SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Batam sebagai salah satu kota populer di Provinsi Kepulauan Riau identik dengan kuliner Melayu yang menawarkan rasa khas. Makanan khas Batam hampir mirip dengan makanan di negeri jiran, tak jauh beda dengan kuliner di provinsi tetangganya, Riau.

Bagi Anda yang punya kesempatan berkunjung ke Batam dan bingung mau makan apa saat di kota industri tersebut, berikut ini rekomendasi makanan-makanan lezat di Batam yang bisa kamu nikmati sekaligus jadi oleh-oleh. Apa saja?

Daftar Makanan Khas Batam yang Enak

Mie Lendir

Mie Lendir

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Para pecinta kuliner mie wajib mencoba masakan mie lendir. Mie kuning yang lezat dengan paduan kuah udang gurih. Mie kuning basah lengkap dengan telur rebus, irisan cabe rawit, toge, bawang goreng, dan kerupuk.

Selanjutnya kuah udang yang gurih plus udang basah disiramkan secara merata. Anda bisa menikmatinya pada saat hangat dan rasanya sudah pasti bikin Anda kangen kembali ke Batam.

Kuah udang tersebut sedikit kental dengan paduan tepung jagung. Rasa dan aroma udang sangat kuat Anda rasakan pada kuliner ini. Pencinta seafood wajib mencobanya.

Luti Gendang

Luti Gendang

Oleh-oleh khas Batam yang juga perlu Anda catat adalah luti gendang. Makanan yang terbuat dari tepung goreng dengan isi daging.

Luti gendang biasanya menjadi produk oleh-oleh setengah masak yang bisa Anda bawa pulang saat berkunjung ke Batam. Makanan ini termasuk oleh-oleh berkelas yang biasanya banyak menjadi incaran wisatawan, bahkan dari luar negeri.

Makanan ini juga bisa Anda jadikan cemilan saat di Batam. Rasanya perpaduan antara manis dan gurih. Cocok untuk menu kue di pagi hari, atau hidangan untuk ngopi di petang hari.

Gonggong

Gonggong

Gonggong merupakan jenis siput khas Batam yang juga menjadi makanan khas daerah tersebut. Seperti halnya kerang, makanan ini jadi kuliner favorit yang pengolahannya hampir mirip.

Makanan khas batam yang lezat ini dengan dagingnya yang kenyal bisa Anda temukan penyajiannya seperti sop, rebus, masak saos, dan sejenisnya. Rebusan gonggong jadi santapan segar wisatawan. Biasanya juga dimakan dengan sambal yang khas.

Jenis makanan khas Kepulauan Riau ini bisa Anda nikmati di tempat, dan bisa jadi pilihan menu makan siang atau malam saat berkunjung ke Batam.

Mie Sagu

Mie Sagu

Sama seperti di daerah pesisir Provinsi Riau, mie sagu juga jadi kuliner favorit di Batam. Mie sagu bentuknya kenyal berwarna putih. Olahannya bisa berbagai jenis masakan.

Mie sagu goreng biasanya menggunakan campuran teri dan tauge. Mie sagu kuah bisa menggunakan campuran seafood, sedangkan mie sagu nyemek bisa dengan paduan telur, seafood, dan lainnya.

Makanan ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti maag. Terapi sagu, yakni mengganti nasi dengan sagu, jadi penyembuhan sakit maag yang efektif.

Mau menikmati olahan mie sagu yang khas bumbunya? Anda bisa mencoba mie sagu Batam.

Mie Tarempa

Mie Tarempa

Mie tarempa ini menggunakan mie kuning yang penyajian makanannya sedikit nyemek. Memasaknya menggunakan campuran telur, potongan ikan, tauge, dan taburan bawang goreng.

Biasanya penduduk setempat menikmati mie tarempa dengan segelas kopi O. Makanan khas tradisional yang lezat untuk sarapan pagi. Mie ini sangat populer selain jenis mie lendir dan mie sagu.

Mie ini sebenarnya bukan berasal dari Batam, tetapi saat Anda berkunjung ke Batam jangan heran kalau menu ini jadi salah satu pilihan sarapan favorit banyak orang. Rasanya gurih dengan aroma ikan yang khas.

Nasi Lemak

Nasi Lemak

Nasi bersantan yang ada di Batam ini hampir sama dengan makanan khas Tanjung Pinang atau daerah-daerah Melayu lainnya.

Nasi lemak merupakan nasi yang dimasak menggunakan santan, lalu menggunakan taburan ikan bilis atau teri. Penyajiannya menggunakan telur, timun, kerupuk, dan beberapa lauk pauk lainnya.

Selain telur, nasi lemak ini penyajiannya juga bisa menggunakan ayam goreng atau ayam bakar, seperti nasi lemak yang ada di Malaysia. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negeri jiran, memang sebagian kuliner di Batam ini mirip dengan kuliner negara tetangga.

Bagi Anda yang membutuhkan stok kalori tinggi untuk aktivitas keliling Batam selama seharian, bisa mencoba menu ini untuk sarapan.

Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam

Batam merupakan daerah yang memiliki pantai dan laut cukup luas sehingga tak heran makanan seafood jadi andalan di daerah ini.

Buat Anda pecinta sop, bisa mencicipi segarnya sop ikan batam. Menu ini termasuk kuliner yang eksklusif dan mahal. Pilihan potongan daging ikan segar dalam kuah sop yang gurih begitu menggugah selera.

Sop ikan Batam ini sangat cocok Anda jadikan sebagai menu makan siang. Campuran aneka sayur hijau dan pilihan berbagai jenis ikan mahal membuat Anda pastinya ingin selalu menikmati makanan ini.

Otak-otak Ikan Batam

Otak-otak Ikan Batam

Otak-otak menjadi salah satu makanan khas Provinsi Kepulauan Riau. Makanan khas Batam untuk oleh-oleh ini bisa Anda nikmati sebagai cemilan maupun untuk oleh-oleh ke kampung halaman.

Makanan khas batam yang terkenal ini merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung dan ikan segar. Konsentrasi ikan yang cukup tinggi membuat aroma dan rasanya harum. Bentuknya biasanya memanjang dan tersedia juga dalam bentuk frozen.

Penyajiannya otak-otak ini digoreng dan bisa Anda nikmati dengan saus khusus. Lezat, gurih dan pastinya bikin Anda ketagihan.

Hal yang membuat otak-otak Batam ini terkenal adalah aroma ikannya yang lebih terasa dan gurih.

Stik Buah Naga

Stik Buah Naga

Ingin menikmati cemilan lezat plus bergizi yang ada di Batam? Anda bisa mencicipi uniknya stik buah naga. Di beberapa daerah yang ada di Batam memang menghasilkan buah naga cukup banyak sehingga bisa menjadi bahan dasar olahan stik.

Jika selama ini stik lebih banyak menggunakan tepung dan penyedap saja, jenis stik ini bisa Anda berikan kepada anak-anak untuk cemilan yang lebih sehat dan bergizi.

Stik ini terbuat dari tepung terigu dan berbentuk panjang. Warnanya menjadi sedikit merah karena kandungan buah naga alami dalam makanan ini. Rasanya pun gurih, lezat, dan sangat cocok untuk camilan di waktu santai.

Kalau Anda ingin membawa pulang oleh-oleh yang lebih tahan lama dari Batam, stik buah naga ini sangat cocok untuk Anda beli.

Teh Obeng

Teh Obeng

Minuman khas Batam selain kopi O yang bisa Anda coba selanjutnya adalah teh obeng. Bukan teh yang menggunakan obeng, tetapi obeng berasal dari bahasa Tionghoa, apeng yang artinya es batu.

Es ini terasa manis dan segar dengan paduan es batu. Aromanya harum dan terasa khas. Namun, di beberapa tempat penyajian teh jenis ini mulai banyak yang hanya menggunakan teh celup.

Walaupun demikian, rasa dan kesegarannya tetap menggugah selera. Sangat cocok jadi minuman di siang hari. Secara harga pun lebih ekonomis, hanya Rp3.000 saja setiap gelasnya.

Tapis Rebus

Tapis Rebus

Masih makanan laut, di Batam Anda bisa menemukan tapis. Tapis merupakan sejenis kerang yang ukurannya lebih besar dan bentuk kulitnya terlihat khas menyerupai kerang mutiara.

Tapis ini biasanya penyajiannya dengan direbus dan menggunakan sambal cabe rawit dengan rasa yang khas. Hampir mirip dengan makanan gonggong. Bagi pecinta kerang, siput dan sejenisnya, pilihan menu ini wajib Anda coba.

Merebus tapis ini biasanya menggunakan rempah khusus untuk menambah aroma kelezatannya dan gurihnya rasa makanan ini. Campuran seperti lengkuas, sereh, dan bawang putih menjadi bumbu wajib untuk melezatkan rasa dan aroma.

Satu porsi tapis lengkap dengan sambalnya bisa Anda nikmati dengan harga minimal Rp10.000 saja. Sangat lezat, unik, dan berkesan untuk jadi menu makan siang.

Bingka Bakar

Bingka Bakar

Bingka bakar yang ada di Batam hampir mirip dengan bolu kemojo yang ada di Riau. Makanan menyerupai bolu yang penyajiannya dengan dibakar dan aromanya terasa harum.

Makanan ini memiliki berbagai varian rasa seperti keju, pandan, coklat, taburan wijen, dan sebagainya. Sangat cocok jadi oleh-oleh untuk Anda bawa pulang ke kampung halaman.

Roti ini termasuk jenis kuliner yang jadi buruan wisatawan asing. Para pengunjung yang datang dari Singapura dan Malaysia menjadikan jenis makanan ini sebagai pilihan oleh-oleh.

Kuliner ini lebih terkenal sebagai makanan khas Melayu sehingga tak heran jika para wisatawan dari negeri tetangga menyukai jenis makanan ini.

Roti Canai

Roti Canai

Roti canai sebagai makanan yang juga bisa Anda temukan di Batam dengan rasa yang khas. Makanan ini menyerupai martabak yang terbuat dari bahan telur dan tepung. Adonannya lembut seperti martabak Mesir.

Penyajiannya menggunakan kuah kari daging dan sambal cabe merah yang terasa sedikit manis. Roti canai menjadi salah satu menu sarapan pagi yang lezat dan harganya pun cukup ekonomis.

Makanan yang lezat ini adonannya tidak keras, rasa kari dan campuran dagingnya memiliki rasa yang pas, dan sambalnya terbuat dari cabe merah yang juga sedikit manis. Dominasi rasa gurih dan manis bisa Anda nikmati dalam kuliner roti canai.

Seafood Bersepah

Seafood Bersepah

Mau menikmati sensasi aneka seafood dalam penyajian kuliner kekinian yang sedang tren? Anda bisa mencoba Seafood Bersepah. Nama lainnya seafood tumpah, kerang tumpah, makan berserak, dan sejenisnya.

Seafood besepah ini terdiri dari campuran aneka seafood seperti kerang, udang, cumi, kepiting, dan lainnya yang dimasak menggunakan saus tiram dan tomat. Kuahnya terlihat kental dan aromanya sangat harum.

Uniknya penyajiannya seperti namanya, menggunakan alas plastik bening dan ditumpahkan di atas meja begitu saja. Makanan ini biasanya menjadi santapan rombongan.

Satu porsi bisa Anda nikmati untuk 4 hingga 5 orang, tergantung porsi yang tersedia. Harganya pun bervariasi tergantung campuran seafood-nya. Sediakan bujet ratusan ribu untuk porsi besar dengan campuran seafood yang lengkap.

Batam menyajikan makanan khas Indonesia yang begitu lezat dan khas. Jangan lupa, selain berburu kuliner di Batam, Anda juga wajib mengunjungi deretan tempat wisata Batam yang hits dan kekinian.

Wisata yang lebih nyaman, efektif, dan harga lebih murah bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan jasa tour pariwisata. Waktu Anda yang mungkin hanya sehari atau dua hari jadi lebih efektif untuk menjangkau berbagai tempat wisata.

Nikmati makanan khas Batam yang Anda suka, dan jangan lupa untuk memilih dan membawa pulang oleh-oleh yang awet serta tahan lama.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Batam, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)