earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tempat wisata di Malang dan sekitarnya bisa jadi pilihan destinasi untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Ada banyak objek wisata terutama wisata alam yang bisa Anda temukan salah satunya adalah Gunung Kelud.

Gunung yang sempat meletus beberapa tahun yang lalu ini ternyata menyimpan banyak potensi wisata. Uniknya lagi ada banyak cara untuk menikmati keindahan Gunung Kelud selain harus mendaki ke puncaknya.

Anda bisa dengan mudah mengunjungi Gunung Kelud dan tempat wisata lain di Malang menggunakan paket tour Malang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang telah menunggu Anda di Gunung Kelud berikut:

Sekilas Tentang Gunung Kelud

Gunung Kelud termasuk salah satu gunung berapi masih aktif yang ada di Jawa Timur. Letak nya berada diantara tiga kabupaten yakni Malang, Kediri, dan Blitar, namun lebih dekat dengan Kediri dan Blitar.

Gunung ini memiliki tiga puncak yang bisa dikunjungi pertama Puncak Kelud sebagai kawah utama, lalu ada puncak Gajahmungkur dan Sumbing. Puncak tertinggi Gunung Kelud mencapai ketinggian sekitar 1731 meter diatas permukaan laut.

Sejak tahun 2004 kawasan Gunung Kelud telah dibuka menjadi destinasi wisata yang bisa diakses dengan mudah tidak hanya oleh pendaki. Tangga-tangga semen dibuat di sekitar area puncak dan jalanan beraspal tersedia hingga ke dekat puncak.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti panjat tebing, flying fox dan lainnya di kawasan Gunung Kelud ini. Pengalaman berlibur ke Gunung Kelud bisa menjadi pengalaman berbeda dari mengunjungi gunung-gunung lainnya.

Objek Wisata di Gunung Kelud

Setelah letusan di tahun 2014 lalu, sebagian besar fasilitas yang ada di Gunung Kelud rusak dan kunjungan menurun. Namun untuk menarik kembali wisatawan yang datang, selain dilakukan renovasi banyak fasilitas dan wahana baru ikut ditambahkan, berikut diantaranya:

Kawah Gunung Kelud

Kawah Gunung Kelud

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Perubahan yang terjadi setelah letusan tidak hanya berdampak pada fasilitas yang ada tapi juga bentuk dari Gunung Kelud sendiri. Di area puncak Gunung Kelud, kawah purba yang dulu ada sudah tertutup kemudian berganti menjadi kawah baru.

Kehadiran kawah baru ini tentu menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Kawah ini mengandung kadar belerang yang tinggi sehingga terkadang mempengaruhi warna dari kawah saat terkena matahari.

Saat siang, sinar matahari akan membuat kawah ini seperti berwarna kuning, namun kawah ini lebih sering berwarna hijau. Keindahan kawah hijau yang terbentuk di tengah puncak menjadi pemandangan indah yang tidak boleh terlewatkan.

Pemandangan kawah Kelud bisa Anda saksikan dengan jelas dari Puncak Kelud dengan akses yang sudah sangat mudah dari Kediri. Panorama alam yang disajikan bahkan tidak kalah dari kawah Tangkuban Perahu maupun Kawah Ijen

Pendakian Gunung Kelud

Pendakian Gunung Kelud

Meski telah memiliki akses mudah menuju puncak kawah Gunung Kelud, tidak mengurangi aktivitas pendakian para pecinta alam. Terdapat dua jalur pendakian yang cukup populer yakni melalui Tulungrejo dan juga Karangrejo yang berada di kabupaten Blitar.

Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo

Jalur Tulungrejo merupakan jalur pendakian yang paling sering dipilih oleh para pendaki. Medannya cukup menantang dan menawarkan pemandangan yang sangat indah khas pegunungan.

Dari jalur ini nanti Anda akan melewati Punggung Naga yang sudah terkenal di kalangan pendaki berkat panorama nya. Lama pendakian menuju puncak dari basecamp pendakian ini sekitar 4.5 jam tanpa berkemah.

Namun bila Anda ingin berkemah sebaiknya berangkat saat siang hari kemudian bermalam di Pos 3. Dari pos 3 ini Anda sudah cukup dekat dengan Kawah Kelud dan bisa menikmati cantiknya sunset dari Gunung Kelud.

Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo

Rute pendakian dari Karangrejo memang lebih sulit dan sepi namun bisa diakses menggunakan motor hingga pos 2 saat cuaca memungkinkan. Pemandangan yang dimiliki jalur pendakian ini tidak kalah indah dengan jalur Tulungrejo.

Anda bisa bebas berfoto di Pos 3 atau di dekat Mata Air Dewi Kalisuci yang menawarkan pemandangan gunung yang apik. Waktu yang diperlukan untuk pendakian melalui jalur Karangrejo ini sekitar 2-4 jam tergantung kecepatan berjalan.

Puncak Sumbing

Puncak sumbing menjadi salah satu ikon dari Gunung Kelud karena bentuknya yang terlihat unik dan berbeda. Tebing Sumbing berbentuk seperti sebuah gigi taring yang lancip namun dengan bagian tumpul dan bundar di sisi lainnya.

Dari kejauhan dapat terlihat sejumlah orang yang melakukan panjat tebing di Puncak Sumbing. Area ini memang sering digunakan untuk aktivitas outdoor yang menantang di tengah panorama alam yang indah.

Keindahan dari puncak sumbing ini bisa Anda saksikan dengan sempurna dari Gardu Pandang Puncak Gajah Mungkur di seberangnya. Di gardu pandang ini pula biasanya para pengunjung berfoto bersama kemegahan Puncak Sumbing.

Kegiatan Outdoor

Objek Wisata Gunung Kelud juga telah mempersiapkan beberapa wahana yang bisa pengunjung nikmati terutama bagi para pecinta tantangan. Aktivitas outdoor seperti panjat tebing dapat dilakukan dengan pengawasan professional di tempat ini.

Selain itu ada pula wahana flying fox sepanjang 100 meter yang wajib Anda coba di Gunung Kelud. Anda akan dibawa meluncur dengan kecepatan tinggi di atas pepohonan dan semak belukar yang tumbuh disekitar.

Anda yang senang berpetualang juga bisa mencoba bermain ATV yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Melewati jalur offroad ekstrim akan memacu adrenalin dan menambah keseruan liburan Anda di Gunung Kelud.

Jalan Misteri

Keunikan lain yang hanya dimiliki oleh Gunung Kelud adalah Mystery Road atau Jalan Misteri. Jalan menanjak menuju kawasan wisata puncak Gunung Kelud ini seperti melawan gaya gravitasi dan belum diketahui penyebabnya.

Banyak pengunjung yang mencoba membuktikan dengan meletakan botol secara horizontal di bawah tanjakan. Ajaibnya botol tersebut berjalan menggelinding ke atas, naik melewati jalan menanjak tersebut.

Anda juga bisa mencoba sendiri keajaiban dari Jalan misteri ini dengan mematikan mesin dan perseneling netral sesaat sebelum naik. Pengalaman melewati jalan misteri ini akan menjadi pengalaman unik yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya.

Mandi Air Panas

Kawasan gunung berapi pasti memiliki sumber air panas yang muncul dan bisa Anda nikmati tidak terkecuali di Gunung Kelud. Uniknya sumber air panas dari Gunung Kelud ini menyatu dengan aliran sungai yang dingin sehingga sungai terlihat berasap.

Untuk mengakses air panas ini Anda harus menuruni puluhan anak tangga yang mengarah ke aliran sungai. Sesampainya di lokasi rasa lelah ini bisa hilang dengan mencelupkan badan atau kaki di pemandian air panas.

Taman Agro Margomulyo

Taman Agrowisata ini merupakan bentuk upaya pengelola untuk menarik kembali pengunjung yang datang pasca erupsi. Dengan nama Taman Agro Margomulyo atau Taman Agro Kediri, Anda bisa menyaksikan berbagai bunga indah seperti mawar tumbuh dengan subur.

Di sisi lain taman, Anda bisa mengetahui tentang legenda Lembu Suro dan asal usul Gunung Kelud dari Taman Lembu Suro. Pemandangan indah taman ini bisa menjadi tempat yang pas untuk Anda yang senang berfoto.

Kampung Durian

Bagi Anda pecinta durian, mengunjungi Kampung Durian yang dekat dengan Gunung Kelud bisa jadi pilihan bagus. Pada lahan seluas 1 hektar ini Anda bisa berkeliling dan melihat berbagai macam durian yang tumbuh.

Tentu tidak hanya melihat, Anda juga bisa mencicipi dan belajar bagaimana menanam hingga mengolah hasil durian ini. Hasil olahan durian seperti pancake durian bisa jadi oleh-oleh menarik untuk Anda bawa pulang dari Gunung Kelud.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud

Untuk masuk kawasan wisata Gunung Kelud Anda tidak perlu membayar biaya yang terlalu mahal. Begitu juga jika ingin melakukan pendakian, hanya dengan beberapa ribu rupiah Anda sudah bisa masuk kawasan Gunung Kelud.

Retribusi Tarif
Simaksi Pendakian Gunung Kelud Rp20.000,00
Tiket Masuk Wisata Rp10.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dan perkiraan biaya sebelum mengunjungi Gunung Kelud.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Malang lain dengan biaya murah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala akomodasi Anda saat liburan, sehingga Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan tenaga selama berlibur.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Kelud

wisata gunung kelud

Gunung Kelud bisa Anda akses melalui kabupaten Kediri ataupun Blitar dengan mudah karena banyak jalan yang bisa Anda pilih. Untuk rute terbaik, Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps untuk menunjukan jalan dari titik keberangkatan Anda.

Bisa juga dengan memanfaatkan jasa Sopir lokal dari rental elf Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung menuju lokasi. Sehingga Anda tidak perlu lagi capai dan pusing mencari jalan mana yang harus Anda lalui

Jam Operasional Gunung Kelud

Jam operasional Gunung Kelud ini berbeda-beda tergantung tujuan Anda berkunjung. Untuk para pendaki, pos simaksi basecamp pendakian buka setiap hari pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Sedangkan untuk kawasan Wisata Gunung Kelud buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung tentu saja saat pagi hari dimana udara sejuk dan kabut tipis masih bisa terlihat.

Jangan lupa untuk datang saat musim kemarau agar perjalanan Anda tidak terganggu cuaca mendung dan hujan yang turun. Siapkan juga peralatan lengkap mendaki seperti jas hujan bila Anda ingin mendaki saat musim hujan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)