Sumber Maron Malang bisa menjadi alternatif wisata alam yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Malang. Aliran air sungai yang segar dan jernih mampu menghilangkan penat dan stres Anda setelah seminggu bekerja dan beraktivitas.

Kegiatan seru mulai dari berenang, terapi ikan, hingga river tubing bisa Anda lakukan di tempat wisata Malang yang terkenal satu ini. Piknik santai bersama keluarga pun semakin sempurna sambil menikmati keindahan alam yang ada di Sumber Maron.

Anda bisa dengan mudah mengunjungi objek wisata ini menggunakan paket study tour Malang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak apa saja hal menarik yang sudah menunggu Anda di Wisata Sumber Maron Malang berikut ini

Sekilas Tentang Sumber Maron Malang

Sumber Maron Malang merupakan sumber mata air yang berada di kawasan persawahan daerah Karangsuko. Aliran sumber mata air ini sering dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mengairi sawah dan juga budidaya kangkung.

Namun berkat potensi keindahan yang dimiliki tempat wisata ini, perlahan-lahan aliran sumber air ini diubah menjadi tempat wisata. Banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata ini ingin melihat langsung keindahan dari air terjunnya yang memiliki tinggi sekitar 6 meter.

Air terjun tersebut memiliki kemiringan kurang lebih 60 derajat dan sangat lebar. Air yang mengalir terlihat seperti seluncuran yang indah dengan dengan bebatuan hitam sebagai alas.

Pepohonan dan area sawah di sekitar aliran sungai semakin menambah suasana sejuk Sumber Maron. Aliran air yang tidak terlalu deras membuatnya nyaman untuk berbagai aktivitas dan kegiatan air.

Asal Usul Sumber Maron

Banyak cerita rakyat yang beredar terkait asal usul dari tempat wisata ini. Ada yang menyebutkan nama Maron diambil karena sumber mata air ini berbentuk seperti Maron sejenis alat memasak nasi tradisional.

Sumber lain menyebutkan mata air ini berasal dari maron yang dibuang di daerah tersebut sehingga memunculkan sumber mata air. Namun cerita seorang puteri sakti menjadi salah satu cerita yang cukup populer tentang Sumber Maron.

Puteri tersebut bertapa di bawah pohon beringin dekat dengan aliran sungai untuk mencapai kesempurnaan hidup. Ia pun berhasil menahan nafsu duniawinya untuk menjadi cantik dan juga jatuh cinta.

Dari hasil pertapaan tersebut muncul sebuah pusaka keris kecil yang kemudian ditanam di lokasi ia bertapa dan menjadi sumber air. Cerita ini membuat beberapa pengunjung datang bukan dengan niat berlibur dan sedikit memberikan kesan mistis di Sumber Maron.

Kegiatan Seru di Sumber Maron

Sumber Maron Malang

Terlepas dari cerita mistis yang beredar, destinasi wisata ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Ada banyak kegiatan seru dan hal menarik yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini, berikut beberapa diantaranya

Berenang

Mengunjungi Sumber Maron sudah pasti Anda harus siap basah-basahan. Sumber air alami dan masih asri ini seolah mengajak Anda untuk langsung menceburkan diri ke aliran airnya yang segar.

Penduduk sekitar juga telah mempersiapkan spot-spot untuk Anda berenang dengan nyaman di arus sungai yang tenang. Namun spot terbaik untuk berenang tetap berada di bawah air terjun Sumber Maron.

Kolam alami yang terbentuk dari aliran air terjun sangat pas untuk Anda membasuh diri dan berenang. Anda juga bisa duduk santai di tebing air terjun yang memiliki kemiringan 60 derajat ini sambil merasakan tabrakan air sungai.

Di pemandian yang sudah dipersiapkan pengelola, Anda juga bisa melihat ikan-ikan kecil berenang bebas dari airnya yang jernih. Ikan ini bisa menjadi ikan terapi dengan hanya mencelupkan kaki Anda ke dalam kolam.

Bermain air dan berenang di objek wisata ini bisa jadi pengalaman seru yang berkesan. Namun Anda tetap harus hati-hati terutama di area air terjun yang batunya licin serta cukup berbahaya.

River Tubing

River Tubing di Sumber Maron

Sumber Maron juga menyediakan fasilitas permainan yang memacu adrenalin yakni River Tubing. Anda akan diajak menyusuri sungai sambil mengapung diatas ban melewati arus deras sungai dan jeram-jeram kecil.

Lokasi River Tubing ini tidak begitu jauh dari air terjun dan Anda bisa mencobanya dengan menyewa ban khusus terlebih dahulu. Panjang lintasan River Tubing ini sekitar 500 meter, sepanjang perjalanan Anda dapat melihat pemandangan pohon-pohon dan sawah yang sangat indah.

Selama perjalanan Anda akan didampingi oleh pemandu yang siap mengawasi dan membantu bila terjadi masalah. Selain itu sungai yang cukup dangkal membuat aktivitas ini relatif aman ditambah lagi pengaman bambu yang dipasang di ujung lintasan.

Dengan begitu Anda bisa tenang seru-seruan tanpa takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bunyi gemericik air sungai dan suasana asri memberikan ketenangan tersendiri saat River Tubing berlangsung.

Edukasi Sumber Tenaga Ramah Lingkungan

Hal yang menarik dari kawasan tempat wisata ini adalah penduduk sekitar tidak ada yang menggunakan listrik dari PLN. Sumber listrik sekitar kawasan Sumber Maron diambil dari pembangkit listrik bertenaga air langsung dari aliran sungai.

Pembangkin Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH) ini dibuat sejak tahun 2005 dengan aliran sungai Sumber Maron sebagai tenaga utama. Dari pembangkin listrik kecil ini, sebanyak empat desa yakni Desa Karangsuko, Sukosari, Gondanglegi Kulon, dan Desa Panggungrejo memiliki sumber listrik sendiri.

Anda bisa melihat dan belajar langsung bagaimana cara kerja PLTMH ini mampu memberikan listrik ke empat desa tersebut. Sehingga selain dapat menikmati alam dan keseruan lainnya, liburan Anda ke objek wisata ini bisa menambah wawasan untuk menjaga kelestarian alam.

Harga Tiket Masuk Sumber Maron

Wisatawan yang ingin mengunjungi Sumber Maron tidak perlu membayar biaya mahal. Dengan beberapa ribu rupiah, segala fasilitas yang ada bisa Anda coba dan berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Sewa Ban Kecil Rp3.000,00
Sewa Ban Besar Rp7.000,00
Sewa Ban River Tubing Rp10.000,00 – Rp15.000,00
Sewa Karpet Rp3.000,00
Sewa Loker Rp3.000,00
Sewa Kamar Mandi Rp2.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan persiapan sebelum mengunjungi tempat wisata ini untuk rekreasi.

Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata Malang lainnya dengan harga murah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala akomodasi Anda selama liburan sehingga liburan Anda semakin mudah dan tentu dengan biaya lebih hemat.

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Maron

Tempat wisata Sumber Maron Malang terletak di Dusun Adiluwih, Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang. Jaraknya sekitar 26 km dari pusat Kota Malang ke arah selatan dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot dan ojek agar tiba di lokasi Sumber Maron. Namun cara termudah tentu saja menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan tanpa harus menunggu kendaraan.

Cukup gunakan Google Maps menuju tempat wisata ini, rute terbaik dan tercepat dapat langsung terlihat. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa fortuner Malang atau Biro Perjalanan yang siap mengantarkan Anda ke lokasi.

Jam Operasional Sumber Maron

Waktu buka Sumber Maron untuk para wisatawan ini dimulai sejak pukul 07.00 WIb hingga pukul 18.00 WIB. Anda bisa datang setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu, namun saat akhir pekan tempat ini sudah pasti padat pengunjung.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini saat pagi atau sore hari setelah pukul 14.00 WIB. Pada waktu tersebut, sinar matahari tidak terlalu panas dan Anda bisa bermain dan berfoto dengan cahaya yang pas.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau agar liburan Anda tidak terganggu hujan atau awan mendung. Selain itu juga, untuk menghindari aliran sungai yang tambah deras dan bisa membahayakan Anda saat bermain.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)