Makassar termasuk salah satu Kota Besar di Indonesia yang menyimpan banyak pesona indah baik dari budaya, sejarah, wisata, hingga makanan khas. Anda bisa menghabiskan waktu liburan Anda di Kota Makassar dengan senang bersama keluarga dan kerabat.

Banyak paket wisata dari Biro Perjalanan menawarkan berbagai kegiatan menarik untuk Anda termasuk wisata kuliner Makassar. Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Makassar yang terkenal lezat siap memuaskan rasa lapar dan penasaran Anda.

Makanan yang tersedia pun beragam mulai dari jajanan pasar, makanan selingan, hingga makanan berat. Diantara semua makanan yang ada, berikut ini rekomendasi makanan khas Makassar yang wajib untuk Anda coba saat berkunjung:

Daftar Makanan Khas Makassar yang Terkenal

Coto Makassar

Coto Makassar

Makanan satu ini sudah sangat terkenal seantero negeri karena rasanya yang khas berbeda dengan hidangan soto lainnya. Keunikan utama dari Coto Makassar adalah penggunaan bagian jeroan sapi untuk menambah isian dari kuah sotonya.

Untuk membuat Coto Makassar atau Coto Mangkasara diperlukan sekitar 40 rempah yang biasa disebut ampah patang pulo. Hasil rebusan daging, jeroan serta bumbu tersebut terasa nikmat saat ditambah potongan seledri dan bawang goreng lalu disantap bersama ketupat.

Anda bisa menikmati hidangan Coto ini di warung Coto Nusantara atau Coto Ranggong yang sudah sangat terkenal kelezatannya. Harga satu porsi Coto Makassar ini biasanya sekitar Rp15.000,00 dengan ukuran yang cukup besar.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo termasuk makanan dari pisang khas Makassar yang sangat mudah untuk dijumpai terutama saat bulan Ramadhan. Nama lain dari Pisang Ijo ini adalah Pallu Butung dan terbuat dari tepung beras yang dibalutkan ke potongan pisang matang.

Rasa manis dari sirup berwarna merah jambu serta bubur sumsum isian Es Pisang Ijo membuatnya terasa sangat nikmat. Aroma pandan dan rasa gurih dari adonan yang membalut pisang semakin menambah gurih rasa hidangan satu ini.

Es Pisang Ijo dari Pisang Ijo Bravo yang ada di Jl. Andalas Kota Makassar termasuk salah satu yang terenak. Anda bisa mendapatkan semangkuk Es Pisang Ijo ukuran jumbo dengan harga Rp22.500,00 yang rasa dan harganya sebanding.

Kapurung

Kapurung

Daerah timur sangat identik dengan makanan olahan dari sagu salah satu yang cukup terkenal dari Makassar adalah Kapurung. Tepung Sagu yang telah dibuat jadi adonan kental dibentuk bulat-bulat menyerupai bakso lalu disajikan dengan kuah hangat saus kacang.

Untuk menemai bola sagu ini biasanya ditambah dengan sayur seperti jagung, bayam, terong, jantung pisang dan juga kacang panjang. Sering juga ditambah dengan protein seperti ikan, ayam, udang yang menjadi variasi dari makanan Kapurung ini.

Kuah asam segar dari Kapurung ini bisa Anda nikmati di Warung Kapurung Kasuari yang ada di Jl. Kasuari Makassar. Harga satu porsi dari Kapurung ini juga cukup murah yakni sekitar Rp15.000,00 untuk satu porsi Kapurung Udang. Anda juga bisa menjumpai makanan yang lezat ini di beberapa tempat wisata Makassar yang terkenal.

Buras

Buras

Buras atau Burasa merupakan makanan lontong khas Makassar yang sedikit berbeda dengan lontong pada umumnya. Bentuknya lebih pipih dan dibungkus menggunakan daun pisang lalu diikat serta mampu bertahan hingga dua hari.

Cara membuat buras ini juga sangat mudah beras direbus terlebih dahulu dengan santan hingga setengah matang lalu dibungkus pisang. Kemudian lanjut rebus hingga matang dan Buras pun siap disantap langsung bersama sambal kacang atau untuk menemani Coto Makassar.

Buras juga menjadi Makanan Lebaran khas Makassar yang hampir selalu ada di setiap rumah di Makassar dan sekitarnya. Harga satu potong Buras ini juga sangat murah yakni sekitar Rp2.500,00 tergantung dengan ukuran dan jumlahnya.

Konro

Konro

Selain Coto Makassar, Buras juga sering dinikmati bersama dengan Konro yakni sup iga sapi Khas Makassar yang sangat nikmat. Ciri khas dari Konro ini adalah kuahnya yang berwarna hitam dari bumbu kluwuk dan rempah-rempah lain yang digunakan.

Sebelum dimasak iga sapi atau daging sapi ini dibaluri berbagai bumbu baru kemudian direbus hingga matang. Selain berbentuk sup, Konro juga bisa disajikan dalam bentuk lain yang juga tidak kalah enak yakni Konro Bakar.

Anda bisa menikmati kuliner Konro ini di Warung Konro Karebosi yang berada di Jl. Gn. Lompobattang Makassar. Harga dari Sup Konro ini pun bervariasi mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 per porsinya.

Barongko

Barongko

Barongko termasuk salah satu makanan tradisional khas Makassar yang enak dan terbuat dari pisang sebagai bahan utama. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara tertentu dan dulu sering menjadi makanan penutup bagi para Raja Bugis Makassar.

Cara membuat Barongko dimulai dengan menghaluskan pisang lalu dicampur dengan telur, santan, gula, serta garam baru kemudian dikukus. Barongko lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin karena teksturnya yang lembut seperti lumer dimulut.

Makanan ini cukup sulit ditemukan namun tetap bisa Anda nikmati di Mama Toko Kue dan Es Krim di Jl. Seruni. Barongko ini juga sangat murah mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung variasi rasa yang dipilih.

Mie Titi

Mie Titi

Mie Titi Makassar dikenal juga dengan nama Mie Kering Makassar karena memang sajian mie ini berbeda dengan mie pada umumnya. Resep Mie Titi dibuat oleh Ang Kho Tjao pada tahun 1970-an dan diwariskan pada anaknya Titi, Hengki, Awa’, dan Anto.

Cara membuat Mie Titi ini sangat mudah cukup memasak mie telur hingga kering lalu disiram dengan kuah kaldu kental. Untuk menambah citarasa biasanya dicampurkan dengan ayam, telur, sayuran, dan juga perasan jeruk nipis serta bawang goreng kering.

Mie Titi atau Mie Kering Makassar ini bisa Anda nikmati di salah satu warung Mie Anaknya yang semua sama enaknya. Harga satu porsi Mie Titi ini pun sangat terjangkau mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung isiannya.

Sop Saudara

Sop Saudara

Makanan berkuah selain Coto Makassar yang juga enak adalah Sop Saudara yang sudah ada sejak tahun 1957. Nama Sop Saudara sendiri awalnya merupakan nama dari warung yang menjual sop namun karena enak, sop inipun disebut Sop Saudara.

Sekilas sop ini lebih mirip dengan soto daging sapi pada umumnya namun dengan kuah yang lebih kental dan segar. Bersama daging sapi Sop Saudara biasa dinikmati dengan perkedel kentang, bihun, telur, atau ikan bandeng bakar.

Anda bisa dengan mudah menemukan penjual sop saudara ini di berbagai tempat di Makassar mulai dari pinggir jalan hingga restoran. Harga satu porsinya pun sekitar Rp15.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung dengan isian sop.

Pallubasa

Pallubasa

Secara sekilas Pallubasa ini terlihat mirip dengan Coto Makassar namun ada banyak hal yang membedakan kedua makanan khas Makassar yang enak ini. Salah satu yang paling utama adalah jeroan serta bumbu yang digunakan untuk membuat Pallu Basa ini.

Pallubasa ini dulunya makanan yang berisi daging sapi dan dinikmati oleh bangsawan, namun sekarang bergeser dan bisa dinikmati siapapun. Kuah segar kuning keruh Pallubasa ini terasa nikmat saat disantap bersama nasi putih hangat dan kuning telur ayam kampung mentah.

Tempat paling terkenal untuk menikmati hidangan ini adalah Pallubasa Serigala yang berada di Jl. Serigala XIV Makassar. Harga Pallubasa ini dibanderol mulai dari Rp25.000,00 per porsinya tergantung dengan pilihan isian yang ditambahkan.

Pisang Epe

Makassar memiliki banyak pilihan makanan dari olahan pisang yang sangat enak untuk dinikmati seperti misalnya Pisang Epe. Pisang bakar dengan siraman saus manis ini menjadi salah satu jajanan tradisional Makassar yang sangat terkenal.

Cara membuat Pisang Epe ini biasanya dimulai dengan membakar pisang raja yang sudah setengah matang lalu dijepit untuk dipipihkan. Setelah semua sisi matang dan berbentuk tipis, pisang selanjutnya disiram dengan saus manis dari gula merah cair hingga menggenang.

Rasa manis dan wangi hangus terbakar yang khas dari Pisang Epe akan terasa nikmat saat disantap bersama secangkir kopi hangat. Satu porsi dari Pisang Epe ini biasanya dibanderol sekitar Rp5.000,00 dengan sisi tiga sampai empat pisang.

Pisang Peppe

Pisang Peppe

Pisang Peppe tidak jauh berbeda dengan Pisang Epe dan merupakanpengembangan dari Pisang Epe itu sendiri. Dalam bahasa Makassar, Loka Peppe atau Pisang Peppe ini memiliki arti pisang tumbuk karena proses pembuatannya yang ditumbuk hingga tipis.

Hal yang membedakan Pisang Peppe dengan Pisang Epe adalah pembuatannya yang digoreng dan disajikan dengan sambal. Pisang Kepok yang masih muda di goreng setengah matang lalu ditumbuk sampai tipis dan digoreng kembali hingga kriuk.

Pisang Peppe ini juga lebih kekinian karena memiliki lebih banyak varian rasa dan topping seperti keju, coklat dan lainnya. Harga satu porsi dari Pisang Peppe ini juga berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 sesuai rasa yang dipilih.

Gogos

Gogos

Gogos secara umum merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang dibakar. Sekilas panganan ini terlihat seperti lontong bakar namun menggunakan beras ketan yang direndam di santan dan dibungkus daun pisang.

Panganan ini juga memiliki dua variasi yakni Gogos isi dan juga yang tidak memiliki isi. Untuk isinya sendiri biasanya menggunakan abon sapi, abon, ayam maupun ikan tuna namun yang paling populer adalah Gogos Ikan Tuna.

Masyarakat Makassar biasanya menikmati Gogos ini pada saat lebaran dengan tambahan telur asin atau mie instan. Harga sepotong Gogos ini juga sangat mudah yakni sekitar Rp1.000,00 hingga Rp2.500,00 per buahnya.

Juku Pallu Cella