purwakarta yang menyajikan pertunjukan air mancur yang indah. Selain air mancur juga ada pertunjukan laser yang akan memukau Anda.

Taman Air Mancur Sri Baduga ini ada di Jl K.K Singawinata, Nagri Kidul, Purwakarta. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Purwakarta, sehingga mudah untuk Anda jangkau. Perlu Anda tahu, air mancur ini merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Selain air mancur, di sekitar taman ini juga terdapat banyak wahana yang menyenangkan. Walaupun taman ini buka secara gratis setiap hari, tapi pertunjukan air mancur hanya digelar setiap Sabtu malam saja, mulai pukul 19.30 – 22.30 WIB.

Situ Buleud

Situ Buleud

Lokasi tempat wisata Purwakarta Situ Buleud ini satu komplek dengan Taman Air Mancur Sri Baduga. Jadi Anda yang datang ke Situ Buleud ini sudah pasti akan mengunjungi Air Mancur Sri Baduga.

Situ Buleud merupakan danau dengan luas kurang lebih 4 hektar. Danau ini mempunyai panorama pemandangan yang indah dengan berbagai wahana menarik.

Anda yang sedang berada di Purwakarta bisa langsung mengunjungi danau ini bersama dengan keluarga. Di siang hari Anda bisa menikmati pemandangan danau sedangkan malamnya Anda bisa menonton pertunjukan air mancur.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Selain Situ Buleud, di Purwakarta juga terdapat Situ Wanayasa yang luasnya hampir 7 hektar. Situ ini terletak di dataran tinggi sehingga udaranya sangat sejuk. Di sekitar situ ini juga masih banyak pepohonan yang membuat suasananya menjadi sejuk.

Salah satu keunikan dari danau ini adalah adanya pulau di tengah danau. Pulau ini bernama Pulau Pasir Mantri yang terdapat makam pendiri Kota Purwakarta.

Keindahan alam di sekitar Situ ini memang tidak dapat dipungkiri. Anda bisa menikmati keindahan alam Gunung Burangrang dan persawahan yang permai. Tidak salah jika Situ Wanayasa ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Purwakarta.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Wisata alam di Purwakarta lainnya yang cukup terkenal adalah Gunung Bongkok. Gunung ini lebih mirip dengan bukit karena tingginya tidak mencapai 1.000 mdpl. Walaupun tidak tinggi, gunung ini tetap menyimpan keunikan dan keindahan alamnya tersendiri.

Gunung Bongkok ada di daerah Tegalwaru, tepatnya di Kampung Cikandang. Untuk naik ke gunung ini Anda hanya perlu trekking tidak sampai satu hari. Pemandangan puncak gunung ini sangat mempesona yang akan membuat lelah Anda menjadi hilang.

Tidak hanya pemandangan puncaknya saja, pemandangan di sekitar pegunungan ini juga sangat indah. Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di gunung ini adalah menunggu sunrise atau matahari terbit. Untuk menikmati pemandangan ini Anda bisa mendaki gunung dini hari.

Keindahan sunrise di atas Gunung Bongkok ini sudah sangat terkenal. Banyak para pendaki yang datang ke Purwakarta hanya untuk menyaksikan sunrise dari gunung ini.

Curug Cipurut

Curug Cipurut

Salah satu tempat wisata Purwakarta yang bagus pemandangan alamnya adalah Curug Cipurut. Curug atau air terjun ini ada di Desa Babakan yang lokasinya sekitar 30 km dari Kota Purwakarta.

Keindahan curug ini terlihat dari air terjun yang terdiri dari 3 bagian. Bagian paling tinggi air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Sedangkan 2 bagian lainnya lebih landai.

Sudah terbayang bukan bagaimana keindahan dari air terjun ini? Selain indah, udara di sekitarnya juga masih asri. Anda juga bisa bermain air atau berenang di sekitar air terjun ini.

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

Tempat wisata Purwakarta batu apung alam hijau ini termasuk salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Purwakarta. Taman ini hadir sejak tahun 2018 dengan luas sekitar 3 hektar. Lokasi dari taman wisata ini tidak jauh dari Situ Wanayasa.

Wisata ini merupakan wisata edukasi sekaligus rekreasi bagi keluarga. Anda yang datang ke Purwakarta bersama dengan keluarga wajib datang ke tempat ini.

Anak-anak juga pasti akan senang dengan berbagai wahana yang di sini. Selain itu, Anda juga bisa berswafoto dengan berbagai spot foto yang menarik.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Salah satu wisata Purwakarta murah yang legendaris adalah Waduk Jatiluhur. Waduk ini sudah ada sejak tahun 1957 dan terus dikembangkan sampai sekarang ini.

Pada awalnya waduk ini merupakan sumber irigasi warga dan sumber air bersih warga Purwakarta. Seiring berkembangnya zaman, waduk ini juga dibuka untuk tempat wisata.

Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati di sini, seperti kapal, ski air, dan wahana menarik lainnya. Bahkan di sini Anda juga bisa memancing dan berenang. Anda yang berlibur ke Purwakarta wajib mampir untuk menikmati keindahan alam Waduk Jatiluhur ini.

Sasak Panyawangan

Sasak Panyawangan

Tempat wisata Purwakarta gratis yang wajib Anda kunjungi adalah Sasak Panyawangan. Sasak Penyawangan merupakan jembatan bambu yang ada di antara Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Melalui jembatan ini Anda bisa menikmati keindahan alam Purwakarta dari ketinggian.

Tidak hanya pemandangan Gunung Bongkok dan Gunung Parang saja, dari tempat ini Anda bisa menikmati keindahan alam Waduk Jatiluhur.

Waktu yang tepat untuk datang ke tempat ini adalah sore menjelang malam hari. Di waktu ini Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang indah dari ketinggian. Anda yang ingin menyaksikan keindahan alam dari jembatan yang tinggi di Purwakarta, wajib untuk mampir ke sini.

Kolam Renang KTW

Kolam Renang KTW

Tempat wisata Purwakarta kolam renang KTW atau Kahuripan Tirta Wanayasa termasuk salah satu destinasi wisata teramai. Lokasi dari kolam renang ini ada di Jl Raya Wanayasa dan berjarak sekitar 20 km saja dari pusat kota.

Di tempat wisata ini ada banyak pilihan wahana yang menarik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati wahana lainnya seperti terapi ikan dan flying fox. Wahana-wahana ini bisa Anda nikmati secara gratis, Anda hanya perlu membayar tiket masuk saja.

Kolam renang KTW ini selalu ramai di akhir pekan atau pada saat libur sekolah. Tempat ini memang sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga terutama anak-anak.

Curug Tilu

curug tilu purwakarta

Tempat wisata Purwakarta Curug Tilu merupakan salah satu wisata yang masih tersembunyi. Curug yang ada di Kampung Ciririp, Desa Kertamanah, Sukasari ini mempunyai air yang jernih dan keindahan alam yang memesona.

Lokasi dari Curug Tilu ini memang cukup tersembunyi, Anda harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai ke curug ini. Walaupun perjalanannya tidak mudah tapi pemandangan dari curug ini akan memuaskan Anda.

Di curug ini Anda juga bisa berenang dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Walaupun terpencil, fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap.

Kampung Kahuripan Cirangkong

Kampung Kahuripan Cirangkong

Di Purwakarta juga terdapat wisata edukasi yang cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga. Wisata edukasi Purwakarta ini adalah Kampung Kahuripan Cirangkong.

Kampung Kahuripan Cirangkong ini tergolong wisata baru dengan konsep edukasi di Purwakarta. Di sini Anda bisa belajar banyak hal termasuk sumber energi alternatif. Anda juga bisa mengenal budaya Sunda lebih dalam di kampung edukasi ini.

Selain itu, di sini juga terdapat tanaman obat dan taman binatang peliharaan. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di area outbond. Sangat lengkap bukan, wahana di tempat wisata ini?

Anda yang ingin mengajak liburan keluarga di Purwakarta bisa memasukkan Kampung Kahuripan Cirangkong ini ke dalam daftar tempat wisata yang wajib  dikunjungi.

Pasir Langlang

Pasir Langlang

Salah satu tempat wisata Purwakarta yang instagramable adalah wisata alam Pasir Langlang. Tempat wisata ini juga sering disebut dengan Pasir Langlang Panyawangan. Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Pusaka Mulya, Kiarapedes.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus dan bukit yang memesona. Pengelola tempat ini juga menyediakan area untuk outbond dan trekking bagi anak-anak. Selain itu, tidak jauh dari tempat ini juga terdapat air terjun kecil yang sangat indah.

Tidak salah jika tempat ini sangat recommended untuk Anda yang sedang di Purwakarta. Anda bisa mengajak keluarga ke tempat wisata ini untuk relaksasi sejenak.

Urban Farming Center

Urban Farming Center

Tempat wisata terbaru Purwakarta yang menawarkan wisata edukasi menarik salah satunya adalah Urban Farming Center. Wisata edukasi ini menghadirkan wisata alam terbuka dengan konsep urban yang menarik.

Di sini Anda tidak hanya bisa belajar mengenai berkebun dan beternak saja, tapi juga bisa mendapatkan spot foto yang unik. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka berswafoto di tempat-tempat yang unik.

Tidak ada salahnya jika Anda yang sedang berlibur di Purwakarta untuk mengajak keluarga ke tempat ini. Rasakan keasyikan belajar bertani di tempat yang menyenangkan.

Taman Maya Datar

Taman Maya Datar

Tempat wisata terdekat yang ada di Purwakarta selanjutnya adalah Taman Maya Datar. Taman ini berada di kompleks pendopo Kabupaten Purwakarta.

Pada awalnya, taman ini mempunya fungsi sebagai lapangan alun-alun dan biasa digunakan untuk acara-acara resmi. Namun lambat laun taman ini juga dibuka untuk umum.

Biasanya masyarakat datang ke taman ini di pagi dan sore hari untuk berolahraga. Selain itu, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan taman yang asri. Anda yang berada di Purwakarta bisa menyempatkan ke taman ini untuk sekadar berkunjung dan melepas penat.

Curug Suhada Purwakarta

Curug Suhada Purwakarta

Salah satu tempat wisata yang masih asri dengan pemandangan yang indah di Purwakarta adalah Curug Suhada. Curug yang ada di Kampung Pasir Kapuh ini mempunyai keindahan pada tebing penyangganya.

Tebing penyangga dari air terjun ini cukup lebar dan aliran airnya tidak terlalu deras. Kolam alami di dasar air terjun ini juga tidak terlalu dalam sehingga Anda bisa berenang dengan aman.

Untuk sampai ke curug ini Anda memang harus berjalan kaki terlebih dahulu. Perjalanan ke air terjun ini tidak terlalu curam tapi Anda tetap harus berhati-hati. Perlu Anda tahu, untuk masuk ke kawasan air terjun ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Taman Pancawarna

Taman Pancawarna

Tempat wisata Purwakarta gratis yang bisa Anda kunjungi kapan saja adalah Taman Pancawarna. Taman ini berada di kompleks pendopo Kabupaten Purwakarta tepatnya di depan Taman Maya Datar.

Berbeda dengan taman yang ada di depannya, di dalam taman ini terdapat banyak bunga beraneka ragam. Selain itu, di dalam taman ini juga terdapat air mancur yang memperindah tampilan taman.

Untuk Anda yang hanya sekadar ingin bersantai bersama dengan keluarga bisa langsung datang ke taman ini. Anda bisa menikmati sore bersama keluarga di taman ini.

Air Panas Ciracas

Air Panas Ciracas

Tempat wisata Purwakarta terpopuler dan wajib Anda kunjungi adalah air panas Ciracas. Lokasi dari tempat wisata ini hanya sekitar 8 km saja dari Situ Wanayasa. Jadi Anda yang sedang berlibur di Situ Wanayasa bisa mampir ke tempat ini.

Di Ciracas sendiri terdapat 12 titik sumber mata air panas yang tersebar sampai ke persawahan. Namun hanya beberapa titik saja yang digunakan sebagai tempat pemandian air panas.

Pemandian air panas Ciracas ini banyak pengunjungnya terutama di hari libur. Air panas alami ini dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit termasuk penyakit kulit. Selain mandi dengan air panas yang menyehatkan, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitarnya.

Tebing Boyer

Tebing Boyer

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Purwakarta ekstrim maka tujuan Anda adalah Tebing Boyer. Tebing yang ada di Kampung Talun, Tajursindang ini sudah lama dijadikan sebagai tempat trekking. Untuk trekking di sini Anda harus menyiapkan stamina yang fit.

Pasalnya trekking di sini tidaklah semudah trekking di tempat wisata alam lainnya yang ada di Purwakarta. Anda akan melewati jalan yang terjal berupa bebatuan dan tanah. Selain stamina yang fit, Anda juga harus hati-hati ketika melangkah agar tidak tergelincir.

Walaupun medannya tidak mudah, namun pemandangan yang akan Anda dapatkan sangat eksotis. Lelah selama melakukan trekking di tebing ini akan terbayar setelah Anda sampai di puncak tebingnya.

Wana Wisata Cidomas

Wana Wisata Cidomas

Salah satu tempat wisata alam unik Purwakarta yang wajib Anda kunjungi adalah Wana Wisata Cidomas. Tempat wisata ini berupa wisata alam terbuka dengan aliran air yang ajaib. Dikatakan ajaib karena air di sungai ini berwarna biru.

Karena warna airnya yang biru ini, tempat wisata ini juga dijuluki dengan nama “the blue river.” Kedalaman sungai ini tidak terlalu dalam hanya sekitar 10 cm saja. Karena hal inilah Anda bisa bermain air sepuasnya di sungai ini.

Selain sungai, pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan eksotis. Anda yang membutuhkan ketenangan bisa langsung datang ke sini.

Gedung Kembar

Gedung Kembar Purwakarta

Wisata cagar budaya Purwakarta yang sampai saat ini masih lestari salah satunya adalah Gedung Kembar. Sekarang ini Gedung Kembar menjadi pintu masuk ke Stasiun Purwakarta. Jika Anda datang ke Purwakarta dengan kereta api maka bisa langsung mengunjungi situs cagar budaya ini.

Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1920-an dan tidak mengalami banyak perubahan sampai sekarang. Bentuk bangunannya yang serupa menjadikannya lebih dikenal dengan Gedung Kembar.

Lokasi dari Gedung Kembar ini tidak jauh dari Air mancur Sri Baduga, jadi dari gedung ini Anda bisa langsung melihat air mancur ini. Selain itu, di sekitar bangunan ini juga terdapat banyak kuliner khas Purwakarta yang menarik unuk dicoba.

Taman Pasanggrahan Padjajaran

Taman Pasanggrahan Padjajaran

Masih ingin berwisata gratis di Purwakarta? Anda bisa mengunjungi Taman Pasanggrahan Padjajaran. Lokasi dari taman ini ada di alun-alun kota tepatnya di Jl. Gandanegara.

Taman ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu adanya bangunan “Leuit Raksasa” atau lumbung padi masyarakat Sunda. Bangunan ini menjadikan taman ini terkesan lebih tradisional.

Selain itu, di sini juga terdapat taman selfie yang menyediakan spot-spot unik untuk berswafoto. Sambil ber swafoto Anda bisa bersantai menikmati taman ini. Taman ini juga dipenuhi dengan bunga dan air mancur yang menarik.

Galeri Wayang Purwakarta

Galeri Wayang Purwakarta

Ingin berwisata sejarah sekaligus edukasi di Purwakarta? Anda bisa mengunjungi Galeri Wayang yang ada di daerah Nagri Kidul, Purwakarta.

Galeri ini sejenis museum yang di dalamnya terdapat wayang-wayang khas Nusantara. Di Galeri ini tidak hanya ada wayang Sunda saja, tapi juga terdapat wayang betawi, wayang kulit, dan berbagai jenis wayang lainnya.

Selain itu, di sini Anda juga bisa melihat koleksi topeng dari berbagai wilayah. Banyak juga barang-barang seni bersejarah yang bisa Anda lihat di sini. Anda bisa mengajak keluarga untuk berwisata budaya di Galeri Wayang ini.

Setelah membaca daftar tempat wisata yang ada di Purwakarta ini, apakah Anda semakin tertarik untuk berlibur ke sini? Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam sampai wisata religi dan budaya, ada di Purwakarta.

Anda yang ingin berlibur mengunjungi berbagai tempat wisata Purwakarta ini bisa sewa mobil atau bus agar lebih nyaman. Untuk sewa mobil atau bus Anda bisa menghubungi kami di sini. Anda juga bisa cek berbagai paket wisata menarik Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)