SalSari Resto & Coffee

Setiap pulau yang ada di Indonesia menyajikan potensi pariwisata yang luar biasa. Bahkan tidak sedikit di antaranya yang menjadi tempat wisata di Indonesia yang terkenal. Misalnya adalah Banda Neira yang ada di Maluku Tengah.

Pulau dengan sebutan lain Banda Naira adalah sebuah pulau eksotis yang berada di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Pulau ini sekaligus menjadi pusat administrasi Kec. Banda. Potensi wisatanya sangat besar, baik dari potensi alam maupun sejarah.

Sekilas Tentang Banda Neira

banda naira maluku

Pulau Banda Neira Ambon merupakan surga di Timur yang sangat menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Sebab pulau eksotis ini memiliki sejumlah daya tarik yang mampu menjadi magnet.

Bahkan jika ada sebuah list tempat apa saja yang harus Anda kunjungi di Maluku, Banda Naira adalah salah satunya. Tempat ini memiliki objek wisata yang sangat lengkap.

Sebut saja ada wisata gunung berapi di mana pengunjung bisa mendaki sampai ke puncak. Ada wisata sejarah berupa bangunan-bangunan. Pantainya juga masuk dalam daftar pantai di Indonesia yang paling eksotis dan indah.

Selain itu, kehidupan bawah lautnya juga sangat amazing. Anda bisa menjelajah taman bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut lainnya. Wajar saja jika tempat ini sangat menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Banda Neira

Wisatawan yang mengagendakan liburan ke pulau ini tidak perlu membayar tiket. Tidak ada tiket masuk Banda Neira alias gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya perjalanan dan akomodasi.

Namun saat memasuki objek wisata seperti rumah budaya, benteng, dll, ada biaya tersendiri. Berikut adalah info tarif retribusi tiket masuk objek wisata yang ada di pulau dan kisaran biaya transportasinya:

Retribusi Tarif
Benteng Belgica Rp20.000,00
Rumah Budaya Rp20.000,00
Kapal Banda Neira – Pulau Pisang Mulai dari Rp20.000,00
Kapal Pelni Rp105.000,00
Tiket Kapal Cepat Rp410.000,00
Tiket Pesawat Rp350.000,00

Rute Menuju Lokasi Pulau Banda Neira

sejarah banda neira

Lokasi Banda Neira berada di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil terdekat, labuhan terakhir Anda ada di Kota Ambon.

Selanjutnya, untuk menuju lokasi wisata, ada dua pilihan transportasi yakni jalur laut atau udara. Jika menggunakan pesawat domestik jelas perjalanan akan lebih singkat dan berakhir di Bandara Neira Airport. Sedangkan menggunakan kapal Pelni akan lebih terjangkau.

Para wisatawan biasanya lebih memilih untuk menggunakan layanan Banda Neira Trip, semacam paket wisata khusus ke pulau ini. Paket wisata ini akan mengakomodir perjalanan dari Ambon ke lokasi tujuan.

Daya Tarik Pulau Banda Neira

Pulau yang memiliki luas 4 KM persegi ini memiliki sejumlah tempat wisata seru layaknya pulau yang ada di Pulau Seribu. Beberapa daya tariknya bisa Anda simak di bawah ini.

Wisata Gunung Api Ganapus

pulau banda neira

Di pulau kecil ini terdapat gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Ganapus atau sebutan terkenalnya Gunung Banda. Ketinggiannya hanya 656 mdpl dan menjadi tujuan wisata pendakian favorit para pendaki, termasuk pemula.

Untuk sampai ke puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam saja. Pendakian menuju puncak memang cukup melelahkan. Akan tetapi, pemandangan selama pendakian sangat mengagumkan.

Menjadi Rebutan Negara Penjajah

Pada abad ke-16, Banda Naira menjadi rebutan berbagai negara penjajah. Sebab pulau ini adalah satu-satunya di dunia yang menghasilkan rempah berupa pala. Kala itu, pala lebih berharga dari emas.

Portugis, Belanda, hingga Inggris kemudian memperebutkan pulau kecil nan eksotis ini selama beberapa tahun. Pada akhirnya Belanda yang paling lama menguasai dan mengeksplorasi pulau ini.

Benteng Belgica dan Benteng Nassau

banda neira trip

Di salah satu sudut Pulau Banda Naira terdapat dua benteng bernama Benteng Belgica dan Benteng Nassau. Benteng Belgica adalah benteng segi lima milik Belanda dan sudah berdiri sejak abad ke-17.

Benteng ini memiliki bentuk unik menyerupai kastil. Meski sudah dimakan usia, nyatanya benteng ini sangat kokoh. Dari atas benteng, Anda bisa menyaksikan keindahan Gunung Ganapus dan bentangan pulau.

Adapun Benteng Nassau adalah benteng pertama milik Belanda yang usianya sudah lebih dari 400 tahun. Benteng ini menyimpan sejarah Banda Neira, terutama sejarah kelam pertempuran Belanda versus rakyat Banda.

Snorkeling

Kegiatan seru ini jangan sampai Anda lewatakan ketika berkunjung ke Banda Naira. Keindahan bawah lautnya sungguh menggoda, seindah spot snorkeling di Pantai Ora. Anda bisa snorkeling dan menyaksikan kehidupan bawah laut yang mempesona.

Ada cukup banyak spot snorkeling yang bisa Anda kunjungi. Untuk menuju spot tersebut, Anda membutuhkan perahu nelayan yang siap disewa kapan saja. Tarif sewanya murah meriah.

Rumah Budaya dan Rumah Pengasingan

banda neira airport

Untuk lebih dalam mengenal sejarah Banda Naira, wisatawan bisa berkunjung ke Rumah Budaya. Tempat ini adalah museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang penting.

Salah satunya adalah lukisan dari peristiwa pembantaian yang terjadi di Benteng Nassau. Selain itu, ada juga berbagai jenis meriam, tembikar, dan koleksi lainnya.

Sedangkan Rumah Pengasingan adalah tempat beberapa tokoh negarawan kita yang tengah diasingkan. Tokoh-tokoh tersebut adalah Sutan Sjahrir, Iwa Kusumasumantri, Tjipto Mangoenkoesoemo, dan Bung Hatta.

Rumah ini memiliki desain arsitektur khas Belanda. Begitu juga dengan furniture yang ada di dalamnya. Anda bisa melihat mesin ketik yang Bung Hatta gunakan saat masa pengasingan.

Menikmati Pantai dan Sunset

Tentu saja, yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Di sekeliling pulau, terdapat wisata pantai yang tak kalah cantik dengan pantai di Jogja atau Bali. Pantainya berpasir putih lembut dan air berwarna hijau toska.

Anda bisa bersantai menikmati keindahan pantai yang membentang luas sejauh mata memandang. Udaranya sangat sejuk dan aromanya khas daerah pesisir. Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto.

Selain itu, sunset di sini juga sangat instagramable. Anda bisa menyaksikan keelokan sunset dengan menyantap makanan khas Maluku Tengah, khususnya daerah pesisir.

Fasilitas di Pulau Banda Neira

fasilitas

Selama berlibur, wisatawan tidak perlu khawatirkan soal fasilitas. Fasilitas di pulau ini sangat lengkap. Ada homestay, hotel, penyedia layanan paket wisata, dan lain sebagainya.

Pada intinya, selama berlibur di sini, segala kebutuhan wisatawan dapat terpenuhi termasuk untuk sewa perahu. Ada beberapa penyewaan perahu untuk menuju tempat wisata terdekat lainnya.

Fasilitas resto dan sejenisnya juga bisa Anda jumpai dengan mudah di homestay dan pemukiman sekitar. Ada begitu banyak pilihan makanan Indonesia dari seluruh penjuru Nusantara yang ada di sini.

Jam Buka Wisata Pulau Banda Neira

Pulau eksotis ini buka setiap hari. Jam buka Banda Neira Maluku adalah 24 jam. Namun tidak dengan jadwal transportasi. Untuk kapal cepat, jam operasional pemberangkatan akan dimulai pada pukul 09.00 WIT untuk hari Selasa hingga Sabtu.

Sementara untuk hari Minggu, biasanya kapal cepat akan berangkat lebih awal dengan jadwal operasional yang lebih padat. Oleh karena itu, sering cek jadwal terupdate sebelum berangkat menuju ke pulau ini.

Segera rencanakan perjalanan wisata ke wisata Banda Neira Indonesia bersama Salsa Wisata. Ada pilihan paket wisata yang cocok untuk Anda bersama teman atau keluarga dengan harga yang terjangkau.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)