SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berkunjung ke Jogja tentu kurang lengkap rasanya jika belum mencoba berbagai makanan khasnya yang lezat. Ada banyak makanan khas jogja selain gudeg yang bisa Anda cicipi dan pasti membuat liburan Anda menjadi lebih seru.

Bahkan tidak jarang paket wisata Jogja yang ditawarkan biro perjalanan menawarkan wisata kuliner khusus untuk mencoba semua makanan di Jogja. Dengan begitu Anda bisa berwisata dengan senang karena perut yang kenyang.

Makanan yang bisa dicoba pun tidak hanya makanan berat, adapula cemilan dan minuman yang pasti membuat Anda rindu datang kembali. Jika masih belum tahu mau mencoba apa, berikut ini 28 rekomendasi makanan khas jogja yang terkenal wajib Anda coba saat berkunjung.

Daftar Makanan Khas Jogja yang Enak

Gudeg

Gudeg

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gudeg sudah menjadi identitas yang tidak bisa dipisahkan dari Kota Jogja terutama setelah julukan Jogja Kota Gudeg dikenal para wisatawan. Ada setidaknya tiga jenis Gudeg yang bisa Anda coba yakni Gudeg Basah, Gudeg Kering dan juga Gudeg Manggar.

Bahan utama dari Gudeg ini biasanya nangka muda yang telah direbus lama bersama bumbu gudeg yang khas. Khusus untuk Gudeg Manggar bahan utama yang digunakan adalah bunga kelapa yang masih muda sehingga memberi rasa yang unik.

Gudeg ini terasa semakin nikmat saat disajikan bersama nasi hangat, krecek, telur, dan ayam kampung dalam satu piring yang sama. Anda bisa menikmati Gudeg Jogja yang terkenal dari Gudeg Yu Djum dengan harga mulai dari Rp25.000,00 satu porsinya.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Jika Anda mengunjungi Hutan Pinus yang ada di Bantul, tentu sudah akrab dengan minuman satu ini. Wedang Uwuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Minuman Sampah ini menjadi salah satu minuman Khas Jogja yang menyehatkan.

Ada banyak sekali manfaat Wedang Uwuh untuk kesehatan tubuh berkat rempah-rempah yang digunakan seperti jahe, secang, cengkeh dan rempah lainnya. Seduhan wedang yang hangat dipercaya mampu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, batuk, masuk angin, dan berbagai penyakit lainnya.

Anda bisa dengan mudah menemukan Wedang Uwuh ini di daerah Bantul terutama di warung sekitar kawasan Hutan Pinus Mangunan. Harga wedang uwuh ini juga sangat terjangkau hanya sekitar Rp5.000,00 per gelas atau Rp2.500,00 per bungkus.

Wedang Ronde

Wedang Ronde

Selain Wedang Uwuh, minuman khas Jogja yang tidak kalah berkhasiat untuk kesehatan adalah Wedang Ronde. Minuman ini sebenarnya berasal dari Cina dan bernama Tangyuan namun sudah mengalami perubahan dan penyesuaian dengan budaya Jawa.

Bahan utama Ronde atau Tangyuan ini adalah bola-bola dari tepung ketan yang diisi kacang lalu dimasak dan diseduh bersama air jahe. Tidak lupa pula tambahan candil, kacang, dana potongan roti ikut masuk memberi rasa unik dan hangat untuk wedang ronde ini.

Wedang Ronde ini biasanya mulai terlihat saat sore hingga malam hari di pinggir jalan Malioboro atau jalan-jalan lain sekitar Jogja. Harganya juga sangat terjangkau, Anda hanya perlu Rp5.000,00 untuk satu mangkuk hangat Wedang Ronde.

Nasi Kucing

Nasi Kucing

Jogja juga terkenal dengan angkringan yang menjual berbagai makanan dengan harga murah seperti misalnya Nasi Kucing. Nasi Kucing atau yang sering disebut sego kucing ini memiliki ciri khas porsinya yang sedikit seperti porsi makan seekor kucing.

Biasanya Nasi Kucing disajikan bersama dengan sambal tempe, sambal teri, atau tumis jamur yang dibungkus menggunakan daun pisang. Tambahan seperti sate usus, sate telur, sate brutu, dan gorengan bisa jadi teman makan nikmati dari Nasi Kucing Jogja ini.

Jika Anda ingin menikmati hidangan khas jogja ini cukup datang ke angkringan yang tersebar luas di sekitaran Jogja. Harganya pun sangat murah karena hanya Rp2.000,00 satu porsinya dan tentu belum cukup kenyang bila hanya membeli satu.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Untuk Anda penyuka mie, hidangan Bakmi Jawa Jogja tentu bisa jadi pilihan santapan Anda di malam hari. Bakmi ini berasal dari Gunung Kidul dan memiliki ciri khas dari rasanya yang sedikit manis dan gurih berkat bumbu khususnya.

Bakmi Jowo atau Bakmi Jawa sering juga disebut sebagai Bakmi Jogja atau Mie Godog Jogja karena pembuatannya yang direbus. Mie kuning yang sudah direbus tersebut diberi tambahan telur, sayur serta bumbu lain yang membuat cita rasanya begitu khas. Anda bisa menemuinya di warung-warung terdekat di sekitar tempat wisata Jogja.

Makanan khas jogja ini juga bisa Anda temukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan hingga restoran yang ada di Jogja. Untuk satu porsinya sekitar Rp15.000,00 tergantung dengan jenis Bakmi yang dipilih seperti Bakmi Godog atau Bakmi Goreng.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi

By Categories: Jogja, Kuliner

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

3.4/5 - (61 votes)