SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jalan-jalan ke Kota Bogor tentu tidak lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya bukan? Makanan khas Bogor sangat banyak pilihannya dari mulai yang berkuah, pedas, sampai makanan ringan yang hanya bisa Anda temui di Bogor.

Apa saja makanan khas Bogor? Berikut ini daftarnya.

Daftar Makanan Khas Bogor yang Enak

Laksa Bogor

Laksa Bogor

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Makanan khas bogor yang wajib dicoba pertama kali adalah Laksa. Laksa Bogor berbeda dengan Laksa Betawi maupun Laksa Cianjur. Salah satu yang membedakannya adalah rasa kuahnya yang khas.

Kuah Laksa Bogor sebenarnya hampir sama dengan kuah laksa lainnya, hanya saja laksa ini menggunakan campuran oncom. Karena ada campuran oncom membuat rasa Laksa Bogor menjadi unik dan khas.

Hal lain yang membedakan Laksa Bogor dengan laksa lainnya adalah topping-nya. Laksa Bogor menggunakan topping tahu kuning dan telur rebus. Tentu rasa dari laksa ini sangat nikmat.

Doclang

Doclang

Para pecinta sambal kacang wajib mencoba Doclang ketika ke Bogor. Doclang makanan khas Bogor ini mirip dengan kupat tahu atau ketoprak.

Isian dari doclang hampir sama dengan kupat tahu yaitu tahu goreng, kentang goreng, dan telur rebus. Perbedaan dari docalang adalah pesor atau ketupat yang digunakan.

Pesor doclang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun putat. Daun putat ini merupakan tanaman khas kaki Gunung Salak. Rasa dari pesor doclang Bogor ini juga sangat khas.

Apalagi bumbu kacang doclang Bogor juga sangat khas. Anda akan merasakan pedas gurih yang pas berpadu dengan isian dari doclang.

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor

Makanan ciri khas Bogor yang wajib Anda coba adalah Soto Mie Bogor. Jika Anda ke Bogor tidak lengkap jika tidak makan soto mie khas Bogor ini.

Soto mie Bogor mempunyai ciri khas isian dalam isinya. Ciri khas isian dari soto mie ini adalah mie kuning, kikil, dan risolnya. Isian pelengkap lainnya ada kol, kentang, lobak, daun bawang, dan seledri.

Kuah kental dari soto mie Bogor juga sangat khas. Apalagi jika Anda menambahkan sambal dan perasan jeruk limau. Anda juga bisa menambahkan emping dan kerupuk sebagai pelengkap.

Toge Goreng

Toge Goreng

Makanan khas Bogor toge goreng sangat terkenal dan menjadi salah satu makanan terenak di Bogor. Sekilas bumbu toge goreng ini seperti sambal kacang bukan? Sebenarnya bumbu siramnya ini merupakan ciri khas dari toge goreng Bogor.

Bumbu siram toge goreng Bogor ini terbuat dari tauco asli yang dicampur dengan oncom. Perpaduan bahan ini dan bumbu lainnya membuat toge goreng mempunyai cita rasa yang khas.

Isian dari toge goreng sendiri adalah toge, oncom, tahu, dan mie. Rasa gurih dari bumbu yang berpadu dengan isiannya ini akan membuat Anda ketagihan memakannya. Tidak salah jika makanan ini menjadi salah satu rekomendasi makanan khas di Bogor.

Asinan Bogor

Asinan Bogor

Makanan khas Bogor legendaris salah satunya adalah asinan Bogor. Anda yang datang ke Bogor rasanya kurang pas jika tidak mampir untuk membeli makanan ini.

Di Bogor ada dua pilihan asinan yaitu asinan buah dan asinan sayur. Asinan buah sendiri isinya adalah salak, ubi, pepaya, kedondong, jambu, dan bengkoang. Sedangkan asinan sayur terdiri dari wortel, kol, toge, dan ketimun,

Yang menjadi ciri khas dari asinan Bogor adalah kuah asinannya. Kuah asinannya terbuat dari campuran cuka dan gula. Bahan dasar asinannya juga direndam dengan air gula terlebih dahulu agar lebih segar dan enak.

Kacang Bogor

Kacang Bogor

Bogor mempunyai kacang yang khas dan biasa disebut dengan kacang Bogor. Kacang Bogor merupakan kacang tanah yang mempunyai cita rasa yang berbeda dengan kacang tanah pada umumnya.

Makanan ini bisa Anda jadikan cemilan sepanjang jalan menuju tempat wisata di Bogor. Anda bisa membeli kacang ini di pinggir jalan. Biasanya banyak orang yang menjual kacang ini dengan gerobak sepanjang jalan.

Kacang Bogor biasanya direbus dan nikmat untuk dimakan ketika masih hangat. Ciri khas dari Kacang Bogor ini adalah merah dan cukup sulit didapatkan di bulan selain Februari sampai April. Bulan Februari sampai April merupakan bulan panen Kacang Bogor yang asli.

Es Pala Bogor

Es Pala Bogor

Walaupun Kota Hujan, Bogor tetap mempunyai minuman dingin yang khas dan hanya bisa Anda dapatkan di kota ini. Minuman khas Bogor yang menyegarkan adalah Es Pala.

Es Pala terbuat dari buah pala yang dipotong tipis kemudian direndam dengan air gula. Penyajian es ini sangat sederhana yaitu olahan pala dicampur dengan es. Anda bisa minum es ini di siang hari di Bogor.

Cita rasa dari es ini cukup unik. Ada rasa asam dan manis yang akan membuat tenggorokan Anda menjadi segar.

Bapatong

Bapatong

Makanan khas Bogor saat hujan salah satunya adalah Bapatong. Nama makanan ini memang cukup unik, tapi tahukah Anda Bapatong merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong.

Bapatong mempunyai rasa yang khas dan tidak bisa Anda temukan selain di Bogor. Daging dalam Bapatong ini dipotong dadu dengan bakso yang kenyal. Di dalam bapatong juga terdapat tahu bakso dan iga sapi.

Anda juga bisa menambahkan sambal yang banyak agar rasanya lebih enak. Kerupuk dan emping juga bisa menjadi pelengkap untuk menambah cita rasanya. Anda pecinta bakso wajib mencoba bapatong ketika ke Bogor.

Es Bir Kotjok Bogor

Es Bir Kotjok Bogor

Makanan dan minuman khas Bogor yang ini bukanlah minuman beralkohol melainkan minuman tradisional. Es Bir Kotjok tidak jauh berbeda dengan Bir Pletok Betawi karena terbuat dari rempah-rempah.

Perbedaan Es Bir Bogor ini ada pada bahan rempah di dalamnya. Di dalam Es Bir Bogor terdapat kayu secang yang membuat rasanya sangat khas.

Minuman ini sangat cocok diminum pada keadaan dingin. Anda bisa menambahkan es batu agar lebih nikmat. Namun jika Anda suka minuman hangat juga bisa menikmatinya selagi hangat.

Pepes Sagu

Pepes Sagu

Makanan tradisional khas Bogor yang wajib Anda coba adalah pepes sagu. Walaupun namanya pepes tapi makanan ini cocok untuk teman ngopi di sore atau pagi hari ketika di Bogor.

Pepes sagu terbuat dari bahan dasar sagu yang dicampur dengan pisang atau nangka. Rasa manis dan gurih dari pisang membuat pepes ini sangat enak. Bahan dasar sagu dari pepes ini membuatnya menjadi kenyal.

Untuk mendapatkan rasa yang khas Anda bisa memilih pepes sagu yang agak gosong. Aroma gosong daun pisang yang membalut pepes ini menambah cita rasanya menjadi lebih enak.

Pangsit Pengantin

Pangsit Pengantin

Nama makanan khas Bogor yang cukup unik adalah pangsit pengantin. Dulu pangsit ini hanya boleh dimakan oleh pengantin pada saat di pelaminan. Cara makannya pun unik yaitu saling menyuapi.

Namun sekarang pangsit pengantin bisa Anda makan kapan saja dan mudah untuk Anda dapatkan di Bogor. Keunikan dari pangsit ini adalah isiannya bukan mie kuning melainkan soun. Ayam yang digunakan juga ayam suwir.

Penyajian dari pangsit ini sangat unik yaitu kerupuk pangsit di pinggir mangkok kemudian soun dan ayam diletakkan di dalamnya. Pangsit ini disiram dengan kuah kental yang khas. Anda akan langsung suka dengan makanan ini saat mencobanya pertama kali.

Ceker Ranjau

Ceker Ranjau

Anda penyuka pedas wajib makan ceker ranjau ketika berada di Bogor. Seperti namanya ceker ini mempunyai cita rasa yang pedas. Anda bisa memilih sendiri tingkat kepedasannya.

Ceker ranjau terbuat dari bahan dasar ceker rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kari. Kuah kari dari ceker ranjau ini sangat pedas tapi membuat ketagihan.

Anda bisa menikmati ceker ranjau ini dengan sepiring nasi hangat maupun dimakan tanpa nasi. Rasa pedas gurih dari ceker ranjau ini akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya terus.

Cungkring

Cungkring

Makanan khas Bogor Cungkring ini sekilas mirip dengan sate. Bumbu cungkring memang bumbu kacang khas sate tapi di dalamnya bukan sate melainkan kikil rebus.

Tidak hanya kikil, di dalam cungkring juga terdapat risol gulung dan juga lontong. Anda juga bisa makan tanpa lontong.

Keunikan dari cungkring ini ada pada kikilnya. Kikil yang digunakan adalah kikil kulit, kepala, dan urat. Kikil ini diolah secara khusus kemudian dipotong dan disiram dengan kuah kacang.

Talas Bogor

Talas Bogor

Makanan oleh-oleh khas Bogor yang juga wajib Anda beli adalah Talas Bogor. Berbeda dengan talas pada umumnya, Talas Bogor lebih legit dan mempunyai cita rasa yang khas.

Rasanya tidak lengkap jika Anda liburan ke Bogor tanpa membeli Talas Bogor. Anda bisa membelinya dalam keadaan mentah maupun yang sudah diolah menjadi kue.

Talas Bogor kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar

Bogor memang kaya akan makanan khas jenis asinan. Salah satu asinan khas dari Bogor adalah asinan jagung bakar. Sesuai dengan namanya asinan ini terbuat dari jagung bakar.

Isi dari asinan ini tidak jauh berbeda dengan asinan Bogor pada umumnya. Hanya saja di dalam asinan ini terdapat jagung bakar yang gurih.

Asinan jagung bakar ini bisa Anda nikmati dengan kerupuk mie khas Bogor yang gurih. Cita rasa asinan ini semakin enak dengan kuahnya yang menyegarkan. Anda wajib mencoba asinan ini ketika berkunjung ke Bogor.

Ngo Hiang

Ngo Hiang

Makanan enak khas Bogor yang selanjutnya adalah Ngo Hiang. Ini merupakan makanan non halal yang hanya bisa Anda dapatkan di Bogor.

Ngo Hiang merupakan makanan berkuah kental yang isinya adalah bakwan isi daging babi. Ada juga gorengan yang sudah diisi dengan daging babi dan kentang.

Yang menjadikan makanan ini khas dan enak adalah kuah kental kecoklatannya. Rasanya yang gurih membuat Anda ketagihan jika mencobanya. Anda bisa memakan Ngo Hiang dengan nasi dan tambahan sambal agar rasanya lebih nikmat.

Roti Unyil

Roti Unyil

Oleh-oleh makanan khas Bogor selain talas adalah Roti Unyil. Sesuai dengan namanya, roti ini berbentuk kecil dengan berbagai variasi rasa dan isian. Anda yang berlibur ke Bogor wajib untuk membeli roti ini sebagai oleh-oleh.

Roti unyil bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Bogor yang sangat mudah Anda temui. Salah satu yang recommended adalah Toko Unyil Venus. Di sini menjual berbagai paket roti unyil untuk oleh-oleh.

Roti unyil mempunyai banyak variasi isian seperti fla jagung, cokelat, abon, kismis, srikaya dan lain sebagainya. Anda bisa memilih berbagai variasi isian untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Martabak Encek

Martabak Encek

Di Bogor juga terdapat camilan khas yang wajib Anda coba yaitu martabak encek. Sebenarnya martabak ini tidak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya. Dari segi bahan dan isian sama dengan martabak atau terang bulan.

Perbedaan martabak encek dengan martabak lainnya adalah proses memasaknya. Pembuatan martabak encek ini masih sangat tradisional dengan menggunakan arang. Karena cara memasaknya ini martabak ini mempunyai cita rasa yang berbeda.

Martabak encek hanya ada di satu lokasi saja di Bogor. Anda bisa membeli martabak ini mulai dari pukul 2 siang. Jangan sampai kesorean agar tidak kehabisan.

Setidaknya salah satu atau beberapa dari makanan khas Bogor ini harus Anda coba ketika berkunjung ke sini. Untuk bisa berwisata kuliner Anda tidak perlu risau karena Anda bisa sewa mobil innova Bogor. Liburan Anda pasti akan lebih menyenangkan dan mengenyangkan di Bogor.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bogor, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)