Jika Anda berangkat menuju Bromo melalui Pasar Tumpang Malang, Anda pasti akan melewati plang bertuliskan Coban Pelangi. Dari pinggir jalan terlihat parkiran dari salah satu Tempat Wisata di Malang ini nampak penuh dipadati kendaraan.

Keindahan alam dari air terjun di atas ketinggian gunung ini menjadi salah satu daya tarik yang sayang sekali bila terlewatkan. Segarnya cipratan air terjun dengan sejuknya udara pegunungan menjadi obat ampuh melepas penat Anda.

Coban Pelangi ini bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan Paket Liburan ke Bromo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum lebih jauh, mari simak terlebih dahulu beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan di Coban Pelangi berikut ini:

Sekilas Tentang Coban Pelangi

Coban Pelangi berada di dekat kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian sekitar 1400 mdpl. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 18-23 derajat celcius sehingga terasa sangat dingin.

Debit air yang keluar dari air terjun ini pun cukup deras karena air meluncur dari ketinggian kurang lebih 110 meter. Bahkan dari kejauhan, Anda sudah bisa melihat air terjun ini tampak begitu tinggi dan mengagumkan.

Dinamakan sebagai coban pelangi karena saat air terjun terkena sinar matahari akan terbentuk pelangi yang bisa Anda lihat langsung. Embun-embun dari air terjun yang berterbangan membiaskan cahaya matahari sehingga terjadilah fenomena indah tersebut.

Sayangnya para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang langsung di bawah air terjun karena arus yang terlalu deras. Pengunjung hanya diperbolehkan bermain pada jarak 50 meter dari air terjun jika ingin bermain air.

Meski begitu, pihak pengelola sudah menyediakan alternatif lain berupa fasilitas dan wahana permainan yang bisa menghibur Anda di sini. Mengunjungi tempat wisata setelah puas berkeliling Bromo bisa menjadi keputusan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Kegiatan Menarik di Coban Pelangi

Selain disuguhkan dengan panorama alam yang indah, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Coban Pelangi. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Anda coba lakukan saat berkunjung ke destinasi wisata ini:

Trekking Santai Melewati Lembah

Trekking ke Coban Pelangi

Untuk menuju ke Coban Pelangi Anda masih harus berjalan kaki sekitar 1 km dari pintu masuk melewati jalan setapak. Meski cukup panjang, pemandangan alam sekitar yang asri dan sejuk membuat perjalanan Anda tidak terasa melelahkan.

Selama perjalanan Anda akan melewati berbagai spot menarik dengan pemandangan yang menakjubkan salah satunya jembatan bambu. Jembatan ini sudah menjadi ciri khas dari Air Terjun dan favorit wisatawan untuk berfoto.

Jalan yang menanjak naik turun juga tidak terasa begitu melelahkan karena banyak sekali gazebo yang tersedia. Bahkan fasilitas seperti warung, toilet, dan mushola bisa Anda temukan di tengah perjalanan trekking.

Sambil beristirahat Anda bisa menyaksikan pemandangan indah hutan sekitar Coban Pelangi yang begitu asri. Pengalaman trekking dan berjalan kaki ke tempat wisata ini akan menjadi salah satu pengalaman berkesan yang bisa Anda dapatkan.

Menikmati Pemandangan Indah Coban

Panorama indah Air Terjun menjadi daya tarik utama yang membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Bahkan dari atas bukit sebelum turun, Anda sudah bisa melihat dengan jelas keindahan dari Coban Pelangi ini.

Saat pagi hingga siang hari terlihat lingkaran indah pelangi terbentuk di sekitar lokasi jatuhnya air terjun. Pemandangan cantik ini bisa Anda saksikan melalui gardu pandang yang sudah disediakan pihak pengelola.

Tebing tinggi yang dipenuhi tanaman merambat hijau membuat panorama yang terlihat semakin apik. Embun cipratan air yang tertiup angin terasa begitu menyegarkan saat mengenai muka.

Keindahan dari Coban Pelangi ini pun tidak pernah terlewat dari jepretan kamera para pengunjung. Pemandangan Coban Pelangi akan menjadi salah satu latar belakang foto terbaik yang bisa Anda dapatkan saat berlibur ke Malang.

Menyusuri Aliran Sungai

Larangan bermain air di dekat air terjun bukan berarti Anda tidak bisa seru-seruan bermain air. Pihak pengelola sudah menyediakan permainan seru yang bisa Anda jajal di kawasan Coban Pelangi seperti river tubing dan rafting.

Anda akan diajak menyusuri aliran sungai Kali Amprong yang cukup deras dan penuh dengan jeram. Adrenalin Anda akan terpacu saat melewati jeram-jeram kecil maupun besar bersama teman-teman.

Durasi tubing dan rafting ini berbeda karena aliran sungai yang dilalui pun berbeda. Untuk rafting waktu yang diperlukan sekitar 30 menit perjalanan sedangkan saat tubing bisa lebih singkat lagi.

Keamanan dari wahana permainan ini pun sudah terjamin dengan baik. Setiap pengunjung yang bermain akan diberikan peralatan keamanan lengkap seperti helm dan pelampung selama aktivitas berlangsung.

Camping di Tengah Hutan

Camping di Coban Pelangi

Pihak pengelola juga sudah menyediakan camping ground yang cukup luas dan dapat menampung lebih dari 10 tenda sekaligus. Lokasi camping ini terletak tidak jauh dari kawasan jembatan bambu dan dekat dengan sumber air.

Anda bisa merasakan sensasi berkemah di tengah hutan kaki Gunung Semeru yang dingin dan asri. Kegiatan camping ini sangat cocok untuk dilakukan bersama teman maupun rombongan untuk acara outbound.

Pengunjung juga tidak perlu repot membawa sendiri peralatan camping dari rumah karena ada tempat penyewaan yang telah disediakan. Peralatannya pun lengkap mulai dari jaket, sleeping bag, hingga tenda dan matras sudah ada.

Berkuda

Saat berkunjung ke Coban Pelangi ini Anda juga bisa merasakan sensasi seru berkeliling menunggangi kuda. Kuda-kuda ini sengaja dipersiapkan untuk para pengunjung yang lelah berjalan kaki dan ingin bersantai menikmati pemandangan sambil berkuda.

Ada dua lokasi yang bisa Anda pilih untuk menaiki kuda, pertama di dekat pintu masuk dan satu lagi di dekat camping ground. Dalam satu kali sewa, Anda bisa berkeliling dan menunggangi kuda ini selama 30 menit di lintasan yang tersedia.

Kuda yang disewakan pun sudah sangat jinak sehingga Anda tidak perlu takut kuda lepas kendali saat dinaiki. Selain itu ada pawang yang juga akan menemani Anda selama berkeliling sehingga sudah pasti aman.

Disamping berkuda, Anda juga bisa mencoba wahana permainan seru lain seperti flying fox yang telah dipersiapkan pengelola. Dengan berbagai macam permainan di sini, liburan Anda di Coban Pelangi akan terasa sangat seru.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Untuk masuk kawasan Coban Pelangi Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Hanya dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam disekitar air terjun agar lebih jelas perhatikan tabel berikut:

Kategori Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp10.000,00
River Tubing Rp5.000,00
Rafting Rp35.000,00 per tim
Berkuda Rp25.000,00 per 30 menit
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya bila ingin mengunjungi Coban Pelangi.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi tempat wisata lain di Malang dengan menggunakan paket wisata ke Malang dari Biro Perjalanan. Paket ini juga akan membantu Anda mendapatkan oleh-oleh khas Malang atau mencicipi makanan khas Malang yang terkenal selama liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Pelangi

Coban Pelangi terletak di Jl. Raya Gubugklakah, Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Jaraknya sekitar 13 km dari Pasar Tumpang dan memerlukan waktu kurang lebih 25 menit untuk sampai di lokasi.

Rute terbaik menuju Coban Pelangi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova di Malang atau biro perjalanan yang siap mengantarkan Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Coban Pelangi

Tempat wisata hits ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun untuk waktu terbaik berkunjung Anda bisa datang pada pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Pada waktu tersebut peluang munculnya fenomena pelangi di air terjun lebih mudah untuk terlihat mata. Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar Anda bisa terhindar dari hujan yang mengguyur saat berkeliling.

Selain itu saat hujan jalanan menuju coban pelangi menjadi licin dan rawan terjadi longsor. Terkadang pihak pengelola juga menutup lebih awal tempat wisata bila terjadi hujan yang deras.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyana terkait layanan kami