Kalau Anda sedang mencari tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, udara sejuk, dan suasana tenang, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Banyumas, ada sebuah tempat wisata yang bisa memenuhi semua kriteria tersebut. Namanya adalah Agrowisata Kaligua.

Tempat wisata alam Jawa Tengah ini cocok untuk Anda yang suka dengan alam, udara sejuk, dan teh. Anda bisa mengunjungi Agrowisata Kaligua bersama keluarga, teman, atau pasangan Anda.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik, seperti berjalan-jalan di kebun teh, menyaksikan matahari terbit, mendapatkan edukasi budidaya teh, mengunjungi Gua Jepang dan sumber mata air Tuk Bening, menyusuri Jembatan Ceria, dan hiking ke Puncak Sakub.

Selain itu, jika ingin menetap lebih lama Anda juga bisa bermalam di area perkemahan atau penginapan yang disediakan oleh pengelola.

Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam ini? Baca ulasan reviewnya berikut ini untuk informasi tambahan.

Sejarah Agrowisata Kaligua

view Agrowisata Kaligua

Kaligua adalah nama sebuah kebun teh yang terletak di kaki Gunung Slamet, di wilayah Brebes dan Banyumas, Jawa Tengah. Kaligua mulai ditanami teh oleh empat orang Belanda pada tahun 1889, dan dikelola oleh firma John Peet & Co.

Pada masa penjajahan Jepang, kebun teh Kaligua diambil alih dan diganti dengan tanaman pangan. Jepang juga membangun gua buatan sebagai tempat persembunyian dan penyiksaan.

Setelah Indonesia merdeka, kebun teh Kaligua dikelola oleh PTPN IX, dan menghasilkan produk hilir teh hitam dengan merk “Kaligua”.

Kebun teh Kaligua juga dibuka untuk umum sebagai agrowisata, yang menawarkan keindahan alam, udara sejuk, dan edukasi budidaya teh.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana lainnya, seperti menyaksikan matahari terbit, mengunjungi sumber mata air Tuk Bening, menyusuri Jembatan Ceria, dan hiking ke Puncak Sakub.

Kaligua adalah sebuah kawasan wisata alam yang terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Kaligua, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Jam Buka

Tempat wisata ini buka setiap hari, namun ada beberapa perbedaan di hari-hari tertentu, untuk rinciannya bisa Anda lihat pada tabel berikut:

Jam Operasional Pukul
Senin 09.00 – 15.00 WIB
Selasa – Kamis, Sabtu – Minggu 09.00 – 16.00 WIB
Jumat 09.00 – 14.00 WIB

Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan jadwal kosong yang Anda miliki.

Alamat

Kaligua Banyumas beralamat di Jalan Raya Kaligua No.1, Desa Kaligua, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jaraknya sekitar 15 km dari pusat kota Purwokerto atau sekitar 30 menit berkendara.

Walaupun begitu jalan menuju Kaligua saat ini belum begitu bagus, banyak jalan yang masih bolong-bolong.

Namun jika Anda butuh kendaraan pribadi Anda bisa merental mobil harian di Salsa Wisata. Armada mobilnya ada banyak, tarif sewanya murah dan sudah termasuk sopir handal profesional.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Kaligua

Untuk masuk ke Kaligua Banyumas, Anda harus membayar tiket masuk sebesar dan beberapa wahana. Adapun untuk rinciannya bisa Anda lihat pada tabel harga berikut ini:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp20.000,00
Parkir Motor: Rp5.000,00

Mobil: Rp10.000,00

Jembatan Ceria Rp5.000,00

Daya Tarik Agrowisata Kaligua

Keindahan Alam yang Menakjubkan

kebun teh Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua memukau wisatawan dengan panorama kebun teh yang indah. Dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan subur, pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan yang sulit ditemukan di perkotaan.

Ketinggian tempat ini yang mencapai 2.050 mdpl menambah daya tariknya, menghadirkan hawa sejuk khas lereng Gunung Slamet. Pemandangan matahari terbit yang menakjubkan juga dapat dinikmati di sini, menciptakan momen berharga yang tak terlupakan.

Edukasi Budidaya Teh

kebun teh Agrowisata Kaligua

Selain menawarkan keindahan alam, Agrowisata Kaligua juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk belajar tentang budidaya teh. Wisatawan dapat mengikuti tur yang dipandu untuk memahami proses perkebunan, panen, dan pengolahan daun teh.

Pengalaman ini tidak hanya memberikan wawasan tentang industri teh, tetapi juga mengajarkan pentingnya konservasi alam dan perlindungan lingkungan.

Beragam Wahana Menarik

wahana di Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua tak hanya menawarkan kebun teh yang luas. Tempat ini juga menawarkan beragam wahana yang membuat kunjungan semakin berkesan.

Wisatawan dapat mengunjungi Gua Jepang yang menyimpan sejarah menarik, serta mengeksplorasi sumber mata air Tuk Bening yang segar.

Jembatan Ceria menjadi jalur yang menarik untuk disusuri, menghubungkan wisatawan dengan alam sekitar. Bagi para pecinta hiking, pendakian ke Puncak Sakub akan menjadi tantangan yang mengasyikkan.

Untuk yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini, tersedia area perkemahan dan penginapan yang nyaman.

Villa dan Penginapan

Selain camping ground, tempat wisata ini juga menyediakan beberapa pilihan villa dan penginapan yang bisa Anda sewa untuk menginap di sana.

Villa dan penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, televisi, kulkas, air panas, dan lain-lain.

Anda bisa memilih villa atau penginapan sesuai dengan jumlah orang dan anggaran Anda.

Fasilitas Agrowisata Kaligua

penginapan di Agrowisata Kaligua

Selain fasilitas-fasilitas yang sudah disebutkan di atas, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain yang bisa Anda nikmati selama berada di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas lain yang ada di sini:

  • Restoran
  • Kafe
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat sampah
  • Area parkir
  • Pusat informasi
  • Pusat souvenir
  • Pusat pertanian dan perkebunan

Setelah menikmati momen indah di sini, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Jawa Tengah kekinian yang dapat menjadi kenang-kenangan istimewa.

Dan jika Anda merencanakan perjalanan grup, pertimbangkan untuk memesan rental bus pariwisata atau paket wisata melalui Salsa Wisata.

Dengan layanan yang terpercaya, Anda dapat menjadwalkan perjalanan Anda dengan tenang, meninggalkan kenangan tak terlupakan dalam setiap langkah perjalanan.

Itulah ulasan lengkap tentang Kaligua Banyumas, tempat wisata alam yang menawarkan keindahan, keseruan, dan edukasi sekaligus.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Kaligua Banyumas dan rasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

By Categories: Brebes, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)