earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Alun Alun Malang sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Malang sendiri. Mengunjungi Kota Malang akan kurang rasanya bila tidak menyempatkan diri mampir terlebih dahulu ke alun alun.

Ada banyak kegiatan seru serta nilai sejarah yang tersimpan di Alun Alun Kota Malang ini. Tempat ini bisa menjadi titik awal perjalanan seru Anda mengunjungi berbagai destinasi wisata di Malang.

Alun alun Malang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket tour Malang yang ditawarkan biro perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang bisa Anda temukan di Alun alun Malang berikut ini

Sekilas Tentang Alun Alun Malang

Banyak yang tidak tahu kalau ternyata Kota Malang memiliki dua buah alun-alun yakni alun alun merdeka dan alun alun bunder. Kedua alun alun ini saling berkaitan dan memiliki sejarah yang panjang sejak zaman penjajahan Belanda.

Alun Alun Merdeka

Alun alun Malang yang pertama kali di bangun oleh Belanda adalah Alun Alun Merdeka yakni pada tahun 1882. Karena dibangun oleh Belanda, konsep alun-alun Merdeka ini berbeda jauh dengan konsep alun-alun di Jawa pada umumnya.

Biasanya alun-alun jawa terletak tepat di depan pendopo kabupaten atau keraton dengan lapang luas dan pohon besar. Namun alun alun merdeka ini terletak jauh dari Pendopo dan menghadap ke selatan meskipun area sekitarnya juga mendukung pusat pemerintahan.

Alun alun ini berbentuk segi empat dan dikelilingi bangunan pendukung pemerintahan Belanda dan digadang menjadi simbol kekuasaan Belanda. Untungnya upaya Belanda tersebut gagal karena simbol kekuasaannya tersebut berhasil dipatahkan oleh penduduk Malang.

Taman yang seharusnya eksklusif untuk pemerintah Belanda, seringkali dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan setiap sore selalu ada pedagang yang menjual jajanan dan alun-alun ini dipenuhi oleh pribumi.

Melihat hal tersebut Belanda pun membiarkan alun-alun merdeka menjadi taman biasa untuk rakyat pribumi dan membuat alun alun baru. Dengan tujuan kembali mendapatkan otoritas kekuasaan di mata masyarakat

Alun Alun Bunder

Pembangunan alun alun bunder dimulai pada tahun 1917 dan selesai di tahun 1922 dengan nama asli JP Coen Plein. Belajar dari pengalaman sebelumnya, tata letak dari alun bunder ini mulai mengikuti pakem alun alun Jawa meskipun tetap bergaya Eropa.

Pusat pemerintahan Malang yang saat itu menjadi Kotamadya dipindah di dekat alun alun ini dan menghadap utara. Pemandangan gunung sekitar Malang seperti Gunung Arjuno, Semeru, dan Gunung Kawi juga bisa terlihat dari alun alun bunder dengan jelas.

Diberi nama alun alun bunder karena bentuk alun alun ini seperti lingkaran. Pada tahun 1946 Presiden Soekarno meresmikan sebuah tugu yang dibangun di tengah alun alun bunder.

Itulah mengapa alun alun bunder juga dikenal dengan nama alun alun tugu. Kejadian inilah yang membuat Kota Malang memiliki dua buah alun alun yang masih sering digunakan hingga sekarang.

Hal Menarik di Alun Alun Malang

Masyarakat lebih mengenal alun alun merdeka sebagai alun alun Malang apalagi setelah tahun 2014 tempat ini direvitalisasi. Semakin banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di alun alun Malang seperti berikut ini

Bersantai di Bawah Pohon

Setelah dirombak total, kawasan alun alun Malang banyak ditumbuhi pepohonan besar dan rindang. Hal ini bertujuan untuk menjadikan alun alun bagian dari ruang hijau yang ada di kawasan kota.

Di bawah pohon pohon ini biasanya warga duduk santai menikmati suasana kota Malang yang dingin dan sejuk. Tidak jarang mereka juga melakukan piknik bersama keluarga di sekitar area alun alun Malang.

Tersedia juga kursi santai, gazebo mini, dan kursi panggung yang bisa menjadi tempat Anda duduk melepas penat. Fasilitasnya yang lengkap seperti wifi gratis, ruang menyusui, serta toilet membuat banyak pengunjung nyaman berlama-lama di alun alun Malang.

Bermain Bersama Anak

Alun alun Malang juga sangat cocok menjadi tempat wisata bagi keluarga berkat fasilitas yang disediakan. Disini Anda bisa menemukan banyak wahana permainan yang bisa dimainkan anak-anak hingga puas.

Mainan sederhana seperti ayunan, jungkat jungkit, hingga perosotan tersedia dan terawat dengan baik. Anak Anda bisa bermain bersama teman sebaya di wahana permainan ini dengan aman.

Letak taman bermain ini juga berada persis di bawah pohon beringin besar yang rindang sehingga tidak akan kepanasan. Berkunjung ke alun alun Malang bersama keluarga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang.

Berolahraga

Fasilitas lain yang juga tersedia di alun alun Malang ini adalah fasilitas olahraga. Anda bisa bebas berolahraga di sekitar kawasan alun alun memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.

Biasanya saat pagi atau sore hari banyak pengunjung yang datang untuk berlari mengelilingi alun alun. Jogging trek yang sudah disediakan menjadi lintasan berlari yang sejuk karena berada di bawah naungan pohon.

Anda juga bisa bersepeda di jalur sepeda yang tersedia tanpa takut mengganggu pengunjung lainnya. Selain bisa melepas penat, olahraga di alun alun Malang ini dapat membuat badan Anda menjadi sehat.

Berfoto di Spot Menarik

Foto Alun Alun Malang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Alun alun Malang memiliki banyak spot menarik yang bisa Anda pilih sebagai tempat berfoto yang apik. Misalnya seperti area air mancur yang saat malam hari terlihat semakin indah dengan lampu sorot beraneka warna.

Dari spot air mancur ini Anda bisa mendapatkan gambar Masjid Jami’ Malang dengan sangat jelas. Selain itu saat siang hari, burung merpati yang berkeliaran bebas di alun alun bisa jadi objek berfoto yang menarik.

Tempat yang juga tidak boleh dilewatkan tentu saja tulisan Alun Alun Malang yang berada di area taman. Anda juga bisa menemukan tulisan lain seperti I Love Ngalam yang bisa menjadi tanda Anda sudah mengunjungi Kota Apel ini.

Berkeliling Mencicipi Makanan

Mengunjungi alun alun Malang tidak hanya bisa memuaskan mata tapi juga mengenyangkan perut. Ada banyak kuliner khas Malang yang bisa Anda coba dari para pedagang sekitar alun alun.

Misalnya pentol, bakso Malang, atau jajanan lain yang semuanya siap menemani duduk santai Anda di alun alun. Harga dari makanan dan minuman disini pun sangat murah dan terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong.

Jika Anda ingin makanan yang lebih berisi, sekitar area alun alun Malang terdapat restoran, rumah makan, dan mall yang bisa Anda kunjungi. Liburan di alun alun Malang ini bisa jadi liburan murah terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Mengunjungi Alun Alun Bunder

Meskipun tidak setenar alun alun merdeka, tidak ada salahnya untuk Anda mengunjungi alun alun bunder. Alun alun bunder ini menjadi salah satu ikon kota Malang dengan tugu hitam berhias emas di tengahnya.

Tugu tersebut semakin indah karena dikelilingi kolam teratai yang terlihat bermekaran. Taman sekitar alun alun ini pun ditumbuhi bunga cantik beraneka warna dan jenis.

Anda juga dapat melihat langsung bangunan Balai Kota Malang yang bisa menjadi latar belakang foto yang menarik. Belum lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi kedua alun alun yang dimiliki Kota Malang ini.

Harga Tiket Masuk Alun Alun Malang

Untuk masuk alun alun Malang, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu membayar parkir atau jajanan yang ingin Anda makan dan biayanya pun sangat murah seperti berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya jika ingin mengunjungi alun alun Malang.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di Malang dengan biaya murah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala urusan akomodasi Anda selama liburan dan membuatnya menjadi liburan terbaik yang akan Anda dapatkan.

Lokasi dan Rute Menuju Alun Alun Malang

Alun alun merdeka terletak di Jl. Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Letaknya tidak terlalu jauh dari alun alun bunder yang hanya berjarak 700 meter ke arah timur laut.

Alamat alun alun bunder sendiri berada di Jl. Tugu, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kedua alun alun ini sangat dekat dengan berbagai tempat wisata di Malang seperti Kampung Warna Warni Jodipan.

Anda bisa dengan mudah mencapai lokasi alun alun Malang dari Stasiun Malang Kota Baru. Di jalur ini Anda pun akan melewati alun alun bunder sehingga perjalanan bisa dilakukan sekaligus.

Aksesnya pun sangat mudah karena Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk rute terbaik, Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan dari titik Anda berangkat.

Bisa juga dengan memanfaatkan bantuan dari sopir rental mobil innova Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda bisa duduk santai menikmati perjalanan tanpa harus pusing memikirkan jalan.

Jam Operasional Alun Alun Malang

Sebagai ruang terbuka publik, alun alun Malang bisa Anda nikmati kapanpun Anda mau. Tempat ini buka selama 24 jam penuh setiap harinya, namun tetap ada waktu terbaik bagi Anda untuk berkunjung.

Pertama di pagi hari saat matahari masih belum terlalu tinggi dan udara masih sangat segar. Anda bisa berolahraga dengan tenang tanpa terganggu polusi udara kendaraan motor yang saat itu masih sepi.

Waktu terbaik kedua, Anda bisa datang saat sore hari hingga malam hari sekitar pukul 23.00 WIB. Pada waktu tersebut Anda bisa bermain dengan puas di sekitar area alun alun bersama burung merpati dan lainnya.

Dilanjutkan pada malam hari dimana suasana romantis dari lampu-lampu taman semakin terasa indah. Namun yang perlu diingat yaitu untuk datang saat musim kemarau agar Anda tidak terganggu hujan yang turun.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (6 votes)