SalSari Resto & Coffee

Jatim Park 1 Malang menjadi pelopor hadirnya sejumlah theme park menarik di kota Batu dibawah naungan Jatim Park Group. Taman bermain bertema edukatif dan menghibur ini sangat diminati wisatawan sejak pertama hadir sampai sekarang.

Berbagai wahana edukatif dan seru mampu mengajarkan nilai sejarah, budaya, dan sains bagi para pengunjung dengan cara yang menyenangkan. Wahana baru terus bermunculan dan semakin menambah daya tarik taman bermain ini.

Sekilas Tentang Jatim Park 1 Malang

Udara sejuk bukit Panderman kota Batu jadi tempat yang pas untuk menghilangkan penat dan lelah setelah beraktivitas. Karena itulah lokasi ini dipilih menjadi lahan pembangunan Jatim Park 1 di tahun 2000 silam.

Di tahun selanjutnya Jatim Park melakukan soft opening dan mendapat respon bagus dari masyarakat. Lalu di tahun 2002 akhirnya Jatim Park 1 resmi dibuka untuk umum.

Pada awalnya luas Jatim Park hanya 11 hektar saja, namun seiring perkembangannya jatim park 1 luasnya sekarang mencapai 22 Hektar. Selalu ada wahana baru yang mengisi Jatim Park 1 sehingga wisatawan tidak akan bosan datang ke tempat wisata ini berkali-kali.

Untuk mendukung wahana bermain yang edukatif, Jatim Park 1 bekerjasama dengan berbagai institusi. Alat peraga sains dan ilmu terapan yang ada di sini merupakan sumbangan dari instansi yang berkompeten di bidangnya.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1

HTM Jatim Park 1 sangat terjangkau, dalam sekali bayar Anda bisa menikmati banyak sekali wahana yang ada di sini. Berikut ini daftar tiket jatim park 1 yang harus Anda persiapkan sebelum memainkan setiap wahana Jatim Park 1.

Tiket Masuk Harga Tiket
Jatim Park 1 + Museum Tubuh Rp100.000,00 – Rp110.000,00
Gokart Rp15.000,00 per 1 putaran
Flying Fox Rp20.000,00
Trampolin Rp10.000.00

Harga tiket ini bisa berubah kapanpun tergantung kebijakan dari Jatim Park Group. Untuk terus update harga dan promo tiket jatim park bisa cek akun sosial media Jatim Park Group.

Harga tiket Jatim Park 1 ini sudah termasuk biaya asuransi dan keamanan selama menaiki wahana. Untuk anak-anak yang tingginya di bawah 85 cm tidak perlu membayar tiket masuk.

Pemesanan tiket pun bisa Anda lakukan langsung secara online melalui website resmi Jatim Park Group. Dengan begitu Anda tidak perlu lelah antri membeli tiket Jatim Park 1 di lokasi.

Jika Anda dan keluarga ingin mengunjungi tempat wisata ini denyan nyaman, Anda bisa memesan paket liburan ke Malang dari biro perjalanan Salsa Wisata.

Lihat tempat wisata di Malang lainnya: Jatim Park 2

Fasilitas di Kawasan Jatim Park 1

Wahana Jatim Park 1

Menjadi tolok ukur bagi wahana bermain yang ada di Jawa Timur tentu membuat Jatim Park terus meningkatkan pelayanan terutama dari segi fasilitas. Setiap titik di arena bermain selalu tersedia tolet sehingga pengunjung tidak akan kesulitan saat harus buang air.

Wifi Gratis pun tersedia untuk para pengunjung begitu juga tempat istirahat dan ibadah, ruang ibu menyusui dan area parkir yang luas tentu membuat liburan wisatawan ke Jatim Park 1 sangat nyaman.

Rute Menuju Lokasi Jatim Park 1

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Jatim Park 1, bisa langsung menuju alamat Jl. Kartika Dua Kota Wisata Batu, Batu. Lokasinya sangat dekat dengan Museum Angkut dan Jatim Park 2.

Rute menuju jatim park 1 bisa Anda jangkau menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi. Cara termudah tentu menggunakan mobil sendiri atau sewa mobil di Malang.

Anda cukup membuka google map dan akan langsung mendapatkan rute menuju Jatim Park 1. Namun untuk Anda yang harus menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan kota dengan kode BL atau BT dari terminal Batu.

Jam Buka Jatim Park 1

Untuk saat ini Jatim Park 1 hanya beroperasi setiap weekend Sabtu, Minggu dan Tanggal Merah saja. Meskipun begitu jam buka Jatim Park 1 tetap sama yakni dari jam 08.30 WIB sampai 16.30 WIB.

Jadi jika Anda berencana mengunjungi Jatim Park 1, bisa mengatur waktu dan jadwal terbaik. Tidak bisa di akhir pekan pun tidak apa-apa, masih banyak wahana lain di kota Batu dan Malang yang bisa Anda kunjungi.

Wahana Jatim Park 1

Jatim Park 1 saat ini memiliki sekitar 63 wahana berbeda yang terbagi kedalam 3 zona. Zona tersebut diantaranya zona edukasi, zona taman bermain, dan Zona Pasar, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut.

Zona Taman Bermain

Kawasan ini merupakan area utama yang paling luas. Terdapat banyak permainan yang dapat memacu adrenalin yang menaikinya. Berbagai jenis permainan di sini pun bisa untuk segala usia, berikut ini contohnya.

Superman Coaster

Berani meluncur dengan kecepatan tinggi dan melawan gravitasi? Coba naik wahana Superman Coaster. Sensasi seru jantung yang berdegup kencang saat melaju cepat bisa jadi pengalaman seru di Jatim Park 1.

Roller coaster ini akan membawa Anda yang melaju cepat di lintasan loop dan berkelok. Sudah pasti adrenalin Anda akan berada pada puncak tertinggi dan ingin mencoba lagi wahana satu ini.

Sky Ride

Sky Ride

Tidak suka wahana yang memacu adrenalin? Masih banyak wahana seru seperti Sky Ride yang bisa Anda mainkan. Wahana ini membawa Anda melihat pemandangan dari atas ketinggian yang serasa seperti berada di langit.

Pemandangan Gunung Arjuna dan Bukit Panderman akan terlihat dengan jelas dari wahana ini. Pengunjung bisa dengan bebas dan santai mengabadikan panorama yang terlihat saat menaiki Sky Ride.

Pendulum 360o

Wahana yang tidak kalah memacu adrenalin adalah Pendulum 360 degree. Anda akan berayun 360 derajat sambil berputar selama beberapa menit.

Sensasi duduk terbalik di atas ketinggian sambil berayun akan jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Wahana ini sangat cocok untuk Anda para penggila wahana ekstrim.

Waterboom

Waterboom

Tidak hanya permainan kering, Anda juga bisa basah-basahan di wahana Waterboom Jatim Park 1. Tersedia bermacam jenis dan bentuk water slide yang bisa Anda pilih untuk meluncur.

Water slide setinggi 20 meter sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Wahana ini juga cocok untuk segala usia dari anak kecil hingga dewasa.

Froggy

Wahana permainan yang ada di Jatim Park 1 tidak lepas dari Sains, salah satunya wahana bernama Froggy. Wahana ini terinspirasi dari katak yang melompat karena itulah namanya Froggy.

Anda akan dibuat naik turun seperti katak yang sedang melompat. Wahana ini semakin seru jika Anda naiki beramai-ramai bersama teman, kapasitasnya yang berjumlah 7 orang sangat mendukung hal tersebut.

Zona Edukasi

Area edukasi berada tepat setelah pintu masuk Jatim Park 1 dan berisi berbagai hal yang dapat menambah wawasan. Anak-anak bisa belajar sains, budaya, dan sejarah dengan menyenangkan seperti di beberapa wahana berikut.

Galeri Etnik

Saat berada di galeri etnik, pengunjung dapat belajar mengenai keberagaman suku di Indonesia. Baju adat, pakaian tradisional, makanan khas, musik, senjata hingga rumah adat dari suku-suku di Indonesia semua ada di Galeri etnik.

Disini pengunjung pun dapat mengetahui informasi dengan layar interaktif yang disediakan oleh pengelola. Sehingga selain melihat koleksi yang ada, pengunjung juga bisa bermain dan berlajar.

Science Center

Belajar sains lebih menyenangkan dengan alat peraga yang bisa dicoba langsung seperti yang ada di Science Center Jatim Park 1 ini. Pengunjung akan diajak belajar sambil bereksperimen mengenai fisika, matematika, biologi, dan kimia dengan alat peraga yang tersedia.

Keseruan bermain sambil belajar sains di Science Center ini tidak kalah dengan Taman Pintar yang ada di Jogja. Pengunjung akan merasakan pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan di Science Center.

Taman Sejarah

Anda juga bisa belajar tentang sejarah di wahana Taman Sejarah yang ada di Zona Edukasi. Berbagai miniatur peninggalan sejarah bisa Anda lihat dan pelajari.

Tempat ini juga sering menjadi tempat berfoto pengunjung karena bangunan nya sangat unik. Pengunjung juga dapat menyaksikan adegan prasejarah yang ditampilkan di wahana taman sejarah.

Museum Tubuh

Pengunjung yang masuk ke dalam Museum tubuh atau The Bagong Adventure akan belajar mengenai rahasia tubuh manusia. Berbagai anggota tubuh baik organ dalam atau luar bisa dipelajari sambil bermain.

Wahana ini juga menyediakan layanan medical check up gratis untuk pengunjung. Selain itu dengan teknologi 3D Video Mapping pengunjung dapat lebih jelas memahami tubuh manusia sambil bermain.

Selain wahana ini masih banyak wahana lain di Zona Edukasi yang bisa Anda coba seperti Gyroscope dan Indonesia Heritage Museum. Bermain di Zona Edukasi akan menambah banyak wawasan Anda saat berlibur.

Zona Pasar

Anda yang senang berbelanja tanaman, hewan, atau makanan sangat pas untuk mengeksplor Zona Pasa ini. Terdapat dua destinasi yang bisa Anda kunjungi yakni Pasar Wisata serta Pasar Buah dan Hewan.

Pasar Wisata

Di Pasar wisata Anda bisa menemukan banyak sekali kios pernak pernik yang berjejer. Berbagai macam souvenir dari Jatim Park 1 bisa Anda jumpai di sini.

Para pedagang di sini juga menjual tanaman dan berbagai makanan minuman khas nusantara. Area ini bisa menjadi tempat yang pas untuk Anda membeli oleh-oleh setelah puas bermain.

Pasar Buah dan Hewan

Selain membeli oleh-oleh, Anda juga bisa membeli berbagai macam buah dan hewan peliharaan di area Pasar Buah dan Hewan. Buah-buahan seperti buah naga, nangka, dan mangga semua bsia Anda dapatkan dengan harga murah.

Hewan-hewan peliharaan seperti burung perkutut dan ikan juga bisa Anda beli di pasar ini. Puas bermain Anda pun bisa mendapatkan kesenangan baru dari hewan peliharaan dan buah yang Anda beli.



Bagikan Artikel Ini Ke:

4.3/5 - (27 votes)