earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pasar Klewer Solo memegang peranan besar untuk membuat Kota Solo dapat dijuluki sebagai kota Batik. Kawasan pasar ini telah ada sejak zaman penjajahan dan terkenal sebagai pusat perbelanjaan kain batik murah berkualitas.

Wisatawan yang datang ke Solo tidak pernah melewatkan kesempatan berbelanja murah di pasar ini.  Berbagai barang yang dijual dapat menjadi buah tangan menarik khas kota Solo untuk Anda bawa pulang.

Pasar Klewer juga sering menjadi destinasi wajib dalam paket liburan ke Solo untuk melengkapi pengalaman wisata Anda. Ada banyak hal selain berbelanja yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Pasar Klewer ini.

Sejarah Pasar Klewer Solo

Pada awalnya di masa penjajahan Jepang, lokasi Pasar Klewer ini merupakan tempat pemberhentian kereta api yang ramai oleh pedagang pribumi. Nama nya pun masih belum menjadi Pasar Klewer melainkan Pasar Slompretan.

Kata slompret sendiri dalam bahasa jawa berarti peluit yang diambil dari bunyi peluit kereta api yang akan berjalan. Waktu itu para pedagang belum memiliki lapak sendiri untuk menjual barang dagangan nya, mereka membawa kain-kain batik tersebut diatas pundak.

Istilah klewer sendiri berasal dari kejadian tersebut, dimana kain-kain yang dibawa para pedagang ‘kleweran’ atau menjuntai bebas. Sehingga akibat fenomena tersebut pasar ini pun lebih dikenal dengan nama Pasar Klewer.

Di masa kemerdekaan sekitar tahun 1942 sampai 1945 Pasar Klewer mulai ramai dan mendapat perhatian dari pemerintah. Pada tahun 1968, pasar ini semakin berkembang hingga akhirnya di masa pemerintahan Soeharto tanggal 9 Juni 1970 Pasar Klewer diresmikan.

Bangunan permanen bertingkat yang dibangun mampu menampung sekitar 1.467 pedagang dengan jumlah kios mencapai 2.064 buah. Sayangnya di tahun 2014 tepatnya malam 27 Desember, pasar Klewer mengalami kebakaran besar.

Bangunan baru pasar ludes terbakar saat acara sekaten di Alun-Alun Utara Surakarta berlangsung. Namun sekarang kondisi Pasar Klewer sudah kembali pulih bahkan lebih baik lagi sehingga Anda bisa nyaman berbelanja di sini.

Lihat tempat wisata sejarah di Solo lainnya: Candi Sukuh.

Keunikan Pasar Klewer Solo

Menjadi salah satu pasar tertua di Solo membuat Pasar Klewer memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki pasar lainnya. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Pasar Klewer.

Surga Belanja Eceran Harga Grosir

belanja di pasar klewer

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pasar Klewer sudah terkenal sebagai pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Berbagai perlengkapan sandang bisa Anda temukan di pasar ini mulai dari kain batin, kaos, seragam, dan lainnya.

Pembeli yang datang pun tidak hanya berasal dari kota Solo, banyak pedagang dari luar kota rela datang langsung ke Pasar Klewer. Mereka biasanya memborong kain-kain batik berkualitas dengan harga murah yang dijual di sini.

Anda yang senang berbelanja jangan sampai melewatkan kesempatan emas berbelanja di Pasar Klewer. Dengan kualitas yang bagus, barang-barang yang dijual di sini bisa Anda dapatkan dengan harga grosir.

Tidak heran bila banyak paket liburan ke Solo yang memasukkan Pasar Klewer sebagai destinasi kunjungan wisata. Pengalaman berbelanja oleh-oleh murah menjadi pelengkap yang pas wisata Anda ke kota Solo.

Menikmati Kuliner

kuliner pasar klewer

Di lantai tiga bangunan Pasar Klewer terdapat pusat kuliner yang bisa jadi tempat beristirahat. Berbagai makanan tradisional khas Solo seperti dawet selasih dan selat Solo bisa Anda nikmati di lantai ini.

Meskipun tidak seperti foodcourt di pusat perbelanjaan modern, lapak sederhana pedagang makanan tetap nyaman menjadi tempat santap untuk Anda. Di sini juga terdapat berbagai jajanan pasar yang akan mengisi perut Anda setelah lelah berbelanja.

Belajar Tentang Batik

Mengunjungi pasar Klewer juga bisa menjadi kesempatan untuk belajar hal baru terutama yang berkaitan dengan tekstil. Bermacam-macam jenis kain batik di Pasar Klewer memiliki makna tersendiri di setiap motif nya.

Para pedagang terutama yang sudah lanjut usia dapat menjelaskan setiap nama dan arti motif batik tersebut. Anda akan mengetahui perbedaan batik biasa, batik bangsawan, hingga motif batik langka saat berkunjung ke Pasar Klewer.

Fasilitas di Pasar Klewer Solo

Pasca kebakaran yang terjadi beberapa tahun silam, Pasar Klewer bangkit dan berbenah dengan berbagai fasilitas pendukung yang lebih baik. Fasilitas toilet, tempat mencuci tangan, hingga mushola tersedia di dalam bangunan pasar.

Selain itu wisatawan juga dapat beristirahat di tempat-tempat duduk yang terdapat di sekitar area pertokoan. Ada pula para porter yang siap membantu membawa barang belanjaan Anda langsung menuju kendaraan.

Fasilitas seperti lift dan eskalator pun memudahkan mobilitas Anda mengunjungi lantai satu ke lantai lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi merasakan kesulitan naik turun tangga sambil membawa barang belanjaan.

Lahan parkir yang dulunya sempit dan menjadi penyebab macet kini menjadi lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak kendaraan. Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya dapat membuat wisata belanja Anda di Pasar Klewer tetap nyaman dan menyenangkan.

Lokasi dan Rute Menuju Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer sendiri terletak tidak jauh dari Keraton Solo yakni tepat berada di sisi timur alun-alun utara Surakarta. Lokasi nya yang berada di pusat kota Surakarta mudah sekali untuk Anda jangkau dari arah manapun.

Alamat persisnya berada di Jl. DR. Radjiman, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta sekitar 12 menit dari Stasiun Solo Balapan. Untuk menuju Pasar Klewer lebih mudah bila Anda menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan.

Anda hanya perlu memanfaatkan petunjuk dari Google Maps untuk tiba di lokasi pasar. Bisa juga dengan bantuan sopir lokal dari tempat rental mobil yang Anda gunakan.

Sehingga Anda tidak akan kesulitan saat membawa barang belanjaan yang begitu banyak. Selain itu, Anda pun dapat bebas melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata lain yang ada di kota Solo.

Jam Operasional Pasar Klewer

Berbeda dengan beberapa pasar yang hanya buka di hari tertentu,Pasar Klewer bisa Anda kunjungi setiap hari. Jam operasional pasar ini biasanya mulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Klewer biasanya antara pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pada waktu tersebut banyak toko-toko yang buka dan Anda bisa lebih leluasa berkeliling melihat setiap toko yang ada.

Wisata di Sekitar Pasar Klewer

Lokasi Pasar Klewer ini sangat dekat dengan beberapa destinasi wisata lain yang selalu ramai saat liburan tiba. Tempat-tempat ini bisa Anda kunjungi setelah maupun sebelum kegiatan berbelanja Anda lakukan dan berikut diantaranya

Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta berada persis di seberang jalan sisi utara pasar Klewer. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, Masjid Agung Surakarta juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang bisa Anda pelajari.

Arsitektur bangunan masjid yang unik dan klasik tetap terjaga dengan sangat baik meskipun sudah berusia ratusan tahun. Anda bisa mempelajari sejarah sambil menikmati salah satu bukti kekayaan budaya kota Solo.

Keraton Solo

Tempat yang juga tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Pasar Klewer adalah Keraton Solo. Kedua tempat ini berada di kawasan yang sama dan saling berdekatan satu sama lainnya.

Anda bisa mempelajari berbagai kebudayaan dan peninggalan bersejarah keraton Surakarta. Jika berkunjung di waktu yang tepat, Anda dapat menyaksikan event-event kebudayaan serta upacara adat khas keraton Surakarta.

Benteng Vastenburg

Jika Anda datang dari arah utara, sebelum masuk pintu gerbang kawasan keraton Anda dapat melihat tembok tinggi berwarna putih. Tembok ini merupakan bagian dari bangunan Benteng Vastenburg, sebuah benteng peninggalan Belanda abad ke-18.

Bangunan nya yang megah dan kokoh mampu menarik perhatian wisatawan yang datang. Ditambah lagi tempat ini di tata ulang sehingga sangat cocok menjadi tempat wisata sejarah yang menyenangkan.

Masih banyak tempat menarik lain yang bisa Anda kunjungi di Solo seperti Candi Cetho dan Bukit Sekipan. Agar memudahkan Anda menjelajah berbagai tempat tersebut langsung saja pilih paket wisata yang telah kami sediakan khusus untuk Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)