SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Makassar termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di luar pulau Jawa dan memiliki segudang pesona dan oleh-oleh khas. Nilai-nilai budaya, sejarah, hingga keindahan alam bisa Anda temukan hampir di setiap tempat wisata Makassar. Sehingga wajar bila Kota Makassar menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ditambah lagi berbagai kuliner khas Makassar yang terkenal dengan kelezatannya, siap membuat Anda betah berlibur dan berkunjung ke Kota Makassar. Pengalaman Anda berlibur ke Makassar juga bisa semakin berkesan dengan membawa buah tangan khas Makassar yang menarik saat akan pulang.

Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang mulai dari barang, pernak-pernik, hingga makanan semua bisa. Supaya Anda dapat lebih mudah memilih berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang:

Daftar Oleh-oleh Khas Makassar yang Terkenal

Kain Tenun Sengkang

Kain Tenun Sengkang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kain tenun Sengkang merupakan salah satu kain kerajinan khas suku Bugis yang terbuat asli dari sutra alam. Sebutan Sengkang sendiri berasal dari nama daerah kain tenun ini berasal yaitu Kota Sengkang yang menjadi daerah penghasil sutra. Sedangkan untuk produsen kain tenunnya bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Kabupaten Wajo.

Ciri khas dari kain sutra Sengkang ini adalah motifnya yang memiliki warna warni mencolok dan berpola vertikal. Masing-masing motif memiliki makna tersendiri yang menunjukan status pemakainya seperti misalnya perbedaan motif kain untuk wanita lajang dan sudah menikah. Beberapa motif tersebut diantaranya motif makkalu, balo renni, ballo tettong, cobo, aksara Bugis, dan ukiran Toraja.

Untuk mendapatkan kain tenun Sengkan ini Anda tidak perlu jauh-jauh menuju Kabupaten Wajo karena sudah banyak dijual di Makassar. Salah satunya di pusat oleh-oleh Makassar, Toko Aneka Sutra yang menjual berbagai macam motif kain sutra Sengkang. Harga yang dibanderol untuk kain sutera Sengkang ini bervariasi mulai dari Rp150.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung bahan motifnya.

Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

Jajanan khas Makassar satu ini sudah sangat terkenal hampir ke seluruh Indonesia dan menjadi salah satu kue wajib saat lebaran. Bentuk kacang sembunyi ini sekilas seperti pisang molen dengan ukuran yang sangat kecil dan berisi biji kacang tanah goreng. Untuk membuatnya hanya diperlukan adonan terigu atau kulit pangsit dan kacang tanah yang digoreng setelah selesai dibentuk.

Biasanya kue kering dari kacang ini memiliki rasa manis dari gula karamel yang menyelimuti bagian luar kue. Namun saat ini sudah banyak pilihan rasa lain seperti pedas manis dan gurih yang menjadi favorit banyak wisatawan. Jajanan satu ini sangat cocok untuk menemani waktu Anda bersantai menikmati kopi atau teh di rumah.

Kacang sembunyi sudah banyak dijual hampir di setiap toko makanan atau jajanan Makassar sehingga mudah didapat. Harganya pun masih sangat terjangkau karena hanya dibanderol sekitar Rp25.000,00 per kemasan tergantung ukuran kemasannya. Selain kacang sembunyi Anda juga bisa menikmati jenis-jenis kacang lain seperti kacang disco, kacang telur, dan lainnya.

Kopi Toraja

Kopi Toraja

Kopi Toraja bisa menjadi oleh-oleh terbaik yang bisa Anda bawa pulang dari Makassar apalagi untuk para penikmat kopi. Pohon kopi ini ditanam pada ketinggian minimal 1.400 mdpl di tanah vulkanik pegunungan Sesean bersama dengan berbagai tanaman rempah. Oleh sebab itu kopi asli daerah Toraja ini memiliki rasa dan aroma rempah yang khas.

Terdapat tiga jenis kopi Toraja yang bisa Anda coba yaitu kopi arabika, kopi robusta, dan kopi special blend. Ciri khas kopi robusta Toraja ini adalah rasanya yang lebih pahit dibanding kopi lainnya namun dengan tingkat keasaman yang rendah. Dengan segala keunikan dan kenikmatan yang dimilikinya wajar bila Kopi Toraja dinobatkan sebagai salah satu kopi ekspor terbaik di Indonesia.

Kopi nikmat khas Toraja satu ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Makassar atau di pasar-pasar tradisional. Salah satunya seperti di Toko Kopi Ujung yang menjual berbagai macam kopi termasuk kopi Toraja dan beberapa kopi lainnya. Harga dari kopi ini bervariasi mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp200.000,00 per kemasan tergantung jenis dan ukuran.

Dangke

Dangke

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh yang unik dari Makassar, Dangke bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Dangke sendiri terbuat dari susu sapi atau susu kerbau yang diolah hingga memiliki rasa dan tekstur seperti keju yang khas. Makanan unik ini berasal dari daerah Enrekang sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Dangke Enrekang.

Cara membuatnya juga cukup mudah, susu sapi atau kerbau segar direbus dan dicampur sedikit getah pepaya agar terpisah dari air. Gumpalan susu yang sudah terpisah tersebut kemudian disaring dan dicetak menggunakan tempurung lalu dibungkus daun pisang saat sudah dingin. Rasa Dangke yang masam dan sedikit gurih sangat nikmat untuk disantap langsung atau dijadikan hidangan lain.

Keju tradisional khas Sulawesi ini ternyata bisa diolah menjadi keripik dangke yang memiliki rasa yang khas. Keripik Dangke menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar kekinian yang selalu dicari wisatawan. Harga Dangke asli biasanya dibanderol dengan harga Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per buah tergantung jenis susunya.

Sirup DHT

Sirup DHT

Sirup DHT tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Makassar terutama yang senang menikmati hidangan pisang ijo. Kuah manis berwarna merah dari pisang ijo tersebut berasal dari warna merah sirup DHT.

Berbeda dengan beberapa sirup baru yang sedikit encer, sirup dengan rasa pisang Ambon ini terlihat sangat kental dan manis. Sehingga wajar bila sering digunakan untuk menambah cita rasa nikmati dari segarnya es pisang ijo.

Anda yang ingin mencoba membuat sendiri pisang ijo di rumah wajib membeli Sirup DHT ini sebagai buah tangan dari Makassar. Selain rasanya yang nikmat, harga sirup ini juga sangat murah karena hanya Rp25.000,00 per botol ukuran 620 ml.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Kuliner, Makassar

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)