SalSari Resto & Coffee

Menemukan wisata pantai di tengah Kota Pontianak cukuplah sulit. Karena memang jarak Kota Pontianak lumayan jauh dengan pesisir pantai. Namun bukan berarti menyurutkan niat untuk berwisata dengan nuansa pantai bukan? Tenang saja, ada satu pantai Indah di Indonesia, khususnya Pontianak yang recommended untuk dikunjungi, Jungkat Beach namanya.

Objek wisata ini sangat ramah keluarga, sehingga cocok untuk tempat quality time bersama keluarga tercinta. Jungkat Beach and Resort seakan hadir menjawab kebutuhan akan tempat rekreasi di alam terbuka yang masih jarang ada di Pontianak.

Sekilas Tentang Pantai Jungkat

sunset jungkat beach

Jungkat Beach atau Jungkat Resort merupakan wisata alam di Pontianak yang cukup terkenal dan menjadi primadona wisatawan. Terbukti di situs pencarian Google, Jungkat Beach telah mendapatkan ribuan ulasan positif dari para wisatawan yang telah berkunjung.

Taman rekreasi ini berada di muara Sungai Kapuas, di mana merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Walaupun namanya menggunakan istilah “beach”, namun bukan berarti menawarkan tempat wisata pantai pada umumnya. Karena berbatasan langsung dengan laut saja makanya menggunakan istilah “beach” dalam namanya.

Dengan lokasinya yang berbeda dan unik dari pantai lainnya memberikan pemandangan pantai yang khas. Dari tampilannya saja juga berbeda dengan pantai lainnya.

Jungkat Beach tidak mempunyai pasir pantai sebagaimana pantai pada umumnya. Para pengunjung juga tak bisa bermain basah-basahan dan berenang karena di sepanjang pinggir pantai terdapat pagar.

Lokasi Jungkat Beach

lokasi wisata jungkat beach pontianak

Secara administratif objek wisata Jungkat Beach beralamatkan di Jl. Raya Jungkat, Sei Nipah, Kecamatan Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat. Dari Kota Pontianak berjarak 27,3 Kilometer atau sekitar satu jam berkendara.

Rute terbaik dari kota Pontianak yaitu melalui Jalan Tanjung Pura-Jalan Sultan Hamid-Jalan Perintis Kemerdekaan. Lalu dilanjutkan ke arah Jalan Ahmad Yani di Tanjung Hilir. Arahkan laju kendaraan ke Sei Nipah. Dari sana tinggal ikuti papan petunjuk arah yang ada di pinggir jalan.

Bila takut tersesat, Anda bisa menggunakan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps atau Waze. Nantinya aplikasi tersebut akan memberikan jalur tercepat dan terbaik. Untuk akses jalannya sendiri sudah cukup bagus. Anda bisa datang menggunakan kendaraan roda dua atau layanan rental mobil terpercaya.

Harga Tiket Masuk Jungkat Beach

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa  Rp10.000
Tiket masuk anak Rp5.000
Bebek air / 20 menit Rp20.000
Parkir Mobil Rp4.000
Parkir Motor Rp2.000

Semua tarif yang tertera pada tabel di atas masih dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan manajemen. Namun, kami akan selalu mengupdate tarif tiket masuk dan wahananya setiap kali ada perubahan.

Daya Tarik Jungkat Beach

Pesona Pantai Berpadu dengan Sungai Kapuas

jungkat beach

Jungkat Beach merupakan objek wisata yang berada di kawasan muara Sungai Kapuas. Wisatawan tentu akan mendapatkan pesona kawasan pantai yang unik. Para wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati keindahan danau yang luas dan dipenuhi pohon rindang di sekelilingnya.

Jungkat Beach menyuguhkan sajian alam yang indah berupa pemandangan laut dengan langit dan awan yang menghiasi. Tampilan pesona alamnya akan semakin indah menjelang matahari tenggelam. Tepian area wisata ini menghadap langsung ke barat.

Hal tersebut memungkinkan para wisatawan menyaksikan suguhan pemandangan menakjubkan saat detik-detik tenggelamnya matahari. Menunggu sunset dengan pemandangannya yang indah merupakan momen yang selalu ditunggu para wisatawan, dan menjadi aktivitas favorit.

Tempat Refreshing dan Relaksasi

Saat berwisata ke taman bermain di alam terbuka, kebanyakan orang pastinya menginginkan tempat tersebut bisa menjadi tempat rekreasi dan relaksasi. Pergi ke Jungkat Beach merupakan pilihan yang tepat, karena Anda bisa mendapatkan itu semua.

Duduk santai menikmati kopi khas Pontianak di pinggir pantai di bawah rindangnya pohon merupakan aktivitas penghilang penat yang manjur. Selain itu bermain wahana permainan yang seru bisa menghilangkan penat dari kebosanan beraktivitas sehari-hari. Selepas itu, pikiran akan menjadi lebih fresh dan siap beraktivitas kembali seperti biasanya.

Banyak Wahana Permainan

bebek jungkat beach

Sebagai tempat bermain yang ramah anak tentunya menyediakan segala hal yang anak-anak sukai. Dan di objek wisata Jungkat Beach terdapat wahana permainan seru yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak.

Terdapat playground indoor khusus anak lengkap dengan berbagai permainannya, seperti arena outbound, boneka, mandi bola, kuda-kudaan, dan lain-lain. Tak hanya untuk anak, wahana untuk orang dewasa pun ada seperti bebek air, mobil kayuh, dan gokart.

Memancing

Jungkat Beach menyediakan kolam-kolam yang memang sengaja dihadirkan untuk para pecinta kegiatan mancing. Para wisatawan juga dapat menikmati langsung hasil tangkapan ikannya dengan berbagai pilihan olahan setelah membayarnya di kasir. Konsep tempat makan berpadu dengan tempat pemancingan juga ada di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.

Dengan begitu, Anda yang suka mancing dapat menyalurkan hobi sekaligus piknik bersama keluarga. Jadi jangan lupa sebelum pergi ke sini, siapkan peralatan memancing terbaik sebelum bertempur dengan ikan-ikan. Berada di muara sungai, Anda berkesempatan mendapatkan ikan jenis air payau, air tawar, bahkan ikan air asin.

Mini Zoo

mini zoo jungkat beach

Selain arena bermain, pengelola Jungkat Beach menyediakan fasilitas mini zoo yang berisi berbagai macam hewan dan burung hias. Jadi, bila Anda membawa anak-anak bisa memperkenalkan tentang jenis-jenis hewan. Anak-anak pasti akan senang melihat hewan-hewan yang menggemaskan tersebut.

Berwisata Kuliner khas Jungkat Beach

Setelah puas bermain seharian, waktunya mengisi tenaga dengan mengisi perut yang mulai keroncongan. Secara tampilan tempat makannya terlihat mirip seperti Dusun Bambu Lembang, dengan konsep yang sama yaitu saung di pinggir danau.

Jangan khawatir kehabisan tempat duduk karena jumlah saungnya ada banyak sekali. Kapasitasnya pun beragam mulai dari untuk 5 orang hingga saung berkapasitas 20 orang. Pilihan menunya menyajikan berbagai hidangan seafood dan kuliner khas nusantara lezat. Adapun harga makanannya berkisar mulai dari Rp20.000, sedangkan minumannya mulai dari Rp10.000.

Fasilitas Jungkat Beach

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia, pihak manajemen telah menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas dan muat menampung banyak mobil bahkan bus sekalipun. Anda yang ingin datang berombongan bisa menggunakan layanan rental bus terbaik.

Kamar mandi dan wc tersebar di beberapa titik. Terdapat mushola yang lengkap dengan peralatan sholat seperti mukena, sarung, dan sajadah. Bila ingin makan sambil memancing, Anda dapat memilih tempat duduk di saung kecil pinggir danau. Anda bisa menyewa peralatan pancing lengkap dengan umpannya di kasir.

Jika ingin suasana yang lebih privat untuk mengadakan meeting kantor bulanan dengan suasana yang nyaman bisa menyewa cottage. Untuk memberikan kenyamanan pihak pengelola telah memasang AC dalam cottage tersebut.

Di sekeliling danau buatannya, terdapat arena jogging trek, sehingga selain sebagai taman bermain dan tempat mukan, juga arena olahraga.

Jam Buka Jungkat Beach

Bila ingin mengunjunginya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui terlebih dahulu mengenai jam operasionalnya. Adapun jam buka Jungkat Beach setiap hari dari pukul 09.00-20.00 WIB.

Bagi yang penasaran dengan wisata Jungkat Beach, segera agendakan liburan ke sini dan rasakan langsung keseruan berlibur di sini. Pastikan Anda mendapatkan dukungan dan pelayanan terbaik dari agen travel terbaik, supaya rencana liburanmu berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Salsa Wisata merupakan agen travel profesional yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun mengakomodir perjalanan wisata. Anda bisa menggunakan berbagai paket wisata dari Salsa Wisata untuk mewujudkan liburan yang menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)