earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Semeru merupakan wisata puncak gunung api tertinggi ketiga di Indonesia dan menjadi gunung tertinggi di Jawa. Keindahan gunung yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah tidak perlu diragukan lagi.

View rute pendakian yang menakjubkan tidak akan membuat pendaki merasakan lelah yang berarti. Pesona wisata Gunung Semeru pun semakin meningkat setelah proses pendakian gunung ini diabadikan dalam Novel dan Film 5cm.

Banyak pendaki yang penasaran melihat secara langsung keindahan Ranu Kumbolo, Danau suci masyarakat Tengger yang ada di atas gunung Semeru. Pengalaman mendaki Gunung Semeru ini bisa menjadi pengalaman paling berkesan dan tak terlupakan bagi pendaki.

Pos dan Rute Pendakian Gunung Semeru

Untuk menikmati pendakian Gunung Semeru ada banyak tahap dan pos yang harus dilalui para pendaki. Berikut ini pos-pos yang akan pendaki lewati untuk bisa mencapai atap tertinggi pulau jawa.

Ranu Pane

Desa Ranu Pane menjadi titik awal pendaki memulai perjalanan menuju puncak Mahameru. Disini segala persiapan dan peralatan pendaki akan diperiksa kembali oleh petugas.

Petugas juga akan memberikan pengarahan mengenai aturan dan jalur pendakian yang harus dilewati pendaki. Sebelum mendaki wisatawan juga harus membayar SIMAKSI disini, baru setelah itu perjalanan dimulai melewati perkebunan warga menuju pos 1.

Pos 1

Dari Ranu Pane menuju Pos 1 kira-kira memakan waktu 1 jam melewati jalur berbatu dan perkebunan. Di Pos 1 ini pendaki bisa beristirahat sambil menikmati gorengan, buah, dan minuman yang dijual warga sebelum melanjutkan ke pos 2.

Pos 2

Pos 2 dapat dijangkau dari pos 1 dalam waktu sekitar 30 menit saja karena jalurnya tidak terlalu menanjak dan berat. Namun pendaki harus berhati-hati saat perjalanan dari pos 1 ke pos 2 karena terdapat jurang di kiri jalur pendakian.

Pos 3

Setelah perjalanan melewati hutan dari pos 2 selama 1-2 jam, pendaki akan mencapai pos 3 gunung Semeru. Sebelum mencapai pos 3 pendaki bisa menemukan jembatan merah yang ikonik atau burung dan hewan hutan Semeru.

Pos 4

Jalur pendakian dari pos 3 menuju pos 4 ini terbilang cukup berat karena terdiri dari tanjakan curam dan turunan. Namun saat tiba di Pos 4 keindahan Ranu Kumbolo sudah terlihat jelas dan semakin menambah semangat para pendaki melanjutkan perjalanan.

Ranu Kumbolo

Tiba di Ranu Kumbolo membuat lelah perjalanan dari ranu pani hingga pos 4 tidak terasa. Energi pendaki seolah terisi kembali dengan kesegaran air dari Ranu Kumbolo.

Banyak pendaki memilih bermalam di Ranu Kumbolo sebelum melanjutkan perjalanan menuju Cemoro Kandang. Fasilitas seperti warung dan kamar mandi juga tersedia di Ranu Kumbolo sehingga pendaki bisa nyaman mendirikan tenda di Ranu Kumbolo.

Cemoro Kandang

Sebelum mencapai Cemoro Kandang, Pendaki harus melewati tanjakan cinta dan Oro oro ombo dari arah Ranu Kumbolo. Banyak pendaki yang tidak menoleh ke belakang saat melewati tanjakan cinta ini, rata-rata untuk membuktikan mitos tentang Tanjakan Cinta.

Setelah melewati tanjakan cinta, akan terlihat hamparan tanaman berwarna ungu yang biasa disebut taman lavender oro oro ombo. Baru setelah melewati oro-oro ombo, pendaki akan tiba di cemoro Kandang, batas vegetasi pohon cemara yang mulai lebat.

Jambangan

Untuk tiba di Jambangan, pendaki harus melalui jalan menanjak terjal diantara hutan cemara. Pendakian ini memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Meskipun sangat berat dan panjang, sesampainya di jambangan akan terlihat puncak Semeru dan barisan bunga edelweis yang indah. Pos ini cukup untuk menambah semangat sebelum tiba di pos terakhir pendakian.

Kalimati

Kalimati merupakan pos terakhir bagi para pendaki yang dianjurkan oleh petugas penjaga kawasan Semeru. Di sini pendaki bisa mengisi kembali persediaan air minum di Sumber Mani, mata air yang berada dekat kalimati.

Biasanya pendaki yang ingin tetap melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru memilih mendirikan tenda di sini. Baru kemudian saat pukul 12 malam pendakian bisa Anda lanjutkan menuju kelik dan puncak mahameru.

Kelik

Kelik sendiri merupakan jalur batas vegetasi di gunung semeru sebelum akhirnya jalan berpasir hingga ke puncak mahameru. Selama perjalanan dari kalimati hingga kelik akan ada jurang di kiri dan kanan jalan sehingga pendaki perlu berhati-hati.

Di daerah ini juga pendaki sangat rawan tersesat ke area Blank 75 atau zona kematian. Karena itu saat perjalanan berangkat atau pulang usahakan tetap menjaga konsentrasi dan tidak sendiri.

Puncak Mahameru

Puncak Mahameru

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bila terhitung dari kalimati hingga puncak mahameru, waktu yang Anda perlukan untuk tiba di atas sekitar 6-7 jam perjalanan. Ini karena jalur dari kelik hingga puncak terdiri dari batuan berpasir yang sangat rawan longsor.

Sepanjang perjalanan usahakan untuk tidak beristirahat terlalu lama karena memang jalurnya yang berbahaya. Namun saat tiba di puncak Mahameru, sunrise indah di atap tertinggi jawa ini akan memberikan rasa bangga dan takjub yang tidak tergantikan.

Total perjalanan yang Anda butuhkan untuk menikmati keindahan wisata dari Gunung Semeru hanya 3 hari 2 malam saja. Jadi perlu persiapan dan perhitungan berapa lama perjalanan serta persediaan yang akan Anda bawa.

Lihat tempat wisata di Malang lainnya: Jatim Park 1.

Harga Tiket Retribusi Pendakian

Sebelum mendaki, Anda harus membayar biaya retribusi pemeliharaan kawasan taman nasional. Berikut ini rincian harga tiket pendakian Semeru.

Pengunjung Hari Biasa Hari Libur
Pendaki Lokal Rp19.000,00 / orang Rp24.000,00 / orang
Pendaki Asing Rp210.000,00 / orang Rp310.000,00 / orang

Biaya ini sudah termasuk asuransi dan tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pembayaran nya pun sudah bisa Anda lakukan secara online dengan cara transfer.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi di sini juga tersedia Jeep untuk mengantar kembali atau ojek untuk sampai ranu kumbolo. Berikut rincian biayanya.

Jenis Kendaraan Biaya
Porter Ojek Motor Rp100.000,00 – Rp150.000,00
Jeep Rp650.000,00 sekali perjalanan

Rute Menuju Semeru Ranu Pani

Untuk menuju Ranu Pani bisa Anda tempuh melalui dua jalur yakni dari arah Malang dan juga Lumajang.

Dari Malang Anda bisa berangkat menuju pasar tumpang yang menjadi pintu pertama menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini Anda bisa sewa mobil jeep dengan biaya sekitar Rp650.000,00 untuk sekali perjalanan dengan kapasitas 12 orang.

Lama perjalanan dari pasar tumpang menuju Ranu Pani sekitar 2-3 Jam perjalanan. Anda bisa meminta kontak jeep yang mengantar untuk nanti menjemput kembali setelah pendakian.

Jika Anda berangkat dari Lumajang, Anda harus menuju arah kecamatan Senduro untuk bisa sampai di Ranu Pani. untuk durasi perjalanan nya hanya sekitar 1-2 jam, meskipun begitu jalur ini kurang banyak peminat karena cukup memutar terutama bagi para pendaki dari arah Barat.

Jam Operasional Basecamp Semeru

Jam operasional pos pendakian di Ranu Pani mulai nuka dari pukul 08.00-14.00 WIB. Jadi untuk Anda yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Semeru usahakan berangkat sebelum jam 15.00 WIB.

Sedangkan untuk laporan kepulangan setelah pendakian, pelayanannya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sehingga perlu Anda perhitungkan juga berapa lama pendakian akan berlangsung.

Tips Mengunjungi Gunung Semeru

Berencana mendaki Semeru? ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini beberapa Informasi penting yang harus Anda ketahui  sebelum mendaki kawasan wisata Gunung Semeru.

  1. Booking pendakian Gunung Semeru saat ini full secara online melalui website resmi pengelola Bromo Tengger Semeru. Usahakan booking paling lambat 3 hari sebelum tanggal pendakian.
  2. Siapkan persyaratan seperti data diri, surat sehat, materai untuk keperluan administrasi di Basecamp pendakian.
  3. Siapkan juga peralatan pendakian lengkap seperti sepatu, masker, jaket, trekking pole, head lamp dan peralatan lainnya agar lolos pengecekan petugas. Begitu juga dengan persediaan air dan makanan pastikan cukup untuk perjalanan naik dan turun.
  4. Patuhi larangan dan aturan yang ada di gunung seperti menjaga kebersihan, kelestarian alam, dan kesopanan.
  5. Jika bersama rombongan gunakan jasa porter yang tersedia agar meringankan beban bawaan.
  6. Segera hubungi petugas jika ada rombongan atau orang yang butuh pertolongan seperti hipotermia atau dehidrasi agar bisa segera ditangani.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)