Kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi berbagai tempat wisata Semarang dan sekitarnya. Wisata Semarang selalu menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pesona keindahan yang luar biasa.

Ada banyak pilihan destinasi wisata di ibukota Provinsi Jawa Tengah itu, antara lain wisata alam, mulai pantai, pegunungan, hingga air terjun. Ada wisata budaya serta wahana wisata yang menawarkan berbagai atraksi menarik.

Untuk mempermudah Anda memilih objek wisata yang akan dikunjungi, kami akan membagi wisata Semarang berdasarkan lokasi yang dituju, yakni wisata sejarah dan budaya, wisata alam, dan wisata edukasi dan permainan.

Daftar Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Paling Hits

Semarang punya banyak destinasi wisata sejarah dan budaya yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata sejarah dan budaya di Semarang.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Saat Anda berlibur di Kota Semarang, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Lawang Sewu. Bangunan bekas kantor Perusahaan Kereta Hindia Belanda ini kini difungsikan menjadi museum dan tempat wisata Semarang yang paling hits.

Lawang Sewu menjadi ikon wisata Kota Semarang yang selalu menarik banyak pengunjung karena penasaran dengan namanya Lawang Sewu, yang berarti Pintu Seribu. Benarkah ada 1000 pintu? Tentu tidak.

Selain cerita misteri dibalik bangunan tua ini, Anda bisa menyaksikan kemegahan bangunan dengan gaya dan arsitektur Eropa. Gaya kolonial itu masih tetap bertahan hingga saat ini.

Alamat Jl. Pemuda, Sekayu, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 10.000 / orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 21.00 WIB

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Selain Lawang Sewu, tempat wisata di Kota Semarang yang wajib Anda kunjungi adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng tertua ini juga merupakan ikon wisata Kota Semarang.

Bangunan bersejarah yang berdiri sekitar tahun 1724 ini merupakan tempat persinggahan pertama Cheng Ho, seorang Laksamana beragama Islam dari China, saat pertama kali datang ke Indonesia.

Klenteng Sam Poo Kong menjadi ‘menu wajib’ karena memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Daya tarik yang lain, ada festival dan acara religi yang digelar secara rutin di klenteng ini. Tempat wisata ini biasanya dijadikan paket liburan ke Semarang oleh biro perjalanan wisata lokal yang ada disana.

Alamat Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kota Semarang
HTM Rp. 20.000 – Rp. 40.000 / orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Kota Lama

Kota Lama

Satu lagi wisata sejarah di Kota Semarang yang sangat populer adalah Kota Lama. Sesuai namanya, Kota Lama menjadi ‘menu wajib’ bagi wisatawan karena memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang berdiri pada abad 19-20.

Bangunan di Kota Lama sangat kental dengan nuansa Eropa yang megah dan unik. Ketika memasuki kompleks itu, Anda akan merasakan hawa magis seolah kembali ke masa silam.

Tentu, keindahan bagunan itu menjadi daya tarik tersendiri terutama buat mereka yang sedang hunting foto. Disini, ada banyak spot foto menarik, hingga banyak produser memilih Kota Lama Semarang untuk lokasi syuting.

Alamat Jl. Letjen Suprapto No. 31, Tanjung Mas, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Tugu Muda

Tugu Muda

Satu lagi ikon Kota Semarang yang ramai dikunjungi para wisatawan yang datang ke kota ini adalah Tugu Muda. Bahkan, tugu ini menjadi ‘menu wajib’ bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Kota Atlas.

Beberapa sumber menyebutkan Tugu Muda berdiri sebagai simbol Kota Pelajar. Sumber lain menyebutkan tugu tersebut dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Semarang melawan penjajah.

Namun, apapun sumbernya, Tugu Muda adalah tempat wisata Semarang terbaru yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Bangunannya yang indah dengan desain unik menjadi spot foto yang menarik.

Alamat Jl. Pandanaran, Mugasari, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Jika Anda berlibur di Semarang, Jangan lewatkan untuk singgah sejenak di Masjid Agung Jawa Tengah. Di tempat wisata religi ini, Anda akan menyaksikan bangunan masjid yang menjadi kebanggan umat Islam Kota Semarang.

Daya tarik dari bangunan masjid ini terletak pada arsiteknya yang merupakan perpaduan gaya Jawa, Arab, dan Italia. Selain bangunan, suasana masjid juga sejuk dan nyaman untuk beribadah.

Daya tarik yang lain, Anda bisa naik ke puncak menara masjid untuk melihat keindahan Kota Semarang. Masjid Agung Semarang, bukan sekadar tempat ibadah, namun menjadi destinasi wisata andalan.

Alamat Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal Semarang

Wisata sejarah di Kota Semarang memang tidak ada habisnya. Kali ini kami memperkenalkan wisata sejarah di Semarang yang cukup populer, yakni Masjid Kapal. Mengapa disebut masjid kapal, pastinya karena bentuknya seperti kapal.

Selain memiliki bentuk yang unik, pemandangan di sekitar masjid juga cukup indah dengan pohon-pohon hijau yang tumbuh di sekelilingnya. Ada juga penjual kaki lima yang menjajakan makanan khas Semarang.

Memasuki ke dalam terasa suasana yang sangat tenang dan khidmat. Terdapat empat lantai di masjid ini. Lantai 1 untuk pertemuan, lantai 2-3 untuk shalat, dan lanta 4 untuk melihat pemandangan Kota Semarang.

Alamat Jl. Kyai Padak, Podorejo, Ngaliyan, Kota Semarang
HTM Rp. 3.000 / orang
Jam Buka / Tutup 04.00 – 20.00 WIB

Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha

Berada di Ketinggian, Pura Agung Giri Natha menghadirkan suasana kedamaian sekaligus keindahan tempat di sekelilingnya. Objek wisata religi Semarang ini cukup terkenal dan menjadi salah satu tujuan utama.

Dengan berbagai hiasan dan pernak-pernik khas Hindu, Anda terasa seperti sedang berada di Bali. Jadi, kalau ingin melihat pura tidak perlu ke Bali, cukup di Semarang saja.

Jika Anda berkunjung hari Ahad, Anda bisa mengikuti kegiatan olahraga yoga yang diselenggarakan oleh pihak pengelola.

Alamat Jl. Sumbing No. 12 Gajahmungkur, Kota Semarang
HTM Rp. 20.000 / orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 20.00 WIB

Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Konsepnya mirip Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Wisata Maerokoco menghadirkan anjungan berbagai rumah adat lengkap dengan hasil industri dari daerah.

Selain rumah adat, destinasi wisata favorit Semarang ini juga menghadirkan miniatur tempat tujuan wisata di Jawa Tengah. Banyak wisatawan yang menjadikan Puri Maerokoco ini sebagai destinasi wisata edukasi.

Pemandangan alam di sekitar taman juga tidak kalah menarik. Anda bisa menikmati hutan bakau dengan menyusuri jembatan yang telah tersedia. Atau, sewa sampan atau speedboat.

Alamat Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kota Semarang
HTM Rp. 10.000 – Rp. 15. 000 / orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 18.00 WIB

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi Semarang

Kota Semarang juga punya destinasi wisata tematik yang menghadirkan rumah warga dengan genteng yang dicat warna warni mirip pelangi. Wisata tematik Semarang ini sekarang menjadi tempat tujuan wisata favorit.

Suasana lingkungan yang bersih, sejuk, dan segar dengan pepohonan hijau di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi perkampungan yang awalnya kumuh ini.

Bagi yang penasaran dengan Kampung Pelangi dan membutuhkan kendaraan sewa untuk sampai kesana, kami siap melayani Anda dengan rental mobil Innova Reborn. Untuk sistem sewanya, bisa dengan sopir atau lepas kunci.

Alamat Jl. DR. Sutomo No. 89, Randusari, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Kampung Tematik Jawi

Kampung Tematik Jawi

Mirip Kampung Pelangi, namun punya misi dan tujuan yang berbeda. Tempat wisata tradisi di Semarang ini dibangun untuk lebih mengenal sejarah, budaya, dan tradisi Jawa.

Banyak hal menarik yang bisa diperoleh dari kunjungan Anda di kampung tematik ini, misalnya guyup rukunnya masyarakat di lingkungan itu. Kemudian, bagaimana mereka menyambut hangat para pengunjung yang datang.

Daya tarik yang lain, pastinya punya panorama alam yang indah dengan ciri khas perkampungan yang sejuk dan segar dengan pepohonan hijau di sekelilingnya.

Alamat Jl. Jl. Kanfer Utara, Banyumanik, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Kampung Pecinan

Kampung Pecinan Semarang

Selain Kampung Pelangi, Kota Semarang juga memiliki tempat tujuan wisata yang tak kalah unik, yang disebut sebagai Kompleks Pecinan. Disebut itu karena di kompleks tersebut banyak berdiri rumah-rumah warga etnis Tionghoa.

Tidak hanya bentuk bangunan rumahnya, suasana pemukiman itu juga sangat kental dengan budaya Tiongkok. Bahkan, ketika Anda memasuki kawasan itu terasa seperti berada di China.

Oleh Pemkot Semarang, Kompleks Pecinan ini tetap dipertahankan sesuai aslinya. Baik bangunan maupun budayanya masih terawat dengan baik. Satu lagi wisata alternatif di Semarang yang recommended Anda kunjungi.

Alamat Kauman, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Kampung Batik

Kampung Batik

Tidak hanya Solo, Kota Semarang juga memiliki tradisi membatik dengan ciri khasnya sendiri. Untuk menghargai tradisi masyarakat Semarang tersebut kemudian didirikan Kampung Batik.

Destinasi wisata tematik Semarang ini sudah cukup terkenal di seantero Jawa Tengah. Saat berkunjung ke Kampung Batik, Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Semarang bertemakan tentang batik, mulai baju, tas, dll.

Yang paling menarik dari objek wisata Kampung Batik adalah sebuah lukisan berukuran 46 meter. Lukisan itu menceritakan tentang terbentuknya Kota Semarang.

Alamat Jl. Batik No. 698 A, Rejomulyo, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa termasuk wisata sejarah di Kab Semarang paling populer. Monumen yang dibangun untuk mengenang Pertempuran Palagan Ambarawa ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Di monumen ini, pengunjung bisa melihat dari dekat relief-relief yang menggambarkan hebatnya perjuangan Kolonel Sudirman dkk saat berhasil melucuti senjata tentara sekutu.

Museum perjuangan ini memiliki konsep bangunan rumah joglo yang tampak indah dipandang mata. Monumen ini menjadi spot foto menarik berlatar belakang perjuangan.

Alamat Jl. Mgr Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 10.000 / orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 18.00 WIB

Benteng Pendem

Satu lagi wisata sejarah Semarang yang tidak boleh terlewatkan adalah Benteng Pendem. Bangunan bersejarah yang juga dikenal dengan nama Benteng Willem I ini berdiri pada 1834.

Memasuki benteng, pengunjung akan menyaksikan berbagai benda peninggalan Belanda. Benteng ini menjadi saksi sejarah pertempuran para pejuang melawan penjajah Belanda.

Banyak pengunjung yang menjadikan Benteng Pendem sebagai spot foto menarik. Namun, karena lokasinya ada di Kompleks Lapas Ambarawa, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum mengambil gambar.

Alamat Bugisan, Lodoyong, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Gratis
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Kampoeng Rawa

Selain menyaksikan keindahan danau, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kampoeng Rawa yang sangat mempesona. Objek wisata Kab Semarang ini tergolong unik karena keberadaan kampung itu mengapung di atas danau.

Orang mengenal Kampoeng Rawa juga sebagai tempat wisata kuliner Semarang. Di rumah makan terapung ini, Anda bisa memesan aneka hidangan laut sambil menikmati pemandangan rawa-rawa yang mempesona.

Jika Anda sedang berlibur di Semarang bersama keluarga, mampir ke Kampoeng Rawa cukup recommended sekaligus berburu spot foto unik dan menarik.

Alamat Jl. Jend. M. Sarbini, Kupangsari, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 90.000 – Rp. 100.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 20.00 WIB

Goa Maria

Goa Maria

Gua Maria merupakan situs penting yang digunakan sebagai tempat ziarah umat Katolik. Di goa yang sudah ada sejak 1954 ini, berdiri Patung Bunda Maria setinggi 42 meter.

Memasuki goa, pengunjung bisa melihat dari dekat mata air yang keluar dari goa, yang dipercaya dapat menjadi berkah bagi yang menggunakannya.

Selain sebagai tempat peribadatan Umat Katolik, Gua Maria juga menjadi salah satu objek wisata religi di Semarang, khususnya umat Katolik. Di sekitar goa tumbuh pepohonan rindang yang menambah sejuk suasana.

Alamat Jl. Gua Maria, Kerep, Panjang, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 2.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 21.00 WIB

Museum Kereta Ambarawa

Saat liburan di Semarang, tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Kereta Ambarawa. Objek wisata museum Semarang ini menyuguhkan koleksi berbagai jenis kereta api yang ada di Indonesia.

Yang paling menarik pengunjung adalah beberapa jenis kereta api peninggalan Belanda, seperti kereta uap, yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Pengunjung bisa merasakan sensasi kereta api kuno peninggalan kolonial Belanda dengan menaikinya berkeliling menikmati pemandangan di sekitar museum.

Alamat Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 10.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Taman Djamoe Indonesia

Semarang identik dengan jamu. Tak heran, jika di daerah ini dibangun Taman Djamoe Indonesia. Di dalam taman, Anda akan menyaksikan berbagai jenis jamu, termasuk bahan dan cara pembuatannya.

Di luar gedung, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona. Udara sejuk khas Ambarawa semakin menambah betah pengunjung yang singgah ke tempat ini.

Penasaran? Jika Anda membutuhkan kendaraan rental, kami siap menyediakan kebutuhan sewa mobil Semarang untuk Anda. Hubungi kami di Salsa Wisata, bisa dengan sopir atau lepas kunci.

Alamat Jl. Tentara Pelajar No. 81, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 7.500 /orang
Jam Buka / Tutup 09.00 – 16.00 WIB

Masjid Agung Ungaran

Masjid Agung Ungaran menjadi salah satu tujuan liburan di Semarang karena menyuguhkan arsitek bangunan yang unik. Masjid ini memiliki bentuk mirip segi delapan.

Masuk ke bagian dalam, Anda akan menyaksikan model mimbar unik bertuliskan kalimat syahadat dan surat Al-fatihah. Ada juga mihrab dengan tulisan kaligrafi yang indah.

Pemandangan di sekitar masjid juga tidak kalah menarik. Anda bisa mampir ke Masjid Agung Ungaran untuk beribadah dengan nyaman saat melintas di daerah Ungaran.

Alamat Jl. A. Yani, Sidomulyo, Ungaran Timur, Kab. Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

 Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Liburan Anda di Semarang berlanjut ke Bandungan. Tujuan pertamanya adalah melihat kemegahan Candi Gedong Songo. Tempat wisata bersejarah ini menjadi ‘menu wajib’ bagi wisatawan yang sedang berlibur di Semarang.

Bangunan candi yang unik menjadi salah satu daya tarik tempat wisata Semarang Instagramable yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Tak heran jika selain pemandangan yang indah, suasananya pun sangat sejuk dan segar.

Waktu terbaik berkunjung ke Candi Gedong Songo adalah saat pagi dan sore hari. Waktu itu adalah momen yang ditunggu karena Anda akan menikmati keindahan sunrise dan sunset dari ketinggian.

Alamat Darum, Krajan, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 10.000 /orang
Jam Buka / Tutup 06.30 – 18.00 WIB

Objek wisata alam di Semarang juga tidak kalah indah dari tetangga dekatnya, Solo dan Jogja. Bahkan, Semarang yang punya banyak perbukitan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Berikut tempat wisata alam di Semarang.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo bisa menjadi sarana rekreasi yang cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan kejenuhan dari rutinitas kerja sehari-hari. Objek wisata alam Semarang ini menawarkan keindahan alam yang tetap lestari.

Memanfaatkan area bekas kebun binatang, hutan ini disulap menjadi wisata yang cukup menarik dengan berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari gazebo sebagai tempat istirahat hingga lahan parkir yang luas.

Di kawasan hutan seluas 57 hektar ini juga terdapat sisa bangunan kebun binatang yang bisa Anda manfaatkan untuk spot foto unik. Jangan lewatkan hutan ini saat Anda berlibur di Kota Semarang.

Alamat Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 /orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 18.00 WIB

Pantai Maron

Kota Semarang juga punya pantai yang tak kalah cantik, namanya Pantai Maron. Pantai ini termasuk unik karena disetiap sisinya dipenuhi dengan tumbuhan mangrove yang semakin menambah hijau suasana pantai.

Anda yang sedang berlibur di Kota Semarang tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Wisata pantai di Kota Semarang ini menyuguhkan pesona alam laut dengan hembusan angin laut yang khas.

Untuk Anda yang hobi hunting foto, banyak spot foto menarik dengan latar belakang pohon bakau. Bisa juga mengambil gambar di sepanjang jembatan bambu atau gazebo untuk istirahat pengunjung.

Alamat Tugurejo, Tugu, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 /orang
Jam Buka 24 Jam

Pantai Baruna

Berbeda dengan Pantai Marun, wisata laut Semarang yang satu ini bukanlah pantai yang sesungguhnya. Pantai Baruna hanya pinggiran laut yang mengarah langsung ke laut lepas.

Yang menarik dari pantai ini adalah tumbuhnya ilalang dan pepohonan rindang di sekitar pantai yang semakin menambah keindahan Pantai Baruna.

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai ini untuk menikmati desiran angin laut dan deburan ombak yang memecah karang. Anda bisa mengajak keluarga dan kerabat untuk sekedar bersantai di lepas pantai.

Alamat Pelabuhan Mas, Tanjung Mas, Kota Semarang
HTM Rp. 3.000 /orang
Jam Buka / Tutup 05.00 – 22.00 WIB

Pantai Marina

Pantai Marina

Satu lagi pantai yang ada di Kota Semarang adalah Pantai Marina. Diantara tiga pantai yang terdapat di Kota Semarang, Pantai Marina adalah yang paling populer di mata wisatawan.

Di spot wisata Pantai ini Anda tidak hanya disuguhi pemandangan khas laut. Namun juga hembusan angin dan deburan ombak yang semakin menambah suasana laut menjadi kian mempesona.

Di pantai ini pula, Anda bisa menyaksikan aneka ikan laut berukuran kecil yang berkumpul di terumbu karang di sekitar pantai yang masih terawat dengan baik. Satu momen yang sangat sangat jika terlewatkan.

Alamat Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 /orang
Jam Buka / Tutup 05.00 – 20.00 WIB

Hutan Mangrove Tapak

Ada yang berbeda dari hutan mangrove di tempat lain. Hutan Mangrove di Kota Semarang menawarkan pengalaman unik sekaligus menantang. Anda bisa menginjak tanah secara langsung tanpa melalui jembatan bambu.

Inilah yang menjadi daya tarik wisata Hutan Mangrove Semarang yang mengusung konsep Mangrove Tapak.

Di sekitar hutan bakau juga terdapat tampak yang banyak dimanfaatkan sebagai lokasi memancing. Namun, untuk bisa mancing di tambak itu, pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu.

Alamat Tugurejo, Tugu, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 10.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Goa Kreo

Puas menjelajahi Kota Semarang, saatnya Anda mengunjungi wisata alam yang sesungguhnya. Di Kota Semarang, terdapat wisata goa favorit bagi wisatawan, yakni Goa Kreo. Berasal dari fenomena alam, goa ini membendung Sungai Kreo.

Oleh para wisatawan, tempat ini kerap menjadi spot foto menarik. Pemandangan di sekitar goa juga tidak kalah menarik. Banyak pohon besar yang tumbuh rindang hingga membuat suasana makin teduh.

Anda juga tidak perlu khawatir perut lapar, sebab di sekitar goa terdapat warung makan yang menyediakan makanan khas Semarang. Selain itu, beberapa jajan nikmat juga tersedia di tempat ini.

Alamat Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kota Semarang
HTM Rp. 5.500  /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Bukit Gombel

Obyek wisata keren di Kota Semarang yang sudah cukup populer adalah Bukit Gombel. Banyaknya tanah bukit menjadikan Kota Semarang kaya akan spot wisata perbukitan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Gombel adalah pada malam hari. Saat malam tiba, dari bukit, Anda akan melihat hamparan kota yang sangat indah dengan aneka warna lampu kota.

Anda juga bisa berkunjung di siang hari yang akan menyaksikan pemandangan rumah-rumah penduduk yang tersusun teratur dengan rumput hijau di sekelilingnya.

Alamat Ngesrep, Banyumanik, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Kebun Durian Semarang

Inilah salah satu kelebihan berlibur di Kota Semarang. Anda tidak hanya menyaksikan keindahan destinasi wisata Semarang populer, namun juga bisa menikmati dan memetik buah durian sepuasnya.

Di Kebun Durian Semarang, selain makan durian sepuasnya, Anda juga bisa belajar cara menanam dan merawat durian dengan baik.

Daya tarik yang lain, kebun durian ini tidak hanya menawarkan satu jenis durian, namun banyak jenis durian dengan aneka rasa bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Alamat Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kota Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 10.000 / orang
Jam Buka 24 Jam

Jembatan Harapan

Lokasinya ada di Taman Mini Jawa Tengah Indah (TMJI) Semarang, Jembatan Harapan menjadi obyek wisata Semarang favorit karena menawarkan keindahan yang luar biasa.

Di jembatan itu, saat sore hari, Anda bisa menyaksikan keindahan langit berwarna temaram. Sambil menunggu sore dan malam hari, Anda bisa pesan aneka jajan dan makanan khas Semarang di sana.

Banyak wisatawan yang berlibur di Kota Semarang menyempatkan diri singgah di jembatan itu karena ingin menikmati keindahan kota yang dijuluki Venesianya Pulau Jawa dari sudut pandang yang lain.

Alamat Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kota Semarang
HTM Rp. 10.000 – Rp. 15.000
Jam Buka / Tutup 07.00 – 19.30 WIB

Lembah Kalipancur

Mengusung konsep desa wisata, Lembah Kalipancur menjadi salah satu destinasi wisata Kota Semarang yang mulai populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati segarnya udara pedesaan.

Meskipun konsepnya pedesaan, bukan berarti Lembah Kalipancur tidak punya fasilitas lengkap. Tempat wisata ini tetap didesain dengan kelengkapan modern, seperti fasilitas kolam renang, sepeda air, hingga kandang rusa.

Panorama alam yang indah dan sejuk semakin menambah daya tarik objek wisata ini. Apalagi, dengan tersedianya aneka kuliner khas Semarang yang lezat dan tentunya tidak membuat kantong Anda kempes.

Alamat Jl. Raya Kalipancur Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang
HTM Rp. 3.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.30 – 17.00 WIB

Waduk Diponegoro

Waduk Diponegoro lebih difungsikan sebagai tempat penelitian. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang sedang berlibur di Kota Semarang singgah di waduk ini karena tempatnya cukup nyaman untuk relaksasi.

Sejak awal dibangun, Waduk Diponegoro merupakan tempat asyik untuk jalan-jalan sekaligus sebagai tempat untuk rekreasi pendidikan. Tidak sedikit keluarga dan anak-anak, bahkan rombongan sekolah, datang ke sini untuk belajar.

Untuk Anda yang berminat liburan kesana, kami siap menyediakan kendaraan rentalnya. Salsa Wisata siap dengan rental mobil Toyota Avanza Semarang untuk Anda dan keluarga.

Alamat Bulusan, Tembalang, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang termasuk salah satu wisata favorit di Semarang yang banyak menarik minat pengunjung dari berbagai daerah. Daya tariknya, terdapat pemandangan yang indah di sekitar waduk yang bisa Anda nikmati.

Anda juga bisa menyewa kapal atau speedboat untuk berkeliling danau. Atau, jika suka mancing, Anda bisa memancing di danau yang dibangun pada 2014 silam.

Ada momen yang paling ditunggu di Waduk Jatibarang. Umumnya, para pengunjung datang pada sore hari saat matahari tenggelam. Itu waktu terbaik di danau karena mereka bisa menikmati momen sunset.

Alamat Jl. Jatibarang, Mijen, Kota Semarang
HTM Rp. 3.000  /orang
Jam Buka / Tutup 05.00 – 18.00 WIB

Danau Rawa Pening

Kami akan mengajak Anda berkeliling di sekitar Ambarawa, Semarang. Tujuan kita adalah Danau Rawa Pening.

Lokasinya ada di Jalan Lingkar KM 3 Semarang, danau ini menjadi salah satu objek wisata hits Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan.  Terlihat pula pemandangan Gunung Merbabu dan Ungaran, yang semakin menambah indah suasana danau.

Selain melihat pemandangan, Anda bisa melakukan kegiatan memancing. Anda juga bisa mencoba berbagai wahana permainan seru yang tersedia, seperti ATV, perahu karet, dll.

Alamat Bejalen, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 15.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 20.00 WIB

Hutan Penggaron

Salsa Wisata mengajak Anda melanjutkan perjalanan wisata menuju daerah Ungaran, Kab. Semarang. Tempat yang akan kita tuju adalah Hutan Wisata Penggaron.

Di hutan ini, Anda akan merasakan sensasi kesegaran yang luar biasa. Dengan pohon pinus yang rindang membuat hutan tidak hanya sejuk namun juga menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Selain sebagai hutan wisata, Hutan Penggaron juga dimanfaatkan sebagai tempat outbond dan latihan para pecinta alam, Tim SAR, hingga Pramuka. Tidak salah jika saat berada di Ungaran singgah di wisata hutan di Semarang yang satu ini.

Alamat Desa Susukan, Ungaran Timur, Kab. Semarang
HTM Rp. 6.000 /orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 17.00 WIB

Watu Gunung

Selain Tirto Agung Siwarak, di Ungaran juga terdapat kolam pemandian yang menarik, yakni kolam Watu Gunung. Yang membedakan keduanya adalah kolam pemandian di lereng Gunung Ungaran ini mengusung konsep yang unik.

Selain unik, mata air pemandian ini juga berasal dari sumber air alami sehingga sangat menyegarkan. Anda dijamin akan betah untuk berendam lama disana.

Di sekitar pemandian, terdapat bangunan pendopo sebagai tempat bagi pengunjung untuk bersantai atau tempat orang beristirahat setelah berendam di air alami Watu Gunung.

Alamat Lerep Watu, Lerep, Ungaran Barat, Kab. Semarang
HTM Rp. 20.000 – Rp. 25.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 16.00 WIB

Air Terjun Semirang

Kali ini kami akan mengajak Anda mengunjungi salah satu tujuan wisata utama Semarang, yakni Air Terjun Semirang. Di tempat ini, Anda akan disuguhi suasana khas air terjun yang sejuk dan asri,

Pemandangan di sekitar air terjun juga tidak kalah indah dengan deretan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Untuk Anda yang sedang refreshing, tempat ini sangat recommended.

Namun, mengingat akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Semirang cukup sulit dengan kendaraan roda empat, kami sarankan agar Anda sewa kendaraan roda dua. Salsa Wisata menyediakan sewa motor untuk Anda.

Alamat Gogik, Ungaran Barat, Kab. Semarang
HTM Rp. Rp. 5.000 – 10.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 16.00 WIB

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Untuk Anda yang hobi bunga, jangan lewatkan kunjungan ke Taman Bunga Celosia. Di wisata taman Semarang ini, Anda akan disuguhi aneka jenis bunga yang sangat indah, seperti melati putih, anggrek, raflesia arnoldi, dll.

Banyaknya pohon yang rindang dan menjulang tinggi semakin menambah indah suasana taman. Belum lagi udara khas pegunungan menjadikan Anda kian betah berlama-lama di sini.

Anda tidak perlu khawatir perut lapar, karena di dalam taman terdapat rumah makan murah. Ada juga fasilitas mushola, toilet, dan parkir luas.

Alamat Jl. Gedong Songo, Beroken, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 20.000 – Rp. 25.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

Flower Farm Setiya Aji

Masih tentang tema kebun bunga, jika Anda masih belum puas, bisa melanjutkan perjalanan menuju Flower Farm Setiya Aji. Taman bunga ini juga memiliki koleksi aneka bunga dengan warna-warni yang cantik.

Lokasi taman wisata bunga yang ada di dataran tinggi ini juga semakin menambah sejuk dan segar suasana. Belum lagi, di sekeliling taman bunga juga terlihat pemandangan alam yang indah.

Waktu terbaik datang ke Flower Farm Setiya Aji adalah pada waktu pagi dan sore hari saat cuaca cerah dan cahaya matahari sedang bersinar bagus.

Alamat Jl. Kendalisodo, Piyoto, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 7.500  /orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 18.00 WIB

Kampung Krisan Clapar

Mengusung konsep perkampungan, wisata Kampung Krisan Clapar menyuguhkan panorama pemandangan pegunungan yang sejuk, segar, dan indah dipandang mata.

Untuk Anda yang suka dengan suasana kampung yang tenang dan damai, Kampung Krisan Clapar bisa menjadi alternatif tempat liburan Anda.

Belum lagi, ada gazebo untuk beristirahat yang dibuat mirip gubuk di sawah yang semakin membuat nuansa pedesaannya kian terasa.

Alamat Jl. Kendalisodo, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 10.000  / orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 17.00 WIB

La Kana Chapel

Mengusung tema Eropa, arsitektur La Kana Chapel dengan hiasan dominasi warna putih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sedang liburan di Semarang.

La Kana Chapel berada di kawasan Restoran Susan Spa Resort. Pemandangan alam dengan rumput hijau yang lebat di sekeliling kompleks juga semakin menambah indah suasana.

Untuk Anda yang berkunjung ke La Kana Chapel bawa anak, tidak usah bingung. Sebab, di wisata keluarga Semarang ini tersedia area bermain anak-anak yang aman dan nyaman.

Alamat Jl. Ngasem, Jetis, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 35.000  / orang
Jam Buka / Tutup

Hutan Pinus Tiamo

Semarang punya wisata hutan pinus yang indah sekaligus unik karena berbeda dengan hutan pinus pada umumnya. Namanya Hutan Pinus Tiamo sebagai wisata favorit warga Semarang.

Ada banyak fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati di tempat wisata ini, seperti kereta gantung atau hiasan payung yang dibuat warna-warni pelangi hingga menambah seru suasana hutan.

Di sekitar hutan pinus juga tak kalah mempesona. Sejauh mata memandang, Anda dapat melihat hamparan hutan berwarna hijau yang berselimut kabut.

Alamat Sokowolu, Tajuk, Getasan, Kab. Semarang
HTM
Jam Buka 24 Jam

Air Terjun Kali Pancur

Satu lagi destinasi wisata alam Semarang yang cukup terkenal adalah Air Terjun Kali Pancur. Air terjun setinggi 150 meter ini menjadi favorit wisatawan di Semarang karena menghadirkan pesona alam yang luar biasa.

Belum lagi, keindahan alam di sekelilingnya, seperti hutan dengan pepohonan yang rindang, serta lembah dan gunung yang tampak hijau dari kejauhan. Semakin menambah daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Apalagi jika dipadukan dengan gemercik air yang mengalir dari lereng Gunung Telomoyo, tentu terasa dingin dan menyegarkan. Satu momen yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Alamat Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kab. Semarang
HTM Rp. 30.000 – Rp. 150.000 /orang
Jam Buka / Tutup 10.00 – 18.00 WIB

Wisata Lereng Kelir

Berada di ketinggian 1300 mdpl, Wisata Lereng Kelir menghadirkan panorama keindahan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Rawa Pening.

Keberadaan gardu pandang di Lereng Kelir membuat wisatawan makin jelas menikmati keindahan wisata Semarang terbaik ini. Sejauh mata memandang, Anda akan menikmati keindahan Lereng Kelir.

Apalagi, jika mau mendaki bukit. Anda bak berada di atas awan. Kawasan berada di dataran tinggi ini sangat recommended Anda kunjungi untuk mendapatkan spot foto terbaik.

Alamat Gertas, Brongkol, Jambu, Kab. Semarang
HTM Rp. 5.000 – Rp. 7.000 /orang
Jam Buka / Tutup 05.00 – 18.00 WIB

Jembatan Biru Ambarawa

Apa yang menarik dari jembatan yang diberi nama Jembatan Biru Ambarawa? Jembatan ini menghubungkan dua jembatan yang tidak simetris.

Waktu terbaik berkunjung ke jembatan ini adalah pada waktu pagi dan senja hari. Waktu itu, Anda bisa menyaksikan momen sunrise dan sunset Rawa Pening yang sangat indah.

Ada juga perahu sewa yang bisa Anda sewa untuk mancing atau sekadar berkeliling menyusuri danau.

Alamat Sumurup, Asinan, Bawen, Kab. Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Goa Rong View

Liburan ke Semarang kurang lengkap jika tidak mengunjungi objek wisata yang berada di atas ketinggian. Salah satu spot wisata itu adalah Goa Rong View yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari atas bukit.

Dari atas bukit, sejauh mata memandang, Anda akan menyaksikan panorama alam di sekitar Gunung Telomoyo hingga Gunung Sindoro.

Liburan mengajak anak juga akan tenang di wisata asyik di Semarang ini. Ada banyak fasilitas yang tersedia untuk bermain anak-anak. Ajak anak Anda untuk menikmati permainan seru dan menantang.

Alamat Jl. Raya Tuntang-Beringin Km. 2, Tuntang, Kab. Semarang
HTM Rp. 3.000 /orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 18.00 WIB

Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran menyuguhkan pemandangan alam berupa hamparan perkebunan kopi yang cukup luas, Bukan sekadar kebun kopi, wisata alam indah di Semarang ini punya fasilitas lengkap.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, antara lain aneka permainan seru sekaligus menantang. Misalnya, flying fox, ATV, outbound, dll.

Kampung Kopi Banaran akan menghadirkan pengalaman menarik. Jadikan liburan Anda bersama keluarga lebih bermakna dengan rental Mobil Toyota Avanza Semarang di Salsa Wisata.

Alamat Jl. Raya Bawen – Solo Km 1,5 Gentong, Bawen, Kab. Semarang
HTM Rp. 5.000 /orang
Jam Buka / Tutup 09.00 – 18.00 WIB

Taman Tabanas

Berlokasi di Dataran Tinggi, Taman Tabanas dimanfaatkan banyak pengunjung untuk melihat pemandangan Kota Semarang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke spot wisata taman kota ini adalah pada malam hari.

Saat malam hari, dari atas taman, Anda akan menyaksikan pemandangan Semarang yang menakjubkan dengan kerlap-kerlip lampu warna-warni kota.

Suasananya juga sepi, cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat untuk ‘mengasingkan diri’ dari keramaian. Di Taman ini Anda akan semakin betah karena udara yang sejuk dengan angin bertiup sepoi-sepoi basah.

Alamat Jl. Setiabudi No. 12, Banyumanik, Kota Semarang
HTM Gratis
Jam Buka 24 Jam

Di Semarang juga terdapat banyak wahana wisata edukasi dan permainan, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mengajak anak liburan. Berikut beberapa spot wisata edukasi dan permainan yang recommended.

Water Blaster Bukit Candi Golf

Kota Semarang, selain menawarkan wisata alam dan budaya, juga terdapat wahana wisata yang cukup populer, yakni Water Blaster Bukit Candi Golf. Wahana wisata Semarang ini punya banyak permainan air yang menarik.

Ada banyak wahana permainan air yang bisa Anda pilih. Setidaknya terdapat 20 jenis permainan air di Bukit Candi Golf. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda berlibur mengajak anak-anak.

Selain permainan air, ada berbagai fasilitas yang tidak kalah menarik, antara lain permainan yang menguji adrenalin, spot foto, hingga gazebo untuk istirahat sambil menunggu anak bermain air.

Alamat Jl. Bukit Golf No. 1, Tembalang, Kota Semarang
HTM Rp. 60.000 – Rp. 80.000 /orang
Jam Buka / Tutup 07.00 – 17.30 WIB

Old City 3D Trick Art Museum

Kota Semarang tidak hanya memiliki perkampungan tradisional namun juga punya wisata modern. Untuk Anda yang suka hunting foto atau sedang mencari spot foto menarik bisa berkunjung ke Old City 3D Trick Art Museum.

Di museum seni ini, Anda bisa memilih berbagai latar belakang foto. Sedikitnya terdapat 108 latar foto 3 dimensi dengan 4 tema ruangan yang berbeda bisa Anda gunakan untuk foto bersama keluarga.

Untuk mendapatkan hasil foto yang unik, di dalam museum itu tersedia berbagai pakaian yang bisa Anda kenakan. Agar terlihat baru, latar belakang foto juga berganti setiap bulannya.

Alamat Jl. Letjen Suprapto No. 26, Tanjung Mas, Kota Semarang
HTM Rp. 30.000 /orang
Jam Buka / Tutup 10.00 – 18.00 WIB

Semarang Gallery

Semarang Gallery merupakan galeri seni yang menyimpan berbagai macam karya seni dari para seniman Indonesia.  Ada banyak jenis karya seni yang dipajang, mulai seni tradisional hingga kontemporer.

Anda yang menyukai karya seni tentu akan berkunjung kesini. Dengan berbagai koleksi seni terbaik dari seniman Tanah Air dan dunia, terlalu sayang jika wisata galeri seni Semarang ini Anda lewatkan.

Kami siap mengantar Anda saat berlibur di Semarang bersama keluarga. Ada rental Honda Jazz Semarang yang bisa Anda manfaat dengan supir atau tanpa supir (lepas kunci).

Alamat Jl. Taman Srigunting  No, 5-6,  Tanjung Mas, Kota Semarang
HTM Rp. 10.000 /orang
Jam Buka / Tutup 10.00 – 16.30 WIB

Brown Canyon

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Brown Canyon, tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Amerika dengan keindahan alam yang mempesona.

Di Kota Semarang, terdapat Brown Canyon yang tak kalah keren. Brown Canyon adalah area perbukitan berupa batuan cadas yang memiliki pesona khas.

Brown Canyon recommended untuk Anda kunjungi. Kami siap mengantar Anda dengan kendaraan terbaik kami, rental mobil Grand Fortuner Semarang.

Alamat Jl. Rowosari, Tembalang, Kota Semarang
HTM Rp. 2.000  /orang
Jam Buka 24 Jam

Eling Bening

Untuk Anda yang sedang berlibur di Semarang, jangan lewatkan untuk berkunjung ke wahana wisata Kab Semarang. Disana, Anda dapat merasakan sensasi aneka permainan seru dan menantang.

Ada banyak wahana permainan seru yang bisa Anda coba, antara lain flying fox, campaign ground, kolam renang, dll. Akan lebih seru jika Anda mengajak keluarga dan anak bermain disini.

Yang menjadi daya tarik dari wahana wisata ini adalah lokasinya yang terletak di puncak perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa. Dari puncak, pengunjung bisa menikmati pemandangan Rawa Pening yang eksotis.

Alamat Jl. Kartini, Tambakboyo, Ambarawa, Kab. Semarang
HTM Rp. 15.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 18.00 WIB

Tirto Argo Siwarak

Jika Anda berlibur ke Semarang mengajak anak-anak, kami rekomendasikan untuk mengunjungi Tirto Argo Siwarak. Wahana wisata air di Semarang ini menyuguhkan kolam renang yang pasti membuat anak-anak suka.

Kolam renang ini menjadi tempat favorit karena diambil dari sumber mata air alami, sehingga airnya sangat jernih dan bersih. Tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan liburan.

Belum lagi, pemandangan di sekitar kolam juga tak kalah mempesona. Demikian juga fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai kamar mandi, toilet, dll.

Alamat Jl. Tirto Argo, Nyatnyono, Ungaran Barat, Kab. Semarang
HTM Rp. 15.000 /orang
Jam Buka / Tutup 08.00 – 16.30 WIB

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti juga tempat wisata seru di Semarang yang wajib Anda kunjungi. Wahana wisata ini menghadirkan aneka permainan seru dan menantang yang layak Anda coba.

Anda bisa menikmati outbound, tempat camping, wahana permainan, kolam renang, dll. Umbul Sidomukti mengusung konsep wisata pegunungan dengan fasilitas lengkap.

Pemandangan alam di sekitar kolam renang juga sangat mempesona. Pohon-pohon hijau menambah sejuk dan segar suasana. Cocok sebagai spot foto unik Anda dan keluarga.

Alamat Umbul Sidomukti, Manggung, Bandungan, Kab. Semarang
HTM Rp. 5.000 / orang
Jam Buka / Tutup 09.00 – 20.00 WIB

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Satu lagi wisata keluarga di Semarang yang wajib Anda kunjungi adalah Saloka Theme Park. Wahana wisata keluarga ini menyajikan 4 zona permainan dengan total 20 jenis permainan.

Di tempat wisata seluas 12 ha ini, Anda bisa mencoba 4 zona permainan, antara lain zona pasir, zona segara prada, zona balalantar, dan zona ararya. Semua permainan ini dijamin seru.

Untuk sekolah yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok buat hiburan para siswa, Saloka Theme Park adalah tempatnya. Untuk sewa busnya, bisa kontak bus pariwisata Semarang Elf Short di Salsa Wisata.

Alamat Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kab. Semarang
HTM Rp. 30.000 – Rp. 150.000 /orang
Jam Buka / Tutup 10.00 – 18.00 WIB

Itulah 55 tempat wisata Semarang ungaran yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi saat berlibur di Semarang. Saran kami, untuk kenyamanan selama liburan, gunakan rental motor, mobil, atau bus pariwisata di Salsa Wisata.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)