SalSari Resto & Coffee

Candi Arjuna termasuk Candi Dieng yang cukup terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu alasan nya adalah letak candi yang berada di puncak pegunungan Dieng.

Keindahan arsitektur candi yang menyatu dengan panorama alam sekitar menjadi hal menarik yang bisa Anda temukan di sini. Anda dapat belajar sejarah sekaligus menikmati cantiknya alam Dieng di satu tempat sekaligus.

Candi Dieng ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket liburan yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Tapi sebelum itu, mari simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai Candi Arjuna berikut.

Sejarah Candi Arjuna

Berdasarkan catatan sejarah berbagai literatur dan prasasti, Candi Arjuna ini di bangun pada abad ke-7 tepatnya sekitar tahun 731 Saka. Candi ini merupakan salah satu candi Dieng bercorak Hindu yang paling luas di Dieng.

Komplek keseluruhan kawasan destinasi wisata Semarang ini memiliki luas sekitar 1 hektar yang terdiri dari beberapa candi. Candi tersebut yakni candi Arjuna, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra.

Pembangunan semua candi ini dilakukan bertahap pada masa wangsa Sanjaya berkuasa. Candi yang pertama dibangun adalah Candi Arjuna dan yang terakhir adalah Candi Sembadra.

Hal tersebut terlihat dari corak budaya lokal yang terasimilasi dalam bangun Candi Sembadra. Candi Arjuna juga diyakini menjadi Candi Tertua di Indonesia karena termasuk Candi Hindu pertama yang dibangun.

Lokasi pembangunan nya pun tidak sembarangan karena terletak di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian mencapai 2093 mdpl. Karena letaknya tersebut Candi ini juga termasuk jajaran candi tertinggi di Indonesia seperti halnya Candi Cetho, dan Candi Gedong Songo.

Kawasan Candi Dieng ini sendiri ditemukan pada tahun 1814 oleh tentara Belanda dan pada saat itu masih tergenang air. Baru kemudian di tahun 1856 penggalian dan pemeliharaan candi berlangsung hingga sekarang.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna

Memasuki kawasan Candi Dieng termasuk Candi Arjuna ini sangatlah murah dan terjangkau. Anda tidak perlu membayar beberapa kali untuk bisa mengunjungi tempat-tempat berbeda di sekitarnya, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Candi Rp10.000,00
Tiket Terusan Candi + Kawah Rp20.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan persiapan sebelum mengunjungi kawasan Candi Arjuna.

Untuk mengunjungi tempat wisata kawasan Dieng yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan paket gathering Semarang yang ada di setiap Biro Perjalanan. Melalui paket ini Anda bisa tentukan sendiri destinasi dengan akomodasi dan biaya yang lebih hemat.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Arjuna

Meskipun berada di Dieng, Candi ini tidak berada di Wonosobo melainkan Banjarnegara. Alamat lengkapnya berada di Dusun Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lokasi nya tidak terlalu jauh dengan berbagai destinasi wisata lain di Dieng seperti Kawah Sikidang, Telaga Warna, Sikunir, dan lainnya. Hal itulah yang membuat Candi ini sangat mudah untuk Anda akses dari arah manapun.

Untuk lebih memudahkan perjalanan, Anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa innova Semarang. Kemudian gunakan petunjung dari Google Maps untuk bisa tiba di lokasi Candi Arjuna melalui jalur tercepat.

Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari pihak rental atau Biro Perjalanan yang siap mengantar langsung kemanapun Anda inginkan. Dengan begitu perjalanan liburan Anda bisa semakin mudah dan menyenangkan.



By Categories: Destinasi, Semarang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (6 votes)