SalSari Resto & Coffee

Tempat Wisata di Turki, di mana Timur bertemu dengan Barat merupakan negara yang memadukan kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang menakjubkan. Berlokasi di perbatasan Eropa dan Asia, Turki menawarkan beragam pengalaman wisata yang unik dan menggairahkan. Mulai dari kota Istanbul yang megah, yang pernah menjadi pusat Kekaisaran Bizantium dan Utsmaniyah, hingga kawasan Kapadokia yang penuh misteri dengan formasi batu unik dan gua-gua bawah tanah Turki menjanjikan petualangan yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Pantai-pantai indah sepanjang pesisir Egea dan Mediterania seperti Antalya dan Bodrum. Pantai ini juga menawarkan perpaduan sempurna antara relaksasi dan eksplorasi.

Lihat juga tempat wisata di italia

Tidak hanya itu pengunjung juga bisa menikmati wisata arkeologi kota kuno seperti Efesus dan Hierapolis, atau rasakan suasana eksotis di kota-kota yang kaya akan warisan seperti Bursa dan Konya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pamukkale dengan teras-teras air panas berkapur putih yang menawan atau berkelana di jalur mendaki Lycian Way yang menawarkan pemandangan pesisir yang mempesona.

Rekomendasi Tempat Wisata Turki Yang Wajib di Kunjungi

Dengan berbagai peninggalan sejarah, keindahan alam yang memukau dan juga pesona budaya yang menawan, Turki menjadi destinasi wisata yang menarik dan memikat hati setiap pengunjung. Nah kali ini salsawisata.com akan memberikan 10 tempat wisata di turki yang wajib anda kunjungi.

Hagia Shopia

Hagia Shopia Tempat Wisata di Turki

Hagia Sophia salah satu monumen terkenal di Istanbul Turki yang menampilkan arsitektur memukau dan kaya akan sejarah. Berdiri pada abad ke-6 oleh Kaisar Bizantium Justinianus I. Monumen Hagia Sophia awalnya merupakan gereja lalu menjadi masjid pada periode Kesultanan Utsmaniyah dan kini berfungsi sebagai museum.

Interior bangunan ini dipenuhi mozaik yang menakjubkan kubah besar yang mengesankan, serta elemen arsitektur Bizantium dan Islam yang harmonis. Pengunjung dapat menjelajahi struktur yang kokoh ini dan mengagumi keindahan artistik serta sejarah yang melimpah. Kunjungan ke Hagia Sophia akan memberikan wawasan yang mendalam tentang perpaduan budaya yang telah melalui berbagai perubahan sepanjang sejarahnya.

Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed Tempat Wisata di Turki

Masjid Sultan Ahmed atau Masjid Biru adalah salah satu monumen terkenal di Istanbul Turki dengan warna biru ini yang menarik perhatian para pengunjung dengan keindahan dan sejarahnya. Selanjutnya pada abad ke-17 masjid ini berdiri dan dibuat oleh Sultan Ahmed I tak hanya itu ini juga contoh gemilang arsitektur Ottoman dengan kubah utama yang megah dikelilingi oleh enam menara lancip.

Kejelian seni dalam desain interior masjid ini terlihat dari lebih dari 20.000 ubin keramik Iznik yang menghiasi dinding memancarkan nuansa biru yang memikat. Selain itu, jendela-jendela kaca patri yang indah dan hiasan kaligrafi Islam menambah kemegahan Masjid Biru. Apabila anda mengunjungi masjid ini tentunya akan memperkaya pengalaman wisata Anda di Turki dengan pesona arsitektur dan spiritualitas yang mendalam.

Istana Topkapi

Istana Topkapi Tempat Wisata di Turki

Istana Topkapi yang terletak di Istanbul Turki adalah salah satu tempat wisata paling menarik dengan sejarah dan arsitektur yang mempesona. Dibangun pada abad ke-15 istana ini pernah menjadi pusat kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah selama lebih dari 400 tahun. Kini Istana Topkapi berfungsi sebagai museum yang menampilkan koleksi artefak bersejarah, termasuk perhiasan, pakaian, senjata, dan manuskrip.

Arsitektur istana ini mencerminkan gaya Ottoman dengan taman yang indah, paviliun mewah, dan dekorasi interor yang mengesankan. Selama kunjungan jangan lewatkan juga Harem bagian istana yang penuh misteri dan pesona tempat para sultan dan keluarga mereka dulu tinggal. Mengunjungi Istana Topkapi akan memberikan wawasan berharga tentang kehidupan dan kebudayaan Kesultanan Utsmaniyah.

Grand Bazaar

Grand Bazaar

Grand Bazaar terletak dekat jantung Istanbul Turki adalah salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia. Pasar ini menawarkan pengalaman belanja yang tak tertandingi dan juga sangat ramai. Perlu anda ketahui bahwa pasar ini mencakup lebih dari 60 jalan dan 4.000 toko yang menjual berbagai barang mulai dari perhiasan, keramik, tekstil, rempah-rempah, hingga barang antik.

Grand Bazaar menggabungkan budaya, sejarah, dan kehidupan lokal dalam suasana yang dinamis dan berwarna-warni. Berjalan-jalan di lorong-lorong sempit yang dipenuhi toko dengan beragam barang dan aroma khas Turki akan membuat Anda merasakan atmosfer seperti orang kaya dan otentik. Selain belanja tidak lupa jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kopi Turki atau teh di salah satu kafe yang menawan. Grand Bazaar adalah destinasi yang sempurna untuk merasakan keramah tamahan orang Turki dan keunikan budaya mereka.

Gunung Nemrut

Gunung Nemrut Tempat Wisata di Turki

Gunung Nemrut menjadi salah satu destinasi wisata paling mengesankan ketika berada di Turki. Wisata ini terkenal karena patung-patung batu raksasa yang berdiri megah dan besar. Patung ini mulai berdiri pada abad ke-1 SM oleh Raja Antiokhos I dari Kerajaan Kommagene. Perlu anda ketahui bahwa patung-patung ini melambangkan dewa-dewa Yunani dan Persia serta Raja Antiokhos sendiri.

Mengunjungi Gunung Nemrut akan memberi Anda wawasan tentang perpaduan budaya dan keyakinan yang ada pada masa itu. Pemandangan matahari terbit dan terbenam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dengan langit yang berubah warna. Gunung Nemrut yang kini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO adalah tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Turki karena menawarkan sejarah, keindahan alam, dan momen magis yang akan menghiasi kenangan Anda.

Anitkabir

Anitkabir

Anitkabir adalah monumen megah yang dibangun untuk mengenang Mustafa Kemal Atatürk salah satu pendiri Republik Turki dan presidennya yang pertama. Tempat ini merupakan simbol kebanggaan nasional dan menarik banyak pengunjung yang ingin menghormati warisan Atatürk dan mempelajari sejarah Turki modern. Kompleks Anitkabir mencakup Mausoleum Atatürk, museum yang memuat artefak bersejarah dan Taman Kehormatan.

Selain itu juga tempat ini sering digunakan untuk upacara militer hari-hari tertentu. Bagi anda yang ingin mengunjungi Anitkabir, Anda akan merasa terhormat melihat perjuangan Atatürk untuk membebaskan Turki dari kekuasaan asing dan memodernisasikan negara tersebut. Saat anda berwisata ke ankara jangan lewatkan juga kesempatan untuk mengunjungi Anitkabir tempat yang dapat menghargai perjuangan luar biasa dan menggali sejarah serta budaya Turki.

Mevlana Museum

Mevlana Museum

Mevlana Museum sebuah wisata yang terletak di Konya Turki merupakan destinasi wisata yang cocok bagi para pencinta sejarah dan spiritualitas.  Bangunan ini dulunya merupakan tempat tinggal dan sekolah spiritual Rumi dan kini menjadi tempat peristirahatan abadi bagi penyair yang penuh inspirasi ini.

Pengunjung museum dapat mengagumi karya-karya Rumi artefak bersejarah dan objek seni yang berasal dari zaman Seljuk dan Ottoman. Menjelajahi Mevlana Museum Anda akan merasakan kedamaian dan kebijaksanaan yang melingkupi tempat ini, memahami lebih dalam tentang ajaran Rumi dan Tarekat Mevlevi. Jangan lupa juga sempatkan diri untuk mengunjungi Mevlana Museum dan rasakan sensasi dalam suasana mistis yang unik serta pengalaman spiritual yang tak terlupakan.

Menara Galata

Menara Galata

Menara Galata menjadi salah satu ikon terkenal kota Istanbul yang menawarkan pemandangan panoramik yang menakjubkan. Terletak dekat distrik Beyoğlu menara bersejarah ini berdiri pada abad ke-14 oleh bangsa Genova sebagai menara pengawas dan mercusuar. Tinggi Menara Galata ini berkisar 67 meter dan menjadi salah satu struktur tertinggi kota Istanbul pada masa itu.

Saat ini, menara ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah dari teras puncaknya terutama saat matahari terbenam. Saat malam hari, menara ini terang benderang dengan lampu-lampu yang memancarkan keindahannya. Pengunjung juga dapat menikmati kafe dan restoran yang berlokasi dekat menara. Sebagai monumen bersejarah yang penting dan tempat yang menawarkan pemandangan kota yang tak tertandingi Menara Galata adalah destinasi yang tak boleh anda lewatkan saat mengunjungi Istanbul.

Istana Dolmabahce

Istana Dolmabahce

Wisata Istana Dolmabahce  yang terletak di kota Istanbul adalah perpaduan megah dari arsitektur Eropa dan Ottoman. Berdiri pada abad ke-19 sebagai kediaman resmi sultan-sultan Ottoman. Istana ini mencerminkan kekayaan dan kemewahan pada masa itu. Luasnya mencapai 45.000 meter persegi, Dolmabahce memiliki 285 kamar, 43 salon, dan hiasan berlapis emas yang menakjubkan.

Salah satu daya tarik utama istana ini adalah ruangan utama dengan lampu gantung kristal terbesar di dunia buatan Inggris yang berbobot 4,5 ton. Berjalan melintasi istana ini pengunjung akan merasa terpesona oleh keindahan interior yang mewah, lukisan-lukisan mengagumkan, dan koleksi barang antik yang bernilai sejarah. Taman-taman yang indah dan terawat dengan baik mengelilingi istana, menambah keanggunan dan kemewahan Dolmabahce. Istana ini menjadi destinasi wisata populer yang menawarkan wawasan tentang kehidupan sultan Ottoman dan kekayaan budaya Turki.

Basilika Cistern

Basilika Cistern

Basilika Cistern adalah salah satu contoh wisata paling mengagumkan dari kekayaan sejarah dan teknik arsitektur Romawi kuno. Berdiri pada abad ke-6 oleh Kaisar Justinianus, cistern bawah tanah ini mencakup area seluas 9.800 meter persegi dan mampu menampung hingga 80.000 meter kubik air. Terdapat 336 kolom marmer yang menjulang setinggi 9 meter, yang menopang langit-langit cistern dan menciptakan suasana misterius dan dramatis.

Pengunjung dapat menjelajahi jalan-jalan yang berada di antara kolom-kolom tersebut sambil menyaksikan refleksi air dan struktur yang menakjubkan. Salah satu daya tarik utama Basilika Cistern adalah dua kepala Medusa yang digunakan sebagai alas kolom yang diyakini berasal dari bangunan Romawi kuno. Cistern ini tidak hanya menjadi monumen bersejarah, tetapi juga menjadi latar populer untuk acara dan konser. Berkunjung ke Basilika Cistern akan membawa Anda dalam perjalanan menakjubkan ke masa lalu.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk berwisata ke negara turkey selain menawarkan wisata jaman kuno juga keindahan akan arsitektur, budaya dan juga kuliner disana sangat enak dan lezat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (3 votes)