Makassar termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di luar pulau Jawa dan memiliki segudang pesona dan oleh-oleh khas. Nilai-nilai budaya, sejarah, hingga keindahan alam bisa Anda temukan hampir di setiap tempat wisata Makassar. Sehingga wajar bila Kota Makassar menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ditambah lagi berbagai kuliner khas Makassar yang terkenal dengan kelezatannya, siap membuat Anda betah berlibur dan berkunjung ke Kota Makassar. Pengalaman Anda berlibur ke Makassar juga bisa semakin berkesan dengan membawa buah tangan khas Makassar yang menarik saat akan pulang.

Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang mulai dari barang, pernak-pernik, hingga makanan semua bisa. Supaya Anda dapat lebih mudah memilih berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang:

Daftar Oleh-oleh Khas Makassar yang Terkenal

Kain Tenun Sengkang

Kain Tenun Sengkang

Kain tenun Sengkang merupakan salah satu kain kerajinan khas suku Bugis yang terbuat asli dari sutra alam. Sebutan Sengkang sendiri berasal dari nama daerah kain tenun ini berasal yaitu Kota Sengkang yang menjadi daerah penghasil sutra. Sedangkan untuk produsen kain tenunnya bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Kabupaten Wajo.

Ciri khas dari kain sutra Sengkang ini adalah motifnya yang memiliki warna warni mencolok dan berpola vertikal. Masing-masing motif memiliki makna tersendiri yang menunjukan status pemakainya seperti misalnya perbedaan motif kain untuk wanita lajang dan sudah menikah. Beberapa motif tersebut diantaranya motif makkalu, balo renni, ballo tettong, cobo, aksara Bugis, dan ukiran Toraja.

Untuk mendapatkan kain tenun Sengkan ini Anda tidak perlu jauh-jauh menuju Kabupaten Wajo karena sudah banyak dijual di Makassar. Salah satunya di pusat oleh-oleh Makassar, Toko Aneka Sutra yang menjual berbagai macam motif kain sutra Sengkang. Harga yang dibanderol untuk kain sutera Sengkang ini bervariasi mulai dari Rp150.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung bahan motifnya.

Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

Jajanan khas Makassar satu ini sudah sangat terkenal hampir ke seluruh Indonesia dan menjadi salah satu kue wajib saat lebaran. Bentuk kacang sembunyi ini sekilas seperti pisang molen dengan ukuran yang sangat kecil dan berisi biji kacang tanah goreng. Untuk membuatnya hanya diperlukan adonan terigu atau kulit pangsit dan kacang tanah yang digoreng setelah selesai dibentuk.

Biasanya kue kering dari kacang ini memiliki rasa manis dari gula karamel yang menyelimuti bagian luar kue. Namun saat ini sudah banyak pilihan rasa lain seperti pedas manis dan gurih yang menjadi favorit banyak wisatawan. Jajanan satu ini sangat cocok untuk menemani waktu Anda bersantai menikmati kopi atau teh di rumah.

Kacang sembunyi sudah banyak dijual hampir di setiap toko makanan atau jajanan Makassar sehingga mudah didapat. Harganya pun masih sangat terjangkau karena hanya dibanderol sekitar Rp25.000,00 per kemasan tergantung ukuran kemasannya. Selain kacang sembunyi Anda juga bisa menikmati jenis-jenis kacang lain seperti kacang disco, kacang telur, dan lainnya.

Kopi Toraja

Kopi Toraja

Kopi Toraja bisa menjadi oleh-oleh terbaik yang bisa Anda bawa pulang dari Makassar apalagi untuk para penikmat kopi. Pohon kopi ini ditanam pada ketinggian minimal 1.400 mdpl di tanah vulkanik pegunungan Sesean bersama dengan berbagai tanaman rempah. Oleh sebab itu kopi asli daerah Toraja ini memiliki rasa dan aroma rempah yang khas.

Terdapat tiga jenis kopi Toraja yang bisa Anda coba yaitu kopi arabika, kopi robusta, dan kopi special blend. Ciri khas kopi robusta Toraja ini adalah rasanya yang lebih pahit dibanding kopi lainnya namun dengan tingkat keasaman yang rendah. Dengan segala keunikan dan kenikmatan yang dimilikinya wajar bila Kopi Toraja dinobatkan sebagai salah satu kopi ekspor terbaik di Indonesia.

Kopi nikmat khas Toraja satu ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Makassar atau di pasar-pasar tradisional. Salah satunya seperti di Toko Kopi Ujung yang menjual berbagai macam kopi termasuk kopi Toraja dan beberapa kopi lainnya. Harga dari kopi ini bervariasi mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp200.000,00 per kemasan tergantung jenis dan ukuran.

Dangke

Dangke

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh yang unik dari Makassar, Dangke bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Dangke sendiri terbuat dari susu sapi atau susu kerbau yang diolah hingga memiliki rasa dan tekstur seperti keju yang khas. Makanan unik ini berasal dari daerah Enrekang sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Dangke Enrekang.

Cara membuatnya juga cukup mudah, susu sapi atau kerbau segar direbus dan dicampur sedikit getah pepaya agar terpisah dari air. Gumpalan susu yang sudah terpisah tersebut kemudian disaring dan dicetak menggunakan tempurung lalu dibungkus daun pisang saat sudah dingin. Rasa Dangke yang masam dan sedikit gurih sangat nikmat untuk disantap langsung atau dijadikan hidangan lain.

Keju tradisional khas Sulawesi ini ternyata bisa diolah menjadi keripik dangke yang memiliki rasa yang khas. Keripik Dangke menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar kekinian yang selalu dicari wisatawan. Harga Dangke asli biasanya dibanderol dengan harga Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per buah tergantung jenis susunya.

Sirup DHT

Sirup DHT

Sirup DHT tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Makassar terutama yang senang menikmati hidangan pisang ijo. Kuah manis berwarna merah dari pisang ijo tersebut berasal dari warna merah sirup DHT.

Berbeda dengan beberapa sirup baru yang sedikit encer, sirup dengan rasa pisang Ambon ini terlihat sangat kental dan manis. Sehingga wajar bila sering digunakan untuk menambah cita rasa nikmati dari segarnya es pisang ijo.

Anda yang ingin mencoba membuat sendiri pisang ijo di rumah wajib membeli Sirup DHT ini sebagai buah tangan dari Makassar. Selain rasanya yang nikmat, harga sirup ini juga sangat murah karena hanya Rp25.000,00 per botol ukuran 620 ml.

Mantau Makassar

Kue Mantau

Mantau atau sering pula disebut mantao Pare Makassar merupakan makanan khas kabupaten pare-pare yang sekilas terlihat mirip dengan bakpao. Ciri utama dari mantau Makassar ini adalah bentuknya yang lebih padat dan tidak memiliki isian bila dibandingkan dengan bakpao.

Biasanya roti mantau parepare ini dinikmati langsung setelah dikukus, namun sekarang sudah banyak variasi roti yang bisa dicoba. Beberapa diantaranya seperti mantao bakar, mantao goreng, hingga mantau isi yang bisa tambahkan dengan berbagai macam isian seperti daging.

Di Makassar sendiri Anda bisa mendapatkan roti mantau Makassar ini di sejumlah toko seperti Mantao Pare Pettarani di daerah Panakkukang. Harga roti mantau ini sendiri biasa dibanderol antara Rp25.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung varian rasanya.

Sirup Markisa Makassar

Sirup Markisa

Selain sirup DHT Makassar, sirup markisa dari daerah Malino juga bisa Anda jadikan buah tangan dari Makassar. Rasa dan aroma markisa yang khas terasa nikmat saat diseduh menggunakan es batu dan diminum saat cuaca panas.

Sirup markisa Malino ini mengandung lebih banyak vitamin C karena markisa yang digunakan asli dan diproses secara alami. Oleh sebab itu sirup markisa Makassar ini mampu bertahan cukup lama di suhu kamar.

Anda yang ingin membeli sirup ini tidak perlu jauh-jauh ke Malino karena tersedia di setiap toko oleh-oleh khas Makassar. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp40.000,00 hingga Rp60.000,00 per botol untuk botol berukuran sedang.

Kue Gambung

Kue Gambung

Kue Gambung merupakan kue yang berasal dari daerah Palopo dan termasuk salah satu kue tradisional khas Sulawesi. Bahan utama dari kue gambung berasal ini dari tepung sagu yang diisi cangkuli atau campuran parutan kelapa dan gula merah.

Tekstur kuenya yang lembut dengan isian yang terasa manis sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai di rumah. Selain isian kelapa ada pula kue gambung dengan rasa durian dan beberapa buah lain yang membuatnya semakin nikmat.

Untuk mendapatkan kue gambung ini Anda bisa langsung mengunjungi toko kue khas Makassar yang juga menjual beberapa kue lainnya. Satu kemasan kue gambung ini biasa dijual dengan harga Rp15.000,00 hingga Rp30.000,00 sesuai rasa dan kemasannya.

Kain Bugis

Kain Bugis

Selain kain sutra Sengkang, kain tenun yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Sulawesi Selatan adalah kain Bugis. Kain tradisional dari suku bugis ini memiliki keindahan yang tidak kalah cantik dengan kain tenun Sengkang terutama pada bagian motifnya.

Berbeda dengan kain Sengkang yang identik dengan sutera, kain Bugis juga bisa dibuat menggunakan benang katun sehingga lebih murah. Tidak hanya berbentuk sehelai kain, tenun bugis juga sering dibuat menjadi sarung dan sudah menjadi tradisi khas suku Bugis.

Anda bisa mendapatkan kain bugis ini dengan memanfaatkan jasa sewa bus pariwisata Makassar yang siap mengantar Anda langsung ke produsennya. Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung jenisnya namun biasanya berkisar antara Rp20.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Aksesoris Khas Makassar

Aksesoris

Tidak mau ribet dengan barang bawaan yang banyak? souvenir seperti aksesoris khas Makassar bisa jadi solusinya. Ada banyak jenis pernak-pernik kecil yang bisa Anda pilih dan jadikan cenderamata untuk dibawa pulang seperti misalnya gantungan kunci.

Gantungan kunci yang tersedia juga terdiri dari berbagai bentuk unik seperti kapal pinisi, rumah toraja, pantai Losari, hingga kupu-kupu. Anda juga bisa membeli pajangan dinding kupu-kupu cantik yang diawetkan sebagai buah tangan.

Berbagai macam aksesoris khas Makassar ini bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh Makassar yang berada di dekat Pantai Losari. Harga yang dijual juga bervariasi dan masih terjangkau mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp50.000,00 per itemnya.

Kerajinan Khas Toraja

Souvenir dari Makassar

Pesona budaya dari Tana Toraja menjadi salah satu alasan daerah ini selalu menjadi langganan destinasi paket wisata Makassar. Selain dapat melihat prosesi pemakamannya yang unik, Anda juga bisa melihat berbagai kerajinan menarik khas Toraja secara langsung.

Mulai dari anyaman, lukisan, hingga pahatan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari kerajinan daerah lainnya. Barang-barang tersebut selalu dicari wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh etnik khas Makassar dan Toraja yang unik.

Untungnya Anda tidak perlu jauh-jauh ke Toraja untuk bisa mendapatkan berbagai kerajinan tersebut karena sudah banyak dijual di toko-toko souvenir. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp200.000,00 tergantung kerumitan kerajinannya.

Baju Kaos Makassar