earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Malang, Jawa Timur, merupakan tempat yang menyediakan ragam destinasi wisata yang menarik. Bahkan banyak tempat wisata Malang yang populer hingga ke berbagai daerah.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi wisata Malang terfavorit, kami punya banyak list untuk Anda. Berikut telah kami rangkum tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi selama berada di Malang.

Daftar Tempat Wisata Malang Terbaik

Wisata Malang Jatim memiliki cukup banyak destinasi wisata alam yang tak kalah bagus dari daerah lain. Berikut tempat-tempat wisata dengan panorama yang indah di Malang.

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Destinasi wisata di Malang Jawa Timur ini menyajikan pemandangan air terjun yang begitu menawan. Air terjunnya begitu khas karena keluar dan jatuh dari sela-sela bebatuan. Selain itu, tinggi air terjunnya mencapai 70 meter.

Wisata Malang air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Malang. Di sini Anda bisa melihat panorama pegunungan dengan udara yang masih sejuk dan alami. Bahkan saat ini sudah tersedia berbagai wahana seru dan menarik.

Sebagai informasi, Coban Rais yang dulu dikenal, kini lebih akrab dengan sebutan Batu Flower Garden. Tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata Malang alam murah. Agar lebih nyaman ke tempat wisata ini, Salsa Wisata merekomendasikan menggunakan paket wisata Malang hemat.

Alamat Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 07.00-17.00

Alun Alun Tugu Kota Malang

Alun Alun Tugu Kota Malang

Alun-alun Kota Malang tidak hanya sekedar simbol kota saja. Lokasi tersebut juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Malang yang sering dikunjungi masyarakat sekitar maupun yang datang dari luar daerah.

Para pengunjung yang datang ke alun-alun Kota Malang akan disambut dengan bunga-bunga yang indah di atas rumput yang hijau. Selain itu, tepat di tengah alun-alun juga terdapat tugu yang menjadi ciri khas tempat tersebut.

Alun-alun Kota malang juga sering dijadikan sebagai spot foto-foto oleh para pengunjung. Pasalnya, tempatnya begitu indah dan menawan.

Alamat Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp10.000
Jam Operasional 24 jam

Coban Putri

Coban Putri

Bagi yang suka dengan tempat wisata alam, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Coban Putri. Tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Malang instagramable.

Di sini terdapat air terjun bertingkat yang tampak memesona. Kecantikan panorama di sekitar air terjun juga dapat memanjakan Anda yang ingin menyegarkan pikiran.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Karena tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata Malang low budget.

Selain itu, tempatnya juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan sudah terdapat spot-spot foto yang unik.

Alamat Tlekung, Kecamatan Junrejo, Jawa Timur
Harga Tiket Rp10.000
Jam Operasional 09.00-17.00

Bedengan, Bumi Perkemahan Selorejo

Bedengan, Bumi Perkemahan Selorejo

Berlokasi di sebelah barat Kota Malang, Bedengan, Bumi Perkemahan Selorejo adalah destinasi wisata yang cocok sebagai sarana edukasi. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan perkebunan jeruk.

Bedengan juga merupakan daerah yang cocok untuk aktivitas berkemah. Selain itu, tempat ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap untuk aktivitas berkemah.

Bumi Perkemahan Selorejo termasuk ke dalam salah satu tempat wisata Malang pemandangan indah. Selain itu tempatnya pun bersih dan asri.

Alamat Jalan Raya Selokerto, Godean, Selorejo, Kecamatan Dau, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 24 jam

Rafting Kasembon

Rafting Kasembon

Suka dengan olahraga yang menantang? Rafting Kasembon adalah salah satu tempat wisata Malang lagi hits dan cocok untuk Anda.

Di sini Anda bisa beraktivitas arung jeram yang sangat seru. Sangat cocok sebagai tempat liburan bersama teman.

Jalur sungai di tempat ini memiliki aliran yang tergolong cukup deras. Selain itu, ada batu-batu besar yang menambah tantangan jalur rafting menjadi lebih seru.

Terkait masalah keamanan Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, fasilitas rafting di Rafting Kasembon tergolong lengkap.

Alamat Desa Bayem, Kasembon, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp170.000-Rp200.000
Jam Operasional 07.00-17.00

Pesarean Gunung Kawi

Pesarean Gunung Kawi

Bagi Anda yang suka dengan tempat wisata yang populer dengan cerita mistis, maka wajib mengunjungi Paserean Gunung Kawi.

Daerah ini juga dikenal sebagai tempat pesugihan. Di lain sisi, lokasinya pun menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Selain itu tempat ini juga merupakan destinasi wisata di Malang yang murah.

Pasarean adalah lokasi yang menjadi tempat tujuan ziarah warga multi-etnis maupun multi-agama. Lokasi ini juga menjadi saksi kisah dua sahabat pengawal Pangeran Diponegoro yang merupakan salah satu pahlawan besar. Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa sewa mobil Malang yang ada disana.

Alamat Jalang Ngajum, Sumbersari, Wonosari, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 24 jam

Sumber Jenon

Sumber Jenon

Sedang mencari destinasi wisata Malang murah meriah? Destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi tempat tujuan yang cocok untuk Anda.

Sumber Jenon adalah tempat wisata alam di Malang yang terdapat sumber mata air. Warna airnya tampak biru muda dan jernih. Selain itu, masyarakat sekitar memercayai mata airnya berkhasiat dan bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Suasana alam sekitar di Wisata Alam Sumber Jenon masih tampak asri. Pohon-pohon yang ada di tempat tersebut juga masih rindang. Bahkan fasilitas wisata di Sumber Jenon juga tergolong sudah cukup lengkap.

Alamat Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000-Rp10.000
Jam Operasional 08.00-18.00

Coban Glotak

Coban Glotak

Lereng Gunung Kawi menyimpan pesona panorama alam yang begitu indah. Salah satunya yaitu Coban Glotak yang merupakan destinasi wisata air terjun. Tempat ini berada tepat di lereng Gunung Kawi.

Tempat wisata ini tergolong cukup mudah dijangkau. Selain itu, pesona air terjunnya pun begitu memesona. Di lain sisi, air terjunnya pun tergolong tinggi. Suasana di sekitar air terjunnya juga begitu asri.

Alamat Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 07.00-17.00

Wisata Agro Petik Jeruk

Wisata Agro Petik Jeruk

Di tempat wisata Agro Petik Jeruk, Anda bisa berlibur sambil menikmati buah jeruk yang langsung Anda petik sendiri. Tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata Malang murah untuk keluarga.

Tempatnya sejuk, nyaman, dan bersih. Tempat ini juga memiliki kualitas tanah yang bagus sehingga hasil buah-buahannya berkualitas.

Wisata Malang cocok untuk anak-anak ini merupakan tempat wisata inovatif. Pasalnya, Malang terkenal akan buah apelnya. Namun tempat ini menyajikan sesuatu yang berbeda selain apel, yaitu dengan menyuguhkan tempat wisata kebun jeruk.

Alamat Jalan Watu Gede, Selorejo, Kecamatan Dau, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp15.000-Rp20.000
Jam Operasional 08.00-15.00

Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo

Baru-baru ini para wisatawan dihebohkan oleh viralnya wisata alam di Malang bernama Coban Parang Tejo. Karena destinasi wisata yang satu ini memiliki banyak sekali spot fotografi yang menarik dan kekinian.

Coban Parang Tejo adalah tempat wisata yang terletak di daerah yang terbilang masih ‘perawan’. Suasana pegunungan di daerah ini masih begitu asri dan rindang oleh pohon-pohon yang tinggi. Pemandangan alamnya terbilang sangat bagus.

Di sini juga banyak fasilitas menarik. Fasilitas-fasilitasnya mulai dari Ayunan Maut, Rumah Akar, Bunga Raksasa, dan masih banyak lainnya. Coban Parang Tejo juga merupakan tempat wisata Malang yang bagus untuk kaum milenial.

Alamat Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Malang
Harga Tiket Masuk Rp15.000
Jam Operasional 08.00-17.30

Taman Slamet

Taman Slamet

Tempat wisata Malang yang satu ini sangat cocok untuk para remaja. Awal mulanya, Taman Slamet hanyalah taman biasa. Namun, saat ini taman tersebut sudah diubah dan direnovasi dengan konsep yang begitu menarik. Anda dan rombongan bisa menggunakan jasa rental bus Malang jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Taman Slamet sangat cocok sebagai tempat bersantai dan berolahraga. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot menarik untuk fotografi, salah satunya yaitu lorong 6 gunung. Selain itu juga terdapat stand photobooth yang instagramable.

Alamat Jalan Slamet, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Jalan Slamet, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Operasional 24 Jam

Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo

Jika Anda sedang berada di Stasiun Kota Baru Malang, jangan lupa juga untuk mengunjungi Taman Trunojoyo. Karena tempat ini berada tepat di depan stasiun tersebut.

Taman ini merupakan tempat wisata Malang dekat stasiun. Selain itu juga sangat nyaman dan cocok untuk area bermain Anda bersama keluarga.

Di sini pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati semilir angin di bawah pepohonan yang rindang. Selain itu juga sudah terdapat food court bagi yang ingin mencoba makanan khas Malang yang lezat.

Alamat Jalan Trunojoyo, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp10.000
Jam Operasional 24 Jam

Taman Hutan Kota Malabar Malang

Taman Hutan Kota Malabar Malang

Bagi yang ingin pergi dari hiruk pikuk perkotaan, Taman Hutan Kota Malabar Malang bisa menjadi pelarian yang nyaman. Tempat yang satu ini mampu meminimalisir polusi udara sehingga kualitas udaranya terbilang bagus.

Destinasi wisata Malang yang satu ini juga sering dijadikan sebagai tempat edukasi konservasi. Pasalnya, di sini masih banyak sekali tumbuh-tumbuhan.

Selain udaranya yang sejuk, di sini juga pengunjung masih bisa mendengar suara burung-burung berkicau.

Alamat Jalan Malabar, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis (hanya biaya parkir sebesar Rp2.000)
Jam Operasional 06.00-18.00

Gunung Katu

Gunung Katu

Umumnya pegunungan menyajikan sebuah pemandangan yang indah nan eksotis. Namun berbeda dengan Gunung Katu. Selain panoramanya yang indah, gunung ini juga menyimpan benda-benda kuno dan mistis.

Bagi pengunjung yang mendaki ke gunung tersebut, maka bisa melihat fragmen batu candi. Oleh warga setempat fragmen tersebut disebut dengan istilah kaca benggala karena bentuknya yang mirip cermin.

Akan tetapi tempat wisata ini hanya cocok untuk para pendaki saja. Pasalnya, untuk ke tempat-tempat bersejarah, para pengunjung harus mendaki sampai ke atas.

Alamat Dusun Sumberpang, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 24 Jam

Tomboan Ngawonggo

Tomboan Ngawonggo

Bagi penggemar film-film kolosal kerajaan Jawa, Tomboan Ngawonggo akan menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Malang yang wajib dikunjungi.

Semua fasilitas yang ada di sini kental akan budaya Jawa klasik. Bahkan di sini juga tersedia makanan, minuman, hingga berbagai jajanan khas tradisional Jawa.

Para pengunjung juga bisa menikmati Wedang Ngawonggo yang terbuat dari jahe, jeruk, dan serai.

Alamat Jalan Rabidin, Nanasan, Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 07.00-15.30

Sumber Wendit Lanang

Sumber Wendit Lanang

Malang menyimpan beberapa lokasi sumber air yang menjadi spot wisata menarik. Sebut saja salah satunya yang juga tak kalah populer yaitu Sumber Wendit Lanang.

Selain itu, tempat ini juga memiliki ikon perahu dan monyet yang terbilang cukup populer.

Fasilitas di tempat ini sudah tergolong cukup lengkap mulai dari mushola, toilet, dan warung-warung. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk foto-foto.

Alamat Wendit Utara, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk Rp10.000-Rp20.000
Jam Operasional 24 Jam

Precet Forest Park

Precet Forest Park

Ingin liburan di tempat yang kece dan murah saat berada di Malang? Precet Forest Park adalah pilihan yang paling tepat. Tempat ini tidak hanya murah, juga menawarkan panorama alam yang begitu indah.

Precet Forest Park adalah sebuah tempat wisata hutan pinus. Tempat wisata Malang ini sedang hits di kalangan backpacker dan para remaja. Selain itu, tempatnya pun sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat Precet, Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 07.00-18.00

Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit

Wisata Wendit, Malang, adalah salah satu tempat wisata terfavorit hingga saat ini. Tempat ini sudah berusia ratusan tahun. Bahkan Wendit dikenal sebagai tempat yang kental akan nuansa mistis dan legenda.

Di tempat ini terdapat sumber air. Tempat tersebut bahkan pernah dijadikan sebagai tempat pemandian pada masa kolonial Belanda. Kini di tempat ini sudah banyak fasilitas menarik yang memanjakan para wisatawan.

Alamat Jalan Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp10.000-Rp18.000
Jam Operasional 08.30-15.000 (Jumat Tutup)

Ingin mengajak anak dan keluarga ke tempat bermain yang edukatif? Malang punya banyak pilihan tempat tersebut untuk Anda. Berikut beberapa di antaranya.

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Ajak anak-anak Anda untuk berlibur ke Museum Brawijaya. Di sini Anda bisa menikmati liburan sambil belajar. Museum ini sudah berdiri dari tahun 1962, dan masih sering dikunjungi hingga sekarang.

Selain menjadi tempat wisata, Museum Brawijaya juga berperan sebagai media pendidikan. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan untuk penelitian ilmiah.

Museum Brawijaya juga menyimpan benda-benda bersejarah yang dipamerkan. Di sini Anda bisa melihat tank buatan Jepang, merian, tank amfibi, senjata penangkis serangan udara, hingga patung Jendral Sudirman.

Alamat Jalan Ijen, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 08.00-15.00

Taman Krida Budaya Jawa Timur

Taman Krida Budaya Jawa Timur

 

Destinasi liburan yang satu ini akan menambah wawasan Anda tentang budaya Jawa Timur. Karena Taman Krida Budaya Jawa Timur ini dibangun khusus untuk mengapresiasi budaya daerah tersebut.

Taman Krida Budaya Jawa Timur juga sering menggelar acara-acara seni seperti wayang kulit, wayang orang, ketoprak, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, bahkan kesenian yang ditampilkan di sini merupakan hasil kreativitas masyarakat sekitar.

Alamat Jalan Soekarno Hatta, Jatimulyo, Kecamatan, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 06.30-14.30

Museum Singhasari

Museum Singhasari

Museum yang terletak di Kecamatan Singosari ini, mempunyai banyak koleksi benda bersejarah. Bahkan semua benda-benda yang dipamerkan di Museum Singhasari ini tergolong masih utuh hingga saat ini.

Museum Singhasari terbagi menjadi 4 ruangan. Pada masing-masing ruangan terdapat koleksi yang berbeda-beda.

Koleksi yang dipamerkan mulai dari benda-benda logam, miniatur candi peninggalan Kerajaan Singosari, arca, dan masih banyak lainnya.

Alamat Krajan, Klampok, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153
Harga Tiket Masuk Rp3.500-Rp5.000
Jam Operasional 09.00-14.00

Kampung Cempluk

Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang dekat dengan Kota Malang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Kampung Cempluk. Destinasi ini menawarkan konsep wisata edukatif, karena di sini sering diadakan acara keseniaan rakyat.

Pagelaran kesenian yang sering diadakan di sini juga cukup banyak, mulai dari pencak silat, jaran kepang, barong singo yudho, dan sebagainya.

Kampung Cempluk juga sering mengadakan kegiatan reguler tahunan bertajuk Festival Kampung Cempluk.

Alamat Jalan Dieng Atas, Sumberjo, Kalisongo, Kecamatan Dau, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 07.00-18.00

Taman Edukasi Rolak Kedungkandang

Taman Edukasi Rolak Kedungkandang

Taman Rolak adalah sebuah taman edukasi hasil dari swadaya warga setempat. Sungai Amprong yang dulunya kumuh di tempat ini, kini menjadi sungai yang bersih.

Bahkan di tempat ini terdapat sebuah taman edukasi yang kini banyak dikunjungi.

Taman Rolak juga memiliki sarana dan prasarana yang layak. Di sini juga bahkan sudah disediakan gazebo untuk para pengunjung.

Pada sore dan malam hari, tempat ini biasanya sering dikunjungi oleh warga sekitar untuk duduk-duduk di area taman. Karena selain nyaman, lokasinya pun kini sudah semakin bersih.

Alamat Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 24 Jam

Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia

Bagi pecinta musik dan sejarah musik Indonesia, Anda wajib mengunjungi Museum Musik Indonesia, Malang. Karena di tempat ini ada sekitar 26.000 koleksi bersejarah dari belantika musik Indonesia.

Koleksi yang ada di tempat ini mulai dari piringan hitam, instrumen musik, majalah, CD, hingga kaset. Selain koleksi-koleksi dari dalam negeri, juga terdapat banyak sekali koleksi-koleksi dari musisi luar negeri.

Alamat Jalan Nusakambangan Nomor 19, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp25.000-Rp50.000
Jam Operasional 11.00-20.00

De’Museum Café

De Museum Cafe

Di Malang, Museum masih menjadi tempat liburan yang sering dikunjungi. Terlebih dengan hadirnya konsep kafe di dalam museum yang ada di De’Museum Café, maka semakin banyak pengunjung yang tertarik.

Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai wisata kuliner Malang makanan dan minuman sambil belajar sejarah. Selain itu, juga terdapat cukup banyak buku-buku sejarah yang bisa Anda baca sambil menikmati secangkir kopi.

Benefit lain yang bisa Anda dapatkan di tempat ini yaitu berpeluang untuk bertemu dengan orang-orang hebat. Salah satu contohnya seperti bertemu dengan Bambang Noorsena, yang merupakan seorang intelek sekaligus owner café.

Alamat Ruko Malang Trade Center Jalan Panji Suroso, Kav. 10, Nomor 12A, Purwodadi, Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis (hanya bayar makanan dan minuman di café)
Jam Operasional 09.00-22.00

Museum Ganesya (Gelar Indonesia Budaya)

Museum Ganesya

Ganesya merupakan museum budaya terbesar yang ada di Malang. Di sini terdapat banyak sekali artefak-artefak bersejarah mulai dari wayang, diorama, topeng, dan masih banyak artefak lainnya.

Di sini para pengunjung juga bisa melihat berbagai benda-benda peninggalan sejarah.

Beberapa artefak yang bisa Anda lihat di sini mulai dari senjata pusaka tradisional, lambang kerajaan legitimasi jabatan kerajaan, terakota, manik-manik, dan lainnya.

Alamat Perumahan Graha Kencana, Jalan Balearjosari, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp20.000
Jam Operasional 08.00-16.00

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa

Liburan tidak harus selalu pergi ke tempat yang memiliki panorama pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa menghabiskan liburan ke tempat bersejarah yang memiliki nilai edukasi. Contohnya yaitu berwisata ke Museum Mpu Purwa.

Museum ini memiliki banyak sekali artefak menarik dan juga bersejarah. Koleksi yang tersedia di sini seperti barang artefak dari zaman Hindu Budha.

Barang-barang bersejarah di tempat ini juga rata-rata berasal dari kerajaan Mataram Kuno, Majapahit, dan Singasari.

Alamat Jalan Soekarno Hatta, Nomor 210, Kecamatan Lowokwaru, Malang
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 07.30-14.45

Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe

Malang memiliki cukup banyak museum yang unik dan memiliki nilai edukasi. Jika Anda bosan dengan museum yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba mengunjungi Museum Tempo Doeloe yang memiliki banyak koleksi bersejarah dari zaman dulu.

Di sini pengunjung juga bisa membaca cerita sejarah kerajaan tempo dulu. Khususnya sejarah-sejarah kerajaan yang pernah menduduki Kota Malang ini.

Di lain sisi, tempat ini juga cocok sekali untuk Anda yang suka dengan sejarah-sejarah kerajaan di Tanah Jawa.

Alamat Jalan Gajahmada, Nomor 2, Kidul Dalem, Klojen, Malang, Jawa Timur (belakang Balai Kota Malang)
Harga Tiket Masuk Rp15.000-Rp25.000
Jam Operasional 08.00-17.00

Museum Panji

Museum Panji

Sesuai namanya, Museum Panji didirikan sebagai wujud dari Budaya Panji itu sendiri. Panji tidak hanya sekedar lakon Wayang Topeng Malangan, dan dongeng Ande-ande Lumut saja. Faktanya, Panji sendiri terdapat di sejumlah relief candi dan juga naskah kuno.

Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi-koleksi barang-barang yang bersejarah dan unik. Koleksinya meliputi wayang kulit, hingga patung-patung ukiran yang memiliki nilai seni tinggi.

Alamat Ringin Anon, Slamet, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp20.000-Rp25.000
Jam Operasional 09.00-17.00

Saat ini, di Malang juga sudah cukup banyak sekali taman bermain indoor maupun outdoor dan juga wisata Malang kolam renang yang seru. Berikut kami punya list wahana-wahana terbaik yang ada di daerah Malang.

Dino Park Jawa Timur Park 3

Dino Park Jawa Timur Park 3

Destinasi wisata Malang Batu ini dikenal juga dengan sebutan Dino Park. Tempat ini sangat unik dan cocok untuk liburan keluarga. Pengunjung yang datang ke tempat ini seolah memasuki dunia Jurassic Park zaman prasejarah.

Jawa Timur Park 3 juga cocok untuk menghabiskan liburan bersama anak-anak. Bahkan destinasi ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang dibuka di tengah pandemi Covid-19. Namun pastikan Anda tetap mematuhi protokol kesehatan.

Alamat Jalan Ir Sukarno No. 112, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp40.000–Rp150.000
Jam Operasional 11.00-20.000

Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

Destinasi wisata ini menyediakan wahana kelas dunia. Tempat ini juga memiliki luas sebesar 5 hektar. Anda bisa mengajak teman maupun keluarga untuk bermain wahana air di sini. Pasalnya, di sini tersedia sekitar 12 wahana air yang spektakuler.

Hawai Waterpark juga merupakan salah satu wisata Malang yang sudah buka. Pemesanan tiket bahkan bisa Anda proses langsung secara online.

Di sini juga tersedia banyak spot foto yang unik. Selain itu, juga tersedia food court dan drink court dengan berbagai varian menu yang lezat.

Alamat Perum Graha Kencana, Jalan Balearjosari, Malang
Harga Tiket Masuk Rp45.000-Rp75.000
Jam Operasional 10.00-22.00

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Buat liburan Anda di Malang semakin berkesan dengan mengunjungi Malang Night Paradise. Anda bersama teman maupun keluarga bisa menikmati dan menghabiskan indahnya malam di Kota Malang.

Malang Night Paradise merupakan destinasi wisata malam terbesar yang ada di Jawa Timur. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjungi tempat yang satu ini.

Malang Night Paradise juga merupakan tempat wisata Malang yang buka saat ini. Bahkan tempat ini memiliki spot taman-taman untuk foto yang memiliki standar internasional.

Alamat Perumahan Graha Kencana, Jalan Balearjosari, Malang
Harga Tiket Masuk Rp50.000-Rp65.000
Jam Operasional 17.45-22.00

Taman Rekreasi Sengkaling UMM

Taman Rekreasi Sengkaling UMM

Jika Anda ingin ke tempat wisata Malang yang mudah diakses, Taman Rekreasi Sengkaling adalah pilihannya. Destinasi ini mudah diakses baik oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan destinasi wisata air yang sangat seru. Di dalamnya tersedia berbagai jenis wahana permainan yang dapat memanjakan para pengunjung.

Beberapa wahana yang ada di tempat tersebut seperti taman bermain, gedung serbaguna, kolam pemandian, dan lain-lain.

Alamat Jalan Raya Mulyoagung No.188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk Rp30.000-Rp60.000
Jam Operasional 08.00-17.00

Millennial Glow Garden

Millennial Glow Garden

Wisata Malang terbaru ini, merupakan wahana terbaru di Jawa Timur Park Group. Wahana tersebut pertama kali dikenalkan pada musim liburan natal 2019, menjelang pergantian tahun ke 2020.

Milenial Glow Garden adalah salah satu tempat wisata Malang di malam hari. Tempat ini menyajikan berbagai rekayasa cahaya lampu. Selain itu, juga menyediakan berbagai jenis permainan yang seru dan menarik.

Tempatnya juga sangat cocok untuk Anda yang suka fotografi di dalam ruangan yang menawan.

Alamat Jalan Ir Sukarno, Nomor 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp75.000
Jam Operasional 15.00-22.00

Malang Smart Arena

Malang Smart Arena

Menghabiskan waktu liburan di Malang Smart Arena adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan anak-anak. Pasalnya, tempat ini menyediakan berbagai wahana yang seru dan juga mendidik. Tempat ini dibangun di bawah naungan Hawai Group.

Malang Smart Arena adalah destinasi wisata yang berdiri di atas lahan sebesar 400 meter persegi. Selain itu, di sini juga terdapat banyak arena yang menantang bagi anak-anak maupun remaja.

Bahkan semua arena yang tersedia di sini mampu mengembangkan kemampuan sensorik, motorik, dan kreativitas.

Alamat Jalan Graha kencana Raya, Nomor 55, Karanglo, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp50.000-Rp60.000
Jam Operasional 09.00-17.00

Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari

 

Destinasi wisata Malang yang satu ini sudah berdiri dari tahun 2013. Meski begitu, hingga saat ini taman tersebut masih tetap beroperasi.

Bahkan, dilansir dari kanal Youtube MalangTV Official, taman ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan.

Di sini ada banyak fasilitas yang menarik. Fasilitas-fasilitasnya juga tergolong lengkap, mulai dari alat kebugaran, jogging track, playground, foot therapy, open theater, sky bike, dan gazebo.

Alamat Jalan Mertojoyo Selatan, Nomor 7, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 06.00-22.00

Malang Snow Paradise

Malang Snow Paradise

Ingin berkunjung ke sebuah taman bersalju? Kini Anda tidak perlu datang ke Eropa. Karena di Malang ada sebuah taman dengan konsep salju yang sedang hits sekali. Tempat tersebut bernama Malang Snow Paradise.

Wisata Malang anak ini juga merupakan taman salju pertama dan terbesar di Jawa Timur. Di sini para pengunjung bisa merasakan sensasi bermain salju yang keren dan menarik.

Selain itu, taman ini juga merupakan salah satu wisata Malang indoor yang sedang hits saat ini. Bahkan tempatnya pun sangat luas karena berdiri di atas lahan seluas 400 meter persegi.

Alamat Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp20.000
Jam Operasional 24 Jam

Brawijaya Edupark

Brawijaya Edupark

Satu lagi tempat wisata edukatif yang sayang untuk Anda lewatkan di Malang adalah Brawijaya Edupark. Saat ini tempat wisata tersebut pengelolaannya sudah diambil alih oleh Kodam V Brawijaya.

Brawijaya Edupark menyediakan banyak pilihan wisata menarik. Selain itu, tempatnya juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya anak-anak.

Di sini ada banyak fasilitas bermain menarik. Fasilitas-fasilitasnya mulai dari wahana bermain, kolam renang, taman tematik, hingga panggung hiburan.

Alamat Jalan Kahuripan, Nomor 1, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp15.000
Jam Operasional 08.00-17.00

Pemandian Belakang Wendit

Pemandian Belakang Wendit

Ingin menikmati tempat pemandian yang bersih dan nyaman secara gratis? Datanglah ke pemandian yang berada di belakang Taman Wisata Wendit. Karena selain bagus juga sangat mudah sekali untuk diakses.

Hingga saat ini, pemandian tersebut belum memiliki nama. Itulah kenapa, warga sekitar menyebutnya Pemandian Belakang Wendit.

Alamat: Jalan Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur.

Alamat Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 08.00-15.00

Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling

Bingung mencari tempat untuk menghabiskan liburan bersama anak dan keluarga? Kunjungi saja Taman Rekreasi Sengkaling. Destinasi wisata ini memiliki banyak sekali fasilitas permainan, mulai dari wahana air, wahana permainan, hingga taman satwa.

Selain cocok untuk liburan bersama keluarga, Anda juga bisa mengajak teman-teman untuk berlibur bersama di Taman Rekreasi Sengkaling. Selain itu, tempat ini juga sering menyediakan potongan harga tiket masuk untuk para pengunjung.

Alamat Jalan Raya Mulyoagung, Nomor 188, Dau Sengkaling, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp25.000-Rp60.000
Jam Operasional 05.00-17.00

Taman Rekreasi Tlogomas Malang

Taman Rekreasi Tlogomas Malang

Suka dengan wahana air? Taman Rekreasi Tlogomas Malang, bisa menjadi salah satu pilihan yang paling tepat. Selain menyediakan banyak wahana yang seru, tempatnya pun memiliki beberapa spot foto yang unik.

Selain wahana air, di sini juga tersedia kolam renang. Bahkan, Taman Rekreasi Tlogomas juga memiliki pemandangan kolam ikan yang luas. Di sekitar tempat ini juga banyak bunga berdaun lebar yang bermekaran. Banyak penjual oleh-oleh khas Malang yang ada desekitar area tempat wisata ini untuk Anda bawa pulang.

Alamat Jalan Baiduri Pandan, Nomor 17, Tlogomas, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp40.000
Jam Operasional 07.00-16.30

Malang City Tour (Macito)

Malang City Tour (Macito)

Pada dasarnya, Malang City Tour atau Macito adalah sarana transportasi berupa bus. Namun, bus tersebut hanya mengantar para wisatawan saja. Artinya, bus ini hanya melayani rute-rute tempat menarik yang ada di Kota Malang.

Macito akan memulai perjalanan dari Balai Kota. Kemudian akan dilanjutkan ke Alun-alun Kota, Jalan Kawi, Jalan Ijen, Simpang Balapan, lalu akan berhenti tepat di Taman Rekreasi Kota Malang.

Alamat Jalan Majapahit, Nomor 1, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp50.000
Jam Operasional 09.00-12.00

Wisata Air Tirtasani

Wisata Air Tirtasani

Anda suka tempat liburan bertema water park? Ajak anak-anak dan keluarga untuk bermain bersama di tempat Wisata Air Tirtasani.

Tirtasani merupakan water park yang terbilang sangat luas. Tempat yang satu ini bahkan bisa mengakomodir kebutuhan semua pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Ada dua kolam yang tersedia di tempat ini, yaitu kolam olimpik dan dan kolam wahana permainan.

Alamat Jalan Perusahaan, Perum Tirtasani Royal Resort, Nomor 1, Kepuharjo, Karangploso, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp20.000-Rp35.000
Jam Operasional 07.00-17.00

Kolam Renang Kalimeri

Kolam Renang Kalimeri

Malang punya banyak kolam renang umum yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang terbaik adalah Kolam Renang Kalimeri. Tempatnya sangat cocok sekali untuk keluarga dan juga anak-anak.

Kedalaman kolam di sini juga cukup beragam. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan usia dan tinggi badan. Selain itu, juga terdapat berbagai fasilitas wahana air di kolam tersebut yang bebas digunakan oleh pengunjung.

Alamat Jalan Satria Barat, Nomor 449, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp30.000
Jam Operasional 07.00-17.00

D’Embung Park Pandanmulyo

D’Embung Park Pandanmulyo

Sesuai namanya, destinasi wisata ini berlokasi di Desa Pandanmulyo. Ada banyak aktivitas wisata seru yang bisa Anda lakukan di sini. Beberapa aktivitas tersebut seperti berenang di kolam renang, hingga foto-foto di spot-spot yang menarik.

Selain itu, kolam renang yang ada di D’Embung Park Pandanmulyo berada di tengah-tengah perkebunan dan peternakan. Inilah yang menjadi nilai tambah karena view kolamnya tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Di sini Anda juga bisa menikmati nyamannya kolam renang di tengah perkebunan hijau. Anda juga bisa mencari beberapa spot-spot foto menarik untuk koleksi foto di media sosial Anda. Karena beberapa spot foto di sini terbilang sangat instagramable.

Alamat Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 08.00-16.00

Trans Studio Mini Malang

Trans Studio Mini Malang

Trans Studio adalah sebuah taman bermain indoor yang tersedia di berbagai daerah dan salah satunya kota Malang. Di sini, ada banyak sekali wahana-wahana bermain yang menantang.

Namun berbeda dari Trans Studio lain, Trans Studio Mini di Malang memiliki area yang kecil jika dibandingkan yang lain. Meski begitu, jumlah wahananya masih tergolong banyak, yakni sebanyak 148 wahana.

Trans Studio Mini Malang juga tidak sulit ditemukan. Tempat ini bisa Anda kunjungi langsung di MX Mall yang berada di samping Malang Town Square.

Alamat Jalan Veteran, Nomor 8, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp30.000-Rp100.000
Jam Operasional 10.00-20.00

Malang adalah daerah yang memiliki banyak kampung wisata atau dikenal juga dengan sebutan kampung tematik. Berikut sudah kami rangkum kampung tematik terbaik yang ada di Malang.

Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Sedang mencari tempat wisata unik untuk menambah koleksi foto-foto Anda di Instagram? Cobalah berkunjung ke Kampung Warna Warni Jodipan Malang. Tempat ini merupakan sebuah kampung tematik. Tempatnya berada tepat di Kota Malang.

Kami menyarankan Anda untuk mempersiapkan pakaian yang fashionable sebelum berkunjung ke sini. Tujuannya agar foto Anda menjadi tampak lebih menarik dan instagramable. Selain itu, di sini juga banyak spot-spot foto yang lucu.

Alamat Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp3.000
Jam Operasional 07.00-18.00

Kampung Tridi

Kampung Tridi

Destinasi wisata yang satu ini adalah surganya bagi para pecinta fotografi. Karena Kampung Tridi memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Hal tersebut juga menjadi daya tariknya sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Meskipun dulu termasuk kampung kumuh, kini Kampung Tridi selalu dipenuhi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Di sini, Anda bisa melihat berbagai spot foto unik mulai dari lukisan tiga dimensi, gambar tematik, pijakan batu yang mengapung, dan sebagainya.

Alamat Jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp3.000
Jam Operasional 08.00-19.00

Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan

Malang adalah daerah yang terkenal dengan kampung wisatanya. Salah satu yang tak kalah hits adalah Kampoeng Heritage Kajoetangan. Destinasi wisata ini pertama kali buka pada tahun 2018 lalu.

Tempat ini menyediakan setidaknya 30 spot menarik yang bisa Anda jelajahi bersama teman maupun keluarga. Selain itu, Kampoeng Heritage Kajoetangan juga rencananya akan terus melakukan pengembangan.

Alamat Jalan Jenderal Basuki Rahmat Gang IV, Kauman, Klojen, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 07.00-17.00

Kampung Biru Arema

Kampung Biru Arema

Satu lagi wisata kampung tematik yang menarik di Arema yang wajib Anda kunjungi yaitu Kampung Biru Arema.

Tempat wisata ini juga sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Pasalnya, Kampung Biru Arema merupakan kampung tematik yang inovatif dan kreatif.

Kampung Biru Arema sengaja dibuat dengan simbol Arema. Tempatnya juga sangat ideal untuk spot fotografi yang menarik.

Alamat Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp25.000
Jam Operasional 08.00-19.00

Kampung Budaya Polowijen

Kampung Budaya Polowijen

Malang adalah salah satu kota pariwisata yang kaya akan kebudayaan. Untuk mengenal beberapa kebudayaan di Malang, Anda bisa mengunjungi Kampung Budaya Polowijen.

Tempat wisata ini juga termasuk ke dalam salah satu kampung tematik yang ada di Malang.

Kampung Budaya Polowijen adalah tempat yang melestarikan wisata budaya setempat. Di lain sisi, tujuan didirikannya kampung ini juga untuk membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

Alamat Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 06.00-21.40

Wisata Kampung Topeng

Wisata Kampung Topeng

Malang tak henti-hentinya melahirkan kampung-kampung tematik yang unik dan menarik. Sebut saja salah satu lainnya yaitu tempat Wisata Kampung Topeng. Destinasi wisata yang satu ini, pertama kali dibuka pada tahun 2017.

Berdiri di lahan 5.000 hektar persegi, kampung ini terdapat 40 unit rumah. Sesuai namanya, ketika Anda masuk ke kampung ini, Anda akan disambut oleh dua topeng raksasa setinggi 7,5 meter. Tempat ini juga sangat cocok untuk bersantai dan foto-foto.

Alamat Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp20.000
Jam Operasional 08.00-17.00

Jembatan Kaca Ngalam

Jembatan Kaca Ngalam

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Jembatan Kaca Ngalam ini pasti akan terpukau. Karena jembatan ini menjadi penghubung antara Kampung Warna-Warni dengan Kampung Tridi yang merupakan dua kampung tematik di sana.

Jembatan ini juga mirip sekali dengan jembatan kaca yang ada di Zhangjiajie di China. Bahkan, tempat ini juga sering dijadikan sebagai background foto oleh para pengunjung.

Alamat Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp3.000
Jam Operasional 07.00-17.00

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Selain kampung tematik, Malang juga punya kampung yang terkenal dengan pengrajin keramik yang andal.

Tempat tersebut bernama Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Sesuai namanya, di sini adalah tempat-tempat para seniman yang memproduksi kerajinan keramik berkualitas.

Perlu Anda ketahui, Malang tidak hanya dikenal sebagai Kota Apel. Daerah ini juga dikenal akan kerajinan keramiknya yang sudah berdiri sejak tahun 1950an.

Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata edukatif bagi para pengunjung.

Alamat Jalan Mt Haryono 9, Nomor 336, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp10.000
Jam Operasional 08.00-15.00

Malang juga punya beberapa candi yang masih terawat. Letak candi tersebut terletak di beberapa daerah sebagai berikut.

Candi Kidal

Candi Kidal

Malang juga memiliki Candi yang menjadi tempat wisata bersejarah. Destinasi tersebut bernama Candi Kidal. Di sini pengunjung bisa melihat keelokan bangunan purbakala yang begitu unik. Bangunan ini juga merupakan salah satu karya seni purbakala yang begitu indah.

Selain itu, tempat ini juga merupakan tempat yang dianggap suci pada zaman dulu. Candi tersebut didirikan khusus untuk Raja Anusapati. Bangunan ini juga merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singasari.

Alamat Jalan Raya Kidal, Panggung, Kidal, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 08.00-17.00

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan

Selain Candi Kidal, Malang juga memiliki candi lain yang tak kalah populer. Namanya adalah Candi Sumberawan. Tempat ini sangat kental dengan mitos. Selain itu, tempatnya pun tergolong sangat bersejarah.

Candi Sumberawan diklaim sebagai situs peninggalan Kerajaan Singasari. Selain itu, di tempat ini juga terdapat sumber mata air.

Di sekitar candi juga terdapat taman yang sudah ditata begitu cantik sehingga bagus sebagai spot untuk berfoto.

Alamat Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp5.000
Jam Operasional 08.00-16.00

Candi Badut

Menurut info wisata Malang hari ini, Candi Badut adalah candi tertua yang ada di Jawa Timur. Bangunan ini diduga sudah ada jauh sebelum adanya pemerintahan Airlangga. Menurut peneliti, bangunan ini dibangun atas perintah dari Raja Gajayana.

Selain memiliki bangunan bersejarah, lokasinya pun terbilang begitu asri. Pasalnya, di sekitar bangunan terdapat taman yang memiliki rerumputan hijau yang membuatnya menjadi begitu indah.

Alamat Jalan Candi 5D, Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kota Malang, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Rp10.000
Jam Operasional 08.00-15.00

Itulah 57 tempat Wisata Malang yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu liburan. Tempat-tempat di atas tergolong populer. Jika Anda membutuhkan transportasi untuk ke tempat-tempat tersebut, Anda bisa menyewanya langsung secara online di Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.2/5 - (33 votes)