SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Semeru merupakan wisata puncak gunung api tertinggi ketiga di Indonesia dan menjadi gunung tertinggi di Jawa. Keindahan gunung yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah tidak perlu diragukan lagi.

View rute pendakian yang menakjubkan tidak akan membuat pendaki merasakan lelah yang berarti. Pesona wisata Gunung Semeru pun semakin meningkat setelah proses pendakian gunung ini diabadikan dalam Novel dan Film 5cm.

Banyak pendaki yang penasaran melihat secara langsung keindahan Ranu Kumbolo, Danau suci masyarakat Tengger yang ada di atas gunung Semeru. Pengalaman mendaki Gunung Semeru ini bisa menjadi pengalaman paling berkesan dan tak terlupakan bagi pendaki.

Harga Tiket Retribusi Pendakian

Sebelum mendaki, Anda harus membayar biaya retribusi pemeliharaan kawasan taman nasional. Berikut ini rincian harga tiket pendakian Semeru.

Pengunjung Hari Biasa Hari Libur
Pendaki Lokal Rp19.000,00 / orang Rp24.000,00 / orang
Pendaki Asing Rp210.000,00 / orang Rp310.000,00 / orang

Biaya ini sudah termasuk asuransi dan tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pembayaran nya pun sudah bisa Anda lakukan secara online dengan cara transfer.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi di sini juga tersedia Jeep untuk mengantar kembali atau ojek untuk sampai ranu kumbolo. Berikut rincian biayanya.

Jenis Kendaraan Biaya
Porter Ojek Motor Rp100.000,00 – Rp150.000,00
Jeep Rp650.000,00 sekali perjalanan

Rute Menuju Wisata Semeru Ranu Pani

Untuk menuju Ranu Pani bisa Anda tempuh melalui dua jalur yakni dari arah Malang dan juga Lumajang.

Dari Malang Anda bisa berangkat menuju pasar tumpang yang menjadi pintu pertama menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini Anda bisa sewa mobil jeep dengan biaya sekitar Rp650.000,00 untuk sekali perjalanan dengan kapasitas 12 orang.

Lama perjalanan dari pasar tumpang menuju Ranu Pani sekitar 2-3 Jam perjalanan. Anda bisa meminta kontak jeep yang mengantar untuk nanti menjemput kembali setelah pendakian.

Jika Anda berangkat dari Lumajang, Anda harus menuju arah kecamatan Senduro untuk bisa sampai di Ranu Pani. untuk durasi perjalanan nya hanya sekitar 1-2 jam, meskipun begitu jalur ini kurang banyak peminat karena cukup memutar terutama bagi para pendaki dari arah Barat.

Jam Operasional Basecamp Semeru

Jam operasional pos pendakian di Ranu Pani mulai nuka dari pukul 08.00-14.00 WIB. Jadi untuk Anda yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Semeru usahakan berangkat sebelum jam 15.00 WIB.

Sedangkan untuk laporan kepulangan setelah pendakian, pelayanannya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sehingga perlu Anda perhitungkan juga berapa lama pendakian akan berlangsung.

Tips Mengunjungi Gunung Semeru

Berencana mendaki Semeru? ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini beberapa Informasi penting yang harus Anda ketahui  sebelum mendaki kawasan wisata Gunung Semeru.

  1. Booking pendakian Gunung Semeru saat ini full secara online melalui website resmi pengelola Bromo Tengger Semeru. Usahakan booking paling lambat 3 hari sebelum tanggal pendakian.
  2. Siapkan persyaratan seperti data diri, surat sehat, materai untuk keperluan administrasi di Basecamp pendakian.
  3. Siapkan juga peralatan pendakian lengkap seperti sepatu, masker, jaket, trekking pole, head lamp dan peralatan lainnya agar lolos pengecekan petugas. Begitu juga dengan persediaan air dan makanan pastikan cukup untuk perjalanan naik dan turun.
  4. Patuhi larangan dan aturan yang ada di gunung seperti menjaga kebersihan, kelestarian alam, dan kesopanan.
  5. Jika bersama rombongan gunakan jasa porter yang tersedia agar meringankan beban bawaan.
  6. Segera hubungi petugas jika ada rombongan atau orang yang butuh pertolongan seperti hipotermia atau dehidrasi agar bisa segera ditangani.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)