earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Malang termasuk salah satu kota yang unggul di bidang pariwisata sebab banyak hal menarik yang bisa Anda temukan disini. Selain kaya akan wisata kuliner yang memiliki makanan khas, keasrian dan keindahan alamnya, banyak cerita sejarah yang bisa Anda telusuri di Malang termasuk sejarah kulinernya yang melegenda.

Ada banyak paket wisata Malang yang menawarkan perjalanan menikmati berbagai makanan khas Malang Tempo dulu yang masih eksis hingga sekarang. Sambil berkeliling dan mengunjungi tempat wisata Anda bisa kenyang menikmati wisata kuliner Malang dari pagi hingga malam.

Makanan yang bisa Anda coba pun bervariasi mulai dari makanan tradisional hingga makanan jadul kekinian semua tersedia di Malang. Berikut ini 18 rekomendasi berbagai Kuliner Malang yang wajib Anda nikmati saat berkunjung.

Daftar Makanan Khas Malang yang Enak dan Populer

Bakso Malang

Bakso Malang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bakso Malang sudah menjadi ikon dari kuliner Malang yang dikenal hingga ke seluruh pelosok Indonesia sebagai salah satu bakso terenak. Rahasia kenikmatan Bakso Malang terletak pada rasa kuahnya yang gurih berasal dari kaldu sapi asli serta pilihan baksonya yang beragam.

Anda tidak hanya bisa menikmati bakso sapi tapi juga ada bakso sumsum, bakso telur, bakso urat, hingga bakso jamur. Dalam satu mangkok Bakso Malang biasanya juga ditambahkan mie kuning, bihun, tahu, sawi, dan juga tauge sehingga rasanya semakin nikmat.

Salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati Bakso Malang ini terletak di Jl. Batanghari tepatnya di Warung Bakso President. Warung bakso ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dan sangat unik karena tempatnya berada di dekat rel kereta api. Harga Bakso Malang di tempat ini mulai dari Rp2.000,00 per biji hingga Rp35.000,00 per porsinya.

Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng Mawut

Selain Bakso Malang, makanan khas Malang yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Nasi Goreng Mawut. Warga sekitar juga sering menyebut hidangan ini dengan nama Sego Goreng Mawut karena bentuknya yang tidak beraturan. Ciri khas dari nasi goreng ini adalah tambahan mie goreng yang ikut disajikan bersama bahan-bahan pelengkap lainnya.

Cara membuat nasi goreng mawut ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi goreng pada umumnya. Pertama tumis bumbu halus seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, merica hingga harum. Lalu masukan nasi, bihun, dan bakmi beserta pelengkap lain hingga semua tercampur dengan rata lalu sajikan.

Dengan banyaknya bahan pelengkap yang ditambahkan, rasa dari nasi goreng mawut lebih kaya dibanding nasi goreng biasa. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Nasi Mawut ini terletak di Gang Manunggal tepatnya di Warung Nasi goreng Pak Dji. Satu porsi Nasi Mawut di tempat ini biasanya dijual sekitar Rp30.000,00 dengan ukuran porsi yang jumbo.

Mendol

Mendol

Mendol merupakan makanan tradisional khas Jawa Timur yang lezat dan sering menjadi pendamping makanan lain seperti rawon dan lainnya. Bahan utama dari Mendol ini adalah tempe serta sejumlah rempah seperti bawang, kencur, jeruk purut, cabai, ketumbar, dan garam. Ciri khas dari Mendol ini adalah bentuknya yang bulat lonjong seperti perkedel.

Untuk membuat mendol ini pertama bumbu dihaluskan lalu lumat bersama tempe namun usahakan tetap bertekstur. Bentuk kembali tempe yang sudah dilumat menjadi ukuran siap makan dan diamkan 1-6 jam sebelum digoreng. Rasa masam dari fermentasi tempe dan jeruk purut membuat mendol memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari tempe biasa.

Anda bisa menemukan dengan mudah penjual tempe mendol karena makanan ini sudah menjadi kudapan yang biasa disantap kapanpun. Biasanya tempe mendol ini dijual Rp500,00 hingga Rp1.000,00 per butir atau Rp5.000,00 per piring.

Bakwan Kawi

Bakwan Kawi

Selain Bakso Malang, hidangan bakso yang tidak kalah enak adalah Bakwan Kawi atau biasa disebut juga sebagai Bakso Bakwan. Berbeda dengan Bakso Malang, biasanya Bakwan Kawi ini tidak menggunakan mie serta memiliki kuah yang lebih bening dan ringan.

Isian bakwan kawi juga lebih bervariasi biasanya ditambahkan pangsit goreng, pangsit rebus, tahu bakso, bakso goreng dan tahu putih. Potongan daun bawang serta seledri yang ditambahkan memberikan aroma segar dan menambah rasa nikmat kuah kaldu bakwan kawi.

Ada banyak pedagang bakwan kawi yang bisa Anda temukan berkeliling menggunakan gerobak di Malang dan daerah lainnya. Namun salah satu tempat terbaik menikmati bakso bakwan atau bakwan kawi ini terletak di Jl. Kawi tepatnya di Bakso Gun. Satu porsi Bakwan Kawi ini juga terjangkau yakni sekitar Rp5.000,00 tergantung dengan isian yang ditambahkan.

Rawon Nguling

Rawon Nguling

Rawon Nguling termasuk salah satu variasi dari hidangan Rawon yang sudah sangat terkenal dengan kenikmatannya. Variasi rawon ini sebenarnya berasal dari Probolinggo namun karena kelezatannya Anda bisa menemukan Rawong Nguling di daerah lain seperti Malang.

Ciri khas dari Rawon Nguling ini adalah kuahnya yang tidak terlalu pekat dibanding Rawon biasanya karena proses memasaknya yang berbeda. Bumbu Kluwek untuk rawon ini disangrai terlebih dahulu dan ditumis, bumbu yang digunakan pun lebih sederhana namun rasanya tetap nikmat. Anda bisa menemui makanan khas ini di beberapa tempat wisata di Malang.

Jika Anda ingin menikmati Rawong Nguling di Malang bisa datang ke kedainya di Jl. Zainul Arifin No.62 Klojen. Harga dari Rawon Nguling ini sendiri berkisar antara Rp22.000,00 hingga Rp55.000,00 tergantung menu yang dipilih.

Tahu Lontong

Tahu Lontong

Tahu Lontong merupakan versi lain dari Kupat Tahu khas Jawa Tengah dengan cita rasa lokal khas Jawa Timur. Bahan yang digunakan tidak jauh berbeda hanya saja bumbu yang digunakan khusus dan berbeda dari bumbu kupat tahu. Bumbu Tahu Lontong ini menggunakan tambahan petis yang ditambahkan kacang, kecap, cabai dan bawang sehingga rasanya menjadi lebih nikmat.

Bahan yang digunakan untuk membuat Tahu Lontong ini juga sangat mudah ditemukan yaitu tahu, tauge, timun, lontong, dan seledri. Untuk membuatnya pertama tahu digoreng kemudian potong dan sajikan bersama bahan lain dalam piring. Bahan yang sudah siap di piring selanjutnya disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng sebelum disantap bersama kerupuk.

Ada banyak pedagang yang berkeliling menjual Tahu Lontong ini di sekitar jalanan Malang. Namun salah satu yang paling terkenal adalah Tahu Lontong Lonceng yang ada di Jl. Martadinata kawasan Pasar Besar Malang. Satu porsi dari Tahu Lontong ini biasa dijual sekitar Rp9.000,00 hingga Rp11.000,00 tergantung isian yang ditambahkan.

Ketan Bubuk

Ketan Bubuk

Ketan merupakan makanan yang sudah biasa di Indonesia dan bisa Anda temukan di banyak daerah termasuk Malang. Uniknya di Malang, ketan ini disajikan dengan cara berbeda dan salah satu yang terkenal adalah Ketan Bubuk.

Keunikan dari Ketan Bubuk ini terletak pada taburan bubuk kedelai dan kelapa yang menjadi topping dari ketan yang disajikan. Rasa gurih dari ketan menyatu dengan nikmat bersama rasa manis dari bubuk kedelai saat dikunyah.

Ketan Bubuk Kudusan yang telah berdiri sejak 1977 jadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini di Malang. Tempat lain juga bisa Anda temukan di Alun alun Kota Batu tepatnya di kedai Pos Ketan Legenda 1967. Harga dari ketan Bubuk ini juga bervariasi mulai dari Rp6.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung topping yang diberikan.

Es Krim Toko Oen

Es Krim Toko Oen

Untuk Anda yang ingin menikmati es krim dengan nuansa tempo dulu bisa datang ke Toko Oen Malang yang sudah melegenda. Toko Oen ini sudah ada sejak tahun 1930 dan menawarkan berbagai menu es krim dan makanan lawas yang nikmat.

Meski tidak berhubungan langsung dengan Toko Oen Semarang, rasa dan nuansa yang ditawarkan Toko Oen Malang bisa membuat Anda bernostalgia. Tempat ini menjadi destinasi wajib jika Anda ingin menikmati Kuliner Malang yang terkenal dan enak.

Alamat Toko Oen Malang terletak di Jl. Jenderal Basuki Rahmat tepat di seberang Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Kota Malang. Menu es krim yang ditawarkan juga masih cukup terjangkau yakni sekitar Rp25.000,00 hingga Rp60.000,00 per porsi.

Sate Gebug Malang

Sate Gebug

Tidak hanya terkenal dengan Baksonya, Malang juga memiliki kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan yaitu Satu Gebug. Sate Gebug ini merupakan sate berbahan dasar daging sapi yang proses pembuatanya digebuk atau dipukul agar lembut. Selain itu tampilan dari sate gebug sedikit berbeda dan lebih mirip sate lilit Bali atau sate pusut khas lombok.

Tidak ada bumbu khusus yang digunakan untuk resep sate gebug Malang, namun bahan yang digunakan harus bahan berkualitas. Daging sapi yang dipakai merupakan daging tenderloin kualitas terbaik sehingga rasanya terasa begitu nikmat. Sate Gebug ini disajikan dengan kuah kecap pedas yang menambah cita rasa dari sate.

Sate Gebug Malang bisa Anda kunjungi di Jl. Jendral Basuki Rahmat Klojen tepatnya di Warung Sate Gebug 1920. Selain sate di warung legend ini Anda bisa menikmati menu lain seperti rawon, sop, atau soto yang tidak kalah enak. Satu porsi dari Sate Gebug ini biasa dijual Rp18.000,00 hingga Rp30.000,00 dengan ukuran sate yang besar.

Sate Kambing Malang

sate kambing

Bagi Anda pecinta Kuliner di Malang, sempatkan untuk mampir ke Rumah Makan Cairo Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1953. Rumah makan ini sudah terkenal sejak dulu menjual berbagai masakan khas timur tengah yang nikmat dan masih bertahan hingga sekarang.

Bumbu yang digunakan merupakan bumbu asli khas timur tengah sehingga rasa yang didapatkan benar-benar otentik. Menu yang paling terkenal di tempat ini adalah sate kambing, roti maryam, martabak mesir dan juga nasi goreng kambing.

Rumah makan ini beralamat di Jl. Kapten Piere Tendean No.1 Malang dan buka mulai pukul 08.00 WIB. Menu yang ditawarkan juga sangat terjangkau dengan harga berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp60.000,00 per porsinya.

Bakpao Boldy Malang

Bakpao Boldy

Ada banyak sekali tempat oleh-oleh khas Malang tempo dulu yang masih tetap eksis hingga sekarang seperti misalnya Bakpao Boldy Malang. Toko yang telah menjual Bakpao sejak tahun 1950 ini menjadi salah satu tempat terkenal untuk membeli bakpao dengan berbagai isian.

Resep tradisional yang tetap dipertahankan sejak dulu membuat cita rasa Bakpao Boldy tidak berubah dan tetap lembut. Ada banyak variasi isian yang bisa Anda pilih mulai dari original rasa daging atau dengan isi kekinian seperti coklat.

Bila Anda ingin mengunjungi toko Bakpao legendaris di Malang ini bisa datang ke Jl. Mangun Sarkoro Jodipan Kota Malang. Satu buah bakpao biasanya dijual dengan harga sekitar Rp9.000,00 hingga Rp14.000,00 tergantung dengan isinya.

Puthu Lanang

Puthu Lanang

Bila Anda ingin menikmati kue puthu yang berbeda, silahkan datang dan mencoba Puthu Lanang yang ada di Malang. Puthu Lanang ini sudah berdiri sejak tahun 1935 dan menjadi penjual makanan khas Malang jaman dulu yang begitu melegenda.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari kue puthu yang dijual di tempat ini, semua sama menggunakan tepung beras yang dikukus. Namun hal yang membuatnya berbeda adalah pilihan penyajian yang bisa dicampur dengan berbagai kue lain seperti cenil, klepon, dan lupis. Dalam satu bungkus Anda bisa menikmati puthu dan kue-kue lain bersama dengan taburan kelapa dan saus gula merah yang manis.

Warung puthu Lanang bisa Anda kunjungi di Jl. Jaksa Agung Suprapto Klojen Kota Malang sejak pukul 17.00 WIB. Disini Anda bisa mendapatkan puthu dan kue lainnya dengan harga mulai dari Rp10.000,00 per porsinya dengan isi beragam.

Soto Ayam Lombok Khas Malang

Soto Ayam Lombok Khas Malang

Meski bernama Soto Ayam Lombok, soto ayam ini bukan berasal dari daerah Lombok melainkan berasal dari Jl. Lombok, Malang. Soto Ayam Lombok ini telah berdiri sejak tahun 1955 dan menjadi salah satu tempat Makan di Malang yang legendaris.

Ciri khas dari soto ayam disini adalah kuahnya yang bening kekuningan dengan isian suwiran ayam, seledri, tauge, kol, dan kentang. Rasa gurih dari kuah soto semakin terasa berkat taburan koya yang ikut ditambahkan kedalam campuran soto yang membuatnya semakin nikmat.

Ada banyak cabang Soto Ayam Lombok yang bisa Anda jumpai di berbagai kota seperti Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Namun alamat pusat Soto Ayam Lombok ini terletak di Jl. Lombok No. 1, Kasin, Kota Malang. Satu mangkok Soto Ayam Lombok ini biasa dibanderol dengan harga Rp25.000,00 lengkap dengan nasi dan yang lainnya.

Cwie Mie

Cwie Mie

Jika Anda berkunjung ke Malang jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Cwie Mie salah satu Makanan Khas Malang yang legendaris. Sekilas Cwie Mie Malang sangat mirip dengan Mie Ayam atau Bakmi Ayam yang biasa dijual namun dengan isian yang berbeda.

Perbedaan utama bisa terlihat dari toping ayam cincangnya yang berwarna putih serta tambahan bawang goreng sebagai taburan di atas mie. Selain itu Cwie Mie Malang menggunakan sayur berupa selada segar dan irisan seledri juga daun bawang untuk menambah aroma segar. Makanan pendamping seperti pangsit goreng serta bakso juga bisa Anda tambahkan ke dalam Cwie Mie agar semakin nikmat.

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk menikmati Cwie Mie ini namun yang paling terkenal adalah Depot Hok Lay. Depot yang berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan ini telah berdiri sejak tahun 1946 dan terkenal sebagai warung Legendaris Malang. Satu porsi Cwie Mie di tempat ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp15.000,00 dengan ukuran porsi yang besar.

Nasi Bhuk

Nasi Bhuk

Malang juga memiliki hidangan sejenis Nasi Campur yang sangat lezat yakni Nasi Bhuk yang berasal dari Madura. Meski berasal dari Madura, Nasi Bhuk ini lebih mudah ditemukan dan lebih terkenal di Malang dibanding tempat aslinya.

Nasi Bug biasa disajikan bersama kuah lodeh nangka muda, mendol, dan berbagai macam jeroan sapi seperti babat, paru, serta lainnya. Tidak lupa pula tambahan kecambah segar, serundeng, dendeng kelapa serta sambal ikut menambah nikmat sajian Nasi Bhuk.

Tempat paling terkenal untuk menikmati hidangan Nasi Bhuk ini adalah Depot Bhuk Matira yang sudah ada sejak tahun 1935. Lokasinya berada di Jl. Trunojoyo dekat dengan stasiun Malang dan buka sejak pukul 06.00 WIB. Satu porsi Nasi Bug biasa dijual dengan harga sekitar Rp35.000,00 dengan isian lengkap menggunakan jeroan dan yang lainnya.

Ronde Titoni

Ronde Titoni

Wedang Ronde dan juga Angsle bisa menjadi pilihan bila Anda ingin menikmati kuliner malam Malang yang terkenal enak. Kedua hidangan ini dapat mengenyangkan sekaligus menghangatkan badan Anda berkat kuah jahe serta isiannya yang beragam.

Di Malang sendiri kedua hidangan ini bisa Anda nikmati di Kedai Ronde Titoni yang ada di Jl. Zainul Arifin Klojen. Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1948 ini sangat terkenal dengan berbagai makanan khas Malang tempo dulu yang dijualnya.

Wedang Angsle dan juga Wedang Ronde jadi menu favorit bagi para wisatawan dan pengunjung yang datang. Harga yang ditawarkan untuk keduanya juga sangat murah yakni sekitar Rp4.000,00 hingga Rp12.0000,00 per mangkuknya.

Sego Resek

Sego Resek

Bosan dengan nasi goreng yang biasa saja, Sego Resek atau Nasi Sampah khas Malang bisa jadi pilihan baru untuk dicoba. Makanan ini disebut sebagai sego resek karena pada awalnya nasi goreng ini dijual di dekat tempat pembuangan sampah. Keunikan dari Sego Resek ini adalah banyaknya bahan yang ditambahkan kedalam masakan sehingga terlihat seperti tumpukan sampah yang terasa nikmat.

Cara membuatnya pun masih sangat tradisional dimana menggunakan tungku bara api dan wajan besar untuk memasak puluhan porsi nasi sekaligus. Minyak yang digunakan terbuat dari kaldu ayam sehingga terasa gurih dengan tambahan bumbu nasi goreng lainnya. Dalam satu piring Sego Resek biasanya ditambahkan tauge, kol, suwiran ayam, jeroan dan juga timun dengan ukuran porsi yang banyak.

Tempat terbaik untuk menikmati Sego Resek ini terletak di Jl. Brigjen Katamso, Klojen yang sudah berjualan sejak tahun 1959. Nama tempat tersebut adalah Warung Sego Resek dan jadi salah satu tempat legendaris untuk menikmati kuliner malam di Malang. Satu porsi Sego Resek ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp8.000,00 hingga Rp11.000,00 tergantung lauknya.

Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem

Satu lagi tempat jajanan khas Malang tempo dulu yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Es Tawon Kidul Dalem. Di tempat ini Anda bisa menikmati segelas es segar di siang hari dengan berbagai isian dan rasa yang manis.

Meski bernama es tawon, tidak ada tawon yang digunakan untuk pembuatan es. Nama tawon sendiri diberikan karena dulu banyak tawon yang berkeliaran di tempat es ini dijual. Dalam segelas es tawon Anda bisa menikmati cincau, tapai, cendol, kacang hijau, blewah, mutiara, dan juga sirup merah gula tebu.

Alamat Es Tawon Kidul Dalem ini terletak di Jl. KH. Zainul Arifin, Sukoharjo dan buka mulai pukul 08.00 WIB. Segelas Es Tawon Kidul Dalem biasanya dijual dengan harga sekitar Rp8.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung isian es.

Selain makanan yang telah disebutkan diatas masih banyak makanan khas Malang lain yang bisa Anda nikmati dan eksplor di Malang. Agar perjalanan Anda menikmati Kuliner Malang berjalan lancar tidak ada salahnya untuk manfaatkan jasa sewa mobil Malang yang ada.

Sopir lokal yang berpengalaman dan profesional siap mengantar Anda berkeliling mengunjungi setiap sudut Malang dengan mudah. Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi tempat menarik atau oleh-oleh khas Malang terbaik yang jarang diketahui orang lain.

Jika Anda datang bersama rombongan, tempat rental bus Malang juga siap melakukan hal yang sama. Segala akomodasi perjalanan Anda mulai dari penginapan dan transportasi siap diurus sehingga Anda bisa berkeliling Malang dengan tenang.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (5 votes)