SalSari Resto & Coffee

Ada banyak tempat wisata di Garut yang bisa Anda pilih, mulai dari wisata pegunungan hingga wisata pantai semua ada dan bisa Anda nikmati. Namun dari sekian banyak wisata pantai yang hits, Pantai Santolo Garut ini bisa jadi plihan tepat.

Suasana pantai primadona wisata garut ini sangat nyaman dan asyik untuk bersantai. Hamparan pasir putihnya sangat luas dengan view perbukitan hijau mengelilingi kawasan pantai dengan letaknya yang sangat tersembunyi.

Dengan pesona pantai yang sangat asri dan alami wajar jika tempat ini jadi favorit banyak wisatawan saat ke Garut. Berikut ini ulasan lengkap mengenai pantai hits di Garut ini untuk Anda yang ingin berkunjung.

Sekilas Tentang Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan pantai pasir putih berbatu yang ada di Garut. Kawasan ini dulunya pernah berfungsi sebagai dermaga untuk membawa rempah-rempah ke kapal besar yang ada di tengah laut oleh Belanda.

Ketenaran pantai ini pun tetap terjaga hingga sekarang, terbutkit dari banyaknya wisatawan asing yang sering berkunjung. Ombak dari pantai ini sendiri cukup besar sehingga beberapa aktivitas seru seperti berselancar jadi salah satu kegiatan favorit wisatwan.

Bahkan beberapa wahana watersport seperti banana boat juga bisa Anda temukan di sini. Semua semakin sempurna berkat view mempesona dari kawasan sekitar pantai yang penuh pepohonan hingga ke kaki Gunung Papandayan.

Beberapa bangunan peninggalan Belanda pun masih bisa terlihat di sekitar pantai yang sudah ada sejak tahun 1850. Pesona pantai sebagai dermaga nelayan pun tidak hilang karena masih banyak pusat pelelangan ikan dan nelayan yang melaut.

Anda bisa menikmati berbagai tangkapan segar para nelayan seperti udang, cumi, dan ikan laut lain dengan harga terjangka. Semua pesona pantai ini pasti membuat liburan Anda terasa semakin berkesan dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Tiket Masuk Pantai Santolo

Tiket masuk Pantai Santolo masih snagat terjangkau karena hanya sekitar Rp5.000,00. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir atau mencoba berbagai wahana seru seperti banana boat yang bisa Anda coba di pantai.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Banana Boat Rp25.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Jl. Pantai Santolo, Pamalayan, Cikelet, Garut dan cukup ujung dekat pusat penerbangan roket Lapan. Jaraknya sendiri cukup jauh dari pusat kota Garut yakni sektiar 3 sampai 4 jam perjalanan berkendara.

Salah satu rute yang cukup umum biasanya melewati kawasan Garut, Cikajang, Cikelet, lalu Pameungpeuk. Rute panjang berkelok ini masih bisa Anda tempuh dengan menggunakan kenderaan umum seperti bus atau angkot.

Namun jika Anda menggunakan rute ciwidey, Cisewu, Bungbulang, lalu Pameungpeuk akan sedikit jauh. Selain itu masih belum ada kendaraan umum yang siap mengantar, sehingga salah satu solusinya bisa dengan menggunakan layanan rental mobil murah terdekat.

Bersama sopir yang bertugas, Anda bisa mengunjungi lokasi ini dengan lebih mudah. Sebab sopir tersebut akan mengantar Anda langsung ke pantai dan juga berbagai destinasi menarik lainnya di Garut.

Jam Buka Pantai Santolo

Pantai Santolo buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat sore hari menjelang sunset karena selain tidak panas Anda juga bisa menikmati pemandangan indah.

Selain itu, waktu tersebut juga pas untuk Anda yang berencana camping atau ingin mengunjungi destinasi wisata lain sebelumnya. Misalnya saja seperti kawasan Darajat Pass yang cocok Anda datangi saat pagi hari.

Fasilitas di Pantai Santolo

Fasilitas Pantai Santolo

Sebagai salah satu destinasi yang hits di Garut, fasilitas di pantai ini tentu saja sangat lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan area parkir yang luas dan selalu terjaga di sepanjang area pesisir pantai.

Begitu juga dengan fasilitas seperti toilet dan mushola yang sudah tersedia di beberapa area. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai makan makanan khas Jawa Barat lezat yang tersedia di sejumlah warung yang ada.

Mulai dari menu makanan laut hingga jajanan biasa pun bisa Anda temukan di tempat ini. Sehingga momen camping atau pikinik bersama teman dan keluarga bisa tetap terasa nyaman dan berkesan untuk Anda lakukan.

Daya Tarik Pantai Santolo

Pantai ini memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda coba untuk mengisi liburan. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi kawasan pesisir Santolo Garut ini.

Bermain Air

Salah satu daya tarik utama dari pantai ini tentu saja aktivitas bermain air. Kawasan pantainya sangat luas dengan beberapa area yang memiliki ombak cukup tenang untuk Anda bebas bermain air dengan aman.

Hamparan pasirnya yang luas juga menjadi tempat menarik untuk anak-anak bermain. Bahkan tidak sedikit juga yang bermain ombak bersama saat air laut mulai pasang. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena ombak pantai selatan ini terkenal ganas.

Wisata Kuliner

Sebagai salah satu tempat pelelangan ikan, Anda bisa menikmati berbagai sajian segar ikan-ikan laut. Ada banyak sekali rumah makan yang menawarkan menu seafood yang semuanya menggunakan bahan ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Anda bisa mendapatkan olahan ikan layur, cumi-cumi, dan berbagai jenis ikan lainnya di sini. Semua dengan biaya yang lebih terjangkau daripada beberapa restoran seafood yang ada di tengah kota.

Memancing

Tempat Mancing Pantai Santolo

Untuk Anda yang hobi memancing tempat bisa jadi spot memancing yang tepat. Ada banyak titik yang bisa Anda pilih untuk melempar umpan dan menunggu joran melengkung terkena sambaran ikan.

Salah satu yang cukup populer adalah area tumpukan batu dan karang yang ada di sisi selatan pantai. Selain itu Anda juga bisa memilih area jembatan tua atau langsung ke tengah laut menggunakan kapal para nelayan.

Bermain Banana Boat

Aktivitas menarik lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah bermain banana boat. Pihak pengelola sudah menyediakan wahana permainan air ini untuk Anda nikmati bersama rombongan teman atau keluarga.

Biayanya pun tidak terlalu mahal karena hanya Rp25.000,00 per orang. Namun jika Anda ingin mencoba hal yang lebih menantang, bermain surfing juga layak untuk Anda masukan dalam bucket list aktivitas seru di pantai ini.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Setelah puas menikmati berbagai pemandangna serta kegiatan seru, sekarang waktunya bersantai. Anda dapat menikmati panorama indah momen sunset dengan tenang dari tepi pantai sembari ditemani olah deburan ombak yang syahdu.

Bahkan tidak sedikit pula mengunjujng yang menyempatkan diri untuk camping dan menikmati momen sunrise yang tidak kalah indah. Kedua momen ini bisa jadi waktu yang pas bagi Anda pecinta fotografi untuk mulai beraksi.

Menjelajahi Pulau Kecil Santolo

Pesisir Pantai Pulau Santolo

Selain kawasan pesisir pantai yang luas dan panjang, Anda juga bisa menjelajahi Pulau Kecil Santolo yang ada di sebelah selatan pantai. Pulau ini merupakan gundukan karang berukuran besar dan jadi salah satu daya tarik utama pantai ini.

Lokasinya pun berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang Garut yang bersebelahan. Sambil menjelajah pulau dengan berjalan kaki melewati jembatan gantung, Anda bisa melihat biota laut di area pesisir pantai denga dengan lebih jelas.

Nikmati juga berbagai destinasi dan aktivitas menarik lainnya dengan menggunakan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Melalui layanan seperti paket wisata dan rental mobil, Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat dengan lebih mudah.



By Categories: Destinasi, Garut

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)