SalSari Resto & Coffee

Tidak heran jika banyak orang yang memilih Bandung sebagai destinasi wisata. Sudah makanannya enak, wisata alamnya pun banyak dan cocok menjadi tempat refreshing. Misalnya, Situ Patenggang yang merupakan salah satu tempat wisata hits di Ciwidey.

Bukan hanya pemandangan danau yang biru jernih, wisata alam ini juga menawarkan keindahan landscape-nya. Anda yang selama ini terperangkap hiruk-pikuknya perkotaan, dapat beristirahat sejenak dan bernapas lega disini.

Di sekitar wisata alam ini, ada banyak tempat wisata lainnya yang menawarkan keindahan berbeda. Kalau Anda bingung mau mengunjungi yang mana, Salsa Wisata menyediakan paket wisata murah Bandung. Paket wisata tersebut menyediakan tempat yang wajib Anda kunjungi, termasuk wisata alam ini.

Sekilas Tentang Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey

Danau seluas 45.000 hektar ini terletak di kawasan cagar alam seluas 123.077,15 hektar. Uniknya lagi, danau dengan tinggi 1.600 m di atas permukaan laut ini berada di tengah-tengah perkebunan teh dan strawberry.

Mitosnya, kisah percintaan Ki Santang dan Dewi Rengganis menjadi awal mula munculnya danau ini. Ki Santang dan Dewi Rengganis yang sudah lama terpisah, sibuk mencari satu sama lain. Karena itu, nama lain danau ini adalah Situ Patengan yang berarti saling mencari.

Mereka akhirnya berhasil bertemu lagi di suatu tempat yang masih berada di kawasan cagar alam. Tempat tersebut sekarang populer dengan nama Batu Cinta. Setelahnya, Dewi Rengganis minta dibuatkan sebuah danau dan perahu kepada Ki Santang.

Perahu tersebut sekarang berubah menjadi pulau berbentuk hati dan bernama Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Konon katanya, jika Anda mengunjungi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, kisah cinta Anda akan juga akan abadi.

Fasilitas Situ Patenggang

dermaga Situ Patenggang

Wisata alam ini menyediakan tempat parkir yang tersebar di beberapa spot wisatanya. Tempat parkirnya tidak terlalu besar, sehingga mungkin akan sulit bagi Anda untuk parkir di hari weekend. Di sekeliling tempat parkir, ada berbagai kedai yang menjual jajanan Bandung seperti siomay, bakso dan gorengan,

Selain itu, tempat ini juga menyediakan mushola, toilet, serta toko pernak-pernik. Untuk membeli oleh-oleh khas Bandung tahan lama, Anda harus keluar dari tempat wisata ini. Sekitar 20-30 menit dari wisata alam ini, ada beberapa toko oleh-oleh.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Wisata alam ini menyediakan tiga tiket dengan harga yang berbeda tergantung wahananya. Berikut ini merupakan rincian lengkap paket dan harganya:

Retribusi Tarif
Regular  (Situ Patenggang & Pinisi Resto) Rp25.000,00
All In (Situ Patenggang, Pinisi Resto, Track Lakeside, Strawberry Farm, Golesat Circuit, Bukit Kelinci & Balcon Spider) Rp50.000,00
VIP (Semua Wahana Glamping Lakeside, Situ Patenggang, Kawah Rengganis & Jembatan Gantung) Rp100.000,00

Memang ada banyak hotel murah di Bandung. Namun, wisata alam ini juga menyediakan penginapan dengan view yang cantik. Berikut ini rincian tarif penginapannya.

Tipe Kamar Tarif
Keong Tent Rp1.400.000,00-Rp1.600.000,00
Lakeside Tent Resort Rp1.600.000,00-Rp1.800.000,00
Family Tent Rp2.000.000,00-Rp2.400.000,00
Cabin Lakeside Rp3.200.000,00-Rp3.800.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Situ Patenggang

Situ Patenggang

Wisata alam ini berada di Kawasan Batu, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Tidak ada transportasi umum yang menjangkau wisata alam ini. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan layanan rental mobil Innova Bandung plus driver.

Butuh waktu sekitar 1,5 jam jika Anda berangkat dari Bandung. Pertama-tama, masuk ke Jl. Tol Pasteur, bergabung ke Jl. Tol Purbaleunyi, lalu keluar ke Pasir Koja, dan ambil rute Soreang. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti Jl. Raya Ciwidey sampai Jl. Raya Patengan.

Daya Tarik Situ Patenggang

Kawasan Situ Patenggang

Spot Foto

spot foto Situ Patenggang

Begitu masuk dari parkiran kawasan danau, pepohonan pinus akan menyambut Anda. Suasana jalannya yang segar dan berhias pepohonan pinus, bebatuan, saung-saung tradisional, serta danau sangat cocok menjadi spot foto Anda.

Bersantai

Untuk menikmati keindahan alam tempat ini, Anda bisa berpiknik di saung-saung yang tersedia. Pilihan lainnya adalah, menggelar tikar di antara pepohonan pinus. Seru bukan, makan-makan bertemankan alam?

Menyebrangi Danau

explore Situ Patenggang

Kalau ingin membuktikan mitos cinta abadi danau ini, Anda dan pasangan bisa menaiki perahu untuk menyebrangi danau. Untuk menaiki perahu, biayanya adalah Rp30.000,00/orang. Kalau bersama rombongan, Anda bisa menaiki perahu dengan kapasitas delapan orang dengan harga Rp240.000,00/perahu.

Selain perahu, ada pilihan lainnya, yaitu perahu bebek gowes dengan tarif Rp40.000,00/bebek. Dengan menaiki perahu ini, Anda dan pasangan akan mendapat ruang yang lebih privasi.

Kawasan Pinisi Resto

Dari parkiran danau, Anda bisa melajukan kendaraan Anda menuju kawasan Pinisi Resto. Di sini, Anda akan menemukan aktivitas yang lebih beragam.

Wahana Menarik

Dari area parkir Pinisi Resto, Anda bisa melihat area permainan Golesat. Jika Anda membeli tiket All in, Anda bisa langsung menaiki wahana ini secara gratis. Mobil yang serupa dengan gokart ini tidak berjalan menggunakan mesin, melainkan hanya mengandalkan gaya gravitasi.

Bersantai dan selfie

spot foto Glamping Patenggang Resto

Tempat ini juga menyediakan tempat untuk berjalan-jalan santai. Pertama, ada Taman Kelinci yang penuh undakan-undakan kecil. Anda bisa berjalan-jalan sambil berfoto-foto disini.

Selanjutnya, ada Jembatan Apung sepanjang 300 meter. Jembatan dari bambu ini juga sangat aesthetic dan cocok menjadi spot foto. Untuk melewatinya, Anda harus membayar Rp5.000,00/orang di hari biasa, dan Rp7.500,00/orang di hari libur.

Jika Anda ingin beristirahat, Anda bisa datang ke Balcon Spider. Di balkon ini ada banyak kursi gantung berbentuk imut yang menghadap langsung ke danau. Selain berteduh dari teriknya matahari, disini Anda juga bisa menikmati pemandangan serta foto-foto.

Wisata Kuliner

eksterior Glamping Patenggang Resto

Kalau Anda lapar dan ingin menyantap makanan khas Sunda enak, Anda bisa langsung pergi ke Pinisi Resto. Ada berbagai kuliner, mulai dari mie instan, nasi liwet, sup iga, sampai sirloin steak. Harga makanan ini dibanderol mulai dari Rp25.000,00/porsi.

Glamping

glamping Glamping Patenggang Resto

Jika ingin lebih lama menikmati wisata alam ini, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas glamping atau glamour camping. Ada empat jenis ruangan bergaya tenda yang bisa Anda pilih. Keempat ruangan tersebut memiliki desain kayu yang cocok sekali dengan pepohonan di sekitarnya.

Jam Buka Situ Patenggang

Wisata alam ini buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB.  Kalau Anda berkunjung ke Situ Patenggang, jangan lupa untuk mampir ke Kawah Putih! Kawah ini hanya berjarak 30 menit dari Rancabali.

Bagaimana? Pasti seru, melihat kawah setelah mengagumi danau dan pepohonan!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)