SalSari Resto & Coffee

Bukit Campuhan memiliki nama lain Campuhan Ridge Walk adalah salah satu tempat wisata hits di Bali. Bahkan, seiring dengan perkembangan media sosial, wisata ini semakin ramai akan wisatawan baik dari dalam maupun luar.

Objek wisata ini menawarkan view landscape berupa padang rumput ilalang dan hijaunya pepohonan di sisi kanan dan kiri. Udaranya begitu sejuk dan suasananya sangat asri.

Sekilas Tentang Campuhan Ridge Walk

Wisata Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk Ubud adalah wisata berupa jalan setapak yang berada di kawasan perbukitan Desa Sayan, Ubud. Panjang jalan setapak ini mencapai 2 km sehingga sangat cocok untuk berjalan santai.

Kegiatan wisata ini sangat seru sekaligus menyehatkan. Apalagi jika memilih waktu di pagi hari di mana udaranya masih sangat segar. Di sebelah kanan dan kiri berupa padang ilalang hijau serta pepohonan rindang nan asri.

Keindahan panorama inilah yang membuat wisata Bukit Campuhan ini begitu terkenal di Ubud. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kawasan wisata ini untuk trekking dan bersepeda.

Harga Tiket Masuk Campuhan Ridge Walk

Tiket masuk Campuhan Ridge Walk tidak ada, alias gratis. Sehingga pengunjung tidak perlu menyiapkan uang masuk. Hanya ada area parkir tapi itu pun sebelum masuk kawasan wisata.

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Walau demikian, sebaiknya siapkan uang lebih karena setelah berjalan dan menikmati alam, perut akan terasa lapar. Apalagi yang datang di pagi hari untuk menyaksikan sunrise.

Ada banyak cafe, warung dan restoran yang menyediakan makanan khas Bali. Untuk harganya semua bervariasi, karena setiap tempat makan di sini menawarkan hal yang berbeda.

Rute Lokasi Campuhan Ridge Walk

Lokasi Wisata Campuhan Ridge Walk

Lokasi Campuhan Ridge Walk berada di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 1 km dari pusat kota Ubud.

Jadi, untuk rutenya arahkan saja kendaraan ke Ubud. Dari Ubud bisa bertanya pada orang atau mengikuti Google Map. Lokasinya mudah untuk wisatawan jangkau dengan kendaraan pribadi atau sewa.

Ada banyak tempat sewa mobil Bali yang bisa Anda pilih dengan berbagai layanan. Misalnya saja seperti rental mobil Hiace Bali yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi dengan cepat, nyaman, dan aman.

Jam Buka Campuhan Ridge Walk

Bukit Campuhan Ridge Walk ini buka setiap hari selama 24 jam. Walau demikian, untuk mendapatkan view terbaik, biasanya wisatawan datang di pagi dan sore hari. Selain itu, di waktu itu matahari tidak terlalu panas.

Baik datang di pagi atau sore hari, wisatawan bisa menentukan waktu sendiri. Kemudian, setelah dari sini bisa melanjutkan perjalanan ke pusat oleh-oleh Bali. Di Ubud, ada banyak pusat oleh-oleh baik souvenir maupun jajanan.

Fasilitas Campuhan Ridge Walk

Di sepanjang jalur, tidak ada fasilitas apapun, semua hanya alam. Sehingga wisatawan perlu membawa minum sendiri. Tapi, agar menjaga kebersihan lokasi jika membawa makanan dan minuman sendiri.

Untuk fasilitas lain seperti warung dan toilet, ada banyak di lokasi terdekat sebelum masuk kawasan Campuhan Ridge Walk Ubud Bali. Beberapa cafe, warung dan restoran terdekat bisa menjadi tujuan wisata kuliner Bali.

Daya Tarik Wisata Campuhan Ridge Walk

Daya Tarik Wisata Campuhan Ridge Walk

Pertama, wisatawan bisa melalui Pura Gunung Lebah yang lokasinya dekat dengan The Blanco Renaissance Museum. Kedua, ada juga yang memilih jalur dari utara, Desa Keliki, Tegallalang. Keduanya memiliki daya tarik sama.

Panorama Indah dan Menakjubkan

Campuhan Ridge Walk menawarkan keindahan panorama alam dengan sebelah kanan dan kiri berupa jurang. Tapi, ini bukan jurang batu melainkan padang ilalang. Sejauh mata memandang, semua terlihat mempesona.

Jalan setapak ini berada di tengah bukit dengan bentuk prisma. Posisi jalan tepat berada di tengah seolah membelah hamparan ilalang. Jalan ini yang menjadi satu-satunya akses menikmati keindahan alam bukit Campuhan.

Ilalang di sini memiliki ukuran yang kecil, tapi tumbuh di hamparan area yang sangat luas. Hampir semua area ini tumbuh dengan ilalang hijau yang estetik. Saat musim hujan, warnanya begitu hijau dan segar.

Di dekat jalan setapak, selain ilalang, hanya ada beberapa pohon kelapa yang menambah kesan dramatis bagai lukisan. Sedangkan pepohonan berada di luar area sabana. Pepohonan ini sangat lebat dan hijau.

Sedangkan medan jalur pendakiannya pun cukup mudah karena tidak banyak jalur menanjak yang curam. Anda juga bisa beristirahat di kawasan tengah bukit untuk berfoto di tengah panoramanya yang indah.

Trekking dan Bersepeda di Bukit Campuhan

Trekking di Campuhan Ridge Walk

Keindahan panorama Campuhan Ridge Walk bisa wisatawan lihat dan rasakan dengan berjalan kaki mengikuti jalur yang ada. Jalur setapak ini memiliki lebar sekitar 1,5 meter. Tidak terlalu lebar, tapi berupa paving block.

Untuk panjangnya sekitar 2 km, cukup untuk berjalan santai hingga sampai ke ujung. Untuk bisa sampai ke ujung, membutuhkan waktu 15-20 menit perjalanan normal. Tapi, tentu saja ingin berlama-lama ketika berada di sini.

Ada yang berjalan kaki ke sini bersama dengan hewan peliharaan, ada juga yang bersepeda. Bagi wisatawan yang menggunakan sepeda, biasanya mereka sudah melewati beberapa tempat dan berakhir ke sini.

Tentu saja, bagi pesepeda harus berhati-hati dan tetap memberikan prioritas bagi mereka yang berjalan kaki. Bagaimanapun, tempat ini sangat mempesona dan terlihat begitu indah serta memanjakan mata.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto di Campuhan Ridge Walk

Wisata Campuhan Ridge Walk menyediakan spot foto instagramable yang sangat menakjubkan. Bahkan, wisatawan asing pun mengakui ketakjuban dan keindahan kawasan Bukit Campuhan ini.

Spot foto ada di sepanjang jalur setapak. Tapi, untuk mendapatkan view paling dramatis, berada tepat di tengah bukit. Dari puncak bukit ini angin sepoi-sepoi dan viewnya lebih luas. Nikmati suasana sambil berfoto ria.

Ajak teman dan keluarga untuk menikmati keindahan panorama Bukit Campuhan dan berfoto dengan latar padang ilalang. Berbagai gaya pun bisa Anda pilih karena pasti hasilnya maksimal terutama saat golden hours pagi atau sore hari.

Menyaksikan Keindahan Sunset dan Sunrise

Spot di atas bukit ini juga sangat favorit untuk menyaksikan kehadiran dan kepergian matahari. Sunrise dari atas bukit begitu mempesona dengan cahaya hangat memancar. Semburat cahaya akan tampak dari kejauhan.

Sedangkan di sore hari, sunset di Campuhan Ridge Walk begitu tampak romantis dengan warna jingga. Nuansanya sangat menakjubkan ketika detik demi detik matahari mulai tenggelam di balik rimbunnya pepohonan.

Banyak wisatawan rela menunggu untuk menyaksikan momen tersebut. Baik pagi maupun sore, banyak wisatawan memadati area ini, terutama saat sunset. Mereka pun siap dengan kamera atau ponselnya.

Landscape berupa ilalang dan sunset adalah view terbaik yang bisa Anda dapatkan di sini.

Pastikan Anda menggunakan agen wisata yang tepat ketika berkunjung ke Campuhan Ridge Walk. Salsa Wisata dapat menjadi partner terbaik untuk menjelajahi keindahan Bali dengan harga yang bersaing.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)