SalSari Resto & Coffee

Alun Alun Malang sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Malang sendiri. Mengunjungi Kota Malang akan kurang rasanya bila tidak menyempatkan diri mampir terlebih dahulu ke alun alun.

Ada banyak kegiatan seru serta nilai sejarah yang tersimpan di Alun Alun Kota Malang ini. Tempat ini bisa menjadi titik awal perjalanan seru Anda mengunjungi berbagai destinasi wisata di Malang.

Alun alun Malang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket tour Malang yang ditawarkan biro perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang bisa Anda temukan di Alun alun Malang berikut ini

Sekilas Tentang Alun Alun Malang

Banyak yang tidak tahu kalau ternyata Kota Malang memiliki dua buah alun-alun yakni alun alun merdeka dan alun alun bunder. Kedua alun alun ini saling berkaitan dan memiliki sejarah yang panjang sejak zaman penjajahan Belanda.

Alun Alun Merdeka

Alun alun Malang yang pertama kali di bangun oleh Belanda adalah Alun Alun Merdeka yakni pada tahun 1882. Karena dibangun oleh Belanda, konsep alun-alun Merdeka ini berbeda jauh dengan konsep alun-alun di Jawa pada umumnya.

Biasanya alun-alun jawa terletak tepat di depan pendopo kabupaten atau keraton dengan lapang luas dan pohon besar. Namun alun alun merdeka ini terletak jauh dari Pendopo dan menghadap ke selatan meskipun area sekitarnya juga mendukung pusat pemerintahan.

Alun alun ini berbentuk segi empat dan dikelilingi bangunan pendukung pemerintahan Belanda dan digadang menjadi simbol kekuasaan Belanda. Untungnya upaya Belanda tersebut gagal karena simbol kekuasaannya tersebut berhasil dipatahkan oleh penduduk Malang.

Taman yang seharusnya eksklusif untuk pemerintah Belanda, seringkali dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan setiap sore selalu ada pedagang yang menjual jajanan dan alun-alun ini dipenuhi oleh pribumi.

Melihat hal tersebut Belanda pun membiarkan alun-alun merdeka menjadi taman biasa untuk rakyat pribumi dan membuat alun alun baru. Dengan tujuan kembali mendapatkan otoritas kekuasaan di mata masyarakat

Alun Alun Bunder

Pembangunan alun alun bunder dimulai pada tahun 1917 dan selesai di tahun 1922 dengan nama asli JP Coen Plein. Belajar dari pengalaman sebelumnya, tata letak dari alun bunder ini mulai mengikuti pakem alun alun Jawa meskipun tetap bergaya Eropa.

Pusat pemerintahan Malang yang saat itu menjadi Kotamadya dipindah di dekat alun alun ini dan menghadap utara. Pemandangan gunung sekitar Malang seperti Gunung Arjuno, Semeru, dan Gunung Kawi juga bisa terlihat dari alun alun bunder dengan jelas.

Diberi nama alun alun bunder karena bentuk alun alun ini seperti lingkaran. Pada tahun 1946 Presiden Soekarno meresmikan sebuah tugu yang dibangun di tengah alun alun bunder.

Itulah mengapa alun alun bunder juga dikenal dengan nama alun alun tugu. Kejadian inilah yang membuat Kota Malang memiliki dua buah alun alun yang masih sering digunakan hingga sekarang.

Harga Tiket Masuk Alun Alun Malang

Untuk masuk alun alun Malang, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu membayar parkir atau jajanan yang ingin Anda makan dan biayanya pun sangat murah seperti berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya jika ingin mengunjungi alun alun Malang.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di Malang dengan biaya murah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala urusan akomodasi Anda selama liburan dan membuatnya menjadi liburan terbaik yang akan Anda dapatkan.

Lokasi dan Rute Menuju Alun Alun Malang

Alun alun merdeka terletak di Jl. Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Letaknya tidak terlalu jauh dari alun alun bunder yang hanya berjarak 700 meter ke arah timur laut.

Alamat alun alun bunder sendiri berada di Jl. Tugu, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kedua alun alun ini sangat dekat dengan berbagai tempat wisata di Malang seperti Kampung Warna Warni Jodipan.

Anda bisa dengan mudah mencapai lokasi alun alun Malang dari Stasiun Malang Kota Baru. Di jalur ini Anda pun akan melewati alun alun bunder sehingga perjalanan bisa dilakukan sekaligus.

Aksesnya pun sangat mudah karena Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk rute terbaik, Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan dari titik Anda berangkat.

Bisa juga dengan memanfaatkan bantuan dari sopir rental mobil innova Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda bisa duduk santai menikmati perjalanan tanpa harus pusing memikirkan jalan.



By Categories: Destinasi, Malang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (6 votes)