SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta tidak diragukan lagi menawarkan banyak tempat menikmati saat liburan. Obyek wisata yang ada di Kota Gudeg ini sangat beragam. Salah satunya yaitu Museum Sandi yang terletak di daerah Kotabaru, Yogyakarta.

Lokasinya yang ada di tengah kota Jogja membuatnya sangat mudah dijangkau. Jika Anda penggemar film-film detektif wajib sekali berkunjung ke museum ini.

Sebab, segala hal menarik yang terkait dengan sandi ada di sini. Silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Museum Sandi

Sejarah Museum Sandi

Museum Sandi merupakan museum pertama dan kemungkinan satu-satunya di Indonesia yang fokus pada sandi. Berdirinya museum ini berawal atas gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006.

Awalnya, sang Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta berniat untuk menyimpan koleksi persandian di Museum Perjuangan Yogyakarta. Akhirnya koleksi yang tersimpan di museum tersebut berpindah ke museum ini.

Museum ini sangat unik karena menyimpan berbagai peralatan pengiriman pesan rahasia milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dengan berkunjung ke museum ini.

Bangunannya sendiri merupakan peninggalan Belanda yang pada tahun 1947 menjadi kantor Kementrian Luar Negeri. Jadi sudah pasti nilai sejarah dan edukasi yang Anda dapatkan di sini akan sangat berkesan.

Harga Tiket Masuk Museum Sandi

Tiket masuk Museum Sandi ini gratis untuk siapa saja yang ingin berkunjung. Anda tak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkan akses pengetahuan yang ditawarkan museum ini.

Bahkan, Anda akan mendapatkan pemandu yang bisa menjelaskan segalanya tanpa harus membayar biaya lagi.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Pemandu Wisata Gratis

Liburan murah ini semakin berkesan, Anda bisa manfaatkan layanan dari biro perjalanan. Misalnya seperti layanan paket gathering Jogja yang menawarkan berbagai aktivitas seru untuk Anda lakukan bersama rombongan di Jogja.

Rute Menuju Lokasi Museum Sandi

Lokasi Museum Sandi

Terletak di pusat kota Yogyakarta, museum ini bisa Anda capai dengan sangat mudah.  Museum ini sangat dekat dengan salah satu ikon wisata Yogyakarta, yaitu Tugu Jogja. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk ke museum ini dari Tugu Jogja.

Pertama-tama, dari Tugu Jogja, Anda hanya perlu berkendara kea rah timur sepanjang Jl. Jenderal Sudirman. Setelah itu, di perempatan Toko Buku Gramedia, Anda tinggal belok kanan ke Jl. Suroto.

Setelah itu, kira-kira 160 meter setelahnya, Anda bisa belok ke kanan ke Jl. Sabirin. Anda hanya perlu berjalan lurus sampai menemui Jl. Faridan M. Noto tempat museum ini berada.

Agar lebih mudah, ada baiknya Anda memakai jasa sewa Anvaza Jogja plus sopir. Sopir yang berpengalaman siap mengantar Anda langsung ke lokasi dan berkeliling kota Jogja dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Jam Buka Museum Sandi

Museum Sandi buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore dengan jam operasional tertentu. Misalnya untuk hari Senin hingga Kamis, museum ini buka mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Lalu di hari Jumat tempat ini tutup jam 16.00 WIB dan akhir pekan hanya buka dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Selain itu, pada hari besar nasional dan hari keagamaan, museum ini biasanya tutup.

Daya Tarik Museum Sandi

Daya Tarik Museum Sandi

Tidak diragukan lagi, museum ini sangat kaya dengan teka-teki dan keunikan. Hal ini membuatnya pantas ditambahkan ke dalam daftar destinasi wisata Anda. Tentunya, ada banyak hal yang membuat museum ini begitu menarik.

Koleksi Museum

Pertama-tama, segalam macam peralatan yang digunakan dalam mengirimkan pesan rahasia ada di sini. Beberapa contohnya yaitu telegraf, buku kode sandi, bahkan beraneka mesin sandi baik buatan luar negeri maupun tanah air.

Menariknya, museum ini memiliki fasilitas multimedia yang dilengkapi teknologi layar sentuh atau touchscreen. Ini memungkinkan pengunjung bermain untuk memecahkan kode sandi. Fasilitas ini sangat interaktif dan menarik.

Sudah barang tentu, Anda akan betah berlama-lama di museum ini jika Anda seorang penggemar teka-teki. Berikut berbagai hal yang museum ini tawarkan dan dapat memberikan gambaran tentang situasi di era perjuangan dulu.

Belajar Sandi Secara Langsung

Memang, museum ini dibangun untuk memelihara koleksi sandi. Namun, museum ini juga sekaligus berfungsi sebagai sumber pengetahuan. Pengunjung akan mendapatkan wawasan mengenai dunia persandian di sini.

Di sini, para pengunjung dapat mengetahui betapa besar peran persandian dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum ini sendiri terbagi ke dalam beberapa ruangan berbeda. Ada ruang agresi militer, ruang sandi global dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, museum ini juga memiliki ruang replica kamar sandi serta ruang edukasi. Karena itu, tak heran jika museum ini kami rekomendasikan sebagai salah satu lokasi wisata pendidikan terbaik di Yogyakarta.

Semua ruangan yang ada di museum ini, tertata dengan sangat rapi dan bersi, lengkap dengan pendingin udara. Sama seperti Museum Pendidikan Surabaya, museum ini merupakan rumah ilmu yang sangat nyaman dan menyenangkan.

Kilas Balik Sejarah Indonesia

Museum yang sarat pengetahuan ini menawarkan pemandu yang dapat menjelaskan berbagai hal menarik serta jarang diketahui. Karena itu, Anda akan mendapatkan info mengenai benda bersejarah secara mendetil di sini.

Tak hanya peralatan persandian, beberapa diorama kegiatan petugas sandi di zaman perang dulu pun bisa Anda lihat. Bahkan, sepeda onthel miliki para kurir sandi juga bisa Anda temukan di sini.

Dokumen sandi yang sangat penting pun terjaga dengan baik di museum ini. Semua menggambarkan perkembangan sejarah serta perjuangan pahlawan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Fasilitas Museum Sandi

Fasilitas di Museum Sandi

Berbicara mengenai fasilitas, museum ini menawarkan wifi gratis kepada setiap pengunjung. Toilet juga tersedia di museum ini. Ada juga mushola bagi pengunjung muslim yang hendak beribadah di tengah kunjungan.

Selain itu, ruang aula dan laboratorium serta perpustakaan juga tersedia di museum ini. Bukan itu saja, museum ini juga memiliki ruang komunitas dam maket rumah sandi dukuh.

Bahkan, pengunjung dapat mempelajari cara kerja sandi dari masa lampau di sini. Mengingat museum ini kemungkinan adalah satu-satunya di Indonesia, Anda wajib mencobanya jika Anda suka segala sesuatu yang berkaitan dengan sandi.

Tidak hanya itu saja, jika Anda lapar, Anda bisa mengunjungi salah satu cafe romantis di Jogja yakni House of Raminten. Lokasinya sangat dekat tepatnya di sisi selatan museum ini dan selalu ramai.

Agar Anda dapat menikmati liburan dengan sempurna, manfaatkan saja layanan dari Salsa Wistaa. Kami dapat mengatur kunjungan wisata Anda sehingga liburan ke Kota Jogja ini akan terasa memuaskan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)