SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Hidangan Indonesia memang sangat kaya akan kuliner. Setiap daerahnya, memiliki makanan khas masing-masing, termasuk Papua. Paling tidak, ada 18 makanan khas Papua dengan cita rasa rempah asli Papua.

Sebab Papua yang berada di ujung timur Indonesia, menyimpan kekayaan kuliner warisan leluhur yang tersohor. Beberapa di antaranya bahkan sudah menyebar di seluruh Indonesia karena rasanya yang lezat.

Daftar Makanan Khas Papua yang Terkenal

Beberapa makanan khas di daftar ini bisa saja sama dengan daerah lain, tapi yang membedakan adalah rempahnya. Masyarakat Papua memiliki rempah asli dengan cita rasa yang unik berikut beberapa diantaranya

Udang Selingkuh

Udang Selingkuh

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Udang ini memiliki nama yang berasal dari bentuknya yang seperti gabungan antara udang dan kepiting. Tubuhnya berbentuk udang, tapi memiliki capit besar seperti kepiting. Jadi, sekilas mirip kepiting dan lobster dalam satu bentuk.

Dagingnya lembut, empuk dan gurih. Rasanya juga sedikit manis. Biasanya, masyarakat Papua memasak udang selingkuh dengan bunga pepaya atau tumis kangkung. Rasa daging dan kuahnya benar-benar membuat ngiler.

Wajar jika masakan khas Wamena ini selalu jadi incaran pecinta kuliner Papua. Bahkan, ada juga di kota-kota besar yang menjual masakan ini. Memang, rasanya sangat istimewa dengan kualitas daging yang maknyus.

Selain itu, hidangan ini juga termasuk salah satu hidangan yang paling sering menjadi rekomendasi sopir dari tempat rental mobil terbaik. Sebab rasanya yang masuk dan cocok ke lidah orang luar Papua sekalipun.

Ikan Bungkus

Ikan Bungkus

Berikutnya di daftar makanan khas Papua yang viral, ada ikan bungkus yang sekilas mirip dengan pepes ikan. Di Papua, masakan ini berbahan dasar utama ikan laut, mengingat Papua kaya akan hasil alamnya.

Ikan bungkus menggunakan daun talas sebagai pembungkus, bukan daun pisang seperti pepes ikan. Bukan hanya jenis ikan dan pembungkusnya yang berbeda, tetapi juga bumbu rempahnya berbeda.

Ikang bungkus memiliki aroma yang lebih wangi. Sebab, masyarakat Papua menambahkan daun salam dan rempah lain untuk membuat bumbu terasa menggoda. Aroma daun salam ini juga akan meresap ke dalam daging ikan.

Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari

Masih dengan menggunakan bahan dasar ikan laut, masakan khas berikutnya adalah ikan bakar Manokwari. Sekilas, tampilan masakan ini seperti ikan bakar pada umumnya, tapi jelas ada yang membedakannya.

Makanan dengan nama ibu kota Provinsi Papua Barat ini menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utamanya. Adapun cita rasanya pedasnya berasal dari rempah asli Papua, sehingga rasanya sedikit berbeda dari ikan bakar pada umumnya.

Secara tekstur, bumbu ikan bakar Manokwari ini lebih kasar karena mereka sengaja menumbuk atau menggiling bumbu tidak terlalu lembut. Kemudian, mereka juga mengoleskan perasan jeruk nipis sebelum ikan mereka bakar.

Agar lebih nikmat, biasanya masyarakat Papua menyajikan makanan ini dengan sambal khas. Hidangan ikan bakar ini bisa Anda temukan dengan mudah di dekat pantai seperti Pantai Pasir Putih yang termasuk salah satu pantai terindah di Indonesia.

Ikan Bakar Colo

Ikan Bakar Colo

Ikan Bakar Colo merupakan salah satu makanan khas daerah di Indonesia yang menjadi favorit dari suku Kamoro. Bahan dasar masakan ini adalah ikan tongkol, bawal, ikan dabu-dabu dan ikan kue. Tapi, yang paling utama adalah ikan dabu-dabu.

Masakan ini memiliki nama colo sebab penyajiannya dengan menggunakan sambal colo. Sambal colo menjadi topping dengan cara menaruh sambal di atas ikan. Rasa ikan dan sambalnya benar-benar mantap.

Sebab sambal colo memiliki sensasi pedas yang khas dengan bumbu cabe rawit, bawang merah, tomat muda hingga perasan jeruk nipis. Perpaduan ikan bakar dan sambal colo ini memang layak untuk Anda coba.

Bandeng Kuah Kuning

Bandeng Kuah Kuning

Makanan khas ini memang bisa Anda temukan di hampir seluruh Indonesia. Hanya saja setiap daerah memiliki cita rasa khas masing-masing. Bahan utamanya adalah ikan bandeng dan warna kuningnya berasal dari kunyit.

Potong ikan bandeng segar menjadi beberapa bagian. Siapkan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, cabai merah, kunyit dan bahan lainnya. Anda juga bisa menambahkan daun salam untuk aromanya.

Tambahkan juga cabe rawit untuk sensasi pedasnya. Jika kuah kuning sudah mendidih, masukkan potongan ikan bandeng dan biarkan sampai daging ikan lembut dan empuk. Anda bisa memakan masakan ikan ini dengan nasi.

Dengan kelezatannya tersebut, wajar jika hidangan ini sering jadi menu andalan sejumlah restoran yang ramai dikunjungi wisatawan. Jadi jangan sampai Anda lewatkan kesempatan untuk mencoba.

Ayam Rica Papua

Ayam Rica Papua

Selanjutnya yang perlu Anda coba di daftar makanan khas Papua terkenal ini adalah ayam rica Papua. Makanan ini jelas menggunakan bahan dasar ayam. Untuk rasa yang lebih enak, bisa menggunakan ayam kampung.

Bumbu ricanya sendiri seperti bumbu rica pada umumnya. Hanya saja masyarakat Papua memiliki cara tersendiri untuk membuat cita rasa yang khas dan berbeda dari rica pada umumnya, terutama rasa pedasnya.

Untuk sensasi pedas bisa Anda tingkatkan dengan menambahkan cabai lebih banyak lagi. Rasa gurih ayam dan pedas bumbu ricanya memang tiada duanya. Tambahkan nasi putih agar rasanya semakin mantap luar biasa.

Hidangan ini bisa Anda beli di banyak rumah makan yang ada di Papua. Tinggal minta antar saja kepada sopir dari tempat sewa bus pariwisata murah yang Anda gunakan untuk mengantar dan memberi rekomendasi.

Papeda

Papeda

Kuliner yang satu ini tidak perlu Anda tanyakan lagi sebab sudah menjadi ikon wisata kuliner Papua. Saat ini, ada banyak tempat kuliner di berbagai kota yang menyajikan menu berupa papeda. Makanan ini memang khas.

Bahan dasarnya adalah sagu yang melalui proses pengolahan tertentu hingga membuatnya lembek dan lengket teksturnya. Sekilas hampir mirip seperti lem, tapi makanan ini mengandung banyak serta, gizi dan juga rendah kolesterol.

Untuk memakan papeda, caranya adalah dengan menggunakan stik atau sumpit dan menggulungnya. Nama sumpit ini adalah gata-gata. Untuk rasanya, papeda memiliki rasa hambar tau tak berasa.

Sehingga penyajiannya cocok dengan lauk apa saja seperti ikan kuah kuning, ikan bakar dan lainnya. Papeda ini sendiri juga menjadi salah satu makanan khas Maluku terkenal yang bisa Anda nikmati sebagai pengganti nasi.

Aunuve Habre

Aunuve Habre

Makanan yang satu ini juga masih menggunakan ikan laut sebagai bahan dasarnya. Biasanya masyarakat Papua menggunakan ikan cakalang sebagai pilihan utama. Pilihan lainnya adalah ikan tongkol dan ikan tuna.

Proses pembuatannya cukup dengan bumbu sederhana seperti garam dan air. Kemudian oleskan asam Jawa di atasnya. Setelah itu, bungkus ikan menggunakan daun talas. Ya, hampir sama dengan masakan ikan bungkus.

Selanjutnya, kukus ikan tadi sampai matang atau daging terasa lebih empuk dan lembut. Masyarakat Papua menyajikan masakan ini dengan papeda. Papeda sendiri berfungsi seperti nasi jika di daerah lain.

Aunu Senebre

Aunu Senebre

Kekayaan laut Papua memang luar biasa, makanan ini juga masih menggunakan bahan dasar berupa ikan. Ya, Aunu Senebre adalah salah satu makanan khas Papua terenak yang bisa Anda coba berikutnya.

Makanan khas ini berbahan dasar ikan teri dan nasi putih. Untuk membuatnya, goreng keduanya kemudian campur dengan parutan kelapa dan irisan daun talas. Kemudian, kukus semua bahan-bahan ini.

Untuk penyajiannya, masyarakat Papua biasa memakan Aunu Senebre ini bersama papeda. Hidangan ini sendiri bisa dengan mudah Anda temukan di warung dekat kawasan pantai Papua sebab bahan ikannya yang melimpah.

Petatas

Petatas

Petatas adalah tanaman ubi-ubian (sejenis dengan ubi jalar). Kandungan gizinya sendiri tidak jauh berbeda dengan nasi. Petatas adalah makanan pokok masyarakat Papua Tengah, yakni mereka yang ada di pegunungan.

Ubi jalar dan berbagai jenis ubi lainnya memang tumbuh subur di tanah Papua. Adapun untuk mengolahnya bisa dengan cara yang sederhana seperti mengukus, membakar atau merebusnya.

Pengolahan yang sederhana ini nyatanya tidak menghilangkan cita rasa khas petatas. Untuk penyajiannya bisa Anda makan secara langsung atau dengan lauk seperti ikan bungkus atau ikan bakar manokwari.

Kue Sarang Semut

Kue Sarang Semut

Jika belum mencoba kue satu ini, kunjungan Anda ke Papua kurang sempurna. Kue sarang semut khas Papua ini memiliki bentuk persis menyerupai sarang semut saat sudah terpotong.

Sekilas dari tampilan luarnya, kue ini mirip dengan kue bolu dengan warna coklat tua. Namun ketika Anda membelahnya, di dalam kue ini penuh rongga seperti sarang semut. Inilah kenapa namanya kue sarang semut.

Teksturnya sangat lembut seperti bolu basah dan sedikit kenyal seperti bika ambon. Rasanya enak dan lezat dengan aroma kayu manis serta cengkeh. Kue ini sangat pas untuk menjadi camilan.

Kue Lontar

Kue Lontar

Nama kue ini berasal dari bahasa Belanda ‘Rontart’ yang kemudian oleh masyarakat Papua berubah menjadi lontar. Kue Lontar berbahan dasar susu, telur, margarin, gula dan tepung terigu.

Jika Anda pernah melihat kue pie susu khas Bali, maka Kue Lontar juga memiliki tampilan yang hampir sama. Ya, kue lontar memiliki bentuk seperti pie dengan ukuran besar.

Di bagian luarnya terasa kering sedangkan di bagian tengah sangat basah dan lembut. Biasanya, masyarakat Papua menaruh strawberry sebagai topping.

Mereka mengiris strawberry menjadi beberapa bagian atau menaruhnya secara utuh. Paduan warna kuning kue dan merah strawberry ini memang simpel tapi terlihat eksklusif.

Oleh sebab itu, kue ini biasanya menjadi camilan atau jajanan pada saat hari spesial. Misalnya seperti lebaran, perayaan ulang tahun dan tahun baru atau lainnya.

Kue Bagea

Kue Bagea

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Papua. Banyak sekali makanan khas dengan olahan sagu ini. Selain papeda, ada juga kue bagea yang menggunakan sagu sebagai bahan dasar utamanya.

Kue ini memiliki tekstur yang crispy atau renyah. Jadi, ketika Anda mengigitnya akan ada remahan yang jatuh. Rasanya tentu saja enak karena menggunakan bahan pelengkap layaknya kue lain.

Ada cengkeh, kacang tanah, kacang kenari, kayu manis, gula dan telur ayam sebagai pelengkap kue ini. Campur semua bahan pelengkap dengan sagu, buat adonan, bentuk bulat, pipihkan kemudian panggang.

Kue ini bisa menjadi camilan di waktu santai atau sajian di meja tamu. Di hari spesial seperti perayaan atau lebaran, Anda bisa menemui kue ini dengan mudah. Selain itu, kue ini juga bisa Anda temukan di sejumlah toko oleh-oleh khas Makassar.

Abon Gulung

Abon Gulung

Selanjutnya dari daftar makanan khas Papua terlezat ini ada abon gulung. Makanan ini khas dari Kota Sorong, Papua. Ini sebenarnya adalah roti gulung dengan tekstur yang lembut dan sedikit basah seperti bolu. Isiannya berupa abon.

Bentuknya bulat dan lonjong. Bagian luar roti terdapat biji wijen yang membuat tampilannya semakin cantik. Untuk isian berupa abon berasal dari daging sapi. Rasanya enak, gurih dan tentu saja mengenyangkan.

Saat ini, sudah semakin banyak yang berkreasi dengan mengganti isian abon berupa coklat, keju dan lain sebagainya. Tentu saja, yang paling legendaris adalah isian berupa abon sapi yang enak dan lezat.

Sagu Lempeng

Sagu Lempeng

Sekilas seperti kerupuk, tapi ini bukan kerupuk melainkan sagu lempeng. Bentuknya gepeng atau seperti lempengan balok. Teksturnya keras dan rasanya seperti sagu, karena bahan dasarnya adalah sabu.

Proses pembuatannya adalah dengan membuat adonan sagu. Kemudian tuangkan adonan pada cetakan berbentuk persegi. Setelah itu, panggang adonan hingga mengeras atau matang.

Untuk rasanya, bisa original yakni rasa sagu atau rasa yang sedikit gurih dengan tambahan bumbu. Makanan khas ini cukup awet dan bisa bertahan hingga beberapa bulan jika cara penyimpanannya sesuai.

Sehingga, makanan yang satu ini cocok menjadi oleh-oleh ketika Anda berwisata ke Papua. Harganya juga sangat terjangkau jadi tidak akan memberatkan budget liburan Anda.

Keripik Keladi

Keripik Keladi

Makanan khas ini juga masuk dalam kategori jajanan, camilan dan oleh-oleh. Keripik keladi dapat Anda temukan di Sorong, rasanya ada cukup banyak variannya, tergantung dari bumbunya.

Bahan dasarnya adalah ubi keladi yang merupakan umbi khas Papua. Prosesnya adalah dengan memotong ubi tipis-tipis dan kecil. Jemur ubi sampai kering baru kemudian goreng.

Setelah setengah matang, campur dengan bumbu. Salah satu yang paling banyak peminatnya adalah bumbu pedas seperti keripik balado. Untuk yang ini, rasanya juara. Pedasnya nikmat dan gurihnya spesial.

Anda bisa menemui makanan atau oleh-oleh ini di banyak toko oleh-oleh atau camilan di Papua. Camilan ini memang cocok menemani berbagai waktu dan aktivitas Anda selama di Papua.

Bubur Sagu

Bubur Sagu

Masih dengan bahan dasar sagu, kali ini ada bubur sagu. Makanan ini berbahan dasar sagu kering yang melewati proses perendaman dengan air panas dalam waktu yang lama atau sampai hancur menjadi bubur.

Jadi, mulanya ambil sagu kering kemudian rebus bersama air atau taruh sagu di air panas. Tunggu hingga sagu mulai mencair dan berubah menjadi bubur. Rasanya, tentu saja tawar atau tidak berasa.

Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan rasa tertentu seperti gula dan kacang jika ingin memiliki rasa manis. Bisa juga dengan tambahan kelapa parut dan sedikit garam agar rasanya asin sekaligus gurih.

Tambahkan juga irisan bawang goreng dan daun seledri sebagai topping. Jika ingin tambah nikmat, lengkapi sajian bubur ini dengan lauk seperti ikan bakar Manokwari atau ikan bumbu kuning.

Eurimoo

Eurimoo

Terakhir ada Eurimoo khas Timika. Ini adalah kue basah dengan cita rasa yang manis. Sekilas, kue ini hampir mirip dengan kue klepon dengan parutan kelapa di atasnya. Tapi, tanpa isian gula merah di dalamnya.

Untuk bahan dasarnya masih menggunakan sagu, yakni tepung sagu, gula pasir, pisang dan kelapa parut untuk luarnya. Anda bisa menemui kue ini di berbagai acara spesial seperti acara adat atau pernikahan.

Proses pembuatannya juga tidak jauh berbeda dengan kue klepon. Teksturnya juga tidak jauh berbeda, basah dan lembut. Untuk warnanya juga bisa beragam tergantung warna makanan apa yang Anda sukai.

Kue basah ini cocok menjadi camilan saat waktu santai. Anda bisa menikmati keindahan alam Papua seperti pantainya dengan menikmati kue ini. Tapi, karena ini kue basah jadi tidak cocok jadi oleh-oleh.

Bagaimana, tertarik mencoba makanan khas Papua di atas? Anda bisa memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata untuk bisa mencoba semuanya dengan cara yang mudah dan terjangkau.

Dengan berbagai pilihan paket tour wisata murah dan transportasi yang sesuai budget liburan Anda pasti lebih menyenangkan. Jadi tidak perlu ragu lagi langsung saja hubungi kami sekarang dan dan nikmati lezatnya hidangan daerah di Indonesia ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Kuliner, Papua



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)