SalSari Resto & Coffee

Garut menyimpan banyak wisata alam yang terkenal. Salah satunya adalah Karacak Valley. Tempat wisata Garut terbaru ini memang cocok untuk liburan sekaligus healing.

Anda akan sangat rugi jika berkunjung ke Garut namun tidak singgah ke tempat wisata Garut yang satu ini. Karacak sendiri mengusung konsep wisata alam yang menonjolkan keindahan panoramanya. Dari tempat ini, Anda bisa melihat indahnya Kota Garut dari ketinggian.

Sekilas Tentang Karacak Valley

tiket karacak valley

Karacak Valley adalah destinasi wisata Garut yang berada di perbukitan hijau dengan keindahan hutan pinus dan perkebunan kopi. Anda bisa menemukan berbagai objek wisata di tempat ini, mulai dari Curug Kembar, Curug Ngebul, camping ground luas, dan Puncak Dogar.

Lokasinya berada di kawasan Gunung Karacak dan panorama alamnya tak kalah dari Puncak Guha Garut. Tempat ini akan memberikan kesan asri dan sejuk kepada siapapun yang berkunjung.

Objek wisata ini masuk dalam kawasan Perhutani. Saat ini pengelolanya adalah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri. Kawasan ini cukup luas dengan pohon pinus yang memenuhi setiap sudutnya.

Harga Tiket Masuk Karacak Valley

Sebelum memasuki kawasan wisata ini, tiap pengunjung harus membeli tiket masuk dengan harga yang masih relatif murah. Tiket Karacak Valley terbagi menjadi dua kategori, yakni untuk pengunjung dewasa dan anak-anak.

Harga kedua kategori tiket tersebut berbeda namun tidak banyak selisihnya. Khusus untuk pengunjung yang ingin camping, nanti ada biaya tersendiri. Dan di bawah ini adalah info tarif tiket masuk terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Anak Rp5.000,00 per orang
Tiket Masuk – Dewasa Rp10.000,00 per orang

Tarif di atas terbilang sangat terjangkau. Namun Anda bisa dapatkan harga tiket yang lebih murah lagi apabila Anda membawa rombongan. Tempat ini memang tak pernah sepi dari bus-bus yang membawa rombongan wisatawan.

Mereka umumnya berasal dari luar kota yang menyewa bus dari jasa sewa bus dengan harga sewa bus pariwisata murah. Anda juga boleh membawa serta rombongan untuk camping bersama atau outbond di tempat ini.

Rute Menuju Lokasi Karacak Valley

jalan menuju karacak valley

Lokasi Karacak Valley Garut berada di Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 15 meter dari Sabda Alam Garut Waterpark.

Anda bisa menemukannya di kawasan lembah Gunung Karacak sekitar daerah perbatasan antara Garut dengan Tasikmalaya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau jasa sewa mobil terdekat untuk sampai ke lokasi tersebut.

Jika berangkat dari pusat kota, Anda bisa mengambil rute jalan menuju Karacak Valley dengan melewati Jalan Bratayudha. Kemudian belok ke Jalan Margawati. Setelah bertemu pertigaan, maka ikuti saja petunjuk arah menuju ke lokasi tujuan.

Daya Tarik Wisata Karacak Valley

Sebelum menjadi area wisata, tempat ini dulunya adalah lahan perkebunan kopi milik Perhutani. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi objek wisata populer dan mendatangkan banyak wisatawan.

Kawasan wisata yang cukup luas membuat Anda bisa puas bermain dan foto-foto. Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik selama berada di sini. Secara umum, daya tarik dari tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

Area Perbukitan yang Sejuk

lokasi karacak valley garut

Garut memang salah satu daerah di Indonesia yang terkenal memiliki keindahan alam. Begitu pula tempat wisata yang satu ini karena menjadi objek wisata dengan nuansa perbukitan dan hutan lebat.

Apabila berkunjung di pagi hari, maka Anda dapat melihat kabut tipis yang menyelimuti hutan. Saat-saat itulah udara di sekitarnya semakin sejuk dan segar.

Ketika memasuki kawasan hutan yang pertama, Anda akan melihat suasana alami nan asri. Pohon-pohon pinus yang terdapat tempat tersebut kini menjulang tinggi.

Hutan Pinus

Objek wisata ini terletak di ketinggian 1.850 mdpl dan memiliki area perbukitan serta hutan. Sejauh mata memandang hanya tampak hutan pinus yang rimbun dan perkebunan kopi.

Anda dapat mengeksplorasi hutan pinus sambil melewati jalan setapak. Jalan menuju tempat tersebut cenderung menanjak, mengikuti kontur tanah perbukitan. Tak heran jika jalur ini sering digunakan untuk hiking sambil menikmati suara alam yang menenangkan hati.

Puncak Dogar

puncak Dogar

Tidak jauh dari gerbang masuk, Anda bisa melihat puncak bukit kecil bernama Puncak Dogar. Puncak tersebut menawarkan area terbuka hijau dengan panorama alam mengagumkan.

Anda dapat melihat lanskap Kota Garut tanpa penghalang apapun dari atas ketinggian. Jika Anda mendaki puncak cuaca sedang mendukung maka pemandangan kota yang indah akan terlihat jelas.

Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan epik ketika malam hari, Namun untuk melihatnya, Anda perlu berkemah di sekitar area bukit.

Melihat Curug

Dari tempat parkir, Anda bisa menyusuri jalan setapak sampai tiba di pertigaan. Cobalah untuk melihat curug yang ada di sekitar lokasi.

Untuk menuju ke curug tersebut, Anda bisa melihat petunjuk arah ke area curug. Anda hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer dengan medan yang menanjak.

Jika di perjalanan Anda merasa lelah, maka bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang telah tersedia. Anda juga bisa membuka bekal dan menyantap makanan berat khas Jawa Barat.

Ada dua curug yang bisa Anda kunjungi di lokasi wisata ini, yaitu Curug Ngebul dan Curug Kembar. Keduanya sudah dilengkapi dengan saung-saung kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat.

Camping

camping karacak valley

Kawasan hutan pinus memang salah satu tempat sangat seru untuk lokasi berkemah. Oleh sebab itu pengelola wisata menyediakan camping ground.

Di sekitarnya area tersebut ada sebuah hammock yang terpasang pada pohon. Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin sejuk di hammock tersebut.

Malam harinya, Anda dapat merasakan suasana malam di tengah alam terbuka. Dingin namun syahdu dengan suara-suara alam yang menenangkan. Di bawah tempat Anda berkemah, terlihat pemandangan Kota Garut malam hari yang bagaikan kunang-kunang.

Spot Foto

Tempat ini memang cocok untuk wisatawan dari kalangan milenial. Selain jalan-jalan, pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot menarik dan instagramable.

Anda bisa berfoto dengan latar hutan pinus, puncak bukit, hingga citylights saat malam hari. Wilayah di sekitar tempat tersebut merupakan paduan batu-batu cadas di sekelilingnya.

Fasilitas di Karacak Valley

fasilitas karacak valley

Sebagai tempat wisata yang hits di kalangan pelancong, Karacak tentu saja menyediakan fasilitas cukup lengkap. Anda akan mendapatkan area parkir yang cukup luas dan mampu menampung banyak kendaraan.

Selain itu, di dalam kawasan wisata Anda bisa melihat toilet yang cukup bersih. Jika Anda ingin melaksanakan ibadah, bisa menggunakan fasilitas mushola yang tersedia. Mushola tersebut cukup bersih karena pihak pengelola selalu melakukan perawatan.

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Sunda yang unik atau menu lainnya, maka bisa datang ke warung-warung yang tersedia. Selain makanan, ada juga minuman hangat atau dingin.

Anda bisa menyantap makanan tersebut di gazebo yang tersedia. Begitu juga dengan spot foto yang tersebar di berbagai lokasi.

Jam Buka Wisata Karacak Valley

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, maka Anda bisa datang setiap di hari apa saja karena buka setiap hari. Jam buka Karacak Valley sendiri tidak terbatas alias 24 jam non-stop.

Jika Anda memiliki waktu berlibur yang panjang, maka bisa singgah ke tempat wisata lain seperti Darajat Pass. Dengan begitu, liburan Anda ke Garut akan lebih berkesan.

Demikianlah informasi mengenai wisata Karacak Valley Margawati Garut yang sudah sangat terkenal ini. Perjalanan Anda ke tempat wisata ini akan lebih praktis dan ekonomis jika dengan paket wisata murah dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)