Malang termasuk salah satu kota yang unggul di bidang pariwisata sebab banyak hal menarik yang bisa Anda temukan disini. Selain kaya akan wisata kuliner yang memiliki makanan khas, keasrian dan keindahan alamnya, banyak cerita sejarah yang bisa Anda telusuri di Malang termasuk sejarah kulinernya yang melegenda.

Ada banyak paket wisata Malang yang menawarkan perjalanan menikmati berbagai makanan khas Malang Tempo dulu yang masih eksis hingga sekarang. Sambil berkeliling dan mengunjungi tempat wisata Anda bisa kenyang menikmati wisata kuliner Malang dari pagi hingga malam.

Makanan yang bisa Anda coba pun bervariasi mulai dari makanan tradisional hingga makanan jadul kekinian semua tersedia di Malang. Berikut ini 18 rekomendasi berbagai Kuliner Malang yang wajib Anda nikmati saat berkunjung.

Daftar Makanan Khas Malang yang Enak dan Populer

Bakso Malang

Bakso Malang

Bakso Malang sudah menjadi ikon dari kuliner Malang yang dikenal hingga ke seluruh pelosok Indonesia sebagai salah satu bakso terenak. Rahasia kenikmatan Bakso Malang terletak pada rasa kuahnya yang gurih berasal dari kaldu sapi asli serta pilihan baksonya yang beragam.

Anda tidak hanya bisa menikmati bakso sapi tapi juga ada bakso sumsum, bakso telur, bakso urat, hingga bakso jamur. Dalam satu mangkok Bakso Malang biasanya juga ditambahkan mie kuning, bihun, tahu, sawi, dan juga tauge sehingga rasanya semakin nikmat.

Salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati Bakso Malang ini terletak di Jl. Batanghari tepatnya di Warung Bakso President. Warung bakso ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dan sangat unik karena tempatnya berada di dekat rel kereta api. Harga Bakso Malang di tempat ini mulai dari Rp2.000,00 per biji hingga Rp35.000,00 per porsinya.

Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng Mawut

Selain Bakso Malang, makanan khas Malang yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Nasi Goreng Mawut. Warga sekitar juga sering menyebut hidangan ini dengan nama Sego Goreng Mawut karena bentuknya yang tidak beraturan. Ciri khas dari nasi goreng ini adalah tambahan mie goreng yang ikut disajikan bersama bahan-bahan pelengkap lainnya.

Cara membuat nasi goreng mawut ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi goreng pada umumnya. Pertama tumis bumbu halus seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, merica hingga harum. Lalu masukan nasi, bihun, dan bakmi beserta pelengkap lain hingga semua tercampur dengan rata lalu sajikan.

Dengan banyaknya bahan pelengkap yang ditambahkan, rasa dari nasi goreng mawut lebih kaya dibanding nasi goreng biasa. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Nasi Mawut ini terletak di Gang Manunggal tepatnya di Warung Nasi goreng Pak Dji. Satu porsi Nasi Mawut di tempat ini biasanya dijual sekitar Rp30.000,00 dengan ukuran porsi yang jumbo.

Mendol

Mendol

Mendol merupakan makanan tradisional khas Jawa Timur yang lezat dan sering menjadi pendamping makanan lain seperti rawon dan lainnya. Bahan utama dari Mendol ini adalah tempe serta sejumlah rempah seperti bawang, kencur, jeruk purut, cabai, ketumbar, dan garam. Ciri khas dari Mendol ini adalah bentuknya yang bulat lonjong seperti perkedel.

Untuk membuat mendol ini pertama bumbu dihaluskan lalu lumat bersama tempe namun usahakan tetap bertekstur. Bentuk kembali tempe yang sudah dilumat menjadi ukuran siap makan dan diamkan 1-6 jam sebelum digoreng. Rasa masam dari fermentasi tempe dan jeruk purut membuat mendol memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari tempe biasa.

Anda bisa menemukan dengan mudah penjual tempe mendol karena makanan ini sudah menjadi kudapan yang biasa disantap kapanpun. Biasanya tempe mendol ini dijual Rp500,00 hingga Rp1.000,00 per butir atau Rp5.000,00 per piring.

Bakwan Kawi

Bakwan Kawi

Selain Bakso Malang, hidangan bakso yang tidak kalah enak adalah Bakwan Kawi atau biasa disebut juga sebagai Bakso Bakwan. Berbeda dengan Bakso Malang, biasanya Bakwan Kawi ini tidak menggunakan mie serta memiliki kuah yang lebih bening dan ringan.

Isian bakwan kawi juga lebih bervariasi biasanya ditambahkan pangsit goreng, pangsit rebus, tahu bakso, bakso goreng dan tahu putih. Potongan daun bawang serta seledri yang ditambahkan memberikan aroma segar dan menambah rasa nikmat kuah kaldu bakwan kawi.

Ada banyak pedagang bakwan kawi yang bisa Anda temukan berkeliling menggunakan gerobak di Malang dan daerah lainnya. Namun salah satu tempat terbaik menikmati bakso bakwan atau bakwan kawi ini terletak di Jl. Kawi tepatnya di Bakso Gun. Satu porsi Bakwan Kawi ini juga terjangkau yakni sekitar Rp5.000,00 tergantung dengan isian yang ditambahkan.

Rawon Nguling