earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Setelah berpuasa seharian tentu paling nikmat saat berbuka dengan menu buka puasa yang manis dan segar. Selain dapat menghilangkan rasa haus, cairan tubuh yang hilang selama berpuasa pun pasti terisi kembali.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pilihan menu berbuka yang segar dan bisa Anda buat di rumah. Misalnya saja macam-macam es yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasar kaget ramadhan saat ngabuburit.

Supaya Anda tidak bingung lagi memilih, berikut ini beberapa rekomendasi menu buka puasa yang segar dan cocok untuk Anda sajikan di rumah:

Daftar Menu Berbuka Puasa yang Segar

Sop Buah

Sop Buah

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Minuman segar seperti sop buah ini jadi salah satu menu favorit untuk berbuka. Campuran antara sirup dan susu yang manis dengan potongan buah segar jadi kombinasi sempurna untuk melepas dahaga.

Isian buahnya pun beragam dan bisa Anda sesuaikan sendiri di rumah. Namun biasanya sop buah ini menggunakan buah-buahan seperti semangka, melon, buah naga, dan anggur.

Cara membuat sop buah ini pun mudah. Cukup potong-potong buah lalu masukan sirup dan susu. Terakhir tuangkan air dan aduk hingga semua tercampur.

Agar semakin menarik dan segar, Anda bisa menambahkan es batu serta selasih dalam sop. Sensasi dingin, manis, serta segar di setiap suapan memberikan energi kembali setelah berpuasa.

Es Degan

Es Degan

Menu buka puasa yang sehat dan sederhana namun tetap segar selanjutnya adalah es kelapa muda atau es degan. Buah kelapa yang punya banyak khasiat ini bisa mengembalikan cairan tubuh.

Apalagi jika Anda menggunakan buah kelapa serat merah yang sangat baik untuk kesehatan. Selain airnya yang segar, daging buah kelapa atau degan yang lembut mampu mendinginkan kerongkongan.

Untuk menikmati es degan ini pun tidak terlalu sulit. Anda tinggal membelah kelapa tersebut dan tuang airnya ke dalam wadah. Kemudian, kerok daging kelapa muda dari batoknya untuk ikut bercampur bersama airnya tadi.

Bila Anda senang yang manis, jangan lupa menambahkan sirup, gula putih cair, atau gula merah sebagai penambah rasa. Terakhir masukan es dan minuman segar satu ini siap menemani waktu Anda berbuka.

Es Cincau

Es Cincau

Selain kelapa muda, cincau juga memiliki sensasi fresh dan khasiat yang banyak sehingga cocok untuk menu buka puasa kekinian. Bahan utamanya terbuat dari daun cincau yang telah melewati proses khusus agar menjadi agar-agar.

Agar-agar cincau inilah yang menjadi campuran sempurna untuk menu es cincau Anda. Ada dua jenis cincau yang bisa Anda pilih yakni cincau hijau dan hitam.

Keduanya sama-sama nikmat saat bercampur bersama santan serta gula merah cair. Anda bisa mendapatkan cincau ini dengan mudah di pasar-pasar tradisional jadi dapat Anda buat sendiri di rumah.

Selain sebagai bahan utama pembuatan es cincau, gel atau agar-agar ini juga sering menjadi isian untuk es campur. Sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam menu takjil saat puasa.

Es Kopyor

Es Kopyor

Buah kelapa juga bisa Anda olah menjadi es kopyor. Namun bukan kelapa biasa namun kelapa kopyor yang memiliki kelainan genetik khusus. Kelainan inilah yang membuat daging kelapa jadi lebih tipis dan lembut.

Rasanya pun agak berbeda dengan kelapa muda biasa, apalagi kadar air kelapanya lebih sedikit. Tapi itulah yang membuat es kopyor ini sangat istimewa.

Meski terbilang sulit mendapatkan kopyor asli, Anda tidak perlu khawatir lagi sebab banyak cara untuk membuat kopyor. Banyak penjual yang menawarkan bubuk kopyor atau Anda bisa memanfaatkan agar-agar sebagai penggantinya.

Kopyor yang sudah jadi sangat nikmat bila Anda sajikan bersama sirup frambozen, pandan, serta santan. Sensasi adem di tenggorokan dapat melegakan rasa haus Anda setelah berpuasa.

Es Kuwut

Es Kuwut

Kelapa muda juga bisa Anda buat menjadi salah satu minuman khas Bali enak seperti es kuwut. Minuman ini terbuat dari air kelapa muda, potongan buah melon, daging kelapa serut, selasih, serta jeruk nipis.

Tidak ketinggalan sirup leci atau melon agar rasanya semakin sedap. Campuran berbagai bahan tersebut menghasilkan rasa masam dan manis yang menggugah selera.

Minuman ini sangat cocok Anda nikmati di siang hari dan tentunya nanti saat berbuka. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa menjadikan es kuwut sebagai pilihan untuk berjualan menjelang berbuka.

Es Campur

Es Campur

Satu lagi es yang populer menjadi pilihan saat berbuka puasa adalah es campur. Seperti namanya, berbagai macam bahan dengan rasa manis, segar, dan masam becampur jadi satu dalam hidangan ini.

Secara umum, es campur terbuat dari perpaduan antara susu, sirup, es, serta berbagai macam isian. Isian inilah yang membuat es campur di beberapa daerah berbeda dan bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Misalnya saja es campur dari Medan yang menambahkan kacang merah atau es campur Jakarta yang menggunakan tapai sebagai isian. Apapun yang Anda campurkan rasa es ini tetap terasa menyegarkan.

Anda bisa membuat kreasi es campur menggunakan potongan roti, nangka, agar-agar, atau buah-buahan lain yang Anda inginkan. Rasa manis masam dengan sensasi dinginnya sudah pasti membuat Anda tergoda.

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Tidak hanya minuman dingin, takjil seperti kolak Pisang juga sangat populer sebagai menu buka puasa rumahan. Banyak pedagang yang berjajar di setiap pasar kaget Ramadhan menyajikan hidangan satu ini.

Anda pun bisa membuatnya sendiri sebab bahannya sangat mudah dan melimpah. Cukup sediakan pisang raja, ubi jalar, atau labu Anda bisa membuat kolak lezat di rumah.

Bahan lain yang tidak boleh terlewat tentu saja gula merah, pandan, serta santan. Rasa manis dari gula yang meresap di pisang serta kuah manis gurihnya sangat sedap ketika hangat.

Karbohidrat ringan dari ubi, pisang, dan labunya juga dapat langsung memulihkan energi Anda kembali. Agar semakin segar, tidak jarang ada yang menikmati kolak ini bersama es batu.

Es Timun

Es Timun

Anda juga bisa membuat banyak takjil buka puasa mudah dengan memanfaatkan mentimun. Salah satu yang paling populer adalah es timun selasih.

Hanya dengan mencampur timun serut, biji selasih, sirup dan es batu Anda sudah bisa mendapatkan segelas segar es timun selasih. Agar semakin segar bisa pula Anda tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis.

Bisa juga dengan menambahkan potongan melon yang sangat serasi bersama sirup melon. Warna hijaunya pasti membuat mata kembali segar dan tak sabar ingin mencoba.

Bila Anda tidak mau repot, bisa juga membeli langsung es timun ini di bazar ramadhan yang ada di kota Anda. Harganya tidak terlalu mahal namun membuat sendiri di rumah tentu lebih hemat.

Es Doger

Es Doger

Bagi sebagian besar warga Indonesia, tentu sangat mengenal sajian atau makanan khas Cirebon satu ini yaitu es doger. Minuman ini terbuat dari campuran susu, sirup, kelapa, ketan hitam, nangka, alpukat, dan roti.

Namun ada banyak juga yang menambahkan sagu mutiara atau pacar cina dan agar-agar supaya rasanya semakin sedap. Rasa dari minuman ini tentu saja manis dan pas sekali untuk menjadi menu Anda berbuka puasa.

Nama es doger sendiri merupakan singkatan dari es dorong gerobak. Tapi ada juga yang menyebutkan kata doger berasal dari sebutan penari ronggeng di daerah Cirebon dan sekitarnya.

Sehingga wajar jika rasa es satu ini seperti menari-nari di dalam mulut.

Es Semangka Susu

Es Semangka Susu

Menu berbuka yang mudah dan segar selanjutnya adalah es semangka susu. Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak bahan serta rasa yang nanti akan Anda dapatkan.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup campurkan susu, air, serta potongan semangka berukuran dadu kedalam wadah. Jangan lupa tambahkan es serta sirup frambozen atau cocopandan sesuai selera.

Rasa manis dari susu dan sirupnya jadi pelengkap sempurna rasa segar semangka. Minuman ini paling sedap Anda sajikan selagi masih dingin sesaat setelah berbuka.

Es Jeruk Selasih

Es Jeruk Selasih

Tidak ada yang memungkiri, rasa segar jeruk peras memang sangat nikmat. Apalagi perasan jeruk tersebut Anda olah kembali menjadi minuman seperti es jeruk selasih.

Proses membuatnya pun tidak rumit. Pertama Anda peras jeruk secukupnya dan siapkan biji selasih yang sudah terendam air panas. Kemudian campurkan keduanya ke dalam wadah bersama gula pasir dan es, lalu sajikan.

Meski sederhana, kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk bisa memberi manfaat baik ke tubuh. Jadi selain segar, badan Anda juga bisa menjadi sehat dan siap menyelesaikan puasa ramadhan sebulan penuh.

Es Cendol Dawet

Es Cendol Dawet

Senang dengan hidangan manis, es cendol dawet bisa jadi pilihan Anda berbuka. Minuman tradisional khas nusantara ini terbuat dari tepung beras atau hunkwe dengan campuran gula merah dan santan.

Warna hijau, cokelat, dan putih jadi ciri khas dari minuman manis satu ini. Sensasi rasa dan aroma pandan yang wangi membuat es cendol dawet jadi favorit banyak orang.

Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli langsung sajian ini di banyak tempat. Harganya juga terjangkau dengan porsi yang cukup untuk melepas dahaga setelah berpuasa.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Makassar satu ini, es pisang ijo. Menu favorit buka puasa warga Makassar ini bisa Anda temukan dengan mudah, hampir di seluruh Indonesia.

Warna hijau dari kulit tepung yang melapisi pisangnya jadi ciri khas hidangan ini. Es pisang ijo paling nikmat Anda santap bersama bubur sumsum serta sirup frambozen.

Rasa manis dan sensasi dingin dari bubur sumsumnya dapat menyegarkan kembali tenggorokan yang kering setelah berpuasa. Pisangnya pun bisa jadi energi tambahan dan penunda lapar sebelum bersantap besar.

Jus Buah

Jus Buah

Minuman seperti jus buah bisa jadi menu termudah, termurah, dan terbaik untuk Anda selama puasa. Anda bisa tentukan sendiri buah apa yang Anda inginkan.

Bisa dengan jambu merah, mangga, alpukat, atau buah lain yang menyegarkan. Semakin nikmat lagi bila Anda menambahkan susu dan es ke dalam jus.

Cukup beli stok buah yang Anda inginkan, Anda tidak akan pusing lagi memilih menu berbuka selama sebulan penuh. Semua bisa Anda jus bergiliran sesuai selera.

Puding Susu

Puding Susu

Jika Anda bosan dengan kolak sebagai menu berbuka, puding susu bisa jadi alternatif untuk Anda. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan dengan cepat.

Cukup siapkan bahan-bahan seperti susu, bubuk agar-agar, gula, dan air. Lalu, campurkan semua bahan tersebut dalam panci dan aduk hingga mendidih, biarkan dingin lalu masukan dalam kulkas.

Anda bisa menyiapkan puding ini saat sore jadi saat berbuka puding susu bisa langsung Anda santap. Agar rasanya semakin bervariasi Anda bisa menggunakan susu cokelat atau agar-agar rasa buah.

Es Buah Jadul

Es Buah Jadul

Bukan hanya kolak, es buah jadul juga termasuk salah satu takjil legendaris yang bisa Anda temukan saat pasar kaget Ramadhan. Biasanya es buah ini dijual menggunakan gerobak akuarium kaca berukuran besar.

Berbeda dengan es buah kebanyakan, minuman jadul ini hanya menggunakan air gula serta buah-buahan sederhana. Buah-buah tersebut misalnya bengkuang, pepaya, serta nanas.

Namun yang membuat es ini istimewa adalah campuran cengkeh dan kayu manis di dalamnya. Sehingga ada aroma serta rasa yang khas dan cocok menjadi menu berbuka segar yang sehat.

Sayur Asem

Sayur Asem

Masakan seperti sayur asem, bisa menjadi pilihan menu buka puasa berkuah Anda selama bulan Ramadhan. Sebab, tidak hanya rasanya yang segar dan gurih, sayur ini juga memiliki banyak khasiat.

Rasa asam dari buah asam jawanya dapat membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, sayur ini dapat membantu proses penyembuhan batuk dan diabetes.

Bahan-bahan pembuatannya juga mudah untuk Anda dapatkan. Anda bisa membeli satu paket sayur asem lengkap di toko-toko sayur agar lebih praktis. Bisa pula membeli langsung sayur jadi di beberapa rumah makan.

Nah, itulah tadi 17 ide menu buka puasa yang segar, enak, dan mudah dibuat di rumah. Semoga dengan daftar ini, Anda tidak perlu pusing lagi memilih takjil dan makanan untuk berbuka.

Jangan lupa untuk perbanyak minum air dan makan yang cukup agar tetap sehat serta bertenaga. Namun ingat, tidak perlu berlebihan agar ibadah puasa Anda lancar.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

4.3/5 - (62 votes)