SalSari Resto & Coffee

Study tour ke Jogja sudah menjadi kegiatan rutin tahunan bagi sekolah saat setiap musim liburan tiba. Apalagi ada banyak tempat study tour Jogja yang bisa Anda pilih sehingga tidak akan bosan meski sudah berulang kali.

Terlebih lagi jika Anda memanfaatkan paket study tour Jogja dari biro perjalanan. Rencana kunjungan selama berhari-hari pun bukan masalah sebab rute destinasi serta akomodasinya sudah disiapkan.

Lalu di antara sekian banyak destinasi yang ada, beberapa tempat study tour di Jogja ini menjadi yang paling terkenal. Penasaran dengan apa saja tempat tersebut, simak daftarnya berikut ini

Daftar Tempat Study Tour Jogja Terpopuler

Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang

Untuk rombongan bus pariwisata yang datang dari arah barat, biasanya selalu mampir ke kawasan Candi Borobudur. Candi bercorak Buddha terbesar ini sering menjadi destinasi pertama kunjungan study tour ke Jogja.

Anda bisa menikmati keindahan candi di pagi hari saat matahari masih belum terlalu panas. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dan berkeliling sambil belajar sejarah dari salah satu keajaiban dunia ini.

Ketenarannya inilah yang terkadang membuat orang mengira Borobudur berada di Jogja. Padahal candi ini terletak di Magelang Jawa Tengah, tidak jauh dari perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Satu lagi pilihan candi yang tidak boleh terlewatkan saat kunjungan wisata ke Jogja sudah pasti Candi Prambanan. Candi yang menjadi asal usul legenda Roro Jonggrang ini punya banyak hal menarik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Misalnya saja arsitektur serta bentuk komplek candi yang sangat unik dan instagramable. Area tamannya pun jadi tempat yang nyaman dan sejuk untuk bersantai.

Bahkan saat malam hari, Anda juga dapat menyaksikan pementasan Sendratari Ramayana. Dengan begitu kunjungan study tour Anda bisa jadi sangat berkesan.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Destinasi lain yang juga cukup populer sebagai tujuan karya wisata tentu saja kawasan Keraton Yogyakarta. Selama berkunjung, Anda dapat berkeliling melihat bangunan terluar kawasan keraton milik Sultan Jogja.

Selain itu terdapat pula berbagai macam barang peninggalan serta bersejarah milik keraton yang terpajang rapi. Agar kunjungan Anda semakin berkesan, Anda bisa ikuti pula tour bersama guide yang sudah tersedia.

Sambil berkeliling, Anda bisa melihat dan juga membayangkan bagaimana rasanya tinggal di keraton. Bahkan jika waktu kunjungan Anda tepat, Anda pun dapat melihat sejumlah pagelaran seni di dalam keraton.

Taman Pintar

Wahana di Taman Pintar

Destinasi satu ini sering menjadi tujuan dalam paket study tour Jogja SD di banyak biro perjalanan. Sebab berbagai fasilitas serta permainan edukatif yang ada di Taman Pintar sangat menarik untuk anak-anak.

Misalnya saja di area Gedung Oval yang memiliki wahana edukasi mengenai astronomi dan geografi. Mulai dari generator listrik pedal sepeda, peraga tata surya, hingga alat peraga iklim dan cuaca semua ada.

Anak-anak juga bisa mencoba berbagai permainan gratis di area playground sepuasnya. Jadi selain bermain, anak-anak juga dapat belajar dan menumbuhkan ketertarikan pada ilmu pengetahuan.

Pantai Parangtritis

Sebagai salah satu ikon pantai di Jogja, Pantai Parangtritis tidak boleh Anda lewatkan dalam rute study tour Anda. Pantai ini sangat terkenal dengan hamparan pasirnya yang luas dan pemandangan laut yang indah.

Anda bisa mencoba berbagai wahana seru mulai dari naik ATV, delman, berkuda, atau sekedar bermain layangan. Selain itu, di sini juga terdapat banyak pedagang yang menawarkan camilan khas seperti undur-undur laut.

Sambil bersantai dan menikmati camilan yang ada, Anda dapat melihat panorama sunset parangtritis yang menawan. Jangan lupa siapkan baju ganti jika Anda berencana mengunjungi pantai satu ini.

Tebing Breksi

Tebing Breksi Tempat Study Tour Jogja

Jika kunjungan study tour Anda berhari-hari, sempatkan juga untuk mampir ke Tebing Breksi. Tempat ini bisa menjadi destinasi yang tepat untuk berfoto atau bersantai setelah seharian berkeliling.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini biasanya saat sore hari menjelang malam. Sebab pada waktu tersebut, Anda bisa menikmati momen matahari terbenam dari puncak tebing.

Di tempat ini juga tersedia tempat makan yang menjual berbagai makanan khas Jogja yang terkenal enak. Sehingga Anda dapat bersantai sambil mengisi perut saat mengunjungi tempat wisata hits satu ini.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Tujuan study tour lain yang juga tidak kalah menarik adalah museum, seperti Museum Gunung Merapi. Di sini Anda dan rombongan bisa belajar mengenai sejarah geografis Gunung Merapi.

Mulai dari proses terbentuknya hingga sejarah letusan gunung api ini semua bisa Anda lihat. Saat berkunjung Anda juga dapat melihat benda-benda milik warga yang rusak akibat erupsi yang terjadi di tahun 2010.

Keunikan lain museum ini terletak dari lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi sehingga punya udara yang sejuk. Selain dapat berfoto dengan latar gunung Anda juga bisa mendapatkan latar bangunan museum yang unik.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Yogya Kembali

Tempat bersejarah yang juga wajib Anda kunjungi saat study tour ke Jogja adalah Monumen Jogja Kembali. Monjali ini menjadi pengingat peristiwa perebutan kembali Jogja dari tentara sekutu.

Di dalam bangunan berbentuk gunungan di tengah danau ini, Anda bisa melihat relief perjuangan saat itu. Selain itu ada pula ruang multimedia yang memutar lagu nasional serta film dokumenter.

Menariknya lagi, saat malam hari kawasan Monjali ini menjadi taman pelangi yang penuh lampu warna warni menarik. Pokoknya bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang mencari tempat wisata edukasi yang seru.

Museum Affandi

Museum Affandi

Mencari tempat menarik dengan aktivitas seru di tengah kota? Museum Affandi ini bisa jadi pilihannya. Sebab saat berkunjung Anda bisa mengenal lebih dekat sosok maestro lukis Indonesia Affandi Koesoema.

Di sini, berbagai karya lukis serta barang peninggalan beliau bisa Anda lihat dalam museum berbentuk uniknya. Selain itu, tempat ini juga menawarkan aktivitas seru seperti melukis dan menghias gerabah.

Hasil karya lukisan atau gerabah ini pun bisa Anda bawa pulang sebagai tambahan oleh-oleh dari Jogja. Keseruan aktivitas selama kunjungan di tempat ini jadi favorit rombongan dari anak TK maupun SD.

Taman Sari

Selain keraton, kawasan Taman Sari juga layak sekali untuk Anda kunjungi. Bangunan milik keraton Jogja ini punya sejarah panjang dan bentuk bangunan yang unik.

Anda bisa berkeliling melihat kolam pemandian para putri dan permaisuri yang hingga saat ini masih terawat. Selain itu ada pula masjid bawah tanah yang sering menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Tak hanya itu, sisa reruntuhan bangunan yang estetik di tengah pemukiman warga juga jadi spot menarik untuk Anda. Sehingga wajar jika tempat ini juga selalu ramai rombongan dari tempat rental hiace Jogja terdekat.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Tempat Favorit Study Tour Jogja

Mengunjungi Jogja kurang lengkap rasanya jika belum mampir ke kawasan Jalan Malioboro. Tempat ini selalu menjadi destinasi wajib dalam rute paket study tour Jogja SD SMP atau SMA karena daya tariknya.

Anda bisa puas berbelanja atau sekedar berfoto di tengah suasana jalan yang khas dan ikonik. Selain itu lokasinya juga dekat dengan berbagai destinasi menarik seperti keraton, titik nol kilometer, atau Pasar Beringharjo.

Jadi wajar jika tempat ini menjadi tempat yang paling lama durasi kunjungannya. Sebab Anda bisa menghabiskan banyak waktu dengan hal menarik selama berada di tempat ini.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark SKE

Destinasi yang juga tidak kalah seru untuk Anda datangi adalah Sindu Kusuma Edupark. Di sini terdapat banyak sekali wahana edukasi menarik yang bisa Anda coba seperti omah batik atau omah musik.

Permainan modern pun ada contohnya pit egrang atau cinema 9D yang bisa coba bersama teman. Namun yang paling menarik adalah bianglala raksasa yang juga menjadi ikon SKE ini.

Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kota Jogja sehingga bisa Anda kunjungi di hari pertama atau kedua study tour. Tinggal sebutkan saja ke biro perjalanan jika Anda ingin menjadikan tempat ini sebagai destinasi.

Museum Dirgantara

Museum Dirgantara Tempat Study Tour Jogja SD

Banyak rombongan study tour SD atau SMP yang datang ke Jogja juga sering mengunjungi Museum Dirgantara. Karena di dalam museum ini terdapat berbagai macam alutsista milik TNI angkatan udara.

Mulai dari pesawat tempur, helikopter, hingga rudal dan senjata tempur lainnya pun ada. Bahkan pengunjung yang datang juga bisa berfoto di sejumlah helikopter atau pesawat di tempat ini.

Untuk Anda yang mau mencoba menerbangkan pesawat juga bisa merasakan sensasinya di simulasi pesawat P-51 Mustang. Pengalaman ini bisa jadi hal berkesan yang Anda dapatkan selama study tour.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg Tempat Study Tour Jogja

Satu lagi tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi selama karya wisata ke Jogja yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini terletak di ujung selatan jalan Malioboro yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Selain dapat melihat peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik, Anda juga bisa belajar sejarah di dalamnya. Ada banyak diorama mengenai peristiwa perjuangan di Jogja dan sekitarnya selama masa penjajah.

Anda juga bisa menonton film dokumenter menarik selama berkunjung ke museum ini. Jadi pengalaman belajar sejarah tidak lagi membosankan tapi juga seru dan menyenangkan.

Goa Pindul

Mau seru-seruan menikmati alam Jogja dan sensasi berbeda Anda bisa mengunjungi Goa Pindul. Tempat ini sudah sangat terkenal dengan aktivitas cave tubing menyusuri sungai bawah tanah dalam goa.

Selama penelusuran, Anda dapat menyaksikan megahnya stalaktit dan stalagmit dalam goa yang unik. Salah satu spot favorit selama aktivitas ini adalah spot ray of light yang jadi tempat berfoto para pengunjung.

Sinar matahari yang masuk dari celah goa menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Dijamin selama penelusuran goa ini Anda akan mendapatkan pengalaman seru yang sangat berkesan.

Pantai di Gunung Kidul

Kawasan pantai di Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi wajib lain selama Anda study tour di Jogja. Apalagi ada banyak sekali pilihan pantai cantik yang bisa Anda kunjungi di pesisir selatan Jogja ini.

Misalnya saja seperti Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal yang terkenal dengan keindahannya. Ada juga Pantai Kukup atau Pantai Baron yang sangat pas untuk Anda bermain air dengan tenang.

Tinggal pilih saja pantai yang ingin Anda kunjungi dan minta biro perjalanan mengatur itinerary sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan begitu study tour Anda ke Jogja ini bisa sangat menarik dan jadi pengalaman seru.

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi menarik lainnya bersama keluarga, manfaatkan saja biro perjalanan. Dengan paket family gathering Jogja murah yang ada, liburan Anda pasti jadi lebih mudah dengan budget terjangkau.

Jadi tunggu apalagi, segera hubungi biro perjalanan terdekat seperti Salsa Wisata yang siap membuat momen liburan Anda berjalan dengan nyaman, aman, dan menyenangkan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)